cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jinopfkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
ISSN : 24431591     EISSN : 24600873     DOI : 10.2229.
Core Subject : Education,
JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in teaching and learning process.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN HOTS PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH INDONESIA BANGKOK THAILAND Erna Yayuk; Tyas Deviana; Nawang Sulistyani
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.7106

Abstract

ABSTRAK Implementasi kurikulum 2013 menuntut guru untuk melakukan penilaian  HOTS. Pada dasarnya penilaian HOTS harus diawali dengan pembelajaran yang HOTS juga. Hasil yang didapatkan berdasarkan pengamatan di SIB Thailand bawasannya masih ditemukan adanya (1) beberapa guru yang masih memerlukan updating tentang pengetahuan terutama kurikulum 2013, (2) kurang lebih 45% siswa masih pasif ketika diajar dan keaktifan kelas sering didominasi oleh anak-anak yang pintar. (3) dalam proses pembelajaran soal-soal yang dibuat guru kebanyakan masih pada level C1-C3, dan (4) kemampuan siswa dalam berfikir kritis dan analitis sangat kurang. Berdasarkan analisis masalah tersebut, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan guru-guru terhadap pembelajaran dan penilaian HOTS. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Adapun hasil yang didapatkan meliputi (a) hasil contoh perangkat pembelajaran dan penilaian HOTS yang meliputi RPP, (b) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), (c) evaluasi pembelajaran, (d) instrumen penilaian HOTS, dan (e) video pembelajaran dan penilaian HOTS. Kata kunci: Pembelajaran, Penilaian, HOTS ABSTRACTThe implementation of the 2013 curriculum requires teachers to conduct HOTS assessments. Basically the HOTS assessment must begin with HOTS learning as well. The results obtained based on observations at SIB Thailand are still found in (1) some teachers who still need updating of knowledge, especially the 2013 curriculum, (2) approximately 45% of students are still passive when taught and class activeness is often dominated by smart children. (3) in the learning process the questions made by the teacher are mostly still at levels C1-C3, and (4) the ability of students in critical and analytical thinking is very lacking. Based on the analysis of the problem, the purpose of this study was to improve the ability of teachers to learn and assess HOTS. The research method used is qualitative research. The results obtained include (a) the results of examples of HOTS learning and assessment devices which include lesson plans, (b) Student Activity Sheets (LKS), (c) learning evaluation, (d) HOTS assessment instruments, and (e) videos learning and assessment HOTS. Key words: Learning, Assessment, HOTS
PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-TEST SEBAGAI INOVASI PENILAIAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR kuncahyono kuncahyono; Maharani Kumalasani; Dian Aini
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.7139

Abstract

Perkembangan IPTEK saat ini secara langsung berdampak pada perubahan bentuk pengajaran dalam bidang Pendidikan. Guru dituntut untuk menguasai teknologi untuk menunjang proses pembelajarannya. Salah satu proses dalam pembelajaran yang dapat diimplementasikan dengan kemajuan teknologi adalah proses penilaian. Dalam proses penilaian dibutuhkan pola yang sistematis sehingga mempermudah proses penilaian.SD Tlogomas 2 Malang merupakan salah satu SD yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Para guru sudah menerapkan pembelajaran tematik terpadu, dan mencoba mengaplikasikan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Namun dalam melaksanakan penilaian hanya menggunakan perangkat instrument paper based test. Guru belum menggunakan penilaian secara online.Penelitian ini menggunakan model pengembangan O’ Malley dan Pierce yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dengan lima tahapan meliputi: 1) menentukan tujuan pengembangan, 2) menyusun spesifikasi produk, 3) melakukan pengembangan, 4) uji coba, dan 5) revisi. Penelitian ini bertujuan untuk ini memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu juga sebagai sarana untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian secara sistematis. 
PERANCANGAN TRAINER MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL PADA SMK Febriana Suryania; Moch. Sukardjo; M. Yusro
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.7701

Abstract

Penelitian menggunakan R&D dengan metode ADDIE dan Borg & Gall sebagai penelitian pendahuluan. Penelitian dilakukan di SMK Teknik Elektronika Industri, dengan jumlah responden 31 siswa yang akan mengambil mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol. Penelitian ini merancang trainer mikrokontroler sebagai media pembelajaran pada kurikulum 2013 dengan melihat nilai kognitif dan psikomotor sebagai hasil peningkatan siswa. Penelitian ini dibuat karena perubahan kurikulum yang berdampak pada perubahan mata pelajaran praktikum yang mengakibatkan kebutuhan akan prasarana sebagai penunjang belajar praktikum. Penilaian  menggunakan tes pilihan ganda yang sudah divalidasi terlebih dahulu dan kemudian diujikan kepada siswa dengan membandingkan antara nilai pretest dan posttest. Kemudian, penelitian ini menggunakan uji-t sebagai perhitungan dalam mengetahui tingkat efektifitas belajar baik secara kognitif maupun psikomotor.Kata kunci: ADDIE, Trainer Mikrokontroler, psikomotorik, efektifitas
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS V SD. Maistika Ratih; Taufina Taufina
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.9445

Abstract

Abstrak: Based on preliminary studies conducted in class V SDN 01 Koto Merapak. In indoensian language subjects, especially in writing poetry there are still many difficulties and obstacles faced by students. Students find it difficult to express their ideas in the form of poetry. This happens because the learning media used by educators is still less attractive to student, educators have not utilized the media as an object in writing poetry. This causes the skills of student in poetry to be low. The purpose of this study was to describe the improvement of poetry writing skills using the Mind Mapping technique in class V SDN 01 Koto Merapak.  This study uses a qualitative  and quantitative approach, with a type of classroom action research. This research was conducted in two cycles, with the stages of planning, implementing , observing and reflecting. This research was carried out inthe second semester of the 2018/2019 school year at SDN 01 Koto Merapak. With the subject of this research is the fifth grade students of SDN 01 Koto Merapak with a total of 32 student. While the research instruments are observation sheets, field note sheet test sheet, and documentation. The results showed that poetry writing skills using Mind Mapping techniques can improve poetry writing skills of students in SDN 01 SDN Koto Merapak. This can be seen from the result of the poetry  writing ability in the first ccle of meeting I getting an average of 69.78% with  the criterion (C), increasing in the first cycle of the first meeting obtaining an average of  74.12 % with the criteria of good (B), and increasing in the second cycle getting average –average 88.74% with very good criteria (SB). So based on the research above, that intellectual  ability in writing poetry can increase using the Mind Mapping technique.
REKOGNISI DALAM MEREPRESENTASIKAN SIMBOL TURUNAN PARSIAL SEBAGAI METONYMY DAN METAPHOR Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah; Octavina Rizky Utami Putri
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.9659

Abstract

Representasi simbol melibatkan metonymy dan metaphor. Metonymy sebagai rantai penanda, dalam hal ini simbol, sedangkan metaphor sebagai pemaknaan dari penanda (simbol). Metonymy dan metaphor saling terkait dan terlibat dalam sistem penyimbolan saat seseorang menemukan simbol baru dalam proses pembelajaran matematika. Mahasiswa Teknik Sipil banyak menemukan simbol baru dalam perkuliahan Kalkulus II, seperti simbol fungsi dua variabel atau lebih beserta turunannya. Simbol-simbol tersebut tentunya berbeda dengan simbol fungsi satu variabel dan turunannya yang telah dipelajari pada Kalkulus I semester sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Teknik Sipil dalam merepresentasikan simbol sebagai metonymy dan metaphor melalui penyelesaian masalah Turunan Parsial. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, sebagai salah satu upaya untuk mendeteksi kesulitan mahasiswa dalam belajar Turunan Parsial. Mahasiswa diberi worksheet berisi masalah Turunan Parsial yang difokuskan pada representasi simbol sebagai metonymy dan metaphor. Hasil penyelesaian masalah pada worksheet dianalisis berdasarkan representasi simbol turunan parsial baik dari notasinya maupun makna dari notasi. Hasil yang diperoleh adalah bahwa mahasiswa Teknik Sipil kurang mampu dalam merepresentasikan simbol turunan parsial fungsi f terhadap x maupun y. Mahasiswa mampu menentukan selesaian akhir turunan parsial dengan benar, namun kurang baik dalam penandaan simbol turunan parsial.
Implementasi STAD-PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Produk Mahasiswa Calon Guru Biologi Iin Hindun; Husamah Husamah
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.9969

Abstract

Kreativitas produk, khususnya dalam pengembangan perangkat pembelajaran, perlu dimiliki calon guru biologi, dan hal tersebut masih rendah di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kreativitas produk pada mahasiswa melalui penerapan STAD-PjBL. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 35 orang mahasiswa yang menempuh mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian keterampilan produk yang diisi oleh 3 orang observer selama 3 siklus berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan rerata kreativitas produk sebanyak 18 point (Pra Siklus: 63; Siklus I: 71; Siklus II: 76; Siklus III: 81). Dapat disimpulkan bahwa penerapan implementasi STAD-PjBL mampu meningkatkan kreativitas produk pada mahasiswa calon guru, meskipun masih pada level “baik”.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CERITA RAKYAT KABUPATEN BANJARNEGARA nia ulfa martha; novita pri andini
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.9992

Abstract

This research is based on the fact that teaching materials are not yet available as a best friend for teachers in delivering Indonesian language learning at the SMA / MA class X semester 1 of KD 3.7 and 4.7. The purpose of this study was to produce teaching materials for Indonesian language for class X semesters 1 KD 3.7 and 4.7 based on Banjarnegara Regency folklore. This research is a development research with a qualitative descriptive analysis technique. According to experts teaching material has a percentage of validity level 88.5% with a valid category, according to media experts teaching material has a percentage of validity level 80% with a valid category, according to learning experts namely Indonesian language subject teachers have a percentage of validity level 83.7 % with valid categories. Based on the results of research according to class X students of SMA Muhammadiyah Banjarnegara as users, this teaching material greatly facilitates students in understanding folklore. This can be seen from the result of filling out the questionnaire about response student of class X to the teaching materials of the developmet result which have a percentage of validity 91.5%. Suggestions include for product utilization, product dissemination, and further development needs.
Penggunaan Media Plano Kalender Bekas untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Materi Pidato Persuasif di Kelas IX SMP Robertus Adi Sarjono Owon
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.10020

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1)mengetahui sejauh mana penggunaan media pembelajaran Plano Kalender Bekas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan (2)mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran Plano Kalender Bekas pada materi pidato persuasif di kelas  IX SMPK Virgo Fidelis Maumere. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian kualitatif. Media plano kalender bekas merupakan media non-digital real-visual yang memanfaatkan barang bekas sebagai peantara dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IXC SMPK Virgo Fidelis dengan subjek penelitian 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media plano kalender bekas dapat secara signifikan meningkatkan partisipasi (aspek sikap) dan hasil belajar peserta didik. Sikap peserta didik pada siklus I menunjukkan 3 dari 5 kelompok mendapat kategori BAIK dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yakni 5 kelompok mendapat kategori BAIK dan AMAT BAIK. Hasil belajar siklus I menunjukkan perentase daya serap mencapai 74,1% meningkat menjadi 80,5% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 73% meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Back Metter Back Metter
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i2.11359

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9