cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23379049     EISSN : 25024671     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun, pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2014)" : 22 Documents clear
PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL: DALAM PERSPEKTIF KEILMUAN FISIKA Handhika, Jeffry
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatnya kekerasan dikalangan remaja, korupsi dan permasalahan moral lainnya merupakan masalah nasional yang harus segera diselesaikan. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menjaga sistem supaya berjalan ideal. Selain penegakan hukum, penanaman karakter berbasis kearifan lokal merupakan faktor penting  yang perlu dijaga. Karakter berbasis kearifan lokal merupakan cikal bakal karakter bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak kehilangan jati diri dan mampu menjaga sistem dengan baik. Pendidikan karakter, merupakan arti dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan merupakan seluruh rangkaian aktivitas yang dilakukan pendidik untuk peserta didik terhadap semua aspek perkembangan potensi kecerdasan dan kepribadian (karakter baik) yang dilakukan secara kontinu untuk mencapai tujuan setinggi-tingginya. Dengan proses pendidikan yang baik, permasalahan moral di indonesia dapat diminimalisir, oleh karena itu implementasi pendidikan karakter terus dilakukan baik dalam kurikulum maupun secara teknis dalam SSP. Alternatif lain dapat dilakukan dengan memadukan keilmuan Fisika dalam hal ini konten materi dalam penanaman nilai karakter.Kata kunci : Pendidikan Karakter, Kearifan lokal, Keilmuan Fisika
REMEDIASI HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI PEMANTULAN CAHAYA UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 2 JAWAI KABUPATEN SAMBAS KALIMANTAN BARAT Wahyudi, Wahyudi; Rima, Rima; Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah remediasi hasil belajar fisika dengan media animasi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi pemantulan cahaya untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Jawai Kabupaten Sambas. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Jawai Kab.Sambas (Kalimantan Barat) yang terdiri dari kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A yang terdiri dari 27 siswa dengan nilai dibawah KKM yaitu < 75, yang dipilih secara Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika yang berbentuk uraian. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan remediasi sebesar 52,63 dengan standar deviasinya 11,48 dan rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan remediasi sebesar 78,67 dengan standar deviasinya 6,84. Dari hasil analisis menggunakan uji t dengan  = 5% diperoleh thitng = 16,12 dan ttabel = 2,056  , karena thitung tidak terletak pada daerah penerimaan HO (terima HO jika –ttabel < thitung < ttabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan  sebesar 16,12. Selanjutnya dari perhitungan effect size diperoleh harga effect size sebesar 3,80 dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukan besar pengaruh remediasi hasil belajar siswa pada materi pemantulan cahaya dilihat dari hasil belajar siswa tergolong tinggi.Kata Kunci: remediasi, hasil belajar, media animasi, pemantulan cahaya.
HUBUNGAN PERSEPSI DAN TINGKAT KEAKTIFAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI PADA PERKULIAHAN BIOTEKNOLOGI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG Sukri, Akhmad; Purwanti, Elly
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Ada tiga faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu (1) sumberbelajar dan proses belajar di sekolah, (2) kemampuan dan kecakapan guru, dan (3)kemampuan peserta didik. Dosen melalui empat pilar kompetensi dituntut untukmendorong dan memotivasi mahasiswa dalam belajar. Hal ini dilakukan untukmeningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkanhasil belajar. Penelitian ini mengungkap hubungan persepsi dan tingkat keaktifandengan hasil belajar mahasiswa biologi pada perkuliahan bioteknologi di UniversitasMuhammadiyah Malang. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi yang signifikanantara tingkat keaktifan mahasiswa dengan hasil belajar bioteknologi (r = 0,789),sedangkan persepsi mahasiswa tidak memiliki korelasi dengan hasil belajarbioteknologi (r = 0,00).  Kata Kunci: Persepsi, hasil belajar, bioteknologi
PENGARUH INTENSITAS MUSIM HUJAN TERHADAP KELIMPAHAN FITOPLANKTON DI WADUK BENING SARADAN Nirmalasari, Klaudia Putri; Lukitasari, Marheny; Widiyanto, Joko
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of the intensity of the rainy season to the abundance of phytoplankton in the reservoir Bening Madison County. As well as exploit some results of research on the abundance of phytoplankton as a medium of learning materials were shaped poster on the types of phytoplankton. This study uses a quantitative approach to the exploration technique. There are six points each station with two sample replicates. The results showed that in Reservoir Bening Saradan found 16 species of phytoplankton that is Synedra acus, Synedra ulna, Navicula grevillei, Tetragonodium verum, Crucigenia rectangularis, Ulothrix cylindricum, Nitzchia paleaceae, Ceratium candelabrum, Goniochloris sculpta, Scenedesmus ocuminatus, Navicula sp, Nitzchia acicularis, Spirulina major, Ceratoneis acus, Pediastrum simplex, Pleurota eniumtrabecula.  Phytoplankton abundance is the most ubiquitous class Bacillariophyceae. Phytoplankton abundance is influenced by monsoon intensity 40,9%. While 59,1% of other factors influenced the agricultural wastes that contain elements of N, P, K, which can improve nutrient. The highest phytoplankton abundance in December is 138,64 ind/l with 12 species of phytoplankton. The number of rainy days in the December low at 25/31 days allows a maximum of phytoplankton photosynthesis. Lowest phytoplankton abundance in February which is 65,14 ind/l. Phytoplankton abundance is directly proportional to the intensity of the rainy season. The number of higher intensity, phytoplankton abundance is also higher, and vice versa. Physical and chemical conditions Bening Reservoir categorized according to the results of research in the waters of the state are less fertile and less than optimal for the growth of phytoplankton.Keywords : phytoplankton, abundance, intensity of the rainy season
BIODEGRADASI LIMBAH CAIR TAHU DARI MIKROORGANISME INDIGEN SEBAGAI BAHAN AJAR MIKROBIOLOGI LINGKUNGAN DI PERGURUAN TINGGI Lestari, Purwaning Budi
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Limbah cair tahu di lokasi penelitian meliputi amilum sebesar 4,032%, protein 1,415%, pH 4,35, BOD 352,737 mg/l, dan COD sebesar 474 mg/l, dan jumlahnya melebihi melebihi Nilai Ambang Batas. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui biodegradasi limbah cair tahu menggunakan bakteri indigen yang potensial mereduksi protein dan karbohidrat, pH dan BOD serta COD secara in vitro, (2) Mengetahui hasil penelitian tentang biodegradasi limbah cair tahu dari mikroorganisme indigen dapat digunakan sebagai bahan penyusunan bahan ajar Mikrobiologi Lingkungan di Perguruan Tinggi. Rancangan penelitian eksperimen yaitu uji biodegradasi in vitro menggunakan RAK secara Faktorial, dengan perlakuan pertama yaitu variasi jenis isolat dan waktu inkubasi. Eksperimen kedua dengan perlakuan variasi volume starter dan waktu inkubasi yang berpengaruh terhadap uji reduksi amilum dan protein, pH, BOD, dan COD. Kedua penelitian eksperimen tersebut dianalisis dengan menggunakan Anava Ganda, dilanjutkan uji Duncan Multiple Range Test untuk melihat perbedaan signifikasi variasi uji perlakuan. Hasil penelitian isolat A/F dengan waktu inkubasi 6 hari diperoleh hasil: Protein (1,206-0,191), Amilum (3,651-1,255), pH (4,35-6,25), BOD (352,737-125,095), COD (474-150). Sedangkan isolat M diperoleh hasil: protein (1,189-0,402), amilum (3,488-1,934), pH (4,35-6,2), BOD (352,737-216,152), COD (474-186). Volume starter 5% dan waktu inkubasi 6 hari diperoleh hasil: amilum (3,46 mg/l-1,48 mg/l), protein (1,27 mg/l-0,19 mg/l), pH (4,35-6,5), BOD (318 mg/l-125 mg/l), COD (450 mg/l-180 mg/l). Kesimpulan hasil penelitian, yaitu: Perlakuan variasi volume starter 5% dan waktu inkubasi 6 hari, efisien mereduksi amilum, protein, menaikkan pH, menurunkan BOD dan COD. Hasil penelitian digunakan sebagai bahan penyusun bahan ajar mikrobiologi lingkungan di perguruan tinggi.Kata Kunci: Mikroorganisme Indigen, Biodegradasi, Limbah Cair Tahu, Bahan Ajar
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEORI EVOLUSI MELALUI MODEL DICK & CAREY BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP MAHASISWA BIOLOGI DI KOTA MALANG Riyanto, Riyanto; Hindun, Numala
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is to improve understanding of the concept and attitude on the phenomenon that is occurred, so as to understand the concept of the theory of evolution truelly with the next character-based on education is able to avoid misconception of the concept of evolution, which is still a matter of controversy. The experimental data is analyzed with analysis of covariance ( Anacova ),where the pre-test as a covariate, then further testing is done with a different test Least Significances Different ( LSD ). The statistical analysisis assisted by software of SPSS 14 for Windows, conducted with a significance level of 0.05 ( p< 0,05 ) .The Results of Anacova test showed that the Instructional Materials Theory of Evolution with Model Dick & Carey has real significant effect on cognitiveachievement with calculation F value of 32. 014 with a value of p = 0.000 is smaller than the alpha value 0.05 which means that the null hypothesisis rejected and the research hypothesisis accepted which states there is  influence teaching materials with  on Theory of Evolution with Dick & Carey Model of the students’ cognitive achievement and the influence of Instructional Materials of Theory of Evolution by Dick & Carey Model on the attitude result indicates that calculation F value of 40.873 with a value of p = 0.000 is smaller than the alpha value of 0.05 which means that the null hypothesisis rejected and the research hypothesisis accepted which states there is the effect of different device Instructional Materials of Theory of Evolution by Dick & Carey Model for attitude learning outcomes. Keywords : teaching materials , theory of evolution , dick and carey model
PENGARUH VARIASI KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN ASAM LAKTAT TERHADAP KADAR GLUKOSA DAN KUALITAS TEPUNG UWI (DIOSCOREAALATA) Hidayati, Nasrul Rofiah
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variasi konsentrasi dan lama perendaman asam laktat terhadap kadar glukosa dan kualitas tepung uwi (dioscoreaalata). Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan factorial 3x3 dan tiga kali ulangan. Faktor pertama variasi konsentrasi (K) meliputi 1%, 1,5%, 2%, factor kedua lama perendaman (L) meliputi 60 menit, 90 menit, 120 menit. Pengambilan data dengan menghitung kadar glukosa menggunakan metode titrasi menggunakan Na2S2O3 dan uji organoleptik meliputi warna, bau, tekstur dan tingkat kesukaan kepada 15 panelis dengan menggunakan angket tertutup. Analisis data menggunakan analisis varian (anava) dua jalur melalui SPSS versi 17.0 dengan taraf signifikan 0,05, kemudian jika signifikan akan dilanjutkanuji BNT atau LSD. Hasil analisis menunjukkan variasi konsentrasi berpengaruh terhadap kadar glukosa(P= 0,000 < 0,05). Lama perendaman berpengaruh terhadap kadar glukosa(P= 0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh interaksi variasi konsentrasi dan lama perendaman terhadap kadar glukosa(P= 0,013 < 0,05). Kadar glukosa tertinggi terdapat pada perlakuan K1L1 (konsentrasi 1% dan lama perendaman 60 menit), sedangkan kadar glukosa terendah pada perlakuan K3L2 dan K3L3 pada perendaman 120 menit.Hasil uji organoleptik yang disukai pada perlakuan K3L3 karena bau khas uwi hilang, warna lebih putih, tekstur sangat lembut dan kadar glukosanya rendah.Kata Kunci: Asam Laktat, Uwi (Dioscoreaalata), Kadar Glukosa
PENGEMBANGAN KUNCI DETERMINASI MYRIAPODA DALAM MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAKSONOMI INVERTEBRATA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI MADIUN SEMESTER GENAP 2013/2014 Utami, Sri; Pradani, Arim Wahyu Novika; Laksana, Soeprijadi Djoko
JEMS Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

his study aims to develop a key book in the Myriapoda determination Inquiry learning model to improve learning outcomes and determine the feasibility Taxonomy Inveretebrata the book as a learning supporting Prodi Biology Education. The subjects that students Prodi Biology Education IIB half the number 12. Collecting data using multiple assessment sheet including key book appraisal determination Myriapoda, the student questionnaire responses, the performance test sheet, sheet cognitive test results, student activity sheets, and activity sheets lecturer. Analysis of the data using the average of each assessment. The result of this research is a key book Myriapoda determination developed with 4D models (Four D Models) with the stages of defining, designing, developing, while the spread was not done because of the larger scale. The results showed that 80% assessment supervisor and lecturer of Invertebrate Taxonomy courses give a good assessment can be categorized or fit for use Other research results are students responded positively to the book developed by providing an assessment that is equal to 70.8% agreed, and 22% strongly agreed, besides learning the Inquiry model can improve the process and the results of this study demonstrated the value of cognitive test results the average is 80 so it can be categorized as good.Keywords :  A Key Myriapoda Determination, Inquiry, Invertebrate Taxonomy Of Learning Outcomes
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ALAM PADA POKOK BAHASAN KALOR Wijayanti, Galuh; Handhika, Jeffry
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul fisika berbasis alam untuk materi kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan adaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono dan model pengembangan 4-D (Four D). Sasaran dalam penelitian ini adalah modul berbasis alam pada pokok bahasan kalor untuk siswa SMP/MTs kelas VII yang diuji cobakan pada siswa SMPN 1 Takeran Magetan sebanyak 20 anak. Kelayakan modul ditinjau dari hasil validasi ahli, respon guru serta siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)hasil penilaian ahli terhadap produk pengembangan modul menyatakan baik, ahli materi (83,9) dan ahli modul (84,1), 2)hasil respon peserta didiksangat baik, uji kelas kecil (89,7) dan uji kelas besar (83,8), 3)guru mata pelajaran fisika memberikan respon yang sangat baik (90,6).Kata kunci : Modul, Kalor, Model Pengembangan 4D.
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI MAHASISWA CALON GURU MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING Firdaus, Muhamad; Darma, Yudi; Haryadi, Rahman
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of each category of learning, motivation, and its interaction with mathematical reasoning ability. Form of quasi-experimental research is the 2 x 3 factorial design of this study population are student teachers in mathematics education courses STKIP PGRI Pontianak. Sampling was done by cluster random sampling technique. The instrument used to collect the data is motivation questionnaire, and mathematical reasoning ability test conducted by first corresponding item analysis procedures. Based on the hypothesis testing using a two-way ANOVA different cells and further testing, research concluded that: mathematical reasoning ability of the student in the learning model of reciprocal teaching better than conventional learning, both in general and by category level of motivation; And mathematical reasoning abilities of students with high motivation better than mathematical reasoning abilities of students with low motivation, and mathematical reasoning skills of students with high motivation as well as being motivated, and the same thing also in the medium and low motivation, both in general and by category learning. Keywords: Reciprocal Teaching, Motivation, Mathematical Reasoning Ability

Page 1 of 3 | Total Record : 22