cover
Contact Name
Kuston Sultoni
Contact Email
Kuston Sultoni
Phone
-
Journal Mail Official
jtikor@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
ISSN : 25496360     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan" : 6 Documents clear
Indonesia vs vietnam: sebuah analisis komprehensif tentang keterampilan bermain tim bolavoli putri di final avc chalenge cup 2023 Nur Ahmad Muharram; Budiman Agung Pratama
JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan) Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtikor.v8i1.60084

Abstract

Keterampilan bermain sangatlah penting dalam satu tim, dengan adanya keterampilan bisa menjadikan suatu istimewa penting bagi seseorang atlet atau pemain bolavoli saat melakukan serangan dan bertahan dari beberapa negara pada AVC Chalenge Cup 2023 peneliti melakukan analisis terhadap keterampilan bermain pada timnas indonesia melawan timnas vietnam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan bermain timnas indonesia melawan timnas vietnam pada AVC Chalenge Cup 2023. Maka dari itu dilakukannya analisis video pada hasil AVC Chalenge Cup 2023 antara timnas indonesia melawan timnas vietnam melalui media youtube. Hasilnya pada timnas Indonesia berhasil mendapatkan attack 106 kali dengan presentase 91,50% dan vietnam mendapatakan keberhasilan attack sebanyak 108 kali dengan presentase 91,66%. Indonesia mendapat kegagalan pada block 34 kali dengan presentase 53,42% sedangkan vietnam mendapat kegagalan block 31 kali dengan presentase 57,53%. Hasil analisis semua dari perolehan Keberhasilan dan kegagalan dalam keterampilan bermain yaitu pada timnas Indonesia Serve 86,72%, receive 88,80%, toss 94,94%, attack 91,59%, block 53,42%, dig 82,22% sedangkan pada timnas vietnam Serve 88,39%, receive 91,48%,toss 97,00%,attack 91,66%, block 57,53%, dig 84,78%. Kesimpulannya diantara kedua tim, keberhasilan paling banyak pada attack dan toss, kegagalan paling banyak pada block
Pengaruh Pembelajaran Variasi Shuttle Run Terhadap Hasil Belajar Lari Sprint 100 Meter Pada Siswa Kelas XI SMKP Brajaguna Bangkalan Intania Na’afisari; Khoirul Anwar; Fajar Hidayatullah; Septyaningrum Putri Purwoto
JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan) Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtikor.v8i1.60355

Abstract

TTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi shuttle run terhadap lari sprint 100 meter pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMKP Brajaguna Bangkalan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Di kelas XI yang terdiri dari 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian one groups pre-test-post-test design. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa pre test dan post test.  Hasilnya dapat dinyatakan bahwa mengalami pos-test kenaikan lebih tinggi dibandingkan pre-test. Berdasarkan hasil penelitian uji normalitas adalah 0,200 yang nilainya berarti 0,05 berdistribusi normal, hasil uji homogenitas di peroleh nilai 0,063 yang nilainya berarti 0,05 dinyatakan homogen, sedangkan untuk hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000, berarti 0,05, maka Ho di tolak. Dari hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran variasi shuttle run yang diberikan pada siswa kelas XI SMKP Brajaguna Bangkalan ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran serta mengalami peningkatan terhadap hasil belajar lari sprint 100 meter pada siswa. Dengan demikian, dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif variasi shuttle run terhadap lari sprint 100 meter pada siswa.
Pengukuran Kemampuan Fokus Dan Relaksasi Pada Atlet Cabang Olahraga Ketepatan (Menembak Dan Panahan) Dengan Newrosky Brainwave Muhammad Faisol Bahri; Fajar Hidayatullah; Heni Yuli Handayani; Septyaningrum Putri Purwoto
JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan) Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtikor.v8i1.60363

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengukuran kemampuan fokus dan relaksasi pada atlet cabang olahraga ketepatan (menembak dan panahan) dengan newrosky brainwave, yang bertujuan mengetahui pengukuran kemampuan fokus dan relaksasi pada cabang olahraga ketepatan (menembak dan panahan) dengan newrosky brainwave. Pendekatan dalam penelitian ini menggukan model pendekatan kuantitatif dimana peneliti lebih menekankan pada analisis data secara angka atau numeric.Analisis tersebut akan dilakukan pengolahan data dengan menggunakan metode statistik. Penelitian ini berguna dalam mengetahui fokud dan relaksasi pada atlet cabang olahraga ketepatan menembak dan panahan dengan newrosky brainwave. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan fokus dan relaksasi pada cabang olahraga menembak dan panahan dengan 22 sample yang akan diteliti. Pengukuran fokus atlet menembak dan panahan dengan atlet berkategori sangat baik memiliki jumlah yang tidak tersisa atau 0%, sementara untuk kategori baik mendapatkan jumlah 18%, atlet berkategori cuku mendapatkan jumlah 41%, atlet berkategori kurang mendapatkan jumlah 23%, atlet berkategori sangat kurang mendapatkan jumlah 18%, dan pengukuran kemampuan relaksasi pada atlet cabang menembak dan panahan dengan atlet berkategori sangat baik mendapatkan jumlah 36%, atlet berkategori baik mendapatkan jumlah 14%, atlet berkategori cukup mendapatkan jumlah 32%, satlet berkategori kurang mendapatkan jumlah 9%, sedangkan atlet berkategori sangat kurang mendapatkan jumlah 9%.
Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Siswa-Atlet Sekolah Bola Basket Dalam Perspektif Jenis Kelamin dan Posisi Pemain Haris Nugraha Tanjung; Yusuf Hidayat; Burhan Hambali
JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan) Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtikor.v8i1.61556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa-atlet klub atau sekolah bola basket dalam perspektif jenis kelamin dan posisi pemain. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 178 sampel yang tergabung dibeberapa klub atau sekolah bola basket yang ada di kota Bandung, Jakarta dan Bukittinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri yang dikembangkan oleh Hidayat (2018) dengan menggunakan model skala Likert. Skala dikompilasi oleh tiga dimensi (efisiensi kognitif, latihan Teknik dan fisik, dan resiliensi), delapan indikator perilaku, dan dielaborasi kedalam 32 item pernyataan. Semua data yang terkumpul dari sampel penelitian dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata (mann whitney dan analisis varian satu faktor). Hasil analisis menunjukkan, tingkat kepercayaan diri siswa-atlet putera dan puteri tidak berbeda secara signifikan (p_value 0,07 0,05), dan juga berdasarkan posisi pemain, ditemukan tidak berbeda secara signifikan (p_value 0,67 0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dari perspektif jenis kelamin dan posisi pemain, siswa-atlet putera dan puteri permainan bola basket memiliki kepercayaan diri yang sama. Implikasi penting hasil penelitian ini, pembinaan dan pengembangan kepercayaan diri sebagai salah satu parameter psikologis baik dalam bentuk pendampingan maupun intervensi dapat diberikan kepada siswa-atlet permainan bola basket, tanpa harus mempertimbangan kategori jenis kelamin dan perbedaan posisi pemain.
Penyusunan Dan Pengembangan Strategi Self-Talk Motivasional Dalam Permainan Bulutangkis Jihan Fadhilah Kurnia Putri; Yusuf Hidayat; Tite Juliantine; Burhan Hambali; Alit Rahmat
JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan) Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtikor.v8i1.61611

Abstract

. Penelitian ini merupakan sebuah studi awal yang dirancang dalam bentuk kegiatan workshop tentang penyusunan dan pengembangan strategi self-talk motivasional dalam latihan bulutangkis. Penelitian ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelatih dalam menyusun dan mengembangkan strategi self-talk untuk dapat diterapkan dalam proses latihan pada siswa-atlet bulutangkis pemula. Kegiatan workshop dilakukan terhadap 14 pelatih bulutangkis tingkat dasar yang berasal dari delapan klub/sekolah bulutangkis di Kota Bandung. Proses workshop dilaksanakan menggunakan pendekatan experiential learning dalam empat tahapan proses, yaitu tahap explorasi konsep, refleksi, pembentukan konsep, dan pengujian konsep. Hasil analisis menggunakan teknik analisis deskriptif ditemukan pemahaman pelatih tentang materi workshop dari tes awal ke tes akhir meningkat 41,75% (42%) dari 38,01% menjadi 79,76%. Selain itu, dihasilkan juga produk workshop dalam bentuk 18 kiu self-talk motivasional yang tersebar dalam tiga dimensi dan delapan indikator, termasuk fungsi setiap kiu tersebut, dan juga penggunaanya dalam proses latihan. Hasil dan produk ini merupakan temuan awal yang harus ditindaklanjuti dengan pengujiannya di lapangan, baik dalam bentuk latihan praktek melatih maupun intervensi, sehingga ditemukan kiu-kiu self-talk motivasional yang secara empiris sudah teruji dan valid digunakan dalam proses latihan. Meskipun demikian, untuk kepentingan praktis, ke-18 kiu self-talk motivasional tersebut dapat digunakan dalam proses latihan, khususnya dalam penguasaan keterampilan teknik dasar bermain bulutangkis.
Analisis Penyerangan dalam Pertandingan Bolavoli Putra pada PORPROV JawaTimur Tahun 2022 Slamet Junaidi; nur ahmad muharram
JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan) Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan - Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jtikor.v8i1.60101

Abstract

Permainan bolavoli sudah berkembang pesat hingga termasuk salah satu cabor favorit yang dipertandingkan pada kejuaraan multi event porprov VII Jatim tahun 2022 di kabupaten Jember.Salah satu yang menarik dalam pertandingan bolavoli terkini adalah lebih beragam serangan dalam bentuk smash yang dipakai oleh setiap tim. Analisis serangan dalam pertandingan porprov cabor bolavoli ini sangat bermanfaat untuk mengetahui berbagai macam smash yang dipakai tim finalis dan yang paling banyak menyumbang point. Penelitian ini dilakukan saat final porprov tahun 2022 antara tim putra Surabaya melawan tim putra Sidoarjo melalui pengamatan langsung dan melalui rekaman di youtube untuk mendapat hasil yang lebih valid. Hasil pertandingan dimenangkan tim putra Surabaya dengan skor 3-0,26-24,25-17 dan 25-23. Hasil analisa pertandingan smah yang sering paling dipakai tim Surabaya adalah smash open rerata 16, smash quick 4,3, semi 1,3 dan smash back attack 3. Sedang smash tim Sidoarjo yang sering dipakai, smash open rerata 18, quick 3,6,semi 0,6, back attack 3. Smash tim Surabaya yang menghasilkan angka untuk smash open 7,3, quick 2,6, semi 0,3, back attack 0,6. Smash untuk tim Sidoarjo, rerata smash open 7,6, quick 2, semi 1 dan back attack 3,3. Simpulan, kemenangan tim Surabaya dari data analisis statistik pertandingan, smash tim Surabaya lebih variatif dan besarnya kesalahan tim Sidoarjo yang memberi angka pada tim Surabaya 8,6 lebih besar dari pada kesalahan tim Surabaya yang menyumbang nilai tim Sidoarjo sebesar 6,3.

Page 1 of 1 | Total Record : 6