cover
Contact Name
Erni Qomariyah
Contact Email
erniqomariyah@gmail.com
Phone
+628113666227
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : Kampus Hij     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/bujab
Core Subject : Economy, Social,
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis" : 13 Documents clear
STRATEGI PROMOSI INDUSTRI RUMAH TANGGA GULA SEMUT DI DESA KORENG KABUPATEN MINAHASA SELATAN Mikke R. Marentek; Nancy H.J. Mandey
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.25047

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor eksternal industri rumah tangga gula semut di desa Koreng Kabupaten Minahasa Selatan, Untuk mengetahui faktor-faktor internal industri rumah tangga gula semut di desa Koreng Kabupaten Minahasa Selatan, Untuk mengetahui strategi promosi industri rumah tangga gula semut di Desa Koreng Kabupaten Minahasa Selatan. Metode analisis SWOT dilakukan dengan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikan factor – factor kekuatan dan kelemahan perusahan dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menguraikan factor – factor peluang dan ancaman perusahaan dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis IFE masing-masing factor kekuatan sebesar 2,604543 dan nilai skor kelemahan sebesar -0,35459 selisih kedua total skor antara kekuatan dan kelemahan sebesar 2,959133 menjadi titik pada sumbu X.  Pada matriks EFE diperoleh total skor peluang sebesar 2,274227 sedangkan total skor pada ancaman sebesar -0,493555 selisih antara kedua peluang dan ancaman sebesar 2,767782 menjadi titik pada sumbu Y. hai ini menunjukkan bahwa posisi industri rumah tangga gula semut desa Koreng berada pada kuadran I. Strategi yang sesuai dalam kondisi ini adalah strategi pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).Implikasi dari penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pelaku industri rumah tangga gula semut Di desa Koreng meningkatkan jumlah penjualan dan membantu pemerintah untuk pengembangan strategi promosi dalam memperkenalkan produk gula semut untuk memenuhi permintaan pasar sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat umumnya.  
ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM PENGEMBANGAN USAHA IKM ROTI WIDORO DI SUKOHARJO MELALUI PENDEKATAN SWOT Anggit Dyah Kusumastuti
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.25125

Abstract

Analisis terhadap faktor lingkungan internal dan eksternal bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha IKM Roti Widoro. Strategi alternatif disusun melalui analisis SWOT yaitu matriks SWOT. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan inovasi dan diversifikasi produk diakui sebagai faktor paling penting dalam kegiatan produksi Roti Widoro. Sedangkan keterbatasan modal usaha dan terbatasnya tenaga marketing menjadi faktor kelemahan dari industri tersebut. Pada faktor kesempatan atau peluang menunjukkan bahwa kebijakan Pemerintah mendukung usaha IKM, sedangkan adanya persaingan antar industri yang sejenis menjadi faktor ancaman Roti Widoro. Adapun strategi pengembangan usaha yang diterapkan oleh Roti Widoro melalui penetrasi pasar dan pengembangan produk. 
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI (STUDI PADA PELANGGAN SUPERMARKET DI KOTA MANADO) Robby Tanod Mamusung; Willem Gilbert Pomantow; Djibrael Djawa
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.24157

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian kembali pelanggan supermarket di Kota Manado. Jumlah sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 130 orang pelanggan supermarket di Kota Manado. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen, Uji Linieritas, Analisis Regresi Berganda, dan Uji Hipotesis (Uji t/secara parsial dan Uji F/secara simultan) dengan bantuan software SPSS v.25.  Berdasarkan hasil analisis uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen diperoleh bahwa semua instrumen/item adalah valid dan reliabel. Hasil Uji Linieritas, bahwa hubungan antara variabel kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian kembali pelanggan adalah linier. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 23,095 + 0,375KL + 0,570 KP, Hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh bahwa variabel kualitas layanan (X1) memiliki nilai signifikan 0.000. Nilai tersebutlebih kecil dari 0.05, maka dapat dikatakan variabel kualitas layanan (X1) secara parsial berpengaruh terhadap niat pembelian kembali (Y). Sehingga hipotesis pertama yang menyatakan bahwa kualitas layanan (X) berpengaruh terhadap niat pembelian kembali (Y), diterima. Kepuasan Pelanggan (X2) berpengaruh terhadap Niat Pembelian Kembali (Y), dapat diketahui variabel Kepuasan Pelanggan memiliki nilai signifikan sebesar 0.000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0.05, maka dapat dikatakan variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Niat Pembelian Kembali (Y). Sehingga hipotesis kedua yang menyatakan bahwa Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Niat Pembelian Kembali diterima. hasil uji pengaruh secara simultan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti angka ini < 0,05 atau 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas layanan (X1), dan variabel Kepuasan Pelanggan (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap variabel Niat Pembelian kembali (Y), karena nilai signifikansi dari tabel anova < 0,05. Sehingga hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa variabel Kualitas layanan (X1), dan variabel Kepuasan Pelanggan (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap variabel Niat Pembelian kembali (Y), diterima. besarnya adjusted R square adalah 0.942 atau 94.2%. Hal ini berarti 5.8% variasi Y dapat dijelaskan dengan variasi dari variabel bebas (independen) yaitu Kualitas Layanan (X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2). Sedangkan sisanya sebesar 94.2% (100%-29.9%), dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.   
ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM MENUNJANG PELUANG BISNIS (Studi Pada Bisnis Fashion Di Kota Medan) Ainun Mardhiyah; Feby Aulia Safrin
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.25122

Abstract

Media online sudah tidak asing lagi dalam masyarakat. Media yang menawarkan berbagai kemudahan dalam hal mencari berita dan juga dalam berbisnis. Melalui media online masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi dari mana saja tentunya tanpa membutuhkan biaya yang mahal. Berbagai informasi dan berita bisa diperoleh melalui media online, di mana dalam hal informasi mengenai bisnis juga tentunya bisa diperoleh melalui media online tersebut. Media online yang sedang tren saat ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat usaha bisnis online, bukan hanya masyarakat yang belum atau tidak bekerja, tetapi masyarakat yang sudah bekerja pun memanfaatkan peluang untuk membuka usaha dengan memanfaatkan media online. Pemanfaatan waktu untuk menjalankan usaha bisnis online tentunya akan mampu menamabah penghasilan rumah tangga dan juga dengan melaksanakan bisnis online tersebut tidak banyak menyita waktu karena bisa dilakukan dari mana saja. Dengan bermodalkan telepon genggam seorang yang mempunyai bisnis online bisa memasarkan produknya, baik itu melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan juga melalui platform  e-commerce seperti shopee, lazada, tokopedia, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui apakah masyarakat Kota Medan dapat menjadikan media online sebagai peluang bisnis khususnya bisnis fashion dan juga untuk mengetahui media online apa saja yang digunakan masyarakat Kota Medan dalam berbisnis fashion online. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD0. Hasil dari penelitian ini yaitu masyarakat Kota Medan memanfaatkan media online untuk membuka bisnis salah satunya yaitu bisnis fashion online. Media yang digunakan oleh para pebisnis yaitu Media Sosial seperti facebook, instagram dan whatsapp dan juga tiktok.   
PENGARUH PROMOSI DAN DEMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. BINGEI AGUNG Agnes Kasih; Victor Victor
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.24911

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh promosi jabatan dan demosi jabatan terhadap kinerja karyawan di PT. Bingei Agung. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PT. Bingei Agung sebanyak 55 orang. Peneliti mengambil seluruh jumlah populasi yang berjumlah 55 orang karyawan di kota Medan sebagai sampel. Di dalam penelitian ini teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner untuk mengumpulkan data dari variabel promosi jabatan, demosi jabatan, dan kinerja karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Analisis Regresi Linear Berganda, Uji-t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi jabatan terhadap kinerja karyawan di PT. Bingei Agung. Selain itu juga terdapat adanya pengaruh positif dan signifikan antara demosi jabatan terhadap kinerja karyawan di PT. Bingei Agung. Secara simultan terdapat pengaruh antara promosi jabatan dan demosi jabatan terhadap kinerja karyawan di PT. Bingei Agung. Berdasarkan hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh hasil promosi jabatan dan demosi jabatan berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 69,9% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, motivasi kerja, dan hubungan kerja.  
ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI PEDAGANG KULINER PADA TUGU RELIGI SULTRA KOTA KENDARI Muhammad Syahfey; Sahrun Sahrun; Akhyar Abdullah
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.25236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi eksistensi pedagang kuliner pada Tugu Religi Sultra Kota kendari. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun informan pada penelitian 2 orang dari pemerintah kota kendari  dan 5 pedagang kuliner yang berada di tugu religi Sultra kota kendari menggunakan teknikpurposive sampling. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini terdiri dari, yaitu variabel independen adalaheksistensi pedagang. Penelitian ini melakukan wawancara kepada pihak informan dan dianalisis melalui pengumpulan data, reduksidata, penyajiandata, danpenarikankesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pedagang-pedang kuliner tersebut dikunjungi oleh banyak pelanggan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi eksitensi Pedagang Kuliner pada Tugu Religi Sultra Kota Kendari yaitu produksi, aksebilitas, permintaan dan penawaran, pemasaran, dan kebijakan pemerintah.Dimana dari produk yang ditawarkan oleh masing-masing pedagang memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari pedagang lainnya, lokasi usaha yang mudah dijangkau dikarenakan tugu religi Sultra merupakan salah satu objek wisata yang juga berdiri di pertengahan kota sehingga banyak pengunjung yang berdatangan, sehingga permintaan dan penawaran akan selalu ada dengan catatan bahwa para pedagang harus tetap menjaga kualitas usaha yang dijalankan tersebut.    
PENGARUH MANFAAT REKREASI DAN ATRIBUT DESTINASI TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT KUNJUNG KEMBALI ( REVISIT INTENTION) DI MASA PANDEMI COVID 19 Eny Endah Pujiastuti; Suratna Suratna; Ida Ayu Mega Puspita
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.24909

Abstract

Saat ini, pengelola destinasi disibukkan dengan kegiatan recovery akibat pandemic covid 19 yang membuat pariwisata terpuruk.Untuk data embuat program recovery yang tepat perlu dilakukan kajian untuk mengevaluasi revisit intention serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, rumusan masalah sekaligus tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis dan membuktikan: (1) pengaruh signifikan manfaat rekreasi terhadap kepuasan wisatawan. (2) pengaruh signifikanatribut destinasi terhadap kepuasan wisatawan., (3) pengaruh signifikan manfaat rekreasi terhadap Niat kunjungi kembali (Revisit Intention), (4) pengaruh signifikanatribut destinasi terhadap Niat kunjungi kembali (Revisit Intention). (5) pengaruh signifikankepuasan wisatawan terhadap Niat kunjungi kembali (Revisit Intention), (6). Pengaruh signifikan manfaat rekreasi terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction. (7).Pengaruh signifikanatribut destinasi terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction. Penelitian dilakukan di destinasi wisata HeHa Sky View, DIY. Kriteria sampel yang dipergunakan adalah wisatawan yang baru berkunjung satu kali. Pengumpulan datanya dengan menggunakan google form.  Dalam penelitian ini terkumpul 129 kuesioner efektif yang selanjutnya akan diolah menggunakan Structural Equating Modeling (SEM) yang dioperasikan dengan menggunakan aplikasi AMOS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) manfaat rekreasipengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. (2) atribut destinasipengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan., (3) manfaat rekreasipengaruh signifikan terhadap Niat kunjungi kembali (Revisit Intention), (4) atribut destinasipengaruh signifikan terhadap Niat kunjungi kembali (Revisit Intention). (5) Kepuasan wisatawan pengaruh signifikan terhadap Niat kunjungi kembali (Revisit Intention), (6). manfaat rekreasipengaruh signifikan terhadap Revisit Intention melalui kepuasan wisatawan. (7).  atribut destinasipengaruh signifikan terhadap Niat kunjungi kembali (Revisit Intention) melalui kepuasan wisatawan.   
PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA DAN MOTIVASI WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA WIRAUSAHAWAN DI KOTA MEDAN
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.24910

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi wirausaha dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada wirausahawan di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wirausahawan yang merintis usahanya di kota Medan. Pemilihan wirausahawan sebagai sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Metode yang akan digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah didasarkan pada tabel Issac dan Michael. Berdasarkan perhitungan: N = ∞ pada tingkat kesalahan 5%, maka sampel yang akan diteliti sebanyak 386 sampel.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner untuk mengumpulkan data dari variabel kompetensi wirausaha, motivasi wirausaha, dan keberhasilan usaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Analisis Regresi Linear Berganda, Uji-t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kompetensi wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada wirausahawan di Kota Medan. Namun sebalinya terdapat adanya pengaruh antara motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada wirausahawan di Kota Medan. Secara simultan terdapat pengaruh antara kompetensi wirausaha dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada wirausahawan di Kota Medan. Berdasarkan hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh hasil kompetensi wirausaha dan motivasi wirausaha berpengaruh terhadap keberhasilan usaha sebesar 18,8%dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti karakteristik wirausahawan, sikap, dan pengalaman wirausahawan.  
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado) Vinno Petrus Manoppo; Raymundus Evaldo Rembaen; Bertha Ireni Mundung
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.26115

Abstract

OCB adalah perilaku baik karyawan yang melebihi peran yang diwajibkan, yang berdampak baik bagi organisasi perusahaan. Kualitas kehidupan kerja merupakan proses yang dilakukan organisasi perusahaan dalam menjamin kesejahteraan karyawan. Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang dapat mempengaruhi anggotanya dalam menggapai tujuan organisasi perusahaan. PT. Bank Mandiri Taspen merupakan anak usaha Bank Mandiri, yang menyediakan layanan perbankan untuk pensiunan. Perilaku baik warga organisasi (OCB) pada karyawan Bank Mandiri Taspen Manado dinilai masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kepeinan Transformasional dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan banyaknya sampel yang akan diteliti sebanyak 31 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan angket, data yang diperoleh dikumpulkan kemudian dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Kepemimpinan Transformasional berpengaruh kecil tapi tidak signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado. Secara parsial Kualitas Kehidupan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior PT. Bank Mandiri Taspen Manado. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Kepemimpinan Transformasional dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. Bank Mandiri Taspen Manado.   
ANALISIS STRATEGI BISNIS MELALUI PENDEKATAN SWOT BALANCE SCORECARD PADA MY CARAMEL 1994 SAMARINDA Umbar Reksha Lakatisa; Ana Noor Andriana
Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol 7, No 1 (2022): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/bujab.v7i1.24427

Abstract

Penelitian ini ditujukan guna mengetahui kondisi internal dan eksternal dari usaha My Caramel 1994 di Samarinda, Kalimantan Timur. Penelitian ini didesain dengan dua tahap yaitu tahap pertama dilakukan identifikasi dan pemetaan terhadap potensi serta permasalahan yang dihadapi oleh My Caramel 1994 baik secara internal maupun eksternal. Selain itu akan diketahui posisi usaha My Caramel 1994 dengan dilakukan pengujian secara kualitatif. Selanjutnya, tahap kedua akan dilakukan pengujian kuantitatif terhadap isu strategis yang diperoleh akan dikonfirmasi kembali kepada stakeholder.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi terus terang, wawancara terstruktur, dokumentasi, dan kuesioner. Adapun responden dalam penelitian ini sebanyak 16 orang yang terdiri dari 2 orang owner, 9 orang karyawan dan 5 orang konsumen dari usaha My Caramel 1994. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis SWOT balance scorecard. Berdasar pada hasil penelitian bahwasannya usaha My Caramel 1994 berada pada kuadran I yang artinya usaha memiliki kekuatan dan peluang yang besar untuk dimanfaatkan, sehingga strategi yang direkomendasikan ialah strategi agresif.  Setelah mengetahui kondisi internal dan eksternal usaha dari analisis SWOT sebagai strategi pengembangan, maka tahap selanjutnya ialah melakukan identifikasi strategi sasaran diantaranya perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.  

Page 1 of 2 | Total Record : 13