cover
Contact Name
Erni Qomariyah
Contact Email
erniqomariyah@gmail.com
Phone
+628113666227
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : Kampus Hij     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/bujab
Core Subject : Economy, Social,
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis" : 17 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN KEUANGAN DALAM PEMBERIAN KREDIT PADA KOPERASI PEGAWAI NEGERI UNIVERSITAS HALU OLEO (KPN UHO) Aysah, Nur; Sahrun, Sahrun; Ningtyas, Candra Puspita
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.17684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan bagaimana kemampuan keuangan dalam pemberian kredit pada Koperasi Pegawai Negeri Universitas Halu Oleo (KPN UHO). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio likuditas dan rasio solvabilitas.Informan dalam penelitian ini adalah pegawai pada Koperasi Pegawai Negeri Universitas Halu Oleo, yang meliputi Dua orang pegawai koperasi bagian unit kerja simpan pinjam yang bekerja pada Koperasi Pegawai Negeri Universitas Halu Oleo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Kemampuan keuangan Koperasi Pegawai Negeri Universitas Halu Oleo berdasarkan dari rasio likuiditas dengan menggunakan perhitungan current ratio dan quick ratio dinilai kurang baik karena melebihi standar rasio 325% hal ini disebabkan koperasi kurang menggunakan aktiva lancarnya. Sedangkan Kemampuan keuangan Koperasi Pegawai Negeri Universitas Halu Oleo berdasarkan dari rasio solvabilitas dengan menggunakan perhitungan total assets to total debt ratio dan debt to equity ratio dinilai sangat baik karena berada di bawah standar rasio >40% dan >70%. Dan juga Kemampuan keuangan dalam Pemberian Kredit Pada Koperasi Pegawai Negeri Universitas Halu Oleo hasil penelitian menunjukan bahwa koperasi kurang mampu memberikan kredit pada anggota koperasi.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENEMPATKAN DEPOSITO PADA BANK CENTRAL ASIA (BCA) KCP PUCANG ANOM SURABAYA Listyawati, Liling; Herawati, Andry
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.18820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Nasabah Menempatkan Deposito pada BCA KCP Pucang Anom Surabaya. Dengan cara menganalisis faktor-faktor Tingkat Suku Bunga, Jaminan Keamanan dan Kemudahan Fasilitas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan analisis regresi liner berganda dengan teknik probability sampling atau pengambilan sampel secara acak yang telah di hitung dengan rumus solvin .Dengan variabel yang di ukur adalah tingkat suku bunga, jaminan keamanan dankemudahan fasilitas sebagai variabel bebas sedangkan keputusan nasabah menempatkan deposito sebagai variabel terikat.Sumber data yang digunakan berasal dari jawaban kuesioner yang di sebar pada 122 responden. Dari hasil analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian secara parsial dan simultan membuktikan bahwa variabel independen tingkat suku bunga, jaminan keamanan dan kemudahan fasilitas berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menempatkan deposito pada BCA KCP Pucang Anom Surabaya, dan faktor yang dominan berpengaruh adalah tingkat suku bunga. Nilai koefisien determinasi atau R Square .869 yang berartiKeputusan Nasabah Menempatkan Depositodipengaruhi Tingkat Suku Bunga (X1), Jaminan Keamanan(X2), dan Kemudahan Fasilitas(X3) sebesar 86,9%. dan sisanya 13.1% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini
ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA PAKET MENU MAKAN PRASMANAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN ANGKASA NIKMAT KENDARI Sahrun, Sahrun; Almasih Husain, Putri Mega; Purwati, Ninik Endang
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.19520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi penetapan harga paket menu makan prasmanan dalam meningkatkan volume penjualan pada rumah makan Angkasa Nikmat Kendari. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berhubungan dengan ide, persepsi, pendapat, kepercayaan orang yang akan di teliti. Dalam penelitian kualitatif tidak dikenal adanya populasi sehingga menggunakan informan, informan dalam penilitian ini sebanyak satu orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi penetapan harga dalam hal ini strategi variabel price, rumah makan Angkasa Nikmat cukup mampu untuk mencapai volume penjualan, yang dimana selama menerapkan strategi ini mudah mendapatkan konsumen serta dapat memaksimalkan laba yang ada. Walaupun di tahun 2020 menurunnya penjualan dari tahun sebelumnya disebabkan oleh masa pandemi saat itu, dan dengan menggunakan strategi variabel price ini ada saja pelanggan yang merasa kurang puas tetapi rumah makan Angkasa Nikmat berusaha menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga dengan banyaknya pelanggan dapat meningkatkan volume penjualan.
STRATEGI MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PRODUK MEUBEL UD. KARMIN DESA EO WAUNGKA KECAMATAN TONGKUNO SELATAN KABUPATEN MUNA Bake, Jamal; jaya, Arnisana; Jopang, Jopang
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.19750

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi meningkatkan omset penjualan produk meubel UD. Karmin Desa Oe Waungka Kecamatan Tongkuno Selatan Kabupaten Muna. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik UD. Karmi, karwawan dan konsumen UD. Karmin yang berjumlah 5 orang meliputi: 1 pemilik usaha 3 orang karyawan 1 konsumen. Hasil penelitian  menjelaskan  strategi dalam  meningkatkan omset penjualan produk meubel dari aspek strategi integrasi, strategi insentif, strategi defensif sudah berjalan denan semestinya. Sehingga omswt penjualan dalam memaksimalkan dibutuhkan ketentuan modal.
PENGARUH CUSTOMERS EXPERIENCE, CUSTOMERS KNOWLEDGE, DAN CUSTOMERS SATISFACTION TERHADAP ELECTRONIC WORD OF MOUTH SOCIOLLA PADA FOLLOWERS @WOMANFEEDS_ID Puspita, Anggun Amelia; Azizah, Nurul
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.18680

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Customers Experience, Customers Knowledge, and Customers Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Electronic Word of Mouth Sociolla pada followers @womanfeeds_id. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahuI pengaruh antar variabel bebas terhadap variabel. terikat. Populasi dari penelitian ini merupakan followers @womanfeeds_id yang pernah melakukan pembelian di Sociolla dan pernah melakukan E-WOM.teknik penarikan sampel menggunaka purposive sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus unknown population yakni sebanyak 100 responden. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada responden melalui googleform. Hasil dari uji t atau uji secara parsial menunjukkan hasil bahwa semua variabel bebas yang terdiri dari Customer Experience, Customers Knowledge, dan Customers Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Electronic Word of Mouth. Kemudian, untuk hasil analisis uji F atau simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung dimana Fhitung (5,720) > Ftabel (2,70) serta nilai signifikansi sebesar 0,001. diakarenakan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel, dan nilai signifikansinya terbilang lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap electronic word of mouth sociolla pada followers @womenfeeds_id.
PERAN EKONOMI KREATIF SEBAGAI ALTERNATIF PELUANG BISNIS (Studi Pada Kerajinan Masyarakat di Kabupaten Konawe Kepulauan Ilham, Qusnul Putri; Jopang, Jopang; liwaul, Liwaul
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.19476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui peranan ekonomi kreatif sebagai alternative peluang bisnis di Kabupaten Konawe Kepulauan. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian dalam peneltian ini adalah pelaku usaha ekonomi kreatif dan Kepala bidang Ekonomi Kreatif, Dinas Parawisata, Pemuda dan Olahraga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan ekonomi kreatif belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena belum ada hasil kerajinan yang di ekspor oleh pelaku usaha dan penggunaan teknologi masih ada yang belum diterapkan dalam proses produksi usaha ekonomi kreatif. Hal ini dapat dilihat diantara pelaku usaha di berbagai Kecamatan, yakni Wawonii barat, Wawonii Timur Laut dan Wawonii Selatan, belum ada produk kerajinan yang dihasilkan di ekspor pada suatu negara, sedangkan pada penggunaan teknologi diantara pelaku usaha masih ada yang belum memanfaatkan teknologi, dimana pelaku usaha kerajinan di Wawonii Barat dan Wawonii Selatan masih menggunakan teknik manual, dalam hal ini tentu proses produksinya membutuhkan waktu yang lama setiap menghasilkan sebuah kerajinan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI WILAYAH KENDARI BEACH Tandisau, Monica Sales; Aminuddin, Aminuddin; sartono, Sartono
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.19922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi tingkat pendapatan pedagang kaki lima di wilayah Kendari Beach. Dalam penelitian ini metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah para pedagang kaki lima yang berdagang di Kendari Beach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan memperoleh barang berpengaruh secara positif terhadap tingkat pendapatan pedagang kaki lima. Modal menunjukkan berpengaruh secara positif terhadap tingkat pendapatan pedagang kaki lima. Kebijakan pemerintah menunjukkan berpengaruh secara negatif terhadap tingkat pendapatan pedagang kaki lima. Keamanan menunjukkan berpengaruh secara negatif terhadap tingkat pendapatan pedagang kaki lima.  
ANALISIS PELUANG USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI WILAYAH WISATA TOGO MOWONDU MARINA KABUPATEN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI Purwati, Ninik Endang; Rayani, Rayani; liwaul, Liwaul
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.19363

Abstract

Analisis Peluang Usaha dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan di Kawasan Wisata Marina Togo Mowondu Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Penasihat I Hj. Ninik Endang Purwati, SE., M.Si dan Dosen Pembimbing II Liwaul. S.Sos., M.SiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang usaha dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat di kawasan Wisata Marina Togo Mowondu. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola dapur maritim dan 2 konsumen dapur maritim. Oleh karena itu teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat sekitar kawasan wisata Marina Togo Mowondu. Hal ini terlihat dari banyaknya peluang bisnis bagi masyarakat yang berkembang pesat di kawasan ini. Hasil penelitian ini positif. Dalam hal ini pembangunan pariwisata bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat tidak hanya yang bersyarat, tetapi juga dalam bentuk situasional di lapangan.
ANALISIS DIVERSIFIKASI USAHA NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (STIDI KASUS PADA NELAYAN DI KECAMATAN TALAGA RAYA KABUPATEN BUTON TENGAH) Abdullah, Akhyar; Sari, Purna; kambolong, Makmur
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.19727

Abstract

Diversifikasi usaha dapat memberikan nilai tambah bagi para nelayan di Kecamaan Talaga Raya, dengan melakukan diversifikasi ini para nelayan mempunyai peluang untuk meningkatkan pendapatan mereka apabila mereka tidak pergi melaut. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui diversifikasi usaha yang dilakukan nelayan di kecamatan talaga raya kabupaten buton tengah dalam meningkatkan pendapatannya.Responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 15 orang nelayan, diambil dari keluarga nelayan di kecamatan talaga raya kabupaten buton tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Diversifikasi dilakukan oleh para nekayan di kecamatan talaga raya kabupaten buton tengah, yaitu tukang service elektronik, tukang kayu, berdagang, berkebun, dan lainnya. 2) Diversifikasi usaha nelayan ini mampu membantu dalam meningkatkan pendapatan mereka. Pekerjaan nelayan sering terkendala karena faktor cuaca dan kerusakan mesin perahu. 
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG KENDARI Putri, Ines Pradilla; Amir, Muhamad; Nurjannah, Nurjannah
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 6, No 1 (2021): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v6i1.19923

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari.jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa dan fenomena serta memberikan data tentang fakta atau fenomena dilapangan secara sistematis,mengenai kualitas pelayanan  terhadap kepuasaan perserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari. Informan penelitian ini sebanyak 5 orang Data di kumpulkan melalui  wawancara ,dokumentasi dan  Observasi. Data  yang diperoleh selanjutnya, dianalis dengan  model interaktif  terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan kesimpulan, Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari dalam meningkatkan kepuasan peserta yang dilihat dari lima dimensi, yakni: a) dimensi bukti fisik (tangibles), b) dimensi keandalan (reliability), c) dimensi daya tanggap (responsiveness), d) dimensi jaminan (assurance), dan e) dimensi empati (empathy) telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dilihat dari rata-rata jawaban yang diberikan oleh para informan yang menyatakan bahwa kelima dimensi tersebut sudah baik dalam pelaksanaannya. Kategori tersebut tidak hanya disampaikan baik oleh para karyawan, namun juga oleh para peserta yang juga menyatakan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari berdasarkan pada lima dimensi tersebut diatas sudah dilaksanakan dengan baik, sehingga berimplikasi dengan baik pada kualitas pelayanan dari Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari.

Page 1 of 2 | Total Record : 17