cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
ISSN : 08545251     EISSN : 25407694     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (English: Journal of Social Sciences Education)) publishes high-quality manuscripts on research in the fields of social science education and social sciences. As for those included in the social science family is Geography, History, Sociology, Economics and Religion, Tourism, and Communication. JPIS publish twice a year in June and December. JPIS is published by Faculty of Social Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 28, No 1 (2019)" : 11 Documents clear
- JPIS, Editorial Board
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
A Spatial Analysis of Subgrade Density Value of Cisumdawu Hihgway (KM 10+700 – 12+000) Fauzi, Ihwan; Susanto, Eri
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.14714

Abstract

Uniformity of subgrade density value is very necessary, including in Cisumdawu highway. Spatial analysis with geostatistical computation was applied to predict and map subgrade density value. Geostatistical method used was kriging method based on semivariogram model. The data collected were a sandcone test from 2 zones of dry density value at last layer of compaction. Results of spatial measurements showed that existing values have spatial correlation with diversity influenced by distance and type of distribution, also direction of data distribution from subsgrade density. Zone 1 reached level of compatibility of 99.5% and Zone 2 of 99.4%. Mapping value of subgrade density was influenced by normal data distribution, distance between samples and spread pattern. Selection of semivariogram model showed standard deviation value in zone 1 of 0.0025 and zone 2 of 0.004, it indicates accuracy could meet confidence level of 95%. This result was expected to provide accurate evaluation of subgrade compaction work.
Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren Oktari, Dian Popi; Kosasih, Aceng
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.14985

Abstract

Pesantren merupakan lembaga Pendidikan Islam tertua dan telah menjadi bagian dari pendidikan nasional. Pesantren telah memberikan banyak kontribusi bagi pertumbuhan dan perkembangan Islam Nusantara dan sekaligus pemantik pertumbuhan lembaga-lembaga Islam lainnya di Indonesia. Pendidikan Pesantren menyimpan karakter khas antara lain karakter religius dan karakter mandiri. Penelitian ini dilakukan di Pondok Manarul Huda yang berlokasi di Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesantren menanamkan karakter religius dan karakter mandiri pada santrinya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pendidikan karakter di Pesantren Manarul Huda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren Manarul Huda menanamkan karakter religius melalui aktivitas sehari-hari dan karakter mandiri ditanamkan melalui kegiatan kewirausahaan. Keywords: Pendidikan Karakter, Religius, Mandiri.
Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Kristin, Firosalia; Kencana Sari, Fransiska
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.17810

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah konsep dasar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan desain expost facto. Subjek penelitian adalah 60 mahasiswa PGSD UKSW angkatan 2017. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Anaisis data dilakukan dengan teknik uji regresi linier yang mencakup uji  t dan pengukuran koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Nilai t hitung 2,904 nilai t tabel 1,999, maknanya terdapat pengaruh kedisiplinan belajar teradap hasil belajar Konsep Dasar IPS Mahasiswa; 2) Nilai R Square sebesar 0,127, dengan arti bahwa pengaruh variabel kedisiplinan belajar terhadap variabel hasil belajar Konsep Dasar IPS Mahasiswa adalah 12,7%. Simpulannya melalui uji t menunjukkan adanya pengaruh kedisiplinan tergadap hasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Konsep Dasar IPS dengan pengaruh sebesar 12,7% yang ditunjukkan melaui hasil pengukuran koefisien determinasi.  
Enhancing Religious Tolerance through Educators’ Behaviors Gunawan, Indra; Saetban, Anton; Faiz, Aiman
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.11251

Abstract

Indonesia is one of the states with the greatest diversity in the world. One form of diversity is related to the choice of individuals in choosing religious beliefs. In this case, religious tolerance is a key mediation to realize the nation's ideals of unity. The religious harmony of life is an essential part of ensuring national unity. A tolerant attitude should be built through the active participation of educators in every educational environment to achieve the ideals of Pancasila, and the spirit of "Bhineka Tunggal Ika" (unity in diversity) as the noble aim of the founding fathers for the unity of the Indonesian nation.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sakti, Tribagus Kuncoro; Hairunisya, Nanis; Sujai, Imam Sukwatus
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.12818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa  pada mata pelajaran IPS, mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa  pada mata pelajaran IPS, mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru, gaya belajar siswa/ Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner (kuesioner). Analisis data menggunakan persentase dan regresi linier berganda. ada pengaruh signifikan dari variabel kompetensi paedagogik guru (X1) dan gaya belajar siswa (X2) pada variabel prestasi belajar (Y) siswa dalam studi sosial di SDN 1 Aryojeding tahun ajaran sekolah 2017/2018, ini didasarkan pada nilai Fcount 39.706 2.87 dalam ftabel dengan tingkat signifikansi 0,000 0,05 yang berarti signifikan. 
Pengembangan Sintaks Simulasi dalam Pembelajaran Ekonomi Berorientasi pada Pendidikan Karakter Amri, Fahimul; Djatmika, Ery Tri; Wahyono, Hari; Widjaja, Sri Umi Mintarti
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.14368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sintaks atau langkah-langkah simulasi dalam pembelajaran ekonomi yang berorientasi pada pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah menggunakan pendekatan Design-Based  research (DBR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prototype atau desain sintaks simulasi pembelajaran ekonomi memuat langkah-langkah, aturan, peran, kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk kasus-kasus, keputusan yang ditentukan, tujuan dari kegiatan dan pemeranan simulasi, dan nilai-nilai karakter yang dikembangkan, (2) sintaks simulasi berdasarkan penilaian dari ahli, guru dan, siswa valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran, (3) masih ada beberapa kelemahan dalam sintaks simulasi dan juga pelaksanaannya di lapangan. rekomendasi diberikan kepada guru agar dapat melaksanakan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan simulasi. 
Transformasi dan Kontinuitas Dalam Tradisi Penggunaan Bahan Bakar Limbah Jagung Untuk Memasak Skala Rumah Tangga, Studi Kasus Kecamatan Tiga Binanga Tanah Karo Hartati, Celerina Dewi
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.13299

Abstract

Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Tanah Karo merupakan lahan pertanian jagung terbesar di Sumatera Utara. Kecamatan Tiga Binanga adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Masyarakat di daerah tersebut merupakan petani jagung. Luas wilayahnya adalah 160,38 km² dengan jumlah penduduk sebesar 19.476 jiwa. Kecamatan Tiga Binanga terdiri dari 20 desa, dan penelitian ini dilakukan di desa Simolap dan desa Tigabinanga. Jagung dapat berfungsi sebagai bahan makanan dan juga bahan produksi. Tongkol jagung atau bonggol akan menjadi limbah yang berbahaya bagi lingkungan jika tidak ada penanganan secara baik. Untuk itu limbah jagung harus dimanfaatkan sehingga bernilai guna. Masyarakat desa di kecamatan Tiga Binanga dalam tradisinya telah sejak lama menggunakan bonggol jagung sebagai bahan bakar memasak yang dicampur dengan kayu bakar dan tetap digunakan hingga saat ini. Studi transformasi selama ini membahas transformasi dalam kaitannya dengan kontinuitas, dalam tulisan ini akan diperlihatkan kaitan transformasi dan kontinuitas dengan tradisi dan inovasi. Tulisan ini bertujuan memperlihatkan transformasi dalam penggunaan limbah jagung sebagai bahan bakar alternatif sekaligus kontinuitasnya sebagai bahan bakar tradisional di masyarakat Karo dan kaitannnya dengan inovasi dan tradisi dalam masyarakat Karo.  
Strategi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Di Era Global Berbasis Pendidikan Ekonomi Kewarganegaraan Asyafiq, Sutrisno
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.15428

Abstract

Kajian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pertumbuhan dan pembanguan ekonomi di era global berbasis pendidikan ekonomi kewarganegaraan. Penelitian ini adalah penelitian konseptual dengan menggunakan metode Library Research, yakni mengumpulkan data-data dari artikel ilmiah, laporan penelitian atau hal lain yang relevan dengan topik. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan pembanguan ekonomi di era global dapat diintegrasikan melalui konsep pendidikan ekonomi kewarganegaraan di ligkungan masyarakat dan sekolah dalam bentuk program entreprenuer, pengembangan unit usaha, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi dan informasi.
Developing Learning Media Based on Geographic Information System for Geography Subject in Senior High Schools Arrasyid, Riko; Setiawan, Iwan; Sugandi, Dede
JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL Vol 28, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpis.v28i1.12163

Abstract

This study aims to develop learning media based on Geographic Information Systems (GIS) in Geography subject in high schools. This research was designed to develop space-based geography learning media with various data formats (multimedia) and interface design easy to operate. This study uses a quasi-experimental design to examine whether there is an influence of the use of GIS in geography learning. The subjects of the study were social class elevnth graders at SMAN 15 Kota Bandung, Indonesia which is the experimental site as well. On class (social class 2) was selected to an experimental group and the other class (social class 4) served as a control group. The instrument used is a multiple choice test. The analytical technique used is Kolalogov-Smirnov. Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded that the development of GIS-based geography learning media can be developed as a geography learning media by designing an easy and simple application interface to be used by teachers and students as well as databases that are in accordance with the curriculum. GIS-based learning media developed showed significant influence on learning achievement of learners. The experimental class performed higher learning achievement than the control class.

Page 1 of 2 | Total Record : 11