cover
Contact Name
Yudi Guntara
Contact Email
guntaray@untirta.ac.id
Phone
+6281327787035
Journal Mail Official
gravity@untirta.ac.id
Editorial Address
Departemen of Physics Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Ciwaru No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten, 42117.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika
ISSN : 2442515X     EISSN : 25281976     DOI : http://dx.doi.org/10.30870/gravity.vxix
Core Subject : Science, Education,
The focuses of the manuscript received in the Gravity journal is limited to the topic: Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) Theoretical Physics Material Physics Earth and Environmental Physics Astrophysics Medical Physics Computational Physics and Instrumentation
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018)" : 8 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL MAHASISWA Rahmat Firman Septiyanto; Dina Rahmi Darman
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.313 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3114

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP LISTRIK DINAMIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Samsuni Samsuni; Saidah Saidah; Ikhwan Khairu Sadiqin
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.743 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3119

Abstract

MENINGKTAKAN ARGUMENTATION SKILL DAN KEMAMPUAN KOGNITIF CALON GURU IPA SD MELALUI SOCRATIC METHOD Surya Gumilar; Deni Moh Budiman
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.536 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3115

Abstract

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN STRATEGIPROBLEM SOLVING DENGAN READING INFUSION Herni Yuniarti Suhendi; Tri Lunggari D. C; Setiya Utari; Lilik Hasanah
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.652 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3120

Abstract

ANALISIS SOAL MODUL LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH I MENGGUNAKAN RACSH MODEL Sri Wahyu Widyaningsih; Irfan Yusuf
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.048 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3116

Abstract

ASPEK VENTILASI DAN AKTIVITAS PENGHUNI MENCIPTAKAN KENYAMANAN TERMAL RUMAH VERNAKULER LERENG SINDORO-SUMBING Banar Dwi Retyanto; A.S Hendriani
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.182 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3121

Abstract

Desain Pembelajaran Fisika Terpadu untuk SMA Berbasis Keunggulan Lokal Pariwisata Dewi Muliyati; Fauzi Bakri; Iwan Purnaman
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.356 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3117

Abstract

SIGNIFIKANSI DISCOVERY LEARNING vs GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP Riski Muliyani
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.993 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i1.3118

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan pemahaman konsep melalui penerapan dua model pembelajaran (Discovery Learning_DL dan Guided Discovery Learning_GDL) pada kelompok yang berbeda dan signifikansi perbedaan peningkatan pemahaman konsep yang lebih signifikan diantara penerapan kedua model tersebut pada kelas yang telah di-treatment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana desain yang dipakai ialah pretest-posttest control group design dengan menginovasi kelas kontrol menggunakan model pembelajaran GDL. Sampel yang dipakai menggunakan kluster acak dengan mempertimbangkan homogenitas antara kelas. Untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep digunakan tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran DL mampu meningkatkan pemahaman konsep dengan kategori sedang (rerata n-gain= 0,49) dan  GDL tergolong kategori rendah (rerata n-gain = 0,23). Perhitungan uji statistik uji-t menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan pemahaman konsep antara kelas yang mendapatkan pembelajaran model DL dengan kelas yang mendapatakan pembelajaran model GDL (sig.2-tailed: 0,183, = 5%). Diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk memaksimalkan eksperimen pada kedua model agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan diupayakan diuji pada konsep lainnya. ABSTRACTThis research aim to get description of the increasing conceptual understanding through implementation of two type learning model (Discovery Learning and Guided Discovery Learning) to two difference class and to know which the differences of mean more significant to increase conceptual understanding between DL and DL learning model. This research was used quantitative approach with pretest-posttest control group design. The control group class was learned by GDL model. Custer random sampling technique was used in this research with consideration the homogeneity of class. The measurement of conceptual understanding tested using a conceptual understanding test (multiple choice form). The result shown that mean of n-gain score of DL are medium category (n-gain score: 0,49) and GDL is low category ( n-gain score: 0,23). The calculation of parametric statistics (t-test) shown that there is no significant difference of the mean of the increasing conceptual understanding either DL class or GDL class (sig.2-tailed: 0,183). It recommended to further research to more optimize the experiment session for all of the model in order to achieve better result and able to apply these models to another concepts.

Page 1 of 1 | Total Record : 8