cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Mei" : 10 Documents clear
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TK ABA MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA Nabillah Zulus Aprillina; Anizar Ahmad; Rahmi .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa sebagai salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia dini karena bahasa merupakan media komunikasi agar anak dapat menjadi bagian dari kelompok sosialnya. Idealnya anak yang berusia lima sampai enam tahun memiliki kemampuan mengungkapkan bahasa dalam menceritakan atau mengungkapkan kembali informasi yang didapat. Pada kenyataannya, anak yang berusia lima sampai enam tahun di TK ABA Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya, mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan bahasanya. Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan. Penulisan ini menggunakan rancangan penulisan tindakan kelas. Subjek penulisan tindakan ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 11 orang. Data dikumpulkan melalui observasi. Hasil penulisan menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak mengalami perkembangan setiap siklus. Siklus I pertemuan pertama terdapat 7 anak belum berkembang, 3 anak mulai berkembang dan 1 anak berkembang sesuai harapan. Siklus I pertemuan kedua 5 anak yang belum berkembang, 4 anak mulai berkembang dan 2 anak berkembang sesuai harapan. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama tidak terdapat anak yang belum berkembang, 2 anak mulai berkembang, 5 anak berkembang sesuai harapan dan 4 anak berkembang sangat baik. Siklus II pertemuan kedua 2 anak mulai berkembang, 3 anak berkembang sesuai harapan dan 6 anak berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penulisan ini adalah melalui metode bercerita dengan boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Sebaiknya guru dapat menggunakan metode bercerita dengan media dan cerita lainnya.Kata Kunci: Kemampuan Bahasa, Metode Bercerita dengan Boneka Tangan.
MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI PAUD BUNGONG TANJUNG KABUPATEN ACEH BESAR Madrisah . .; Anizar . Ahmad; Siti Naila Fauzia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rasa percaya diri adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk mengekspresikan perasaan, mampu berinteraksi dengan orang lain dan berani menghadapi kehidupan di lingkungan. Masalah yang dijumpai di PAUD Bungong Tanjong, Kabupaten Aceh Besar ada 5 orang anak yang tidak percaya diri yaitu kurang berkomunikasi, takut dan malu maju ke depan kelas. Seharusnya pada usia 4-5 tahun anak sudah bisa menunjukkan rasa percaya diri, mandiri, dan yakin atas kemampuan diri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan rasa percaya diri anak usia dini melalui metode bermain peran makro di PAUD Bungong Tanjong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I pertemuan  pertama anak yang mulai berkembang 5 orang, pertemuan kedua anak mulai berkembang 2 orang anak dan anak berkembang sesuai harapan 3 orang anak. Siklus II pertemuan pertama anak yang berkembang sesuai harapan berjumlah 3 orang anak dan anak yang berkembang sangat baik berjumlah 2 orang anak. Pertemuan kedua anak berkembang sangat baik berjumlah 5 orang anak. Disimpulannya bahwa melalui bermain peran makro dapat mengembangkan rasa percaya diri anak. Sebaiknya guru dapat menerapkan permainan yang bisa mengembangkan rasa percaya diri anak salah satunya dengan bermain peran makro. Kata Kunci: rasa percaya diri, anak usia dini, metode bermain peran makro.
POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA YANG MENIKAH DINI DI DESA MATANG NEUHEUN KABUPATEN ACEH TIMUR Rita Zahara; Anizar Ahmad; Dina Amalia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pola asuh adalah sistem atau cara yang diterapkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari terhadap anak, termasuk pola interaksi antara anak dan orang tua selama dalam pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan anak dalam keluarga yang menikah dini di Desa Matang Neuheun, Kabupaten Aceh Timur. Metode penelitian dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah empat pasangan yang menikah pada usia dini dengan kriteria menikah pada usia di bawah 25 tahun, maksimum usia pernikahan 5 tahun dan memiliki 1 atau 2 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan anak dalam keluarga yang menikah dini di Desa Matang Neuheun, Kabupaten Aceh Timur terdapat perbedaan diantara keempat responden. Pada pola pengasuhan secara otoriter terdapat pada R1 dan R4, dikarenakan responden ini sering menghukum anak dengan hukuman fisik, seperti memukul, mencubit mengurung anak di kamar. Pola pengasuhan secara demokratis selama ini diterapkan oleh R3, dikarenakan responden ini menuruti segala permintaan anaknya dan pola pengasuhan secara permisif diterapkan oleh R2 yaitu memberikan kebebasan pada anak-anaknya, menuruti segala keinginan anaknya dan memberikan pujian apabila anak mendapatkan prestasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pola pengasuhan yang diterapkan oleh orangtua yang menikah dini di Desa Matang Neuheun, Kabupaten Aceh Timur bervariasi yaitu otoriter, demokratis, dan permisif.Kata kunci: Pengasuhan Anak, Keluarga yang Menikah Dini
POLA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR Lisa Kisma Hayati; Anizar Ahmad; Dina Amalia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan SOS Children’s Village adalah anak yang tidak memiliki orangtua salah satu atau keduanya dan anak yang hilang pengasuhan. Anak yang diasuh di Panti Asuhan SOS Children’s Village memiliki latar belakang yang berbeda-beda, diantaranya anak yang ditelantarkan, berasal dari keluarga yang bercerai, hilang pengasuhan, keluarga miskin dan masih banyak kasus lagi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pengasuhan anak di Panti Asuhan SOS Children’s Village. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang ibu asuh yang mengasuh anak usia 3-6 tahun. Objek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak usia 3-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan Observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan di Panti Asuhan SOS Children’s Village cenderung mengarah kepada pola asuh demokratis dan permisif. Disarankan sebaiknya pengasuhan di Panti Asuhan SOS Children’s Village dapat melibatkan sosok ayah walaupun tidak menetap.Kata Kunci: Pola Asuh, Panti Asuhan
PENGEMBANGAN BAG BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Kholida Munasti; Fakhriah .; Saptiani .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terkikisnya nilai karakter peduli lingkungan pada generasi saat ini merupakan hal yang  memprihatinkan. Kerusakan lingkungan sangat nyata terlihat, bahkan diskriminasi terhadap hewan juga sering dilakukan. Hal ini terjadi karena kurangnya sikap peduli dan mencintai lingkungan yang dikenalkan sejak dini. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menanamkan nilai karakter pada anak salah satunya dengan memfasilitasi media pembelajaran terkait perkembangan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bag Book sebagai media pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) oleh Thiagarajan dengan 4 tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pegembangan dan penyebaran. Penelitian ini menggunakan penelitian level 1 yaitu melakukan penelitian tetapi tidak dilanjutkan dengan membuat produk dan tidak melakukan pengujian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi literatur, serta validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor 100% dengan kategori sangat layak yang ditentukan oleh pengisian lembar instrumen yang menilai aspek edukatif, teknis, dan estetika, sedangkan oleh ahli materi memperoleh skor 96% dengan kategori sangat layak yang ditentukan oleh pengisian lembar instrumen yang menilai kesesuaian isi materi dengan media yang dibuat. Berdasarkan hasil validasi, maka dapat disimpulkan bahwa Bag Book yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran dalam mengenalkan nilai karakter peduli lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap validasi media, untuk tahap uji coba produk dan penyebaran akan dilakukan pada jenjang pendidikan berikutnya.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bag Book, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan
MENGEMBANGKAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI MEDIA BOLA HURUF DI TK TEUKU NYAK ARIEF KABUPATEN ACEH BESAR Afrina Andriana FA; Bahrun .; Saptiani .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aksara adalah sistem yang mencakup aturan menulis, urutan abjad (misalnya dalam abjad latin dimulai dari a hingga z) dan cara melafalkan abjad. Terdapat 7 anak di TK Teuku Nyak Arief masih belum mampu menyebutkan simbol-simbol huruf yang seharusnya sudah bisa disebutkan anak sesuai dengan usianya dikarenakan media yang digunakan kurang membantu mengembangkan keaksaraan anak di sekolah tersebut sehingga proses pembelajaran menjadi kurang menarik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen one shot case study yaitu hanya menggunakan satu sampel tanpa sampel pembanding dengan memberikan perlakuan terhadap sampel tersebut di lapangan. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 7 orang anak, yang terdiri 4 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi yang dilakukan melalui model pembelajaran kelompok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan dalam mengembangkan keaksaraan anak melalui media bola huruf, pada pertemuan I diperoleh kriteria kurang baik dengan persentase rata-rata 34,41%, pada pertemuan II diperoleh kriteria baik dengan persentase rata-rata 57,08%, pada pertemuan III diperoleh kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata 85,66%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bola huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak dan dapat mengembangkan inovasi strategi pembelajaran terutama dalam hal mengembangkan keaksaraan anak. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru diharapkan melakukan review agar mengetahui kesalahan yang terjadi dan mengatasi kegagalan dalam proses pembelajaran dan juga guru diharapkan lebih aktif dan sering mengikuti pelatihan yang dibuat oleh pemerintah, agar guru dapat mengevaluasi serta bertukar pikiran tentang masalah yang ada di sekolahnya masing-masing.Kata Kunci: Keaksaraan, Bola Huruf
PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BATOH BANDA ACEH Melda Sari; Anizar Ahmad; Rahmi .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter mandiri merupakan perilaku yang sangat penting dikembangkan di usia dini dengan memiliki sikap yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan karakter mandiri anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 4 orang anak yang berusia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memiliki sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas yaitu anak sudah mandiri meletakkan sepatu di rak,  anak sudah mandiri membuang sampah pada tempatnya dan anak sudah mandiri membereskan alat main yang digunakan setelah bermain. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karakter mandiri anak usia 4-5 tahun di kelas A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh sudah optimal yang ditunjukkan dari aktivitas kegiatan anak dalam meletakkan sepatu di rak, membuang sampah dan membereskan alat main yang digunakan setelah bermain. Penulis menyarankan agar guru lebih kreatif dalam pengembangan karakter mandiri pada anak.Kata Kunci: karakter, kemandirian, anak usia dini
KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KOLASE BAHAN ALAM DI TK AL WASHLIYAH ALUE NAGA BANDA ACEH Varmawati .; Fakhriah .; Rosmiati .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kreativitas yang dimaksud dalam penulisan ini adalah sebuah karya yang dihasilkan melalui kegiatan kolase bahan alam yang dilakukan oleh anak TK A usia 4-5 tahun. Bahan alam adalah kulit kerang dan cangkang keong untuk menghasilkan sebuah karya. Rumusan masalah dari penulisan ini adalah bagaimana perkembangan kreativitas anak usia dini melalui kolase bahan alam. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia dini melalui kolase bahan alam. Penulisan ini menggunakan penulisan kulitatif dengan pendekatan eksperimen.Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah observasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penulisan ini dianalisis dengan beberapa langkah sesuai dengan model milen dan huberman (sugiono,2010:337) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penulisan ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 11 orang anak, yang terdiri dari 6 perempuan dan 5 laki-laki. Penulisan ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, pertemuan pertama dari keseluruah anak  mencapai nilai rata-rata 2.36 dengan presentase 59% , meningkat pada pertemuan kedua 3.18 dengan  presentase 79,5%, dan meningkat pada pertemuan ketiga yaitu 3.27 dengan presentase 81,75%. Pada faktor yang kedua  kemampuan anak membuat karya sesuai pola nilai rata-rata dari keseluruhan anak mencapai 2.27 denganpresentase 56,75%, pertemuan kedua nilai rata-rata anak mencapai 3.27 dengan presentase 81,75%, dan pada pertemuan ketiga nilai rata-rata dari keseluruhan anak meningkat menjadi 3.36 dengan presentase 84%. Jadi dapat disimpulkan setiap kegiatan kolase bahan alam dari kulit kerang dan cangkang keong sangat jelas mengalami peningkatan perkembangan kreativitas anak usia dini di TK AL Washliyah Alue Naga Banda Aceh.Kata Kunci: Kreativitas, Bahan Alam, Anak Usia Dini
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI PERMAINAN POHON HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK BUNGONG SELEUPOEK Rifkafil . .; Anizar . Ahmad; Taat . Kurnita
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Idealnya, anak usia 5-6 tahun sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama dan memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Namun yang terjadi di TK Bungong Seleupoek Banda Aceh, khususnya kemampuan mengenal lambang huruf belum berkembang secara optimal dibandingkan dengan kemampuan-kemampuan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui permainan pohon huruf pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus, dalam setiap siklusnya dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Bungong Seleupoek Banda Aceh, berjumlah 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama terdapat 6 orang anak belum berkembang (BB), dan 1 orang anak mulai berkembang (MB). Pertemuan kedua terdapat 6 orang anak mulai berkembang (MB), dan 1 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH). Siklus ll pertemuan pertama terdapat 5 anak yang berkembang sesuai harapan (BSH), dan 2 orang anak berkembang sangat baik (BSB). Disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambamg huruf anak di TK Bungong Seleupoek yang distimulasi melalui permainan pohon huruf  menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini terlihat pada kemampuan anak yang sudah mampu menyebutkan lambang huruf pada pohon huruf. Kata Kunci: Lambang Huruf, Pohon Huruf
STRATEGI GURU DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH Hardiati Mustika; Bahrun .; Rosmiati .
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2020): Mei
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi guru dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan untuk membina dan menangani perilaku agresif anak usia dini yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran di sekolah. Perilaku agresif dalam penelitian ini adalah sikap dan tindakan serta ucapan anak ketika anak berinteraksi dengan orang lain yang menunjukkan adanya kemarahan dan luapan emosi serta ucapan kasar seperti memarahi dan meneriaki orang lain yang diekspresikan oleh anak yang dapat mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam menangani perilaku agresif anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus dan dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang guru, kepala sekolah, dan satu orang tua anak. Hasil penelitian ini tentang strategi guru dalam menangani perilaku agresif anak yaitu guru merangkul anak saat anak melakukan tindakan agresif, guru membujuk dan memberikan nasehat yang baik pada anak, guru juga harus bersikap lemah lembut dalam menghadapi anak yang berperilaku agresif. Berdasarkan studi kasus penelitian ini diketahui bahwasanya strategi-strategi yang telah dilakukan oleh guru tersebut dapat mereduksi perilaku agresif anak dengan baik.Kata Kunci: Strategi Guru, Perilaku Agresif, Anak Usia Dini

Page 1 of 1 | Total Record : 10