cover
Contact Name
Nadzirin
Contact Email
jsepfpikuho@gmail.com
Phone
+6281342713802
Journal Mail Official
jsepfpikuho@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Perikanan. Jalan HEA Mokodompit Kampus Baru UHO, Kendari Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 2502664X     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jsep.v6i4
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga pemasaran, saluran pemasaran, efektifitas pemasaran dll). Ekonomi sumber daya dan lingkungan (sumber daya dan harga valuasi barang lingkungan, dan indikator kualitas lingkungan). Sosiologi perikanan (aspek sosial masyarakat perikanan pesisir). Kebijakan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perikanan dan lingkungannya (evaluasi dan pengembangan instrumen kebijakan lingkungan, analisis dampak kebijakan lingkungan sektoral, pemodelan dan simulasi, pengaturan kelembagaan, dan proses perumusan kebijakan dan aplikasi)
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan" : 7 Documents clear
ANALISIS NILAI TAMBAH DAN KEUNTUNGAN USAHA BAKSO IKAN TUNA DI KECAMATAN KENDARI BARAT (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA CAHAYA NUR) Farilanda, .; Yusuf, Sarini; Riani, Irdam
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.763 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v3i3.7793

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kelompok Usaha Cahaya Nur Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari selama  periode bulan Februari sampai Maret 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai tambah dan  keuntungan usaha pengolahan ikan tuna menjadi bakso ikan pada kelompok usaha tersebut.Responden penelitian adalah pemilik usaha dan tenaga kerja yang berjumlah empat orang. Variabel yang diukur/diamati adalah kegiatan produksi, antara lain persiapan alat dan bahan, proses pembuatan, proses pengemasan, proses pemasaran dan volume penjualan serta biaya-biaya yang digunakan untuk memproduksi bakso ikan antara lain biaya tetap, biaya variabel dan biaya bahan penolong. Data tersebut  diperoleh  melalui  observasi  dan  wawancara langsung.  Data  yang  diperoleh  dianalisis  menggunakan  rumus  nilai  tambah  produk  (NTP)  = NP – Na (NTP = nilai  tambah  produk,  NP =  Nilai  Produk, dan  Na = nilai  biaya  antara), sedangkan keuntungan yang diperoleh dihitung dengan  rumus (π)  =  TR – TC (π = keuntungan, TR = penerimaan  total  dan,  TC  biaya  total).Hasil analisis menunjukkan (NTP)  =  Rp 12.908/kg dengan rasio nilai tambah 43,03% untuk setiap proses produksi (per hari). Total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi bakso ikan tuna sebesar Rp 25.962,55/kg sehingga menghasilkan keuntungan sebesar  Rp 4.037,44/kg. Rata-rata keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 516.470/produksi (127,92 kg/produksi). Data tersebut menunjukkan  nilai  tambah  yang  diperoleh  Kelompok  Usaha  Cahaya  Nur  masih  rendah  karena  rasio  nilai  tambah  <50%.  Walaupun demikian, keuntungan  dari  usaha bakso  ikan  tuna  sebesar  15,55%  dari  modal  usaha. Kata Kunci: Bakso ikan tuna, keuntungan, nilai tambah
ANALISIS KELAYAKAN USAHA SIOMAY IKAN BERBASIS HOME INDUSTRY DI JALAN LAUTE KELURAHAN MANDONGA KECAMATAN MANDONGA Hersiani, .; Yusuf, Sarini; Rosmawati, .
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v3i3.7795

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan serta kelayakan usaha siomay ikan di Kelurahan Mandonga Kota Kendari.Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh atau sensus sebanyak 3 pelaku usaha.Data diperoleh melalui wawancara secara langsung menggunakan kuesioner.Data yang dikumpulkan adalah umur, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, jumlah tanggungan keluarga, biaya produksi, penyusutan, penerimaan, keuntungan, dan kelayakan, data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis keuntungan dihitung dengan rumus  π = TR – TC, dan kelayakan usaha menggunakan rumus Net B/C ratio = TR/TC. Hasil penelitian menunjukan bahwa keuntungan yang didapatkan dari 3 pelaku usaha berbeda-beda yaitu: (1) pedagang I, keuntungan yang diperoleh sebesar Rp9.667.733/bulan, (2) pedagang II, sebesar Rp16.592.252/bulan, danpada (3) pedagang III, keuntungan yang diperoleh sebesar Rp12.581.786/bulan, kentungan terbanyak diperoleh pedagang II dan III, sedangkan kentungan terkecil diperoleh pedagang I. Berdasarkan nilai  rata-rata Net B/C ratio, ketiga pelaku usaha memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,25. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa layak untuk dikembangkan dan memiliki prospek yang sangat besarKata Kunci: Analisis Kelayakan, Siomay Ikan, Home industri, Mandonga
KAJIAN PERANAN ISTERI DALAM MENDUKUNG USAHA NELAYAN TANGKAP SERO (Fence Trap) DI DESA WAITII BARAT KECAMATAN TOMIA KABUPATEN WAKATOBI Dewi, Mustika; La Ola, La Onu; Rosmawati, .
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.042 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v3i3.7789

Abstract

Penelitian dilakukan  di  Desa Waitii  Barat  Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi selama periode bulan Januari sampai Februari  2018,  dengan tujuan untuk mengetahui peranan isteri dalam kegiatan perencanaan, proses produksi dan kegiatan pemasaran usaha nelayan tangkap sero di  daerah ini.Metode  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah sensus,  yaitu sebanyak  10  responden yang  terdiri dari semua isteri nelayan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah umur,  tingkat pendidikan,  mata pencaharian sampingan, pengalaman berusaha,  peran isteri dalam proses   perencanaan,  proses  produksi dan proses pemasaran usaha nelayan tangkap sero.  Data    diperoleh melalui wawancara langsung menggunakan kuesioner.  Data  yang  diperoleh dianalisis secara kualitatif, sedangkan untuk memperoleh persentase peran isteri dalam proses perencanaan,  proses  produksi dan proses  pemasaran dalam usaha tangkap sero menggunakan rumus: .Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan isteri dalam mendukung usaha nelayan tangkap sero pada  proses  perencanaan dan  proses  produksi masing-masing sebesar 57,14%   dan  83,33%,  sedangkan pada  proses  pemasaran sebesar  85,71%.  Berdasarkan  data  yang  diperoleh tersebut diketahui bahwa peranan isteri yang paling dominan dalam mendukung usaha nelayan tangkap sero adalah kegiatan pemasaran.Kata  Kunci:  Peran isteri,  tangkap sero, usaha  nelayan
ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN BAKSO IKAN DIBEBERAPA SWALAYAN KOTA KENDARI (STUDI KASUS UD. CHIKANOS FOOD) Tosemba, Afrizal; Yusuf, Sarini; Riani, Irdam
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.36 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v3i3.7796

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) Menganalisis strategi bauran pemasaran yang menjadi prioritas UD. Chikanos Food pada pemasaran bakso ikan saat ini; (2) Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk pengembangan pemasaran bakso ikan UD. Chikanos Food.Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan UD. Chikanos Food di Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari dan lima Swalayan Kota Kendari, selama periode bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Responden pada penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari pemilik UD. Chikanos Food, pihak Swalayan Surya, Ade Swalayan, Sanya Swalayan, Toko Usaha Nasional 2 dan Megross Swalayan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Kualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian dari analisis menunjukan bahwa; (1) Prioritas utama strategi bauran pemasaran UD. Chikanos Food adalah strategi tempat dengan melakukan penjualan diswalayan, strategi produk dengan meningkatkan dan menjaga kualitas produk, strategi hargadengan menentukan harga berdasarkan biaya produksi, prioritas terakhir adalah strategi promosi dengan mengikutkan produk pada bazar atau pameran lokal atau nasional; (2) Strategi yang tepat pada pengembangan pemasaran adalah; meningkatkan strategi penjualan produk dengan melakukan distribusi pada outlet dan gerobak motor, menjaga konsistensi akreditas produk dengan meningkatkan jaminan keamanan produk, penguatan kerjasama jangka panjang dengan swalayan untuk menjamin kontinuitas pemasaran, meningkatkan strategi bersaing dengan pengembangan variasi jenis bakso dan ukuran, meningkatkan strategi promosi dengan melakukan periklanan, mengembangkan strategi pengolahan bakso ikan dengan menciptakan variasi rasa, mengembangkan desain kemasan produk agar sesuai dengan tren pasar, menyediakan Freezer pada swalayan.Kata Kunci: Bakso ikan, strategi bauran pemasaran, UD. Chikanos Food, Kota Kendari
STRATEGI PEMASARAN IKAN ASIN KE PASAR LOKAL DESA TANJUNG PINANG KECAMATAN KUSAMBI KABUPATEN MUNA BARAT Srifa, .; La Ola, La Onu; Lawelle, Sjamsu Alam
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.612 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v3i3.7790

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji langkah-langkah memanfaatkan kekuatan dan mengurangi kelemahan untuk merebut peluang pasar, menghindari ancaman pasar dan menyusun strategi pemasaran ikan asin kepasar lokal Desa Tanjung Pinang Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai Februari 2018 di Desa Tanjung Pinang Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini ditentukan secara purposive, Data diperoleh melalui wawancara langsung menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ikan asin pada proses pemasaran yaitu memanfaatkan ikan asin seberat30 kg agar dapat memenuhi permintaan pasar Laino, memperhatikan kualitas ikan dan meningkatkan volume produksi  agar  usaha penjualan ikan asin dapat memenuhi permintaan pasar, bersaing dengan usaha sejenis, mempersiapkan kendaraan untuk mempercepat pemasaran ikan asin.Kata Kunci: Desa Tanjung Pinang, Muna Barat, pemasaran ikan asin, strategi
KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI DESA TANJUNG TIRAM KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN Muliati, Tifa; A, Nurdiana; Piliana, Wa Ode
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.984 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v3i3.7797

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan.Penelitian ini  dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2017. Data diperoleh melalui wawancara secara langsung berdasarkan kuesioner.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 22 responden dengan menggunakan teknik purposive yaitu pengambilan sampel responden secara sengaja.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah umur, tingkat pendidikan, kesehatan, keadaan rumah, alat transportasi, interaksi sosial, media perolehan berita, dan tanggungan keluarga.Responden penelitian ini mempunyai pekerjaan utama sebagai nelayan tangkap, sedangkan pekerjaan sampingannya sebagai pemecah batu, buruh bangunan, tukang kayu. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatifsedangkan untuk menghitung jumlah penerimaan yang diperoleh nelayan menggunakan rumusTR = P.Q, TR  penerimaan total, P harga dan Q kuantitas barang yang terjual. Hasil analisis menunjukan umur nelayan didominasi usia produktif 15-54 tahun dengan pendidikan formal yang di tempuh yaitu SD (27,27%), SMP (22,73%), dan SMA (13,64%). Semua responden mempunyai rumah milik sendiri yang menggunakan atap seng sekitar 36,36%. Responden yang mempunyai rumah dengan dinding permanen dan lantai dasar keramik dengan luas rumah 5 m x 7 m sekitar 59,09%. Transportasi darat nelayan untuk kegiatan sehari-hari menggunakan sepeda motor. Interaksi sosial nelayan terjadi pada saat Kepala Desa  mengadakan Rapat Desa dan kerja bakti. Nelayan tersebut lebih banyak memperoleh berita melalui siaran TV. Hasil penerimaan nelayan  tangkap sebanyak 3kg/trip dengan rata-rata harga jual Rp25.000/kg sehingga dihasilkan penerimaan sebesar Rp75.000.Kata kunci: Nelayan, penerimaan,sosial ekonomi
ANALISIS MARGIN PEMASARAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis) DI DESA LAMANGGAU KECAMATAN TOMIA KABUPATEN WAKATOBI Safitri, Andri; Yusuf, Sarini; Mansyur, Akhmad
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.29 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v3i3.7792

Abstract

Penelitian dilakukan di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi selama periode bulan Januari sampai Februari 2018, dengan tujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, mengetahui besarnya nilai margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran ikan cakalang di daerah ini. Data di peroleh melalui wawancara secara langsung berdasarkan kuesioner yang telah disediakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang yaitu 20 nelayan, 10 pedagang pengumpul dan 20 pedagang pengecer. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah umur, tingkat pendidikan, pengalamanusaha, jumlah tanggungan keluarga, biaya pemasaran, harga penjualan, harga pembelian, volume penjualan dan volume pembelian. Data tersebut di analisis secara deskriptif kualitatif. Data untuk saluran pemasaran diketahui dengan menelusuri saluran pemasaran dari tingkat nelayan, pedagang pengumpul, pedagang pengecer hingga konsumen, sedangkan margin pemasaran dihitung dengan rumus Mp = Hk - Hp, Mp yaitu margin pemasaran, Hk yaitu harga konsumen, Hp yaitu harga produsen, Efisiensi pemasaran dalam penelitian ini dihitung dengan rumus Fs = 1 - M/He x 100%, Fsyaitu Fisher’s share atau bagian yang diterima oleh nelayan, M yaitu margin pemasaran dan He yaitu harga jual ditingkat pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran ikan cakalang di daerah ini terdapat dua saluran pemasaran yaitu: (1) saluran I, nelayan menjual kepada pedagang pengumpul selanjutnya dijual kepada pedagang pengecer dan kemudian disalurkan kepada konsumen, dan (2) saluran II, nelayan langsung menjual kepada pedagang pengecer kemudian disalurkan kepada konsumen. Saluran I mempunyai Mp = Rp 8.900/kg  dengan Fs 64%, sedangkan saluran II mempunyai Mp = Rp 5.100/kg dengan Fs 78%. Data tersebut menunjukkan Mp pada saluran II lebih besar dari pada saluran I. Semakin panjang saluran pemasaran maka semakin besar nilai Mp. Walaupun demikian, kedua saluran pemasaran ikan cakalang di daerah ini sudah efisien (Fs> 50%), tetapi saluran pemasaran II lebih efisien.Kata Kunci: Efisiensi pemasaran, ikan cakalang, margin pemasaran, saluran pemasaran

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 4: NOVEMBER 2022: JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 7, No 3: AGUSTUS 2022: JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 7, No 2: MEI 2022 : JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 7, No 1: FEBRUARI 2022 : JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 4 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 3 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 2 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 1 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 4 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 3 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 2 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 4, No 4 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 4 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 3 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 3 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan More Issue