cover
Contact Name
Edy Karno
Contact Email
pekon@uho.ac.id
Phone
+6281341805999
Journal Mail Official
edy.karno@uho.ac.id
Editorial Address
Ruangan Jurusan Pendidikan Ekonomi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggar. Kode Pos 93132.
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 2502275X     DOI : https://doi.org/10.36709/jopspe
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Pariwisata, Ekonomi Sumber Daya Manusia, Manajemen, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, Media Pembelajaran dan Kewirausahaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi" : 5 Documents clear
ANALISIS MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN LABA PADA PABRIK ROTI KARUNIA MANDIRI KENDARI Amir, Wanda Gistarini; Murniati, Murniati; Turi, La Ode
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.469 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v4i1.13530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis modal kerja pada Pabrik Roti Karunia Mandiri kendari, untuk mengetahui bagaimana analisis laba perusahaan pada pabrik roti Karunia Mandiri Kendari dan untuk mengetahui bagaimana analisis modal kerja dalam meningkatkan laba perusahaan pada Pabrik Roti Karunia Mandiri Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan penelitian Kuantitatif. Sumber data penelitian yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan interview agar tercapai data sekunder kepada pemilik perusahaan dan melakukan dokumentasi agar tercapai data primer berupa laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yaitu menghitung modal kerja menurut Sutrisno, menghitung laba menurut Hernanto dan menganalisis modal kerja dalam meningkatkan laba perusahaan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukan bahwa indikator-indikator dalam penelitian ini bersifat efektif dan efisien. Pada modal kerja terjadi fluktuasi karena peningkatan dan penurunan pada aktiva lancar dan hutang lancar, namun perusahaan masih dapat mempertahankan modal kerjanya selam tiga periode terakhir dengan cukup stabil. Pada laba perusahaan juga terjadi fluktuasi di sebabkan tinggnya hutang yang harus dibayar, namun perusahaan tidak dikatakan merugi karena mampu mempertahankan labanya. Pada modal kerja dalam meningkatkan laba perusahaan mempunyai pengaruh di saat terjadinya dan penurunan peningkatan, artinya setiap perubahan variabel pada modal kerja dapat mempengaruhi laba perusahaan
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 1 TIKEP KECAMATAN TIWORO KEPULAUAN KABUPATEN MUNA BARAT Ferni, Ferni; Taena, La; Halim, Muliha
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.911 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v4i1.13525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang implementasi pendidikan multikultural dan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Tikep Kecamatan Tiworo Kepulauan Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini  adalah  guru bidang studi Sosiologi dan PKn, Kepala Sekolah, serta Siswa. Objek dalam penelitian  ini berupa pelaksanaan pendidikan multikultural di sekolah dan nilai-nilai yang terkandung dalam implementasi pendidikan multikultural. Tempat penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Tikep Kecamatan Tiworo Kepulauan Kabupaten Muna Barat. Pengumpulan data menggunakan metode observasi berpatisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu melalui empat jalur meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan program dan pelaksanaan pendidikan multikultural yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan multicultural melalui, (1) integrasi kedalam RPP dan silabus mata pelajaran Sosiologi dan Pendidikan kewarganegaraan yang terdiri atas lima komponen  yaitu: Tujuan, Materi, Metode, Media dan Evaluasi pembelajaran. Pengintegrasian dalam mata pelajaran dilakukan pada setiap pokok bahasan atau tema dalam pembelajaran. Didukung dengan kebijakan sekolah yang melaksanakan pendidikan multikultural, menyediakan fasilitas kebutuhan siswa, melakukan kegiatan di luar sekolah dengan mengikutsertakan siswa dalam berbagai kegiatan di luar sekolah. (2) integrasi kedalam kegiatan pengembangan diri secara terprogram dan tidak terprogram. Kegiatan pengembangan diri secara terprogram berupa ekstrakurikuler dan kegiatan pengembangan diri tidak terprogram terdiri dari kegiatan rutin yang dilakukan secara terjadwal, kegiatan spontan dan kegiatan keteladanan. (3) nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural terbagi atas beberapa bagian diantaranya: Demokrasi, kerjasama, toleransi, dan saling menghormati.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH KOTA KENDARI Novthafia, Mitha; Turi, La Ode; Ahiri, Jafar
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.69 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v4i1.13665

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Kendari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah kinerja keuangan dengan rasio keuangan daerah pada realisasi anggaran daerah di Kota Kendari sudah efektif dan tinggi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara (interview) dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang diambil adalah data umum dan data khusus. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja keuangan Pemerintah Kota Kendari pada tahun 2014-2017 ditinjau dari : a) Rasio kemandirian keuangan daerah masih tergolong instruktif. b) Rasio desentralisasi fiskal tergolong kurang baik. c) Rasio efektifitas sangat efektif. d) rasio efisiensi tergolong tidak efisien. e) Rasio keserasian belanja yang menunjukan sebagian besar dana yang dimiliki Pemerintah Kota Kendari masih diprioritaskan untuk belanja rutin
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BONE KABUPATEN MUNA Ikbal, Ikbal; Taena, La; Ilham, Muh
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.795 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v4i1.13526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Muna. Sampel penelitian ini berjumlah 5 responden yaitu siswa yang memiliki hasil belajar rendah, dan  12 informan yaitu 5 orang tua siswa, 5 orang teman sebaya siswa, guru mata pelajaran ekonomi, dan kepala sekolah SMA N 1 Bone Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dimaksudkan untuk mengungkapkan faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bone. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Bone Kabupaten Muna adalah faktor internal yaitu kurangnya keaktifan siswa pada saat proses belajar mengajar, cara belajar tidak keteraturan, dan faktor kemalasan untuk merubah diri sendiri. Sedangkan faktor eksternal yaitu sekolah, cara mengajar guru, keluarga, dan lingkungan sekitar
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KENDARI R, Jamila; Halim, Muliha; Hindaryatiningsih, Nanik
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.4 KB) | DOI: 10.36709/jopspe.v4i1.13529

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk  menganalisis dan mengetahui (1) Pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan  Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari, (2) Pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa  kelas XII jurusan  Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari,(3) Pengaruh Motivasi kerja dan praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan  kerja  siswa kelas  XII jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 115 siswa kelas XII jurusan  Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari yang dipilih dengan teknik probability sampling yaitu stratified random  sampling  dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari dengan thitung > ttabel yaitu 17, 022 > 1,981 dan positif dengan koefisien β1 yaitu 0,804. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu satuan motivasi kerja siswa maka kesiapan kerja siswa juga meningkat sebesar 80,4%, (2) Praktik kerja industri berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari dengan thitung > ttabel yaitu 1,998  > 1,981 dan positif dengan koefisien β2 yaitu 0,162. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu satuan kualitas praktik kerja industri maka kesiapan kerja siswa juga meningkat sebesar 16,2%, (3) Motivasi kerja dan praktik kerja industri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendari dengan Fhitung > Ftabel yaitu 150,805 > 3,08 dan positif dengan R = 0,854 dan koefisien determinasi R2 = 0,729. Hal ini berarti bahwa 72,9 % kesiapan kerja dipengaruhi oleh motivasi kerja dan kualitas praktik kerja industri dan sisanya 27,1 % dipengaruhi/ dijelaskan oleh variabel lain di luar model

Page 1 of 1 | Total Record : 5