cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Equilibrium
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 02165287     EISSN : 26145839     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli Jurnal EQUILIBRIUM ini sudah memiliki ISSN No. 0216-5287(cetak) dan ISSN 2614-5839 (online).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium" : 7 Documents clear
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS KUNINGAN Setiawan, Iyan
Equilibrium Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium
Publisher : Equilibrium

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan mendasar pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, salah satunya dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil. Artinya terkait dengan rendahnya prestasi belajar mahasiswa. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1). untuk mengetahui gambaran lingkungan belajar, motivasi belajar, dan prestasi belajar mahasiswa,  2). untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa 4). untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Ekonomi Tingkat IV pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jumlah Sampel dalam penelitian ini 89 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportioned stratifield sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan software SPSS for windows. Hasil penelitian, maka dapat diketahui mengenai  gambaran variabel lingkungan belajar (X1) termasuk dalam kriteria yang mencapai 67 % yang termasuk kategori sedang, variabel motivasi belajar mahasiswa (X2) termasuk dalam kategori 70 % yang termasuk ke dalam kategori kriterium tinggi kemudian variabel Prestasi Belajar (Variabel Y) termasuk dalam kriteria baik. Dari Uji anova atau F test didapat F sebesar 11.455 dengan signifikansi 0.000. artinya pengaruh bersama antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bermakna atau signifikan. Besarnya pengaruh Lingkungan belajar dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar adalah 63 %. Berdasarkan hasil penelitian melalui penyebaran kuesioner, penulis berusaha untuk mengemukakan saran sebagai bahan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Adapun saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut :Pembelajaran berfokus pada mahasiswa (SCL) dengan tugas yang inspiratif dan mandiriMemberi batas waktu untuk pengumpulan tugas dan menindak tegas bagi mahasiswa yang terlambat.Mahasiswa harus memaksimalkan kegiatan belajar dirumah untuk menambah dan mengembangkan materi perkuliahan selain di kelas dengan mencari sumber-sumber belajar. Hal ini tentunya harus diberikan dorongan oleh dosen supaya lebih termotivasi.
KONSTRIBUSI FAKTOR NON INTELEKTIF ATAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI Setiawan, Iyan; Hanggara, Agie
Equilibrium Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium
Publisher : Equilibrium

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan mendasar dibeberapa program studi khususnya di Universitas Kuningan terjadinya persaingan yang ketat dalam penerimaan mahasiswa. Begitu pula dengan munculnya program studi atau penjurusan yang baru mengakibatkan mahasiswa bebas memilih sesuai dengan yang diharapkan. Keadaan menunjukkan bahwa dalam kurun waktu tertentu sampai sekarang ada Program Studi yang paling banyak diminati, sementara ada Program Studi yang relatif tetap, bahkan ada yang menurun seperti yang terjadi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi.Mengantisipasi fakta-fakta tersebut maka proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi tertentu sangat penting untuk diketahui oleh para pengelola perguruan tinggi swasta melalui kajian perilaku konsumen. Metode penelitian dikategorikan sebagai penelitian deskriptive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified sampling. pengambilan sampel yang berdasarkan tingkatkan atau strata berdasarkan populasi. Hasil penelitian, maka dapat diketahui gambaran variabel citra program studi (X1) mencapai 88,49% yang termasuk ke dalam kategori kriterium sangat tinggi, variabel Motivasi Menjadi Guru (X2) termasuk dalam kriteria yang mencapai 86,70% yang termasuk ke dalam kategori kriterium sangat tinggi, variabel Keputusan Memilih Program Studi (Variabel Y) termasuk dalam kriteria yang mencapai 87,61% yang termasuk ke dalam kategori kriterium sangat tinggi.Kemudian faktor citra program studi dan motivasi menjadi Guru memberikan konstribusi sebesar 5 % terhadap Keputusan mahasiswa dalam memilih program Studi  Dalam penelitian ini, peneliti memberikan sumbang saran sebagai berikut :1). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bidang akademik, dosen diharapkan mampu meningkatkan kepuasan terhadap mahasiswa, ketika mengajar dosen dengan datang tepat waktu. 2). Jika terjadi keluhan atau kesulitan dari pihak mahasiswa atau pihak keluarga mahasiswa, dosen pembimbing harus lebih terbuka dan tanggap memberikan solusi terbaik kepada mahasiswa bimbingannya.3). Untuk memudahkan dalam pencarian informasi tentang program studi pendidikan ekonomi melalui internet, diharapkan program studi ke depannya dapat membuat website atau situs tersendiri sebagai ajang promosi.
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS di SMA Negeri 1 Kuningan) Suryani, Yeyen; Dewiana, Sintia
Equilibrium Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium
Publisher : Equilibrium

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran serta kurangnya kemampuan siswa untuk memecahkan masalah yang membutuhkan kemampuan analisis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) terdapat perbedaan kemampuan awal siswa,2) setelah pembelajaran berlangsung kemampuan berpikir kritis siswa kelas yang menggunakan PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunkan metode ceramah, 3) peningkatan (N-Gain) kemampuan berpikir kritis siswa kelas yang menggunakan PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode ceramah.Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan non-equivalent control group pretes-posttest design. Dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 75 orang yaitu 38 siswa di kelas eksperimen, dan 37 siswa di kelas kontrol.Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis, diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada tes awal terbukti dengan thitung=0,2616<ttabel=1,993. Kedua, setelah pembelajaran berlangsung kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan metode PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran ceramah terbukti dengan thitung=4,375>ttabel=1,993. Ketiga, peningkatan (N-Gain) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan metode PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran ceramah terbukti dengan thitung =5,173 > ttabel =1,993.Adapun saran dari penelitian ini yaitu, perlu adanya penjelasan yang mendalam dalam proses persiapan sehingga siswa tidak kesulitan dalam menyusun pertanyaan penyelidikan. Dalam penggunaan PjBL guru berperan sebagai fasilitator dan motivator sehingga dibutuhkan penguasaan materi dan pengelolaan kelas yang baik. Penggunaan metode PjBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dari metode ceramah sehingga disarankan guru untuk menerapkan metode ini yang disesuaikan dengan materi sehingga kemampuan berpikir kritis siswa berkembang dan terlatih. Penyesuaian penggunaan metode pembelajaran dengan materi dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal serta pengetahuan yang diperoleh siswa benar-benar melekat dan lebih bermakna.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KOMUNIKASI BAWAHAN TERHADAP EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DI UNIVERSITAS KUNINGAN Tania Pratiwi, Rani; Elsa, Ristia
Equilibrium Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium
Publisher : Equilibrium

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

“Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja guru di SMP Negeri 2 Lebakwangi” Hanggara, Agie
Equilibrium Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium
Publisher : Equilibrium

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja Guru dilihat dari tingkat kehadiran di sekolah masih menunjukkan butuhnya peningkatan. Berdasarkan data yang diperoleh, kehadiran guru di SMP Negeri 2 Lebakwangi belum mencapai kondisi ideal, hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketidakhadiran guru yang mencapai 12,27%.Perubahan kinerja guru sejalan dengan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Kepala sekolah bertindak sebagai inovator dalam upaya memperbaiki kinerja guru secara langsung serta meningkatkan motivasi kerja guru yang bermuara pada peningkatan kinerja guru itu sendiri.Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Lebakwangi, dengan sampel adalah guru-guru SMPN 2 Lebakwangi yang berjumlah 34 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang mengukur skala sikap dari Likert dengan 5 (lima) alternatif jawaban. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Path Analysis (analisis jalur).Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator dinyatakan baik karena berada pada kriterium tinggi dengan presentasi 77,11%; Motivasi Kerja Guru dinyatakan baik karena berada pada kriterium tinggi dengan presentasi 76,84%; Kinerja Guru dinyatakan sangat baik karena berada pada kriterium sangat tinggi dengan presentasi 92,65%; Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator memiliki pengaruh positif terhadap Motivasi Kerja Guru dengan koefisien jalur sebesar 0,370; Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Guru dengan koefisien jalur sebesar 0,502; dan Motivasi Kerja Guru memberi pengaruh positif terhadap Kinerja Guru dengan koefisien jalur sebesar 0,368.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN NASABAH DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Kasus Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Kuningan) Sunarti, Iin; Nuryatin, Atin
Equilibrium Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium
Publisher : Equilibrium

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Tingkat II Tahun Akademik 2014/2015 Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Kuningan) Suryani, Yeyen; Mulyati, Sri
Equilibrium Vol 13, No 1 (2016): Equilibrium
Publisher : Equilibrium

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7