cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi" : 14 Documents clear
HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANDRAH KECAMATAN PANDRAH KABUPATEN BIREUEN ., Nurmawati; Maryam, Siti; Muamar, M. Rezeki
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gizi menjadi penting bagi anak sekolah karena selain dapat meningkatkan kecerdasan anak juga menungjang pertumbuhan secara fisik dan mental, guna mendukung keadaan tersebut anak sekolah memerlukan kondisi tubuh yang optimal dan bugar sehingga memerlukan status gizi yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Status gizi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandrah Kabupaten Bireuen, penelitian ini telah dilakukan pada bulan maret. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan melakukan pendekatan Cross Sectional Study. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-square dengan program SPSS 20, untuk mengukur status gizi siswa peneliti menggunakan indeks BB/TB. Dari hasil perhitungan terlihat status gizi siswa kelas VI SD tergolong baik, dan prestasi belajar dengan kualitas baik berdasakan ketentuan minimal yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan rumus Chi-squer diperoleh nilai probabilitas (p) lebih tinggi dari pada nilai α  hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan antara status gizi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandrah Kabupaten Bireuen. Kata kunci : Status, Gizi, Prestasi, Belajar
PENGETAHUAN IBU-IBU DALAM MENYUSUN MENU KELUARGA DI GAMPONG JULI PAYARU KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN ., Jumiati; Maryam, Siti; Fahilla Palestina, Siti Maryam
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu-ibu dalam menyusun menu keluarga di Gampong Juli Payaru Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu-ibu sebanyak 30 orang antara usia 20 sampai 45 tahun yaitu masa subur atau masa usia produktif. Berdasarkan hasil penelitian tesebut maka dapat disimpulkan bahwa dalam indikator pengetahuan Ibu sebagian kecil memiliki kategori rendah yaitu 3 orang (10%), sebagian besar termasuk dalam  ketegori sedang sebanyak 27 orang (90%) dan kategori tinggi 0 orang (0%). Untuk indikator menu keluarga memiliki kategori yang bervariasi yaitu sebagian termasuk dalam kategori rendah dengan jumlah 4 orang (13,3%), sebagian termasuk dalam kategori sedang sebanyak 22 orang (73,3%) dan sebagian lagi termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah 4 orang (13,3%) dan untuk indikator keluarga sebagian kecil termasuk dalam kategori rendah yaitu 7 orang (23,3%), sebagian besar termasuk dalam kategori sedang  sebanyak 23 orang (76,7%) dan kategori tinggi 0 orang (0%). Kata kunci : Pengetahuan, Ibu-ibu, dan Menu Keluarga.
APLIKASI ZPT AUKSIN, SENG DAN BORON UNTUK MENGENDALIKAN LAYU PENTIL (Cherelle Wilt) PADA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) ., Tutiliana
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis dan senyawa yang efektif untuk meningkatkan pembentukan pentil dan menekan terjadinya layu pentil pada tanaman kakao, sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas biji kakao yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dikebun kakao milik Kelompok Tani Maju Bersama di Desa Blang Mane yang merupakan salah satu kelompok binaan Program Swiss Contact. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok, dengan tujuh ulangan. Aplikasi zat pengatur tumbuh (NAA) dan unsur hara mikro (Zn dan Bo). NAA diaplikasikan dengan konsentrasi 500 dan 1.000 ppm, sedanghkan Zn pada 1.500 ppm dan Bo pada 3.000 ppm dengan aplikasi melalui penyemprotan buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampai dengan umur 12 Msp setelah penyemprotan, perlakuan unsur mikro Zn, Bo dan NAA memberikan penyaruh yang nyata terhadap peningkatan julah pentil sehat, penurunan jumlah pentil layu dan penurunan persentase pentil layu. Tanaman control baik yang tidak disemprot dan disemprot dengan air memberikan hasil tertinggi terhadap jumlah pentil sehat dan memberikan jumlah pentil layu dan presentase pentil layu yang lebih rendah dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Kata kunci : Kakao, layu pentil (cherelle wilt), NAA dan unsur hara mikro
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATERI EKOSISTEM DI MTsS AL-WASHLIYAH LHOKSEUMAWE Pulungan, Nellyati
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem dengan penerapan pembelajaran kontekstual. (2) Kecakapan hidup personal siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Kecakapan hidup sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTsS Al-Washliyah Lhokseumawe dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa   kelas VII  semester genap  pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 2 kelas paralel yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Sampel ditentukan secara acak yang terdiri dari kelas eksperimen atau kontekstual dan kelas kontrol atau konvensional. Pengambilan data dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengambilan data hasil penguasaan konsep dengan pretes dan postes, dan tahap kedua pengambilan data kecakapan hidup melalui observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan dengan uji t dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil uji t untuk penguasaan konsep diperoleh t hitung  2,72 dan t tabel 1,99. Kecakapan personal diperoleh t hitung 10,04 dan t tabel 1,99. Kecakapan sosial diperoleh t hitung 10,45 dant tabel 1,99. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  (1) penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem dengan penerapan pembelajarankontekstual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (2) kecakapan hidup personal siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan penerapan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (3)kecakapan hidup sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan penerapan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, Penguasaan Konsep, Kecakapan Hidup Siswa, Ekosistem.
FITOKIMIA DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KALUS TUMBUHAN SERNAI (Wedelia biflora (L)DC.) ., Afnidar
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang ”Fitokimia dan Uji Aktifitas Antibakteri Ekstrak Kalus Tumbuhan Sernai (Wedelia biflora (L.)DC.)”. Analisis fitokimia dengan metode observasi menggunakan pereaksi-pereaksi fitokimia.  Uji Aktifitas Antibakteri menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan terdiri dari ekstrak metanol kalus batang dan daun W. biflora  dengan konsentrasi 50%, 25% dan 10%, kontrol positif (kloramfenikol 30 µg) dan kontrol negatif (akuades) dengan tiga ulangan. Hasil analisis fitokimia ekstrak metanol kalus batang W. biflora megandung senyawa alkaloid dan terpenoid. Ekstrak metanol kalus daun W.biflora mengandung senyawa alkaloid,  terpenoid dan flavonoid. Uji aktifitas antibakteri menggunakan cakram difusi agar. Daya hambat ekstrak metanol kalus daun dan batang W. biflora pada konsentrasi 50%, 25% dan 10% terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus tidak memiliki  zona hambat. Kloramfenikol mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dengan zona hambat rata-rata 25,3 mm dan pertumbuhan bakteri S. aureus dengan zona hambat 14,0 mm serta kontrol negatif dengan zona hambat 0,0 mm. Ekstrak metanol kalus batang dan daun W. biflora dilakukan uji dengan Kromatografi Gas-Spektrofotometri Massa (KG-SM). Dari data KG-SM tersebut terdeteksi beberapa kandungan senyawa, sebagian besar kandungan tersebut terdiri dari berbagai asam lemak dengan persentase tertinggi yaitu asam palmitat sebanyak 32,53% pada kalus batang dan 35,31% pada kalus daun. Kata kunci : Kalus daun dan batang (Wedelia biflora (L.) DC.), Staphylococcus aureus, Escherichia coli, zona hambat, Kromatografi Gas- Spektrofotometri Massa (KG-SM).
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP ., Syukriah; Sabri, Mustafa; ., Muhibbuddin
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sistem Peredaran Darah Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP di SMP Negeri 1 Tanah Luas Aceh Utara mulai bulan Maret sampai bulan April 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi sistem peredaran darah terhadap pemahaman konsep serta tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen “Pretest-posttes Control group Design”. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan instrumen soal objektif  bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain pemahaman konsep kelas eksperimen (77,14) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata N-Gain siswa kelas kontrol (65,71). Hasil uji t diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol dengan thitung = 3,83 dan ttabel = 1,645. Penggunaan media animasi mendapat tanggapan positif oleh siswa kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media animasi memberi hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Media Animasi , Pemahaman konsep, Sistem peredaran darah manusia.
PENGARUH FREKUENSI DAN KONSENTRASI PENYIRAMAN AIR LIMBAH PEMBUATAN TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea. L) ., Rahmawati
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Frekuensi dan Konsentrasi Penyiraman Air Limbah Pembuatan Tahu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Brassica juncea.L). Penelitian ini dilakukan di Gampong Bungkaih, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Juni sampai dengan 13 Juli 2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan frekuensi, konsentrasi dan interaksi antara frekuensi dan konsentrasi penyiraman air limbah pembuatan tahu terhadap pertumbuhan tanaman sawi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yaitu menggunakan rumus ANOVA dan dilanjutkan dengan uji BNJ dan BJND pada taraf α = 0,05. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat diketahui bahwa frekuensi penyiraman air limbah pembuatan tahu 1 minggu sekali memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman pada umur 14 HST dan lebar daun sawi pada umur 28 HST. Frekuensi penyiraman yang terbaik yaitu 1 minggu sekali. Konsentrasi penyiraman air limbah pembuatan tahu memberikan pengaruh terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, dan berat basah tanaman sawi pada umur 7 HST, 14 HST, 21 HST dan 28 HST. Konsentrasi yang terbaik adalah 75%. Pengaruh interaksi antara konsentrasi dan frekuensi memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, dan berat basah dengan konsentrasi 75% pada frekuensi penyiraman seminggu sekali pada umur 7 HST, 14 HST, 21 HST dan 28 HST. Kata kunci : Air Limbah Pembuatan Tahu, Konsentrasi, Frekuensi dan Pertumbuhan Tanaman Sawi.
PENGETAHUAN IBU-IBU DALAM MENYUSUN MENU KELUARGA DI GAMPONG JULI PAYARU KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN ., Jumiati; Maryam, Siti; Fahilla Palestina, Siti Maryam
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

APLIKASI ZPT AUKSIN, SENG DAN BORON UNTUK MENGENDALIKAN LAYU PENTIL (Cherelle Wilt) PADA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) ., Tutiliana
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATERI EKOSISTEM DI MTsS AL-WASHLIYAH LHOKSEUMAWE Pulungan, Nellyati
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue