cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Komodifikasi
ISSN : 23552492     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Komodifikasi diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin makassar.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2015)" : 6 Documents clear
Sosial Kontrol dan Media Baru ( Studi Penggunaan Jejaring Sosial Facebook oleh Mahasiswa Makassar dalam Melakukan Kontrol Terhadap Kebijakan Publik ) A S W A N A S W A N
Jurnal Komodifikasi Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Facebook sebagai Media Baru telah menjadi sebuah ruang yang didalamnya terjadi relasi-relasi antara bahasa, pengetahuan dan power yang beroperasi secara halus. Individu dan kelompok didalamnya berkembang dengan pesat dan melakukan interaksi persis seperti kegiatan sosial yang lazim kita alami sehari-hari.Studi ini bertujuan untuk melihat bagaimana produksi teks di dalam media jejaring sosial oleh Mahasiswa Makassar dalam melakukan pengawasan sosial terhadap kebijakan publik. (1) Bagaimana ekspresi tekstual, ekspresi visual, dalam situs jejaring sosial Facebook diproduksi dan mampu menggalang partisipasi publik dalam melakukan kontrol sosial? (2) Apa yang menciptakan kemampuan ekspresi tekstual, ekspresi visual,  menjadi sebuah kekuatan yang mampu mensubversi tatanan sosial? Dengan tipe penelitian deskriptif, peneliti berusaha untuk mendeskripsikan berbagai produksi ekspresi di dalam Facebook yang berkaitan dengan kebijakan publik.Ditemukan dalam penelitian ini berbagai ekspresi tektual dan ekspresi visual para Facebookers, mereka tidak hanya melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintahan yang timpang, tetapi juga menyimpangkan berbagai makna secara berlebihan.Tampilnya kinerja buruk pemerintah dengan berbagai pewajahan, bentuk, dan karakter menjadi warna-warni citra yang disuguhkan facebookers.Facebooker melukiskan kesalahan pemerintah dalam ragam tanda yang melingkupinya.Begitu banyak informasi mengenai issu publik yang kita lihat, tetapi begitu banyak pula makna yang dihilangkannya.
POLA KOMUNIKASI IKATAN JAMA’AH AHLUL BAIT INDONESIA (IJABI) DI KOTA MAKASSAR Muliadi Muliadi
Jurnal Komodifikasi Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berbicara motivasi lahirnya sekte ajaran. Fenomena lahirnya berbagai sekte atau aliran keagamaan di Indonesia akhir-akhir ini, jika ditinjau dari sudut pandang sosial maka akan melahirkan berbagai persepsi sosial. Secara khusus, penelitian ini juga ingin melihat pola komunikasi organisasi IJABI dalam mengembangkan jaringan lembaga dakwahnya di Makassar. Strategi dakwah IJABI dalam upaya pengembangan jama’ah di Makassar , dan faktor pendukung dan tantangan yang dihadapi IJABI dalam mengembangkan ajaran syi’ah di Makassar
REPRESENTASI CITRA WANITA BERJILBAB DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI RISTY TAGOR (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) Audah Mannan; Andi Ferawati
Jurnal Komodifikasi Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Citra Wanita Berjilbab dalam Iklan Shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Risty Tagor (Analisis Semiotika Roland Barthes). Tanda-tanda yang terdapat pada tampilan iklan shampo sunsilk clean and fresh dikaji melalui pendekatan semiotika model Roland Barthes. Proses pemaknaan terhadap tanda-tanda yang terdapat pada tampilan iklan ini dilakukan dengan cara menguraikan struktur-strukturnya, yaitu: 1) Pesan linguistik (semua kata dan kalimat dalam iklan shampo sunsilk clean fresh), 2) Pesan ikonik yang terkodekan (konotasi yang muncul dalam foto iklan yang hanya dapat berfungsi jika dikaitkan dengan sistem tanda yang lebih luas dalam masyarakat); menganalisis semua konotasi visual yang ada dalam iklan shampo sunsilk clean and fresh, dan 3) Pesan ikonik tak terkodekan (denotasi dalam foto iklan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa format tanda dalam Iklan Shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Risty Tagor yang merepresentasikan citra wanita berjilbab ditandai dengan tingkah laku dan tutur kata yang dapat memancarkan kecantikan dari hati seperti yang diperankan Risty Tagor. Sebagai seorang wanita muslimah, jilbab bukan hanya sekedar hiasan kepala semata tetapi juga mencerminkan seorang wanita muslimah yang baik perangainya. Wanita berjilbab hendaknya bersikap lemah lembut dan menjaga kemuliaan jilbab dengan perbuatan yang baik. Sedangkan makna pesan yang terkandung dalam iklan shampo sunsilk clean and fresh adalah menjadikan rambut bersih dan segar hingga di kulit kepala. Kulit kepala yang bersih dan segar akan membuat hati menjadi sejuk. Meskipun berada pada keadaan panas apapun, kepala tetap terasa segar.
SEMIOTIKA VISUAL ( Sebuah kajian tentang ilmu tanda dalam kebudayaan kontemporer) Hasbullah Mathar
Jurnal Komodifikasi Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semiotika, “ ilmu tentang tanda-tanda “ dan tentang kode kode yang dipakai untuk memahaminya, adalah satu “ sains yang imperialistik “, sains yang dapat diterapkan untuk berbagai bidang kehidupan yang berbeda. Beberapa semiotisi bahkan mengatakan bahwa semiotika adalah satu disiplin utama yang dapat dipakai untuk menerangkan setiap aspek komunikasi. Jadi dalam pembahasan ilmu semiotika kita akan banyak terlibat dalam diskusi atas topik topik yang sedemikian rupa diantaranya: komik komik, fiksi detektif, humor, aliran aliran formalis, periklanan olahraga, fotografi, fashion, program program televisi, kartun kartun, artifak, videogames, legenda film, dan simbol simbol perusahaan. Konsep konsep yang di temukan dalam semiotik dapat di pergunakan untuk menerapkan topik topik ini dan lain lain sebagaimana yang akan kita dapatkan disini.                 Tentu saja, kita semua adalah semiotisi semiotisi, bahkan walau kita tidak mengenali atau memahami tekhnikalitas tehnikalitas bidang ini. ( Kita semua seperti lakon dalam sandiwara Moliere yang tidak pernah menyadari bahwa ia selalu berkata kata dalam prosa ). Kita semua mengetahi simbol simbol status; kita semua membicarakan tentang  “ kesan-kesan”; dan kita semua membaca artikel artikel dalam surat kabar serta majalah mengenai  “ bahasa tubuh “ dan berpakaian untuk memperoleh kekuasaan. Kita semua mempraktekkan semiotika pada dataran yang sangat dangkal dan sangat tidak sistematis, sebagaimana yang mungkin di duga orang dari semiotisi yang tidak sadar dan belum terbimbing.                Tanda tanda dalam budaya kontemporer adalah suatu penjelasan personal, bahkan mungkin ideosinkretis tentang semiotika dan teori semiologis, serta penerapan teori ini untuk media massa, budaya pouler, seni, dan budaya pada umumnya. Charles Sanders Peirce ( salah saeorang pendiri semiotika), pernah berkata “... jagad ini bertaburan dengan tanda tanda, jika tidak tersusun dari tanda tanda secara eksklusif. “
PROSES KOLABORASI ANTAR PEMERINTAH, SWASTA, DAN MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH Ramsiah Tasruddin
Jurnal Komodifikasi Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Paradigma New Public Service (NPS) sebagai kajian ilmu administrasi publik modern saat ini, menempatkan isu kinerja pelayanan organisasi publik sebagai isu utama yang menarik untuk dijadikan diskursus. Pergeseran paradigma dari New Public Management (NPM) yang orientasinya kepada kepuasan pelanggan kepada  paradigma New Public Service (NPS) yang lebih menekankan pada aspek kualitas pelayanan publik dengan mengutamakan hasil akhir (outcome) yang berguna bagi masyarakat, kualitas dan nilai,  produk dan keterikatan terhadap norma.Relevansi teoritiknya adalah bahwa administrator publik modern harus mampu berperan aktif membangun paham kolektif tentang kepentingan publik. Tujuannya bukan untuk menemukan solusi yang cepat atas dasar pilihan seseorang, akan tetapi untuk membangun kreasi lahirnya kepentingan dan tanggung jawab bersama.
HUMAN RELATIONS SEBAGAI KEGIATAN KOMUNIKASI PERSUASIF Mudzhira Nur Amrullah
Jurnal Komodifikasi Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Human relation is a persuasive communication held by one to other in face to face and work situation and in a work organization. It aims at stimulating a strong desire to  work enthusiastically based on a productive cooperation. Human relation can also mean a persuasive communication one to another in all situation and all aspect of life that create satisfaction between two sides. In a persuasive communication message delivery done by persuading, ensuring, and enticing etc. until awareness to change emerged voluntarily within communicant without any force.In working situation, leaders conduct an insane and persuasive communication, or in other words as a communicator, leaders send their message ethically and emphatically. In so doing, employments as communicant feel happy to undertake what the leaders wished. Technically, red heering, pay off idea, cognitive dissonance and icing are some technics that can be appied in persuasive communication activities.

Page 1 of 1 | Total Record : 6