cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Equilibrium
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 02165287     EISSN : 26145839     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli Jurnal EQUILIBRIUM ini sudah memiliki ISSN No. 0216-5287(cetak) dan ISSN 2614-5839 (online).
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi" : 13 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Rani Tania Pratiwi; Nita Hadiyanti; Iyan Setiawan; Atin Nuryatin
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.7042

Abstract

AbstractThe problem in this research is the low critical thinking skills of students. This is shown by the number of students who still get scores below the KKM from the results of the critical thinking skills test. The low level of critical thinking skills can be influenced by various factors, one of which is that students who answer questions are very fixated on the material they have learned, find it difficult to understand terms, and analyze to find solutions to the problems they face. This study aims to determine the effect of the Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model) learning model on students' critical thinking skills. The design in this study used a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group design. Based on the results of the analysis, the following results were obtained. First, there are differences in students' critical thinking skills between classes that receive the Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model) learning model and classes that receive the learning model. Second, there was an increase in students' critical thinking skills between classes that received the Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model) learning model and classes that received the learning model. The suggestion in this study is that it is necessary to prepare learning with the Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model), so students have no difficulty in forming concepts to show the results of the learning process. In the Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model) learning model, educators act as facilitators and motivators so that mastery of the material and good classroom management are neededKeywords: Critical Thinking Skill; Learning Mode; Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI ModeAbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang masih mendapatkan nilai di bawah KKM dari hasil tes kemampuan berpikir kritis. Rendahnya keterampilan berpikir kritis dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya siswa menjawab soal sangat terpaku pada materi yang telah dihafalnya, sulit memahami istilah, dan menganalisis hingga menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang mendapat model pembelajaran Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model) dan kelas yang mendapat model pembelajaran ceramah. Kedua, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang mendapatkan model pembelajaran Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model) dengan kelas yang mendapatkan model pembelajaran ceramah. Saran dalam penelitian ini adalah perlu mempersiapkan pembelajaran dengan model Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model), sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam membentuk konsep untuk mempresentasikan hasil proses pembelajaran. Dalam model pembelajaran Reflective Activity As Naturalist Intelligence (RANI Model), pendidik berperan sebagai fasilitator dan motivator sehingga diperlukan penguasaan materi dan pengelolaan kelas yang baik.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Model pembelajaran; Reflective Activity As Naturalis Intelligence (RANI Model);
PENGARUH BELANJA DAERAH, PMA DAN PMDN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PROVINSI DI SULAWESI Teddy Tajudin
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.7091

Abstract

 AbstractEconomic growth is considered a success of economic development. Economic growth can be measured using Gross Regional Domestic Product (GRDP). The contribution of the GRDP of each province in Sulawesi to the number of GRDP of 34 provinces is very diverse and there is a considerable inequality. This study aims to determine the influence of Regional Spending and Investment on provincial Gross Regional Domestic Product per capita in Sulawesi. The study was conducted in 6 provinces of Sulawesi. Quantitative methods are used as research methods, with the testing of panel data regression analysis. The variables used are GRDP per capita, Regional Expenditure, Domestic Direct Investment (DDI) and Foreign Direct Investment (FDI). The data used is the cross section of 6 provinces in Sulawesi and the 2011-2021 time series. The analysis shows that Regional Spending, Domestic Direct Investment and Foreign Direct Investment have a significant effect on GRDP per capita. Keywords: Gross Regional Domestic Product; Domestic Direct Investment;  Foreign Direct Investment; Regional Spending. AbstrakPertumbuhan ekonomi dianggap sebagai keberhasilan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dapat diukur menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Kontribusi PDRB masing-masing provinsi di Sulawesi terhadap jumlah PDRB 34 provinsi sangat beragam dan terjadi ketimpangan yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu pengaruh Belanja Daerah dan Investasi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Provinsi di Sulawesi. Penelitian dilakukan pada 6 Provinsi di Sulawesi. Metode kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian, dengan pengujian analisis regresi data panel. Variabel yang digunakan adalah PDRB per kapita, Belanja Daerah, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA). Data yang digunakan adalah cross section 6 provinsi di Sulawesi dan time series 2011-2021. Analisis menunjukkan bahwa Belanja Daerah, Penanaman Modal Dalam Negeri dan Penanaman Modal Asing berpengaruh signifikan terhadap PDRB per kapita. Kata Kunci: PDRB; Penanaman Modal Dalam Negeri; Penanaman Modal Asing; Belanja Daerah.
PENGARUH KREDIT BERMASALAH DAN PENYALURAN KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS BANK BUMN TERDAFTAR BEI Yasir Maulana; Dikdik Harjadi; Lisa Lismawati
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.6759

Abstract

ABSTRACTBanks make money via lending. This study examines the effect of non-performing loans on state-owned commercial banks trading on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2011 to 2020. This study analyzed state-owned commercial banks' performance from 2011 to 2020 using secondary data from IDX. Analyses include panel data regression, a classical assumption test, a coefficient of determination, and hypothesis testing. The F test shows that bad and new loans affect earnings equally. Non-performing loans negatively and considerably impact on profitability for state-owned commercial banks listed on the Indonesia Stock Exchange, whereas partial credit distribution has no effect.Keywords: Non-performing Loans; Credit Distribution; and Profitability.  ABSTRAKBank menghasilkan uang melalui pinjaman. Penelitian ini menguji pengaruh kredit bermasalah terhadap bank BUMN di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011-2020. Penelitian ini menganalisis kinerja bank BUMN dari tahun 2011-2020 menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia. Analisis meliputi regresi data panel, uji asumsi klasik, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Uji F menunujukkan bahwa kredit macet mempengaruhi pendapatan. Kredit bermasalah berdampak negatif terhadap profitabilitas bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan secara parsial penyaluran kredit tidak berpengaruh.Kata Kunci: Kredit Bermasalah, Penyaluran Kredit dan Profitabilitas
PENERAPAN LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Yeyen Suryani; Melasari Melasari; Nanung Nurjannah; Iis Trisno Iskandar; Oyoh Rokayah; Ibnu Udy Prasetyo
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.7012

Abstract

AbstrakPermasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui penerapan lesson study dengan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan penguatan profil pelajar pancasila pada siswa kelas X MPLB SMKN 2 Kuningan. Kegiatan Lesson Study terdiri dari tiga tahapan kegiatan yaitu PLAN (merencanakan), DO (melaksanakan), SEE (Merefleksi). Dalam kegiatan PLAN guru model beserta guru lain sebagai observer merencanakan rencana pembelajaran dalam hal ini disebut modul ajar sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum Merdeka. Para observer  memberi masukan atas modul ajar yang disusun oleh guru model. Dalam tahapan kedua yaitu DO, guru model melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yaitu Problem Based Learning (PBL) yang menitik beratkan pada keaktifan peserta didik di dalam pembelajaran dan pemecahan masalah dari topik yang diajarkan dipecahkan oleh peserta didik itu sendiri dengan cara berkelompok sampai dengan memberikan kesimpulan. Guru model hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Model pembelajaran PBL merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dan membuka wawasan peserta didik itu sendiri. Tahapan ketiga yaitu SEE dengan merefleksi hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan guru model dengan melihat kekurangan dalam hal peserta didik belajar untuk ditindaklanjuti pada pembelajaran siklus selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan penerapan model problem based learning melalui lesson study. Kata kunci: Lesson Study;  Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis  AbstractThis research was conducted to solve the main problem faced by the students, their low critical thinking. The objective is to find out the application of lesson study with Problem Based Learning (PBL) to improve critical thinking skills by strengthening the profile of Pancasila students in class X MPLB SMKN 2 Kuningan. There are three stages of activity in implementing lesson study: PLAN,DO (implement), SEE (Reflect). In PLAN activities, the model teacher and other teachers as observers plan a lesson plan, in this case called a teaching module, in accordance with the provisions of the Independent Curriculum. The observers provide input on the teaching modules prepared by the model teacher. In the second stage, namely DO, the model teacher carries out learning using the learning model, namely Problem Based Learning (PBL) which focuses on the activeness of students in learning and solving problems from the topics taught are solved by the students themselves by way of groups up to giving conclusion. The model teacher is only a facilitator in learning. The PBL learning model stimulates students to think critically and opens the students' own insights. The third stage is SEE by reflecting on the learning outcomes that have been carried out by the model teacher by looking at the deficiencies in terms of student learning to be followed up in the next cycle of learning. The results showed that students' critical thinking skills increased with the application of the problem-based learning model through lesson study. Keywords: Lesson Study;  Problem Based Learning; Critical Thinking Skills
PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN ANGKATAN KERJA TERHADAP JUMLAH PENGANGGURAN DI KOTA SEMARANG amri aziz mustofa; Rani Violeta
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.7099

Abstract

AbstractUnemployment is an economic and social problem related to a country's economic growth that needs to be addressed, with the population growing so that the number of the labor force continues to increase every year. The review of this study aims to find out how much influence economic growth and the number of labor force have on the number of unemployed in the city of Semarang. This research is a type of quantitative research using secondary data obtained from the Central Statistics Agency of Semarang City in 2009-2021. The analysis in this study is using multiple linear regression analysis seen from constanta values, T tests, and F tests and based on classical assumption tests, namely normality, heteroskedasticity, multicollinearity, and autocorrelation tests. The results of the analysis based on constant values and coefficients show that there is an increase in the number of unemployed and economic growth is related to the variable unemployment which is not in the same direction. Based on the T test variable (X1) shows that for every 1 increase in economic growth, the number of unemployed will decrease and the variable (X2) will increase by 1 each in the economic growth variable, so the number of unemployed will increase. Based on the F test, economic growth and the number of labor force have a significant effect on the number of unemployed. Based on the Adjusted value (????2) it shows that the number of unemployed is influenced by economic growth and the number of the workforce.Keywords: Labor Force; Unemployment; Economic Growth AbstrakPengangguran merupakan masalah ekonomi dan sosial yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara yang perlu diatasi, dengan jumlah penduduk yang bertambah, sehingga jumlah angkatan kerja terus meningkat setiap tahunnya. Tinjauan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi dan jumlah angkatan kerja terhadap jumlah pengangguran di kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Semarang Tahun 2009-2021. Analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji statistik menggunakan uji T, uji F, dan koefesien determinasi R2 dan berdasarkan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas, dan autokorelasi. Hasil analisis berdasarkan nilai konstanta dan koefesien menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah pengangguran dan pertumbuhan ekonomi mempunyai keterkaitan terhadap variabel pengangguran yang tidak searah. Berdasarkan uji t variabel pertumbuhan ekonomi menunjukkan setiap peningkatan 1% pertumbuhan ekonomi, maka jumlah pengangguran mengalami penurunan dan variabel angkatan kerja setiap mengalami peningkatan sebesar 1% pada variabel pertumbuhan ekonomi, maka jumlah pengangguran akan mengalami peningkatan. Berdasarkan uji F pertumbuhan ekonomi dan jumlah angkatan kerja berpengaruh signifikan terhadap jumlah pengangguran. Berdasarkan nilai Adjusted (????2) menunjukkan bahwa Jumlah Pengangguran dipengaruhi oleh Pertumbuhan ekonomi dan Jumlah Angkatan Kerja.Kata Kunci: Angkatan Kerja; Pengangguran; Pertumbuhan Ekonomi
PENGARUH SOCIAL INTERACTIVITY ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT BEHAVIOR DAN BRAND LOYALTY Muhammad Angga Maulana; Nabila Armeinita; Renny Risqiani
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.7018

Abstract

AbstractThe study aims to examine the effect of social interactivity between customer engagement behavior and brand loyalty on social media. This research uses a type of quantitative approach. The research method is in the form of a survey using primary data collected by filling out a closed questionnaire using a Likert scale of 1-5. Sampling used purposive sampling with the respondent's criteria, namely Facebook social media users aged 17-30 years. Total respondents who were sampled in this study were 135 active Facebook users. This research was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) and processed with the help of SPSS and AMOS software. The results of the study show that (1) Customer Engagement Behavior has a positive effect on company Brand Loyalty on page content on the Facebook social media platform. (2) Customer Engagement Behavior has a positive effect on company Social Interactivity on page content on the Facebook social media platform. (3) Social Interactivity has no positive effect on company Brand Loyalty on page content on the Facebook social media platform.Keywords: social interactivity; customer engagement behavior; brand loyaltyAbstrakPenelitian bertujuan menguji pengaruh social interactivity antara customer engagement behavior dan brand loyalty di media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dalam bentuk survey menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 1-5. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden yaitu pengguna media sosial Facebook berusia 17-30 tahun. Total responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 135 orang pengguna aktif facebook. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dan diolah dengan bantuan Software SPSS dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Customer Engagement Behavior berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty perusahaan terhadap konten halaman di platform media sosial facebook. (2) Customer Engagement Behavior berpengaruh positif terhadap Social Interactivity perusahaan terhadap konten halaman di platform media sosial facebook. (3) Social Interactivity tidak berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty perusahaan terhadap konten halaman di platform media sosial facebook.Kata kunci: social interactivity; customer engagement behavior; brand loyalty
PENGARUH PENGANGGURAN DAN PDRB SEBAGAI PENYUMBANG MASALAH KEMISKINAN DI KOTA BESAR Batara Daniel Bagana; Widhian Hardiyanti; Muhammad Ali Masum
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.7388

Abstract

 AbstractThe purpose of this study is to explore and review how big the impact of unemployment and gross regional domestic product (GDP) is on the number of people who are in the poor category in big cities in provinces on the island of Java. The categories that are the object of this research are all residents who are below the poverty line in the State of Indonesia. The specimens taken in this study are groups of people who are below the poverty line in six big cities on the island of Java. The data used is panel regression (pooled data) with a total of thirty observational data. Processing in this study uses Eviews version 9 and Ms Excel. The selection of the regression panel models includes the general effects estimation model, the fixed effects model, and the random effects model. The results of the two statistical tests encouraged researchers to use the results of the fixed effect estimation model to test the hypothesis. The results showed that unemployment had a significant positive effect on poverty while gross regional domestic product P had a significant negative effect on poverty in provincial capitals on the island of Java.Keywords: Unemployment; Poverty; Random Effects Model; Fixed Effect Models; Effect Estimation Models AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendalami dan mengkaji kembali seberapa besar dampak yang ditimbulkan oleh pengangguran dan produk domestik regional bruto(PDRB) kepada angka masyarakat yang berada pada katagori tidak mampu di ibu kota besar pada  provinsi di Jawa. Kategori yang menjadi obyek penelitian ini adalah seluruh penduduk yang berada dibawah garis kemiskinan di Negara Indonesia. Spesimen yang diambil pada pengkajian ini adalah golongan masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan di enam kota besar di Pulau Jawa. Data menggunakan regresi panel (pooled data) dengan total tiga puluh data observasi. Pengolahan dalam penelitian ini menggunakan Eviews versi9 dan Ms Excel. Pemilihan model panel regresi meliputi model estimasi efek umum, model efek tetap, dan model efek acak. Hasil dari kedua uji statistik tersebut mendorong para peneliti untuk menggunakan luaran dari model estimasi efek tetap untuk menguji hipotesis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengangguran berpengaruh signifikan positif terhadap kemiskinan sedangkan produk domestik regional bruto berdampak signifikan negatif terhadap kemiskinan di ibu kota provinsi di pulau Jawa.Kata kunci: Pengangguran; Kemiskinan; Model Acak Umum; Model Efek Tetap; Model Estimasi Efek
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PUPU SAEFUL RAHMAT
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.6792

Abstract

AbstractThe problem of this research was the low learning outcomes of students in class X  SMAN I Kuningan. The purpose of this study was focused on 3 (three) things, including: (1) to find out the differences in motivation and learning outcomes of students in the pre-test between a classe used cooperative learning model of inquiry type compared to a classes used conventional learning methods; (2) to find out the differences in students' motivation and learning outcomes on the post test  between a class using  inquiry type cooperative learning model compared to a class using conventional learning methods; (3) to find out the difference in the increase in motivation and learning outcomes (pre-test and post-test measurements) between a class using the inquiry-type cooperative learning model compared to a class using conventional learning methods. The research used experimental method. Data was collected through a written test (pre-test and post-test). The subjects of this study were class X1 (28 people) and X2 (28 people). To analyze the research data, the t-test was used. Based on the results of data analysis, it was concluded: (1) there was no difference in motivation and learning outcomes of students in the pre-test between the experimental class and the control class, meaning that before treatment using the inquiry-type cooperative learning model, they had the same initial ability  (no difference); (2) there is no difference in the motivation and learning outcomes of students on the final test (post test) between the experimental class compared to the control class, meaning that after giving treatment using the inquiry type cooperative learning model, the effectiveness of learning has not been able to improve student learning outcomes at the end learning; (3) there was difference in motivation and learning outcomes (pre-test and post-test measurements) between the experimental class compared to the control class.  Keywords: Inquiry type cooperative learning model; learning motivation; learning outcome. AbstrakPenelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa kelas X.SMAN I Kuningan. Tujuan penelitian ini difokuskan pada 3 (tiga) hal, antara lain:  (1) untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa  (pre test) antara kelas yang menggunakan model cooperative learning tipe inquiry dibanding dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa (post test) antara kelas yang menggunakan model cooperative learning tipe inquiry dibanding dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar (pre test dan post test) antara kelas yang menggunakan model cooperative learning tipe inquiry dibanding dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis (pre test dan post test). Subjek penelitian ini adalah kelas X1 (28 orang) dan X2 (28 orang). Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) tidak terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajarsiswa (pre test) antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, artinya sebelum perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inkuiri, siswa memiliki kemampuan awal yang sama (tidak ada perbedaan); (2) tidak terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa (post test) antara kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol, artinya sesudah pemberian perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inkuiri, efektivitas pembelajaran belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran; (3) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar (pre test dan post test) antara kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol.  Kata Kunci: Model cooperative learning tipe inquiry; motivasi belajar;  hasil belajar.
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, CUSTOMER SATISFACTION, TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA RESTORAN CEPAT SAJI M. Fadhil Fausta; Patrick Anderson; Renny Risqiani
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.6674

Abstract

AbstractTo create Customer Experience, Customer Satisfaction and Repurchase Intention, one of the fast food restaurants in Indonesia presents self-ordering machine technology that allows consumers to order food independently without having to queue at the cashier. The existence of a self-ordering machine is expected to be able to streamline and shorten the time of ordering food at restaurants. This study aims to determine whether self-ordering machines have a positive impact on customer experience, customer satisfaction, and repurchase intention of fast food restaurant customers. This type of research uses hypothesis testing. The sample used is customers who have ordered food at a fast food restaurant using a self-ordering machine which is included in the generation of Y and Z using the Purposive Sampling technique. Data collection used is primary data collected through surveys. This research was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) and processed with the help of SPSS and AMOS software. The results of this study indicate that customer experience has a positive and significant impact on customer satisfaction and repurchase intentions on food purchases at fast food restaurants using their ordering machine. Meanwhile, customer satisfaction has no positive and significant effect on repurchase intention. The results of this study can be used as learning for fast food restaurants to increase repurchase intentions at these fast food restaurants. Keywords    : Customer Experience; Customer satisfaction; Purchase Intentions; Self ordering MachineAbstrak Dalam rangka menciptakan Customer Experience, Customer Satisfaction dan Repurchase Intention, salah satu restoran makanan cepat saji yang ada di Indonesia menghadirkan teknologi mesin Self Ordering yang membuat konsumen dapat memesan makanan secara sendiri tanpa harus antri dikasir. Adanya mesin Self Ordering ini diharapkan meningkatkan efisiensi terutama dalam mempersingkat waktu pemesananan makanan di restoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah mesin Self Ordering memiliki dampak yang positif terhadap Customer Experience, Customer Satisfaction dan Repurchase Intention pelanggan restoran makanan cepat saji. Jenis penelitian ini adalah hipotesis testing. Sampel yang digunakan adalah pelanggan yang pernah memesan makanan di restoran makanan cepat saji dengan menggunakan mesin Self ordering yang termasuk dalam generasi Y dan Z dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui survei. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dan diolah dengan bantuan Software SPSS dan AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Experience memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention terhadap pembelian makanan di restoran cepat saji dengan menggunakan mesin Self Ordering. Sedangkan Customer Satisfaction tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pembelajaran untuk restoran makanan cepat saji agar dapat meningkatkan Repurchase Intention pada restoran makanan cepat saji tersebut. Kata Kunci :    Customer Experience; Customer satisfaction; Purchase Intentions; Self ordering Machine
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL,Tbk. PERIODE 2016-2020 JAMALUDIN JAMALUDIN
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 20, No 01 (2023): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v20i01.6762

Abstract

AbstractThe health of a bank can be interpreted as the ability of a bank to carry out normal banking operations and be able to fulfill all of its obligations properly in ways that comply with applicable banking regulations. The purpose of this research is to analyze the financial performance at PT. Astra International, Tbk Period 2016-2020. The research method used in this study is a quantitative method, the data used is secondary data, the population in this study is all financial reports at PT. Astra International, Tbk. The sample used in this study is the financial statements of PT. Astra International, Tbk for the 2016-2020 period, in the form of a balance sheet and profit and loss report. The result of this research is the Liquidity Ratio. From the liquidity ratio, PT Astra Tbk is not yet liquid or unable to meet its financial short-term obligations when billed. Profitability Ratio. The average calculation of 24.2% with the industry standard is 30%, so the condition of financial performance is not good because it is below the company's industry standard. Solvency Ratio. The company's industry standard is 90%, so the financial performance is in a "good" condition because it is above the company's industry standard. Activity Ratio. Financial performance is in good condition because it is above the company's industry standards.Keywords: Profitability Ratio; Solvability Ratio; Activity Ratio; and Liquidity Ratio AbstrakKesehatan suatu bank dapat diartikan sebagai kemampuan suatu bank untuk melakukan kegiatan operasional perbankan secara normal dan mampu memenuhi semua kewajibannya dengan baik dengan cara-cara yang sesuai dengan peraturan perbankan yang berlaku. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan pada PT. Astra Internasional,Tbk Periode Tahun 2016-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, data yang digunakan data sekunder, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuang pada PT. Astra Internasional,Tbk. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Astra Internasional,Tbk Periode Tahun 2016-2020, berupa laporan Neraca dan Laba Rugi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Rasio Likuiditas. Dari rasio likuiditas, maka PT Astra Tbk ini belum likuid atau  kurang mampu memenuhi kewajiban jangka pendek keuangannya pada saat ditagih. Rasio Profitabilitas. Rata-rata perhitungan sebesar 24,2% dengan standar industrinya adalah 30% maka keadaan kinerja keuangan dalam kondisi kurang baik karena dibawah standar industri perusahaan. Rasio Solvabilitas. Standar industri perusahan 90% maka keadaan kinerja keuangan dalam keadaan “Baik” karena diatas  standar industri perusahaan. Rasio Aktivitas. Kinerja keuangan dalam keadaan baik karena diatas standar industri perusahaan.Kata Kunci: Rasio Profitabilitas; Rasio Solvabilitas; Rasio Aktivitas; dan Rasio Likuiditas

Page 1 of 2 | Total Record : 13