cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalapendas@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Cakrawala Pendas
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24427470     EISSN : 25794442     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi bidang pengajaran dasar di SD, Sains Terapan dan studi analitis di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini dapat juga dipakai sebagai media tukar pikiran, informasi dan hasil penelitian ilmiah antar pemerhati masalah pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): January" : 10 Documents clear
PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI MEMBACA DAN MEMBUAT KALIMAT MELALUI MEDIA GAMBAR DUA DIMENSITEMA KEGIATANKU PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BANJARAN Rohaeti Rohaeti
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.414

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran di kelas 1, untuk mengkaji kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran dan untuk mencari solusi yang tepat dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru adalah dalam  Peningkatan Penguasaan Materi Membaca dan Membuat Kalimat Melalui Media Gambar Dua Dimensi Tema Kegiatanku pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaran.  Melalui Media Gambar Dua Dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran. Variabel yang menjadi sasaran pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar Kelas 1 SD Negeri Banjaran. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model siklus. Tiap siklus terdiri dari  beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran yang berjumlah 25 orangsiswa . Teknik pengumpulan data variable pengumpulan data variabel peningkatan hasil belajar adalah observasi, pencatatan arsip dan dokumen, dan tes perekaman . Teknik melalui data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan dibanding sebelum tindakan sebelumnya.                Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran membaca dan membuat kalimat melalui media gambar dua dimensi pada siswa kelas 1 SD Negeri Banjaran tahun ajaran 2015/2016 bisa meningkatkan prestasi belajar.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR erik santoso
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.407

Abstract

Ketidakberhasilan peserta didik untuk memecahkan persoalan dalam pembelajaran dimungkinkan sebagai akibat pembelajaran yang dilaksanakan selama ini menggunakan strategi belajar mengajar dengan cara klasikal  yaitu aktivitas di kelas di domonasi oleh guru, maka dari itu, guru harus pandai memilih metode, pendekatan, model pembelajaran dan teknik mengajar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu, peneliti memilih pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah terdapat  perbedaan kemampuan pemahaman matematik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual? Hipotesis dalam penelitian ini adalah : “terdapat  perbedaan kemampuan pemahaman matematik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual “. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest- Posttest Design.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah peserta didik 34 orang Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman matematik. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan analisis data yang dibantu dengan SPSS 16 nilai signifikansi 0.000 kurang dari alpha yang ditentukan yaitu 0,05 dengan demikian Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematik siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual. Kata kunci: Pemahaman Matematik, Model Pembelajaran Kontekstual, Materi Volume Kubus dan Balok
PERANAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR Sri Endang Mulyati
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.415

Abstract

Principal is a teacher who was given the obligation to manage existing resources in a school. One of the principal efforts in the school success is his/her role and guidance to the teachers. If the coaching process to the teacher is done properly the professionalism of teachers can be improved. The professionalism of teachers in implementing the learning activities in the classroom are very important for the progress of the school. Teacher’s professionalism and competency in learning-studying activities will correlated with student achievement in shortterm, and it  will also improve the quality and reputation of the school in longterm.This article  is a report of a qualitative approach - field research study entitled "The Improvement of Teacher Competency Through Academic Supervision of SDN Kubangwungu 01” The subjects in this study were SDN Kubangwungu 01 teachers,in first semester of academic year 2015-2016"This study used data collection methods while the analysis of the data used is descriptive-qualitative analysis.The results of this study indicate that the Principal was instrumental in improving the quality of learning in schools.Principal improved the competency and professionalism of teachers using supervision method. Professionalism and performance of teachers in implementing learningactivities in the classroomis increased by Principal leadership through regular coaching and supervision. Keywords: Leadership, Principals, Teacher, Professionalism, Competency
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANQUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI FPB KELAS IV SD NEGERI SINDANGWASA KECAMATAN PALASAH KABUPATEN MAJALENGKA Yeni dwi Kurino
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.408

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika SD, khusunya yang berkaitan dengan materi belajar FPB yang berada di Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika SD demngan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Dimana kerangka Quantum Teaching dikenal dengan istilah TANDUR, Yaitu : Tumbuhan (T), Alami (A), Namai (N), Demontrasikan (D), ulangi (U), dan Rayakan (R).Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa keals IV SD yang tedapat di Kabupaten Majalengka. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sindangwasa Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus 1, siklus II dan siklus III. Penerapan model Quantum Teaching pada materi FPB dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sindangwasa Kecamatan Palasah kabupaten Majalengka. Pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 68,88 dengan ketuntasan secara klasikal 65,62% yaitu 21 siswa katagori tuntas, 6 siswa (18,75%) dikatagorikan belum tuntas dan 5 siswa (15,62%)  belum memenuhi kriteria penilaian karna tidak hadir, pada siklus ke II sudah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74, dengan ketuntasan secara klasikal 84,37 yaitu 27 siswa katagori tuntas, 3 siswa (9,38%) belum tuntas dan 2 siswa (6,25%) belum memenuhi kriteria penelaian karna tidak hadir atau sakit, sedangkan pada siklus III juga sudah mengalami peningkatan dibandingkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,3 dengan ketuntasan secara klasikal (87,5%) yaitu 28 siswa dalam katagori tuntas, 2 siswa (6,25%) belum tuntas dan 2 siswa (6,25%) belum memenuhi kriteria penilaian karna tidak mengikuti proses penilaian.   Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Hasil Belajar
PENGARUH MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS Ading Muslihudin
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.416

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh media CD interaktif dibandingkan dengan media konvensional terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri Cipicung Kabupaten Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas IV di kecamatan cipicung dengan sampel penelitian siswa kelas IV SD Negeri Cipicung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Alat tes penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kreatif. Data penelitian berupa tes dianalisis menggunakan program SPSS data pretes dan postest yang dianalisis secara kuantitatif dengan uji perbedaan dua rata-rata parametrik uji-t. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD interaktif mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Media CD interaktif, Keterampilan berpikir kreatif
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJELASKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF JIGSAW Ari Yanto
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.409

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Peningkatan kemampuan siswa dalam menjelaskan perkembangan teknologi dan transportasi melalui penerapan metode kooperatif jigsaw di SDN Winduhaji 1 Kec. Kuningan Kab. Kuningan (2) Kemampuan siswa setelah mengikuti metode kooperatif jigsaw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Winduhaji 1 Kec. Kuningan Kab. Kuningan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tindakan Adanya  peningkatan dari siklus I ke silkus II karena dalam pelaksanaan disiklus II selalu mendapatkan perbaikan yang diperoleh dari refleksi disiklus I. Berdasarkan hasil refleksi dan diskusi dengan teman sejawat tentang proses penelitian pembelajaran mata pelajaran IPS Siklus I yang telah dilakukan memperoleh suatu peningkatan, hal ini dikarenakan siswa yang telah menguasai materi sejumlah 33 siswa. Hal ini dapat dilihat dari rincian nilai yang diperoleh siswa, yaitu siswa yang memperoleh nilai 80 sebanyak 19 siswa, nilai 70 sebanyak 14 siswa, dan nilai 60 sebanyak 7 siswa. Berdasarkan hasil refleksi dan diskusi dengan teman sejawat tentang proses penelitian pembelajaran mata pelajaran IPS siklus II, terlihat adanya suatu kemajuan yang sangat signifikan, karena seluruh siswa telah menguasai materi pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari rincian nilai yang diperoleh siswa, yaitu siswa yang memperoleh nilai 10 sebanyak 3 siswa, nilai 90 sebanyak 12 siswa, nilai 80 sebanyak 15 siswa, dan nilai 70 sebanyak 10 siswa. Dengan demikian, penelitian pembelajaran dianggap berhasil dengan baik. Kata Kunci : metode kooperatif jigsaw, kemampuan siswa
PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI METODE M2M (MIND MAPPING) KELAS IV MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG Devi Afriyuni Yonanda
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.410

Abstract

Berdasarkan pengalaman lapangan, pemahaman materi yang diterima oleh siswa pada pembelajaran PKn masih belum optimal, penelitian ini menggunakan metode Mind Mapping. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa mata pelajaran PKn tentang sistem pemerintahan kelas IV MI Mambaul Ulum Karangpoloso Tegalgondo Malang.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari refleksi awal, perencanaan, tindakan/observer, dan refleksi akhir. Lokasi dan subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangploso Tegalgondo Malang yang dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2012 Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dengan media bagan peta konsep pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangploso Tegalgondo Malang, diperoleh 82 % sudah memenuhi KKM yang ditentukan. Yang diperoleh melalui metode Mind Mapping dengan pembuatan bagan peta konsep dan evaluasi berupa soal latihan pada akhir pembelajaran. Ketuntasan pemahaman yang dicapai pada siklus I, dan ll mengalami peningkatan yang sangat signifikan sehingga sangat berpengaruh pada nilai akhir yang didapat oleh siswa.Saran yang dapat diajukan untuk pembelajaran selanjutnya adalah: 1). Guru harus lebih mempersiapkan pembelajaran yang akan dilakukan melalui pemilihan materi yang sesuai dengan metode Mind Mappingdalam proses belajar mengajar pelajaran PKn, sehingga hasil pemahaman siswa akan meningkat dan memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan KKM yang diharapkan. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Pemahaman siswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD Ujiati Cahyaningsih
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.405

Abstract

Pada dasarnya permasalahan yang terjadi dikarenakan tidak semua materi pelajaran matematika mudah dipahami oleh siswa dan mudah disampaikan oleh guru, sehingga seringkali kesulitan muncul pada saat mempelajari materi - materi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan eksperimen.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengambilan datanya untuk aspek kognitif dilakukan dengan soal evaluasi, untuk aspek afektif  berupa angket, dan untuk aspek psikomotor dilakukan dengan lembar unjuk kerja. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu materi geometri. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Aspek kognitif dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 2,073>1,980 melalui SPSS 16,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,044. (2) Aspek afektif dari hasil uji t diperoleh thitung< ttabel atau 1,85<1,980 melalui SPSS 16,0 didapatkan pula signifikasi 0,118. (3) Aspek psikomotor dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 4,226>1,980 melalui SPSS 16,0 didapatkan pula nilai signifikasi sebesar 0,000. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe TGT terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dan psikomotor pada siswa dan tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika aspek afektif pada siswa. Kata Kunci:     Penelitian eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar
INTERACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SPEAKING DI KELAS V SEKOLAH DASAR Dudu Suhandi Saputra
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.411

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui efektivitas dari penerapan interactive learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran  bahasa Inggris di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cileunyi 02 kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cileunyi 02 Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, lembar penilaian proses, dan rekaman poto. Data diperoleh, dianalisis, dan direfleksi dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif. Dapat ditarik kesimpulan dalam penerapan pembelajaran interactive learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cileunyi 02 telah berhasil menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sekaligus menciptakan suasana belajar menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, II, dan III. Pada siklus I kemampuan siswa masih rendah, siswa masih malu-malu, takut, dan ragu-ragu dalam memperagakan dialog sederhana secara berpasangan didepan kelas. Nilai rata-rata untuk siklus I adalah 46.97. Pada siklus II kemampuan siswa mulai mengalami peningkatan, terlihat dari hasil nilai rata-rata pada siklus II adalah 65.15. Pada siklus III kemampuan siswa dalam pembelajaran speaking menggunakan interactive learning dengan teknik role playing semakin meningkat, terlihat dari hasil nilai rata-rata pada siklus III adalah 85.23. Hal ini menunjukan bahwa interactive learning dengan menggunakan teknik role playing dapat meningkatkan proses serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran speaking. Kata kunci: interactive learning, speaking
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR Dede salim Nahdi
Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3, No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jcp.v3i1.328

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan menyelesaikan soal pemecahan masalah. Sementara itu, kemampuan representasi matematis mempunyai peranan penting dalam pemecahan masalah-masalah matematis. Siswa yang memiliki kemampuan representasi baik akan dapat memecahkan masalah matematis dengan baik pula. Penelitian ini merupakan penelitian kuasieksperimen dengan desain pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-kecamatan Panyingkiran Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang dipergunakan adalah soalkemampuan representasi matematis yang berbentuk uraian. Hasil analisis terhadap data skor pretest ditemukan bahwa sebelum diberi perlakuan kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama, dan hasil analisis terhadap dataskor posttest ditemukan bahwa kemampuan representasi dan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Collaborative Problem Solving lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Collaborative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci. Pembelajaran Collaborative Problem Solving, Representasi Matematis.

Page 1 of 1 | Total Record : 10