cover
Contact Name
Yudi Guntara
Contact Email
guntaray@untirta.ac.id
Phone
+6281327787035
Journal Mail Official
gravity@untirta.ac.id
Editorial Address
Departemen of Physics Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Ciwaru No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten, 42117.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika
ISSN : 2442515X     EISSN : 25281976     DOI : http://dx.doi.org/10.30870/gravity.vxix
Core Subject : Science, Education,
The focuses of the manuscript received in the Gravity journal is limited to the topic: Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) Theoretical Physics Material Physics Earth and Environmental Physics Astrophysics Medical Physics Computational Physics and Instrumentation
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018)" : 9 Documents clear
Pengembangan E-Learning Menggunakan Chamilo Untuk Membantu Proses Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II Ayu Rezky Yulita; Diah Ambarwulan; Fauzi Bakri
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.252 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4029

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-Learning berbasis Chamilo. E-Learning ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi dan tugas-tugas terstruktur untuk siswa pada materi Fisika SMA Kelas X Semester II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Dick and Carey. E-Learning yang dihasilkan menampilkan materi pembelajaran yang dapat dibaca dan diunduh. Konten E-Learning yang dikembangkan juga diperkaya dengan video pembelajaran, tes pemahaman siswa, agenda dan forum diskusi antar pengguna. E-Learning yang dikembangkan sudah melalui tahap validasi dengan perolehan persentase sebesar 86,67% dari ahli materi, 92,39% dari ahli media, dan 94,47% dari ahli pembelajaran. Dari hasil uji kelayakan perangkat e-learning, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat e-learning yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat membantu menyampaikan materi dan tugas terstruktur siswa.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Discovery Based Learning Dengan Bantuan LKS Digital Materi Fluida Dinamik Kelas XI SMAN 11 Kota Jambi Raden Maulana; Jufrida Jufrida; Haerul Pathoni
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.666 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4034

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Based Learning dengan bantuan LKS digital bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida dinamik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 34,65% dan nilai rata-rata hasil belajar 39,56 dengan jumlah siswa yang berhasil 9 siswa (23,68%). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 62,94% dan nilai rata-rata hasil belajar 60,12 dengan jumlah siswa yang berhasil 15 siswa (39,47%). Pada siklus III rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 76,97% dan nilai rata-rata hasil belajar 80,79 dengan jumlah siswa yang berhasil 28 siswa (73,68%).
Pengaruh Intensitas Spektrum Cahaya Warna Merah Dan Hijau Terhadap Perkecambahan Dan Fotosintesis Kacang Hijau ( Vigna Radiata L.) Fikriyah Hasanah; Mutiara Syahfitri Sari; Suci Legowo; Asep Saefullah; Siti Fatimah
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.032 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4030

Abstract

Pada penelitian ini, kami melakukan analisa tentang pengaruh intensitas spektrum cahaya warna merah dan hijau terhadap perkecambahan dan fotosintesis kacang hijau (Vigna radiata L). Tujuan penelitian yang kami lakukan adalah untuk mengetahui panjang gelombang yang paling efektif untuk fotosintesis dan perbandingan pengaruh spektrum cahaya warna merah dan hijau pada perkecambahan. Pertama, alat dan bahan yang harus disiapkan diantaranya; kardus, gelas plastik, cutter, gunting, penggaris, biji kacang hijau ( Vigna radiata L.), double tape, mika merah, mika hijau, kapas, dan air. Kedua , membuat kerangka penelitian. Ketiga, analisis data yang diperoleh dari pengamatan ukuran panjang akar, jumlah daun, diameter batang, dan tinggi tanaman. Data menunjukkan bahwa perkecambahan kacang hijau (Vigna radiata L.) pada spektrum warna merah lebih cepat dibandingkan pada spektrum warna hijau karena spektrum warna merah memiliki panjang gelombang yang paling efektif bagi klorofil untuk melakukan fotosintesis dan pertumbuhan dari pada spektrum warna hijau.
Rancang Bangun Alat Praktikum Hukum Ohm Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Asep Saefullah; Mohammad Fakhturrokhman; Yuvita Oktarisa; Resty Dwi Arsy; Hayin Rosdiana; Vaka Gustiono; Seno Indriyanto
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.494 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4035

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan alat praktikum hukum Ohm yang tidak hanya memfasilitasi siswa untuk melakukan praktikum hukum Ohm, melainkan juga memfasilitasi siswa untuk memiliki keterampilan berfikir tingkat tinggi / Higher Order Thinking Skilss (HOTS) melalui kegiatan praktikum. Proses pembuatan alat praktikum hukum Ohm ini melalaui tiga tahapan yaitu : merancang, membuat, dan menguji. Pada proses merancang, alat praktikum didesain sedemikian rupa agar mampu melatihkan keterampilan berfikir tingkat tinggi, utamanya pada kemampuan menganalisis dan mengkreasi. Pada proses membuat, pembuatan alat praktikum menggunakan bantuan sinar laser, agar alat praktikum tidak mudah pecah dan penampilannya bagus. Pada proses terakhir, yaitu menguji, proses penujian bertujuan untuk membuktikan bahwa alat praktikum dapat digunakan siswa untuk menemukan konsep hukum Ohm. Hasil proses pengujian menunjukan bahwa alat praktikum dapat digunakan untuk menemukan konsep  hukum Ohm, selain itu alat praktikum jug dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan berfkir tingkat tinggi pada siswa.
Pengembangan Komik Biografi Sir Isaac Newton Sebagai Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Paint Tool SAI Farah Savila; I Made Astra; Dewi Muliyati
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.519 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4031

Abstract

Penelitian ini berisi teknik merancang komik tokoh Sir Isaac Newton menggunakan aplikasi Paint Tool SAI. Komik tokoh Sir Isaac Newton yang dirancang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Komik tokoh Sir Isaac Newton tersebut mengacu kepada buku–buku sejarah mengenai tokoh yang diceritakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model ADDIE. Pengembangan ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, uji coba, dan evaluasi produk. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh rata-rata persentase hasil ahli materi 80,95% dan ahli media 77,69%. Komik sebagai media pembelajaran dapat dirancang dengan mudah menggunakan aplikasi Paint Tool SAI pada gawai yang kita miliki dengan sistem operasi android.
Keefektifan Spektrum Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau (Vigna Radiata) Astried Naomi; Jeni Pertiwi; Putri Ayu Permatasari; Shabrina Nur Dini; Asep Saefullah
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.347 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4036

Abstract

Kacang hijau merupakan sumber pangan yang memegang peranan penting dalam menunjang program diversi pangan. Tanaman kacang hijau memerlukan makanan agar dapat tumbuh. Untuk mendapatkan makanannnya, tanaman kacang hijau memerlukan energi dari cahaya digunakan untuk mengolah makanannya. Energi yang cukup akan membuat pertumbuhan tanaman kacang hijau maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spektrum cahaya yang paling efektif bagi pertumbuhan tanaman kacang hijau. Media yang digunakan adalah kapas yang telah diberi air lalu disimpan pada kardus yang sisi - sisinya telah dilapisi plastik mika dengan warna sejenis lalu diletakan pada tempat yang terang. Rancangan adalah acak dengan pemberian perlakuan empat warna (merah, biru, hijau dan ungu). Penelitian dilakukan selama 4 hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa spektrum cahaya yang paling efektif bagi pertumbuhan tanaman kacang hijau adalah spektrum merah.
Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik Fauzi Bakri; Diah Ambarwulan; Dewi Muliyati
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.687 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk buku pelajaran fisika yang dilengkapi oleh Augmented Reality (AR) pada materi Gelombang Bunyi dan Optik untuk kelas XI SMA. Buku yang dikembangkan juga dilengkapi AR yang menampilkan animasi 3D dan video simulasi sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang nyata. Salah satu video simulasi yang ditampilkan adalah asal-muasal terbentuknya gelombang bunyi. Salah satu animasi 3D yang ditampilkan adalah kamera. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RND) 4D yang tahapannya terdiri dari: Define, Design, Develop, Dessiminate. Adapun hasil validasi ahli materi sebesar 95,95 % dan ahli media sebesar 88,44 % dengan kategori sangat baik. Hasil uji keterbacaan terhadap guru menunjukkan persentase pencapaian sebesar 93,43%, sementara kepada 15 siswa menunjukkan persentase pencapaian sebesar 84,68%. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku AR pada materi gelombang dan optik telah memenuhi proses pembelajaran dan persyaratan sebagai bahan ajar fisika SMA.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Treffinger Untuk Melihat Kreativitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 6 Padang Ena Suma Indrawati
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.039 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4028

Abstract

Penerapan model kooperatif tipe treffingger bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran ini terhadap  kreativitas  dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa  kelas XI IPA SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Design penelitian yang digunakan adalah treatment by block (2 x2). Teknik analisa data yang digunakan adalah ANAVA dua arah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah  kreativitas siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh  model  pembelajaran konvensional,  kreativitas siswa yang  berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah dalam model pembelajaran kooperatif Tipe Treffinger, Tidak Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan kreativitas, kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah dalam model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger, Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah.
Perbandingan Kekuatan Ikan Lemon (Lubia Caeruleus) Dengan Ikan Lele (Clarias Batrachus) Pada Tegangan 18 Volt Saolisa R; Ipah Fitra Syafira; Irnanda Sabila Rizki; Muhammad Aunurrofiq; Ervin Mardina; Mifa Maulida; Asep Saefullah; Dini Aliani
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.014 KB) | DOI: 10.30870/gravity.v4i2.4033

Abstract

Ikan sebagai hewan air memiliki mekanisme fisiologis yang tidak dimiliki hewan darat. Ikan dapat merespon arus listrik karena memiliki organ elektroreseptor. Secara umum, elektroreseptor merupakan pengembangan dan modifikasi gurat sisi atau lateral line. Untuk mengetahui bahwa ikan dapat merespon arus listrik dilakukan penelitian dengan melakukan perbandingan ketahanan ikan lemon (Lubia caeruleus) dengan ikan lele pada tegangan 18 volt. Digunakan plat PCB sebagai pengantar arus listrik antara katoda dengan anoda pada dengan tegangan 18 volt, dengan medan listrik yang dihasilkan sebesar 171 v/m. Dari hasil pengamatan respon ikan terhadap medan listrik mempengaruhi perilaku ikan karena terinduksi oleh arus tersebut dan ikan menuju wilayah yang efektif dari elektroda. Ikan lele (Clarias batrachus) lebih kuat ketahanan tubuhnya dalam merespon arus listrik dibandingkan ikan lemon (Lubia caeruleus).

Page 1 of 1 | Total Record : 9