cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian
Published by Universitas Udayana
ISSN : 14117177     EISSN : 26156628     DOI : -
SOCA merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan berkala di bidang social-ekonomi pertanian dan agribisnis, diterbitkan dua kali setahun (Januari-Juni & Juli-Desember). Jurnal SOCA merupakan media untuk penyebarluasan hasil penelitian bagi dosen, peneliti, praktisi maupun masyarakat umum yang yang konsen terhadap pembangunan pertanian di Indonesia. Jurnal SOCA dikhususkan untuk menampung hasil penelitian, kajian pustaka/teoritis, kajian metodologis, gagasan original yang kritis, ulasan masalah penting/isu pembangunan pertanian yang hangat dan ulasan suatu hasil seminar.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 7, No. 2 Juli 2007" : 14 Documents clear
PENGEMBANGAN KONSEP SISTEM OPERASI DAN PEMELIHARAAN (O&P) DAERAH IRIGASI MULTIGUNA DENGAN MEMBANGUN KOMITMEN UNTUK BERBUAT KONSENSUS ANTAR PELAKU : SEBUAH KASUS DI JAWA TIMUR SIGIT SUPADMO ARIF; ABI PRABOWO; PURYANTO -; DJITO -
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.345 KB)

Abstract

ABSTRACT On May 2006, the Government of Republic Indonesia launched the Government Rule (GR) no 20/2006 on irrigation. This GR replaced the previous GR no 77/2001 in the same issue. The changing of GR means also changing of implementation policy. Some constraints problems occurred and came up to hamper policy implementation in the field. Most of them mainly related to the changing of institution structure. The paper aims to discuss how local government and Gadjah Mada University try to solve the problems by developing a concept of solution. In this connection a discussion forum among stakeholder was set up. In the forum, university as a neutral scientific institution does as facilitator. The concept was tried to be implemented in two multipurpose irrigation schemes i.e. Bondoyudo and Siman, respectively in the multi year’s basis. Those two schemes had several problems in irrigation management; one of them was conflict among users. In the first year some commitments and consensuses had already achieved by all stakeholders and would be implemented in the following years. Keywords: Irrigation, Policy, Concept, Discussion, Forum, Local Government, and University. ABSTRAK Peraturan Pemerintah No. 20/2006 tentang Irigasi telah dikeluarkan pada bulan Mei 2006 yang sekaligus menggantikan PP No. 77/2001. Penggantian tersebut berarti juga munculnya implementasi kebijakan baru yang akhirnya memunculkan beberapa permasalahan di lapangan, khususnya pada bidang institusional. Tulisan ini difokuskan pada peran Universitas Gadjah Mada sebagai fasilitator netral diskusi berbagai institusi pemerintah yang terkait dengan irigasi untuk saling berkomitmen menyelesaiakan permasalahan yang muncul setelah adanya PP No. 20/2006. Forum diskusi diterapkan di dua wilayah irigasi multiguna DI Bondoyudo (11.000 ha) dan DI Siman (22.000 ha). Multiguna menggambarkan sifat kemanfaatan air irigasi untuk pertanian tanaman pangan, ikan, tanaman perkebunan dan keperluan pabrik gula. Sifat multiguna yang terdapat dalam sistem irigasi di kedua DI akhirnya menimbulkan berbagai masalah bahkan konflik kepentingan diantara penggunanya. Pada tahun pertama penelitian (2006) telah dicapai komitmen diantara penggunanya. Kata kunci: Irigasi, Kebijakan, Konsep, Diskusi, Forum, Pemerintah Lokal, dan Universitas.
KEBUTUHAN INVESTASI SEKTOR BASIS DAN NON BASIS DALAM PEREKONOMIAN REGIONAL BALI MADE ANTARA
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.173 KB)

Abstract

ABSTRACT Implemented the law of number 32, 2004 about region government, is important moment for Bali Region Government to manage theirs region household, mainly to conduct reformation in various of development sectors. Decision need take in involved region autonomy is to develop the potential of basis sectors in effort to promote region economic growth and equity the result of development. Objective of the research are: (1) To identify basis sectors in economy of Bali Province, and (2) To analyze the investment need for each of basis sector that identify at point 1. The kind of research is quantitative of regional macroeconomic, meanwhile characterictic of research is veriificative-quantitative, namely to study and to explore of data and information of regional macro of Bali that sources from documents and reports that spread in various of government office. Data analyze use three methods, i.e.: (1) Location Quotient (LQ), (2) Incremental Capital Output Ratio (ICOR), and (3) Trend Linear Method. From the result of research and discussion find the substances follows: (1) From nine sectors in Bali Province Economy, only four sectors identified as basis sectors, showed by LQ value (average 6 years) > 1, namely agricultural sector (LQ=1.18), trade, hotel and restaurant sector (LQ=1.94). Transport and communication sector (LQ=1.69), and services sector (LQ=1.56). Meanwhile five sectors are non basis sectors that showed by LQ < 1, namely: mining and quarrying sector (LQ=0.08), manufacturing industry (LQ=0.33), electricity, gas and water supply (LQ=0.91), construction sector (0.75), financial, ownership and business services (LQ=0.94); (2) Based on sectors ICOR values, target of sectors growth and gross value added of basis sectors before tth year, so can estimate need the investment each of basis sectors in Bali Province Economy, follows: a.Need the investment of agricultural sector period 2005-2010 in succession Rp 227660.58 million (2005); Rp 262894.10 million (2006); Rp 302217.01 million (2007); Rp 346374.04 million (2008); Rp 396235.35 million (2009), and Rp 452822.84 million (2010), or need the total investment during six years are Rp 1988203.93 million or 1.988 quintillion. b.Need the investment of trade, hotel dan restaurant period 2005-2010 in succession Rp 133429.39 million (2005), Rp 110644.27 million (2006), Rp 87204.66 million (2007), Rp 63235.82 million (2008), Rp 38868.31 (2009) million, and Rp 14236,83 million (2010), or need the total investment during six years are Rp 447619.28 million or Rp 447,619 billion. c.Need the investment of transport and communication sectors period 2005-2010 in succession Rp 239636.39 million (2005), Rp 277659.86 million (2006), Rp 320010.27 million (2007), Rp 367486.98 million (2008), Rp 421022.76 million (2009), and Rp 481712.02 million (2010), or need the total investment during six years are Rp 2107528.29 million or Rp 2.108 quintillion. d.Need the investment of services sector period 2005-2010 in succession Rp 337103.91 million (2005), Rp 392065.64 million (2006), Rp 454163.76 million (2007), Rp 524787.43 million (2008), Rp 605584.36 million (2009), and Rp 698519.31 million (2010), or need the total investment during six years are Rp 3012224,40 million or Rp 3,012 quintillion. e.Need the total investment of four basis sectors 2005-2010 in succession Rp 937830.27 million (2005), Rp 1043263.87 million (2006), Rp 1163595.70 million (2007), Rp 1301884.27 million (2008), Rp 1461710.78 million (2009), dan Rp 1647291.00 million (2010), or need the total investment during six years is Rp 7555575.90 million or Rp 7,6 quintillion. f. Need the total investment for Bali economy period 2005-2010 in succession Rp 1645617.28 million (2005), Rp 1908279.94 million (2006), Rp 2222927.85 million (2007), Rp 2605284.29 million (2008), Rp 3076050.63 million (2009), dan Rp 3662854.34 million (2010), or need the total investment during six years is Rp 15121014.33 million or Rp 15,121 quintillion. g.Based on the finding of research, so can recomended to the Government of Bali Province Cq Bali Regional Planning Institution, namely: (1) The investment resources that limited, resources from government as well as private, in order used to develop basis sectors, namely Agricultural sector mainly farm food crops, livestock and products, and fishery; Trrade, hotel and restaurant sector, mainly hotel and restaurant; Transport and communication sector; and Services sector, mainly government and private services. Forth of this basis sector close linkages with the tourism that to be mover motor Bali economy’; (2) The regency government Cq Regency Regional Development Planning Office need to conduct analyze basis sector in regional economy of each. This involved with plan allocation of investment fund to basis sectors in each regency in Bali. Key Words: Basis Sectors, Economy, Location Quotient (LQ), Incremental Capital Output Ratio (ICOR) ABSTRAK Diberlakukannya Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah merupakan momen penting bagi Pemerintah Daerah Bali dalam mengurus rumahtangga daerahnya, terutama dalam melakukan reformasi di berbagai bidang pembangunan. Keputusan yang perlu diambil dalam menyikapi otonomi daerah adalah mengembangkan potensi sektor-sektor basis dan menentukan kebutuhan investasi masing-masing sektor basis dalam usaha memacu pertumbuhan ekonomi wilayah dan pemerataan hasil-hasil pembangunan. Adapun tujuan penelitian, yaitu: (1) Mengidentifikasi sektor-sektor basis dalam perekonomian Provinsi Bali, dan (2). Menganalisis kebutuhan investasi masing-masing sektor basis yang diidentifikasi pada butir 1. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ekonomi makro regional yang berbasis angka-angka. Sedangkan sifat penelitian yaitu verifikatif-kuantitatif, yaitu menggunakan formula-formula ekonomi regional terhadap data makro regional Bali yang bersumber pada dokumen-dokumen atau laporan-laporan yang tersebar di berbagai instansi pemerintah Bali. Analisis data menggunakan tiga metode yaitu: (1) Location Quotient (LQ), (2) Incremental Capital-Output Ratio (ICOR), dan (3) Metoda Trend Linear. Dari hasil analisis dan pembahasan ditemukan hal-hal sebagai berikut: (1) Dari sembilan sektor dalam perekonomian Provinsi Bali, hanya empat sektor teridentifikasi sebagai sektor basis yang ditunjukkan oleh nilai LQ (rata-rata 6 tahun) > 1, yaitu sektor pertanian (LQ = 1,18), sektor perdagangan, hotel dan restoran (LQ = 1,94), sektor pengangkutan dan komunikasi (LQ = 1,69), dan sektor jasa-jasa (LQ = 1,56). Sedangkan lima sektor adalah sektor non basis yang ditunjukkan oleh LQ < 1, yaitu: sektor pertambangan dan penggalian (LQ = 0,08), sektor industri pengolahan (LQ = 0,33), sektor listrik, gas dan air bersih (LQ = 0,91), sektor bangunan (LQ = 0,75), dan sektor keuangan persewaan dan jasa perusahaan (LQ = 0,94). (2) Berdasarkan ICOR, target pertumbuhan dan nilai tambah bruto (PDRB) sektor-sektor basis sebelum tahun ke-t (Yt-1), maka dapat diperkirakan kebutuhan investasi masing-masing sektor basis dalam perekonomian Provinsi Bali sebagai berikut: a. Kebutuhan investasi sektor pertanian periode 2005-2010 berturut-turut Rp 227660,58 juta (2005); Rp 262894,10 juta (2006); Rp 302217,01 juta (2007); Rp 346374, 04 juta (2008); Rp 396235,35 juta (2009) dan Rp 452822.84 juta (2010), atau kebutuhan total investasi selama enam tahun Rp 1988203,93 juta atau 1,988 triliyun. b. Kebutuhan investasi sektor perdagangan, hotel dan restoran periode 2005-2010 berturut-turut Rp 133429,39 juta (2005), Rp 110644,27 juta (2006), Rp 87204,66 juta (2007), Rp 63235,82 juta (2008), Rp 38868,31 (2009) juta, dan Rp 14236,83 juta (2010), atau kebutuhan total investasi selama enam tahun Rp 447619,28 juta atau Rp 447,619 milyar. c. Kebutuhan investasi sektor pengangkutan dan komunikasi periode 2005-2010 berturut-turut Rp 239636,39 juta (2005), Rp 277659,86 juta (2006), Rp 320010,27 juta (2007), Rp 367486,98 juta (2008), Rp 421022,76 juta (2009), dan Rp 481712,02 juta (2010), atau kebutuhan total investasi selama enam tahun Rp 2107528,29 juta atau Rp 2,108 triliyun. d. Kebutuhan investasi sektor jasa-jasa periode 2005-2010 berturut-turut Rp 337103,91 juta (2005), Rp 392065,64 juta (2006), Rp 454163,76 juta (2007), Rp 524787,43 juta (2008), Rp 605584,36 juta (2009), dan Rp 698519,31 juta (2010), atau total kebutuhan investasi selama enam tahun Rp3012224,40 juta atau Rp 3,012 triliyun. e. Kebutuhan investasi total empat sektor-sektor basis periode 2005-2010 berturut-turut Rp 937830,27 juta (2005), Rp 1043263,87 juta (2006), Rp 1163595,70 juta (2007), Rp 1301884,27 juta (2008), Rp 1461710,78 juta (2009), dan Rp 1647291,00 juta (2010), atau total kebutuhan investasi selama enam tahun Rp 7555575,90 juta atau Rp 7,6 triliyun. f. Kebutuhan investasi total untuk perekonomian Bali periode 2005-2010 berturut-turut Rp 1645617,28 juta (2005), Rp 1908279,94 juta (2006), Rp 2222927,85 juta (2007), Rp 2605284,29 juta (2008), Rp 3076050,63 juta (2009), dan Rp 3662854,34 juta (2010), atau total kebutuhan investasi selama enam tahun Rp 15121014,33 juta, atau Rp 15,121 triliyun. Dari hasil temuan penelitian, maka dapat direkomensikan kepada pemerintah Provinsi Bali Cq. Bappeda Bali, yaitu: (1) Sumberdaya investasi yang terbatas, baik bersumber dari pemerintah maupun swasta, agar dialokasikan mengembangkan sektor-sektor basis, yaitu sektor pertanian dalam arti luas, terutama subsektor tanaman pangan, peternakan dan perikanan; Sektor perdagangan, hotel dan restoran, terutama subsektor hotel dan subsektor restoran; Sektor pengangkutan dan komunikasi dan sektor jasa-jasa terutama jasa pemerintahan umum dan jasa swasta. Keempat sektor basis ini terkait erat dengan pariwisata yang menjadi motor penggerak perekonomian Bali; (2) Pemerintah Kabupaten Cq. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten di Bali perlu melakukan analisis sektor-sektor basis dalam perekonomian daerah masing-masing. Ini berkaitan dengan rencana alokasi sumberdaya investasi Pemerintah Provinsi Bali ke sektor-sektor basis di setiap kabupaten di Bali. Kata kunci: Sektor Basis, Perekonomian, Location Quotient (LQ), Incremental Capital Output Ratio (ICOR)
PERANAN SEKTOR UNGGULAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH: PENDEKATAN INPUT-OUTPUT MULTIREGIONAL JAWA TIMUR, BALI, DAN NUSA TENGGARA BARAT I DEWA MADE DARMA SETIAWAN
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.361 KB)

Abstract

ABSTRACT East Java, Bali, and West Nusa Tenggara Provinces were selected as the locations of this study, which geographically close connected so that economically these provinces are strongly inter dependent. Based on regional economic theory, an economic growth of a sector in a province will induce not only economic growth in that province (intraregional growth) but also in the connected provinces (interregional growth). Using Indonesian Multiregional Input-Output, this study is aiming at analyzing the role of leading sectors both on intraregional and interregional economic growth. The results of this study show that six sectors were selected as leading sectors, namely, (1) foods, beverages and tobacco sectors, and (2) trade sector in East Java, (3) hotel and restaurant, and (4) cattle and their derivative products in Bali, (5) foods, beverages and tobacco sectors, and (6) hotel and restaurant in West Nusa Tenggara. The growth of these sectors will induce both output, gross value added, and employment growth in each province (intraregional impactl) and connected provinces (interregional limpact). At national level, the growths of leading sectors in East Java and Bali have higher impacts compared to those of West Nusa Tenggara. Keywords: Multiregional Input-Output, Intraregional Growth, Interregional Growth. ABSTRAK Pertumbuhan suatu sektor perekonomian yang terjadi di suatu wilayah akan berdampak tdak hanya pada pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut, tetapi juga di wilayah lainnya yang memiliki keterkaitan ekonomi dengan wilayah tersebut. Propinsi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dipilih sebagai lokasi penelitian, selain karena lokasi geografisnya sangat berdekatan juga karena memiliki keterkaitan ekonomi yang sangat kuat. Untuk menganalisis keterkaitan ekonomi antar propinsi diatas dan menganalisis dampak pertumbuhan sektor-sektor unggulan di suatu propinsi terhadap pertumbuhan ekonomi di propinsi tersebut (intraregional) dan pertumbuhan ekonomi di propinsi lainnya (interregional) digunakan alat analisis Input-Output Multiregional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam sektor unggulan, yaitu: (1) sektor industri makanan, minuman, dan tembakau; (2) sektor perdagangan ( di propinsi Jawa Timur); (3) sektor hotel dan restoran; (4) sektor peternakan dan hasil-hasilnya ( di propinsi Bali); (5) sektor industri makanan, minuman dan tembakau; dan sektor hotel dan restoran (di propinsi Nusa Tenggara Barat). Pertumbuhan sektor-sektor unggulan ini akan berdampak pada output, nilai tambah bruto, dan penyerapan tenaga kerja intraregional dan interregional. Ditingkat nasional, pertumbuhan sektor unggulan di propinsi Jawa Timur dan Bali berdampak lebih besar bila dibandingkan dengan dampak pertumbuhan sektor unggulan di propinsi Nusa Tenggara Barat. Kata kunci: Input-output Multiregional, Pertumbuhan Intraregional, Pertumbuhan Interregional
ELASTICITIES OF OUTPUT SUPPLY AND INPUT DEMAND OF INDONESIAN FOODCROPS AND THEIR POLICY IMPLICATIONS: MULTI-INPUT MULTI-OUTPUT FRAMEWORK*) HERMANTO SIREGAR
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.314 KB)

Abstract

ABSTRAK Ekonomi pertanian terbiasa melakukan analisisnya menggunakan pendekatan komoditas tunggal (output-tunggal, input-ganda). Masalahnya ialah pendekatan ini cenderung tidak sesuai dengan realitas di mana kebanyakan sistem produksi pertanian berkarakteristik output-ganda. Termotivasi oleh masalah ini, makalah ini ditulis dengan tujuan menjelaskan pendekatan input-ganda output-ganda (MI-MO) serta mengaplikasikannya pada subsektor tanaman pangan Indonesia. Berdasarkan pendekatan MI-MO selanjutnya dibangun sebuah model ekonometrika yang diestimasi dengan metode seemingly unrelated regression (SUR) terestriksi. Dugaan elastisitas harga silang yang diperoleh dari hasil estimasi model menunjukkan signifikannya efek silang harga input dan harga output terhadap permintaan input dan penawaran output. Hal ini menjustifikasi penggunaan pendekatan MI-MO pada subsektor tanaman pangan. Implikasi penting yang diperoleh dari studi ini ialah kebijakan harga, baik input maupun output, diperkirakan tidak efektif untuk diterapkan. Namun apabila secara politik kebijakan tersebut diperlukan, maka hendaklah diterapkan pada input karena besaran absolut elastisitas silang tersebut lebih besar pada permintaan input dibandingkan pada penawaran output. Kata kunci: Multi-Input Multi-Output, Tanaman Pangan, Seemingly Unrelated Regression, Elastisitas. ABSTRACT It is a commonly practiced that agricultural economists frame their analyses within the single commodity (multi-input single-output) framework. The problem with this framework is that this seems to be inappropriate because most agricultural production systems are characterized by multi-product farms. Motivated by this problem, this paper is aimed at providing a brief explanation on the multi-input multi-output (MI-MO) framework and applying the framework on the Indonesian food crops subsector. Based on this framework, an econometric model is specified and then estimated using the restricted seemingly unrelated regression method. Estimated cross-price elasticities obtained from the model suggest the significance of cross-effects of input or output prices on input demand or output supply, justifying the MI-MO nature of the crops. The most notable policy implication from this study is that a price policy on either outputs or inputs may not be effective. If, however, such a policy were politically desirable, it should be applied on inputs rather than on outputs because the magnitudes of the elasticities are in absolute term higher in input demands than in output supplies. Keywords: Multi-Input Multi-Output, Food Crops, Seemingly Unrelated Regression, Elasticities.
SOCIO-ECONOMIC INDICATORS AFFECTING FOOD SECURITY AT RICE FARMER?S HOUSEHOLD IN TARLAC, THE PHILIPPINES OKTAFIANUS SILA; MARTHEN ROBINSON PELLOKILA
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.643 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi ketahanan pangan. Studi ini dilakukan pda rumah tangga petani padi sawah di Tarlac, Luzon Tengah, Filipina. 318 rumah tangga petani padi sawah dipilih sebagai responden dengan menggunakan metoda purposive random sampling. Ketahanan pangan pada rumah tangga petani didefinisikan dengan menggunakan Food Security Score (FFS). Data yanag dikumpulkan dianalaisis dengan menggunakan poison regression. Untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor sosial ekonomi terhadap ketahanan pangan rumah tangga petani, setiap faktor dianalisis dampak marginalnya secara terpisah. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa produksi pangan dalam artian produksi beras, score keanekaragaman pangan (dietary diversity score) mempunyai dampak negatip pada FFS. Sementara pengeluaran rumah tangga untuk pangan, jumlah anggota keluarga mempunyai dampak positip. Di lain pihak luas area persawahan tidak mempunyai pengaruh pada FFS. Kata kunci: Ketahanan Pangan, Jumlah Anggota Rumah Tangga, Luas Lahan Sawah, ABSTRACT This study aims to know socio-economic factors, which affects food security. The study had been conducted among rice farmer’s household in Tarlac, Central Luzon, Philippines. There were 118 farmers household had been chosen as respondents using purposive random sampling. Food security among these farmer’s households was defined using Food Security Score (FFS). Data was analyzed using poison regression. To know the effect of each socio-economic factor on food security in terms of food security score the marginal effect on each socio-economic factor was derived partially. Based on the result of the analysis shows that food production in terms of rice production and dietary diversity score has significant and negative impact on food security score. Meanwhile, food expenditure and family size has significant and positive impact on food security score. On the other hand, rice area does not have impact on food security score. Keywords: Food Seurity, Fmily Sze, Rce Aea,
PENGARUH KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK TERHADAP KINERJA USAHATANI PADI DI SULAWESI TENGGARA AMIRUDDIN SYAM; DEWI SAHARA; DAHYA -
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.149 KB)

Abstract

ABSTRACT Rice is an agricultural commodity that has strategic value economic, environmental live, social and political aspect. Several governments, policies imply on production process immediately or not especially food crop. The research was done to know the impact of increasing price of fuel oil gas on farming system performance in Southeast Sulawesi Province. The data were collected in Konawe and Kolaka as centre of rice production in Southeast Sulawesi. The result showed that there was in impact on agriculture tools especially tractor rent service, water pump, power thresher and RMU. As the effect on increasing price of fuel oil gas, tractor rent price increased to Rp 600.000 (50 %). Operational cost was fully been responsible for farmer, so the profit was better. The use of water pumps still low. Payment system for service of water pump is sharing holder system, 15 % for pump service and 85 % for farmer. There was no change on sharing composition; the profit obtained by farmer was more increase in relevant with increasing of price of agriculture commodity. The thresher service has change from 6.7 % to 9, 1 % and also service of RMU, 1 kg of 11 kg of rice was given to service hulling. Therefore, the effect of increasing fuel oil gas was burdened to farmer directly or indirectly, so the farmer position was still weak. Keyword: Government Policy, Oil Fuel Gas Price, Farming System Performance, Rice ABSTRAK Padi merupakan komoditas pertanian yang memiliki arti strategis baik dari segi ekonomi, lingkungan hidup, sosial maupun politik. Beberapa kebijakan yang dibuat pemerintah secara langsung maupun tidak langsung berimplikasi terhadap proses produksi terutama tanaman pangan, dari kebijakan pencabutan subsidi pupuk hingga kebijakan pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk melihat dampak kenaikan harga BBM terhadap kinerja usahatani padi di Sulawesi Tenggara. Pengambilan data dilakukan di Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka sebagai sentra produksi padi di Sulawesi Tenggara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak kenaikan harga BBM terhadap alsintan terutama jasa sewa traktor, pompa air, power thresher dan penggilingan padi (RMU). Sebagai akibat kenaikan harga BBM usaha jasa traktor mengalami kenaikan sewa sebesar 50 % dari Rp 400.000/ha menjadi Rp 600.000/ha. Fakta di lapangan menunjukkan penambahan biaya operasional sepenuhnya ditanggung oleh petani sehingga keuntungan usaha jasa traktor semakin membaik. Penggunaan pompa air relatif sangat sedikit. Sistem pembayaran untuk jasa pompa air adalah dengan sistem bagi hasil dari hasil kotor, yaitu 15 % untuk jasa pompa dan 85 % untuk petani. Dengan tidak adanya perubahan dalam komposisi pembagian maka keuntungan yang diperoleh pemilik pompa semakin meningkat dengan meningkatnya harga komoditas pertanian. Penggunaan thresher untuk merontok padi juga mengalami perubahan ongkos sewa, yaitu dari 6,7 % (dari 15 karung, 14 karung untuk pemilik dan 1 karung untuk jasa thresher) menjadi 9,1 % (dari 12 karung, 11 karung untuk pemilik dan 1 karung untuk jasa thresher). Demikian pula dengan ongkos jasa RMU. Ongkos pembayaran giling dalam bentuk natura, yaitu dari 11 kg beras yang dihasilkan dipotong 1 kg untuk jasa penggilingan (90,0 % untuk pemilik beras dan 9,1 % untuk jasa RMU) menjadi 90 % untuk pemilik beras dan 10 % jasa RMU. Mencermati secara mendalam hal tersebut menunjukkan bahwa kenaikan harga BBM sepenuhnya dibebankan kepada petani baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga posisi petani baik sebagai pengguna input maupun sebagai produsen padi cukup lemah. Kata kunci: Kebijakan Pemerintah, Harga BBM, Kinerja Usahatani, Padi
DAMPAK INVESTASI SUMBERDAYA MANUSIA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI INDONESIA: PENDEKATAN MODEL COMPUTABLE GENERAL EQUILIBRIUM (THE IMPACT OF HUMAN CAPITAL INVESTMENT ON ECONOMIC GROWTH AND POVERTY IN INDONESIA: COMPUTABLE GENERAL EQULIBRIU RASIDIN K. SITEPU; BONAR M. SINAGA
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Computable General Equilibrium model, Foster-Greer-Thorbecke, Human Capital Investment, Economic Growth, Pove (Model Komputasi Keseimbangan Umum, Foster-Greer-Thorbecke, Investasi Sumberdaya Manusia, Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan)
DAMPAK KEBIJAKAN EKONOMI DI SEKTOR AGROINDUSTRI TERHADAP DISTRIBUSI PENDAPATAN SEKTORAL, TENAGA KERJA DAN RUMAHTANGGA DI INDONESIA: ANALISIS SISTEM NERACA SOSIAL EKONOMI BONAR M. SINAGA; SRI HERY SUSILOWATI
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.846 KB)

Abstract

ABSTRACT The research objective is to analyze the impact of government expenditure, export, investment and tax policy in agroindustry sector on sectoral, labor and household income distribution. The analysisi using Social Accounting Matrix (SAM) model. Result of policy simulation in agroindustry sector is used for further analysis of income distribution using SAM and SUSENAS data. The result show that export, investment and tax insentive policy in agroindustry sector has positive impact to improve sectoral, labor and household income distribution. Export and investment policy in food agroindustry give a greater impact on income distribution compare to non food agroindustry. The most effective policy to improve income distribution is to increase investment in priority industries of agroindustry. Keyword: Agroindustry, Social Accounting Matrix, Policy Impat, Income Diistribution ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk menganalisis dampak berbagai kebijakan ekonomi di sektor agroindustri terhadap distribusi pendapatan sektoral, tenaga kerja dan rumahtangga. Kebijakan ekonomi yang dimaksud adalah kebijakan peningkatan pengeluaran pemerintah, ekspor, investasi dan insentif pajak. Analisis menggunakan model Sistem Neraca Sosial Ekonomi (SNSE). Simulasi kebijakan di sektor agroindustri dilanjutkan untuk menganalisis distribusi pendapatan menggunakan data SNSE dan SUSENAS. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebijakan ekspor, investasi dan insentif pajak di sektor agroindustri berdampak menurunkan kesenjangan pendapatan sektoral, tenaga kerja dan rumahtangga. Kebijakan ekspor dan investasi di sektor agroindustri makanan berdampak menurunkan kesenjangan pendapatan lebih besar dibandingkan kebijakan di sektor agroindustri non makanan. Kebijakan ekonomi yang paling efektif menurunkan kesenjangan pendapatan adalah meningkatkan investasi di sektor agroindustri prioritas. Kata kunci Agroindustri, Sistem Neraca Sosial Ekonomi, Dampak Kebijakan, Distribusi Pendapatan
TINGKAT PENDAPATAN PETANI TERHADAP KOMODITAS UNGGULAN PERKEBUNAN SULAWESI TENGGARA DEWI SAHARA; ZAINAL ABIDIN; DAHYA -
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.447 KB)

Abstract

ABSTRACT The study had been done to cocoa farmers in Kolaka regency and cashew nut farmer in Muna regency on April to July 2004 used survey method. This study was aimed to observe farming system description, income rates and contribution of farming system income on structure of household income so that could be known the welfare of farmer. The result showed that income rates of cocoa farmers were greater than cashew nut farmers. The amount burden of cocoa farmers were 4,32 people, while that income was Rp 7.059.943,70 per years, contribution of farming system income was 76,38 % of the total of farmer income with B/C ratio 2,80. the income rates of cashew nut farmers were Rp 4.437.475,54 per years with 4,62 people, contribution of farming system income was 16,34 % of the total of farmer income with B/C ratio 1,17. Both had B/C ratio > 1, so that farming system were still beneficial and reasonable to be developed. The welfare of cocoa farmers was above poverty line while income per capita per years was equivalent to 710,51 kg rice, where as welfare of cashew nut farmers was almost be in poor criteria, income per capita was equivalent to 384,30 kg rice. Therefore one of the ways to increase cashew nut farmers income was to repair farming system by giving production input and making the land use effective. Keywords: IncomeRates, Welfare, Superiorcommodity ABSTRAK Pengkajian tingkat pendapatan petani terhadap komoditas unggulan perkebunan telah dilakukan pada petani kakao di Kabupaten Kolaka dan petani jambu mete di Kabupaten Muna pada bulan April – Juli 2004 dengan menggunakan metode survei. Penelitian bertujuan untuk melihat gambaran usahatani, tingkat pendapatan dan kontribusi pendapatan usahatani terhadap struktur pendapatan rumah tangga sehingga diketahui taraf hidup petani di Sulawei Tenggara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan petani kakao lebih besar daripada petani jambu mete. Jumlah tanggungan keluarga petani kakao 4,32 jiwa dengan pendapatan sebesar Rp 7.059.943,70 per tahun, kontribusi pendapatan usahatani sebesar 76,38 % dari total pendapatan petani dengan nilai B/C ratio 2,80. tingkat pendapatan petani jambu mete sebesar Rp 4.437.475,54 per tahun dengan tanggungan keluarga sebanyak 4,62 orang, kontribusi pendapatan usahatani 16,34 % dari total pendapatan dengan nilai B/C ratio 1,17. Dari nilai B/C ratio yang lebih besar dari satu (B/C > 1) maka kedua usahatani tersebut masih menguntungkan dan layak untuk dikembangkan. Taraf hidup petani kakao sudah diatas garis kemiskinan dengan pendapatan per kapita per tahun setara dengan 710,51 kg beras, sedangkan taraf hidup petani jambu mete masih dalam kriteria hampir miskin dengan dengan pendapatan per kapita per tahun setara dengan 384,30 kg beras. Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup petani jambu mete dalah dengan memperbaiki pola usahatani dengan memberikan input produksi dan mengefektifkan lahan diantara tanaman jambu mete dengan tanaman semusim. Kata kunci: Tingkat Pendapatan, Taraf Hidup, Komoditas Unggulan
KETERKAITAN SEKTOR EKONOMI DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI JAWA: PENDEKATAN SOCIAL ACCOUNTING MATRIX BONAR M. SINAGA; MOCH RUM ALIM
SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol. 7, No. 2 Juli 2007
Publisher : Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana Jalan PB.Sudirman Denpasar, Bali, Indonesia. Telp: (0361) 223544 Email: soca@unud.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.624 KB)

Abstract

ABSTRACT The objective of this study is to analyze economic sectors linkages, output multipliers, value added multipliers, and household income distribution in Java. The results of this study find that: (1) food, beverages, and tobacco industry sectors, and trade, hotel and restaurant sectors, tend to market oriented, so that less linkages with other sectors in backward to growth, (2) forestry and hunting sectors have small linkages vertically with wood and wood products industry, (3) economic injection of any sectors is in favor of household groups in the urban than household groups in the rural, (4) in general, distribution of the increase household income in Java is tend to divergent. If Indonesian government can reordering position of food, beverages and tobacco industry, and trade, hotel and restaurant sectors, it will increase output of other sectors, and then will reduce unemployment and poverty. Keywords: Sectoral Linkages, Multiplier, Unemployment, Poverty, Income Distribution ABSTRAK Studi ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antar sektor ekonomi, multiplier output, multiplier nilai tambah dan distribusi pendapatan rumahtangga di Jawa. Hasil studi menunjukkan bahwa : (1) sektor industri makanan, minuman dan tembakau, serta sektor perdagangan, restoran dan hotel relatif lebih berorientasi pasar, sehingga kurang mampu menarik sektor-sektor yang di belakangnya untuk tumbuh, (2) sektor kehutanan dan perburuan dengan sektor industri kayu dan barang-barang dari kayu, kurang terkait secara vertikal, (3) injeksi ekonomi pada sektor manapun selalu lebih menguntungkan golongan rumahtangga di kota daripada golongan rumahtangga di desa, dan (4) umumnya distribusi kenaikan pendapatan rumahtangga di Jawa berada pada posisi divergen. Jika pemerintah dapat menata ulang posisi sektor industri makanan, minuman dan tembakau serta sektor perdagangan, restoran dan hotel, maka output sektor-sektor lainnya akan meningkat, yang pada gilirannya akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Kata kunci: Keterkaitan Sektoral, Multiplier, Pengangguran, Kemiskinan, Distribusi Pendapatan

Page 1 of 2 | Total Record : 14