cover
Contact Name
Dede Iswandi
Contact Email
civicus@upi.edu
Phone
+6281322793535
Journal Mail Official
civicus@upi.edu
Editorial Address
Department of Civic Education, Faculty of Social Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia. Nu`man Somantri Building, 2nd Floor, Dr. Setiabudhi Street No. 229 Bandung 40154, Phone (022) 2013163, Ext. 25244, 25248, 25249.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Civicus
ISSN : 14125463     EISSN : 26563606     DOI : https://doi.org/10.17509/civicus
Core Subject : Education, Social,
urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the science of Citizenship Education. Jurnal Civicus print ISSN is 1412-5463. Civicus Online ISSN is 2656-3606. Jurnal Civicus is published by Civic Education Department, in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (Indonesia Association of Pancasila and Civic Education/AP3KnI). Jurnal Civicus invites to submit original and unpublish manuscript in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDUNG NOMOR 11 TAHUN 2005 TENTANG PENYELENGGARAAN K3 (KEBERSIHAN, KETERTIBAN DAN KENIDAHAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN BABAKAN SARI KECAMATAN KIARACONDONG KOTA BANDUNG) pratiwi, yusi yusnandra
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i2.5206

Abstract

YUSI YUSNANDRA PRATIWI (1306245) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDUNG NOMOR 11 TAHUN 2005 TENTANG PENYELENGGARAAN K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKATPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan di Indonesia yang tidak lagi dianggap sebagai masalah yang terjadi secara lama, karena masalah lingkungan yang ditimbulkan disebabkan oleh faktor faktor manusia jauh lebih besar dibandingkan dengan faktor alam terutama dalam hal masalah kebersihan lingkungan, dimana kebersihan lingkungan merupakan hal yang harus mendapat perhatian oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat. Kehidupan manusia sangatlah bergantung dengan lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Oleh karena itu, sepantasnya manusia harus menjaga kebersihan lingkungan sendiri demi kelangsungan hidup yang lebih baik. Karena baik tidaknya suatu lingkungannya hidup ditentukan oleh manusia itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi Kelurahan Babakan Sari dalam meningkatkan kedisiplinan masyarakat, 2) Bagaimana strategi Kelurahan Babakan Sari dalam menerapkan Skala Prioritas yang telah di telah direncanakan oleh Pemerintah, 3) Apa kendala yang dihadapi Kelurahan Babakan Sari dalam meningkatkan kedisplinan masyarakat, 4) Bagaimana solusi yang dilakukan Kelurahan Babakan Sari dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kedisplinan masyarakat. Pemecahan dalam rumusan masalah ini digunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat dan aparat kelurahan Babakan Sari., kecamatan Kiaracondong , Kota Bandung. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh selama penelitian yaitu: 1) Tingkat kedisiplinan masyarakat yang masih rendah, belum mencapai pada tingkat kedisiplinan yang yang timbul dari kehendak diri, 2) Strategi yang dilakukan oleh aparat kelurahan Babakan Sari yaitu melalui pendekatan secara persuasif dan terjun langsung ke dalam aktifitas warga Babakan Sari, 3) Berdasarkan hasil penelitian, kendala yang dihadapi dalam menjaga kebersihan lingkungan yaitu pendidikan di Kelurahan Babakan Sari yang kebanyakan hanya lulusan SD sehingga menyebabkan masyarakat kurang memahami benar bagaimana dampak yang ditimbulkan jika tidak memperhatikan kebersihan diri sendiri maupun lingkungan, 4) Solusi yang telah dilakukan dari aparat kelurahan Babakan Sari yaitu yang pertama dengan menerapkan program GPS (Gerakan Pungut Sampah) kepada masyarakat, dimana dalam program tersebut diharapkan masyarakat dapat menerapkan pola hidup bersih sehingga masalah yang timbul dari segi lingkungan dan kesehatan dapat diminimalisir. Kedua, pihak kelurahan berusaha mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup bersih. Ketiga, pihak kelurahan juga mengadakan kegiatan Jumsih (Jum’at Bersih) yang dilaksanakan oleh aparat kelurahan dan semua masyarakat Babakan Sari. Kata Kunci : Peraturan Daerah, Penyelenggaraan K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan)
Peranan Tradisi Masyarakat Adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu Terhadap Pembentukkan Kompetensi Kewarganegaraan Multikultural Mardhatila, Annisa
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i1.5190

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena peneliti tertarik dengan tradisi dan nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu. Hal tersebut dikarenakan peneliti menganggap penting untuk mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi yang dipegang teguh oleh masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan tradisi masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu terhadap pembentukkan kompetensi kewarganegaraan multikultural. Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan cara pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, studi literatur dan studi dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah sesepuh atau ketua adat masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu, anggota masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu, masyarakat Desa Krimun, dan Pemerintah Desa Krimun. Temuan penelitian ini adalah 1) adat istiadat atau tradisi yang terdapat dalam masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu bermula sejak masa Dayak Siswa yaitu pada tahun 1982, 2) faktor yang mempengaruhi masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu adalah dilatarbelakangi oleh kepercayaan dan prinsip mereka terhadap alam, 3) Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut yaitu persatuan, kesabaran, mengendalikan hawa nafsu, bersyukur, dan menyatu dengan alam, 4) Peranan tradisi tersebut mencerminkan nilai-nilai kehidupan kewarganegaraan yang baik yaitu menggambarkan nilai luhur, norma yang berlaku, peraturan-peraturan yang ditetapkan sebagai hukum juga membentuk jiwa-jiwa yang memiliki kompetensi kewarganegaraan multilultural, 5) Pihak Pemerintah sampai saat ini belum memiliki program khusus untuk masyarakat adat Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu.
PENINGKATAN NILAI KEJUJURAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI NORMA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN maulidiny, disye purnama
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i2.5212

Abstract

Nilai kejujuran peserta didik pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII I SMPN 2 Katapang Kabupaten Bandung masih rendah, yang ditunjukan dengan rendahnya nilai kejujuran saat ulangan harian sedang berlangsung, saat diskusi kelompok, membuat laporan diskusi dan saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Salah satu alternatif untuk meningkatkan nilai kejujuran peserta didik ialah dengan mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data diantaranya ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dilaksanakan tiga siklus menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan nilai kejujuran peserta didik mengalami peningkatan setelah implementasi model pembelajaran berbasis masalah di setiap siklus. 
PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC SKILL) PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-B SMPN 2 Lembang Tahun 2016) Pebriani, Siti
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i1.5219

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pra penelitian yang dilakukan di kelas VII-B SMPN 2 Lembang yang mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah rendahnya keterampilan kewarganegaraan (civic skills) peserta didik ketika pembelajaran PPKN. Tujuan  penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang jelas dalam upaya meningkatkan keterampilan kewarganegaraan (civic skills) pembelajaran PPKn melalui model experiential learning.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA DALAM PELAKSANAAN OTONOMI DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 (Studi Deskriptif Di Desa Sindangpala Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka) Lestari, Yanti Sri
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i2.5202

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dari pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla serta Undang-Undang baru mengenai Desa pada tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan Dana Desa diimplementasikan di desa Sindangpala dalam melaksanakan otonomi desa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, catatan lapangan dan studi dokumentasi. Implementasi kebijakan Dana Desa di Desa Sindangpala telah dilaksanakan dengan baik walaupun masih dijumpai adanya beberapa kendala. Namun kendala tersebut dapat diatasi dengan berbagai solusi penyelesaian. Implementasi kebijakan Dana Desa di Desa Sindangpala dapat memperjelas pelaksanaan otonomi desa yang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.
PERAN KADERISASI MASJID KAMPUS DALAM MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA MUDA puspita, riska
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i1.5221

Abstract

Masjid kampus merupakan salah satu sarana strategis di lingkungan perguruan tinggi yang berperan untuk membina karakter tanggung jawab warga negara muda melalui kegiatan-kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan karakter tanggung jawab warga negara muda melalui kaderisasi yang dilaksanakan di masjid Salman ITB dengan menggunakan pendeketan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kaderisasi Salman yang di awali dengan penyusunan rencana induk salman, pelaksanaan melalui tiga jenjang (dasar, inti lanjut) serta evaluasi dari setiap kegiatan kaderisasi dapat membina warga negara muda berkarakter tanggung jawab.
PENGEMBANGAN BERFIKIR ANALISIS MELALUI FILM DOKUMENTER pamungkas, regi dwi; pamungkas, regi dwi
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i2.5214

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penayangan film dokumenter sebagai media belajar terhadap pencapaian berfikir analisisi siswa. Film dokumenter yang digunakan adalah film yang  berisi tentang isu-isu atau masalah-masalah sosial, budaya dan sebagainya yang digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir analisis siswa. Berfikir analisis adalah kumpulan ketrampilan berpikir yang terdiri kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas XI IPA-5 SMAN 6 Bandung. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan berfikir analisis bahwa siswa mampu mengembangkan indikator dalam berfikir analisis seperti mendeskripsikan, mengklasifikasikan, menguraikan, dan menghubungakan.  Hal ini menunjukan  bahwa pengaruh  media film dokumenter dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berfikir analisis siswa. 
INTERRNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH DI KOTA CIMAHI agustina, nurlela
Jurnal Civicus Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i1.5209

Abstract

Permasalahan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia mengindikasikan masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah kerusakan lingkungan yang terjadi internalisasi karakter peduli lingkungan dirasakan sangat diperlukan kepada masyarakat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa proses internalisasi karakter peduli lingkungan melalui program Bank Sampah dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, tahap transformasi nilai dengan cara melakukan sosialisasi. Kedua, tahap transaksi nilai dengan cara memberikan keteladanan dan mengajak masyarakat yang belum mengikuti program Bank Sampah. Ketiga, tahap transinternalisasi melalui pembiasaan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Dampak dari program Bank Sampah yaitu dari segi ekonomi dan sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 2 (2023): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2023 (in press) Vol 23, No 1 (2023): JURNAL CIVICUS, JUNE 2023 Vol 22, No 2 (2022): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2022 Vol 22, No 1 (2022): JURNAL CIVICUS, JUNE 2022 Vol 21, No 2 (2021): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2021 Vol 21, No 1 (2021): JURNAL CIVICUS, JUNE 2021 Vol 20, No 2 (2020): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2020 Vol 20, No 1 (2020): JURNAL CIVICUS, JUNI 2020 Vol 19, No 2 (2019): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2019 Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019 Vol 18, No 2 (2018): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2018 Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017 Vol 17, No 1 (2017): JURNAL CIVICUS, JUNI 2017 Vol 16, No 2 (2016): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2016 Vol 16, No 1 (2016): JURNAL CIVICUS, JUNI 2016 Vol 15, No 2 (2015): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2015 Vol 15, No 1 (2015): JURNAL CIVICUS, JUNI 2015 Vol 14, No 2 (2014): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2014 Vol 14, No 1 (2014): JURNAL CIVICUS, JUNI 2014 Vol 11, No 2 (2011): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2011 Vol 11, No 1 (2011): JURNAL CIVICUS, JUNI 2011 Vol 10, No 2 (2010): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2010 Vol 10, No 1 (2010): JURNAL CIVICUS, JUNI 2010 Vol 9, No 2 (2009): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2009 Vol 9, No 1 (2009): JURNAL CIVICUS, JUNI 2009 Vol 8, No 2 (2008): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2008 Vol 8, No 1 (2008): JURNAL CIVICUS, JUNI 2008 Vol 7, No 2 (2007): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2007 Vol 7, No 1 (2007): JURNAL CIVICUS, JUNI 2007 Vol 3, No 1 (2003): JURNAL CIVICUS, JUNI 2003 Vol 2, No 1 (2002): JURNAL CIVICUS, JUNI 2002 Vol 1, No 1 (2001): JURNAL CIVICUS, JUNI 2001 More Issue