cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika" : 11 Documents clear
Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO Putri Rahayu S; Desi Setiyadi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan kesulitan yang dihadapi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO pada sekolah yang telah dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu kategori rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian saat ini adalah penelitian survei yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di wilayah Kabupaten Tangerang dengan sampel sebanyak 12 sekolah yang terdiri dari 2 sekolah dengan kategori tinggi, 5 sekolah dengan kategori sedang, dan lima sekolah dengan kategori rendah. Metode penelitian dilakukan dengan menganalisis tes tertulis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Tangerang berada pada kriteria sedang. Berdasarkan jenis kesulitannya menerapkan operasi aritmatika berada pada kriteria sedang kesulitan memahami arti variabel berada pada kriteria sedang, kesulitan memahami ekspresi aljabar berada pada kriteria sedang kesulitan dalam memahami perbedaan makna tanda sama dengan berada pada kriteria rendah dan kesulitan matematisasi berada pada kriteria sedang. Sedangkan berdasarkan level taksonomi SOLO kesulitan tertinggi berada pada level extended abstract berada pada kriteria sedang. Selain itu banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal aljabar dengan jenis kesulitan memahami ekspresi aljabar merupakan kesulitan tertinggi.
Pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa Niken Nurul Azizah; Karunia Eka Lestari
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adakah pengaruh dari penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang, dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling untuk menentukan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen tes menggunakan tes uraian yang mengukur kemampuan eksplorasi matematis dengan lima indikator yaitu: 1) menafsirkan atau memahami masalah, 2) memeriksa pola, 3) melakukan pencarian secara informal, 4) memperjelas upaya penyelesaian masalah, dan 5) simbolisasi dan generalisasi. Uji prasyarat untuk melakukan uji parametrik diantaranya dengan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis penelitian dengan uji-t, dimana didapatkan nilai P-value 0,041 lebih kecil dari nilai 1/2 α = 0,0215, maka H_0 ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pada taraf kepercayaan 95% rata-rata kemampuan eksplorasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung.
Pengembangan game edukasi PHYGO berbasis android sebagai media pembelajaran siswa SMP Muhtarom Muhtarom; Hendira Adrillian; Ratih AM Putri; Putri Setyowati
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5477

Abstract

Pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa mudah bosan, sehingga siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Game edukasi diperlukan untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa SMP. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE digunakan untuk mengembangkan game edukasi yang memuat konten numerasi matematika pada materi teorema phytagoras. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Tambakromo. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G. Pengumpulan data ini dengan menggunakan validasi ahli media, ahli materi, tes numerasi matematika, dan angket respon siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa game edukasi valid dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Uji keefektifan dilakukan dengan tes hasil numerasi siswa SMP sebelum dan sesudah menggunakan game edukasi yang dikembangkan. Hasil keefektifan menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa setelah menggunakan game edukasi matematika lebih baik dari pada kemampuan numerasi siswa sebelum menggunakan game edukasi matematika. Selanjutnya, hasil analisis angket respon siswa didapatkan presentase 90,4% dengan kategori sangat baik. Oleh sebab itu, peneliti dapat menyimpulkan keseluruhan bahwa game edukasi yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Pengaruh PBL berbasis TPACK modul GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa Novi Paryanti; Budi Pratikno; Endang Wahyuningrum
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5604

Abstract

Kehidupan abad 21 menuntut penguasaan berbagai keterampilan agar menjadi generasi unggul yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Keterampilan tersebut meliputi pemecahan masalah dan memiliki rasa ingin tahu sebagai bagian dari indikator disposisi matematis. Melalui proses pemecahan masalah, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir logis, kreatif, kritis dan inovatif sehingga diperlukan peran guru dalam perancangan kegiatan pembelajaran dengan penggunaannmodel pembelajarannyang tepat. Penelitian inibbertujuan untuk mendeskripsikan pengaruhmmodel PBL berbasis TPACK melalui desain aplikasi GeoGebra terhadap kemampuanppemecahanqmasalah dan disposisi matematis8siswa6kelas XI SMAqNegeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatifddengan metode quasieeksperimental designnjenis nonequivalent control grouppdesign dengan pretestodanrposttest untukhkelompokjeksperimenndanbkontrol. Sampel dalamopopulasi ini adalah 2hkelas yang diambil dengan teknik non probabilistic sampling, yaitu purposivessampling. Instrumenddalam penelitian ini adalah instrumen teskkemampuan pemecahanmmasalah dan angketddisposisi matematisssiswa. Hasil penelitian ini, berdasarkan Uji Anava Dua Jalan diperoleh nilaissignifikansi pada model sebesar 0,000, maka dapatddisimpulkan bahwa model PBL berbasis TPACK melalui desain aplikasi GeoGebra berpengaruh terhadap kemampuan pemecahannmasalah siswaakelas XI SMA Negerii1 Karangreja KabupatennPurbalingga. Nilai signifikansi pada DM sebesarr0,871 < 0,05, maka dapattdisimpulkanbbahwa disposisi matematisttidakbberpengaruhmterhadapqkemampuangpemecahanxmasalah. Mengingat nilain signifikansipModel*DM sebesarh0,167 > 0,05 maka dapat dikatakan tidak terdapat interaksi antara disposisi matematis siswa dengan pembelajaran model PBL berbasis TPACK melalui desain aplikasi GeoGebra terhadap kemampuanopemecahanrmasalah.
Proses berpikir aljabar siswa SMP dalam memecahkan masalah numerasi ditinjau dari adversity quotient Rina Rina Farida; Yumiati Yumiati; Merry Noviyanti
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5515

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara komprehensif proses berpikir aljabar siswa SMP dalam menyelesaikan soal numerasi ditinjau dari adversity quotient (AQ) siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikator berpikir aljabar dalam menyelesaikan masalah terdiri dari penggalian informasi dari situasi (Pattern Seeking), menyajikan informasi secara matematis (Pattern recognition), menafsirkan dan menerapkan temuan matematika (generalisasi). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 siswa kategori quitter, 3 siswa kategori camper, dan 3 siswa kategori climber. Subyek penelitian diambil dari siswa kelas VIII SMPN 1 Tanah Grogot sebanyak 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa dari masing-masing kategori AQ quitter, camper dan climber yang mempunyai kemampuan matematika relatif sama yaitu siswa yang mempunyai selisih nilai tidak. lebih dari 10 poin dan komunikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengerjakan angket Adversity Response Profile (ARP), tes pemecahan masalah (TPM) dan wawancara. Validasi data pada penelitian ini diperoleh dengan membandingkan hasil TPM 1 dan TPM 2 serta wawancara siswa pada waktu yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir aljabar Siswa Quitter dalam menyelesaikan masalah berhitung tidak semua tahapan dapat dilalui dengan benar oleh siswa. Siswa baru mampu melakukan kegiatan aljabar pada tahap penggalian informasi dari situasi (Pattern Seeking), menyajikan kembali informasi secara matematis (Pattern recognition). Proses Berpikir Aljabar siswa camper dalam menyelesaikan masalah numerasi hampir seluruh tahapan telah dilalui siswa. Siswa mampu melalui seluruh tahapan proses berpikir aljabar, yaitu mengekstraksi informasi dari situasi (Pattern Seeking), menyajikan informasi secara matematis (Pattern recognition), dan menafsirkan serta menerapkan temuan matematis (generalisasi). Proses Berpikir Aljabar siswa pendaki dalam menyelesaikan masalah berhitung semua tahapan telah dilalui siswa. Siswa mampu melalui seluruh tahapan proses berpikir aljabar, yaitu mengekstraksi informasi dari situasi (Pattern Seeking), menyajikan informasi secara matematis (Pattern recognition) dan menafsirkan serta menerapkan temuan matematis (generalisasi) serta mampu menyajikan alasan-alasan yang diperlukan dalam proses berpikir aljabar. tahapan proses berpikir.
Implementasi algoritma Welch-Powell pada pembagian penugasan karyawan dan lokasi pemasaran pinjaman BRI Cabang Kuala Tungkal Syamsyida Rozi; Muhammad Arif Agung Wijaksono; Syamsyida Rozi; Niken Rarasati
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5429

Abstract

Kegiatan pemasaran pinjaman BRI cabang Kuala Tungkal dirasakan belum terlalu efisien. Hal ini dikarenakan proses penugasan karyawan bagian pemasaran yang akan menjalankan kegiatan pemasaran pinjaman serta pembagian lokasi bagi karyawan yang akan melakukan kegiatan pemasaran belum sistematis dan belum efektif berdasarkan jarak tempuh antar lokasi yang menjadi target pemasaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi banyaknya karyawan yang perlu ditugaskan untuk melakukan kegiatan pemasaran pinjaman serta menetapkan pembagian lokasi yang menjadi tanggung-jawab masing-masing karyawan sedemikian sehingga jarak tempuh yang dilakukan oleh karyawan dirasa efektif. Secara matematis, masalah ini merupakan masalah optimisasi yang bisa diselesaikan salah satunya dengan menerapkan algoritma Welch-Powell melalui pemodelan graf. Berdasarkan asumsi yang digunakan untuk mengimplementasikan algoritma Welch-Powell pada penelitian ini, yaitu bahwa setiap karyawan akan bertugas pada lokasi-lokasi yang jarak tempuh antar lokasinya kurang dari 20 km, diperoleh hasil bahwa dibutuhkan 9 orang karyawan yang ditugaskan untuk melakukan kegiatan pemasaran pinjaman di lokasi-lokasi yang menjadi target pemasaran BRI Cabang Kuala Tungkal.
Keefektivan pembelajaran problem posing terhadap penguatan creative thinking siswa SMA Muhammad Shofi; Enika Wulandari
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5622

Abstract

Creative thinking merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikuasai siswa namun kondisi menunjukkan bahwa creative thinking belum dikuasai dengan baik. Penelitian ini akan memberikan penguatan literatur mengenai model pembelajaran yang dapat menguatkan creative thinking. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektivan pembelajaran pengajuan masalah terhadap penguatan kemampuan creative thinking siswa SMA. Penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, rancangan dengan kelompok kontrol hanya pascaperlakuan. Populasi adalah siswa SMA Negeri 1 Suruh kelas XI MIPA. Melalui clustered random sampling terpilih kelas XI MIPA 1 (kelompok eksperimen) dan kelas XI MIPA 2 (kelompok kontrol). Data diambil melalui tes dan observasi, instrumen berupa soal tes, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data pascaperlakuan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata. Data hasil observasi dikonversi menjadi persentase lalu dikategorikan menjadi skala kualitatif berdasarkan tabel kategori keterlaksanaan pembelajaran. Berdasar analisis data diketahui hasil uji perbedaan rata-rata postest kelompok eksperimen dan postest kelompok kontrol yaitu nilai sig.2 tailed 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak yang bermakna terdapat perbedaan rata-rata kemampuan creative thinking kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Mean difference kelompok eksperimen dan kelompok kontrol bernilai positif yaitu 12,60 berarti rata-rata kemampuan creative thinking kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kemampuan creative thinking kelompok kontrol. Pembelajaran pengajuan masalah terlaksana “sangat baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran pengajuan masalah efektif terhadap penguatan kemampuan creative thinking siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Suruh.
Hubungan self-efficacy, gender dan KAM terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP Wini Astria Salam; Abdul Mujib; Merry Noviyanti
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis baik secara parsial maupun secara simultan dengan kemampuan literasi matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 28 Batam, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 88 siswa kelas VIII SMP yang ditentukan random sampling dengan cara mengundi perwakilan siswa tiap kelas. Instrumen penelitian berupa angket dan tes yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemampuan literasi matematis siswa; (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara gender dengan kemampuan literasi matematis siswa; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal matematis dengan kemampuan literasi matematis siswa; dan (4) ada hubungan self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis secara simultan (bersama-sama) dengan kemampuan literasi matematis siswa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan self-efficacy, gender dan kemampuan awal matematis secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 38% terhadap kemampuan literasi matematis siswa.
Identifikasi kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika garis dan sudut Mariyanti Elvi; Nur A.R. Siregar
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5571

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai ulangan harian siswa yang disebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut berdasarkan tahapan Kastolan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 6 orang yang terdiri dari 2 orang kategori tinggi, 2 orang kategori sedang dan 2 orang kategori rendah. Instrumen pengumpulan data berupa lembar tes uraian dan lembar wawancara. Teknik analisis data meliputi memeriksa hasil jawaban siswa, mengelompokkan siswa berdasarkan kategori hasil belajar, melakukan wawancara siswa yang terpilih, mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konseptual dan kesalahan teknik. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa seperti kesalahan dalam menerapkan rumus, kesalahan perhitungan, kesalahan langkah-langkah penyelesaikan serta kesalahan dalam menuliskan informasi soal. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan diantaranya tidak memahami konsep, kurang teliti dalam perhitungan dan terburu-buru dalam pengerjaan.
Eksplorasi etnomatematika destinasi wisata Umbul Senjoyo dalam pengembangan matematika SMP materi bangun ruang Sintitia Autorita Nariswari; Wulan Izzatul Himmah; Muhammad Istiqlal
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/pythagoras.v12i2.5476

Abstract

Pokok bahasan matematika yang dirasa sulit bagi siswa adalah bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan penelitian Hasibuan (2018) dan penelitian Nursyamsiah (2020) yang menganalisis kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Maka dari itu dengan menerapkan pembelajaran matematika berbasis budaya (acuan budaya) akan membuat pengetahuan siswa menjadi lebih kompleks, meningkatkan keterampilan, dan sikap yang lebih baik. Budaya lokal yang diambil dalam penelitian ini adalah Umbul Senjoyo. Menurut sejarah, Umbul Senjoyo dipercaya sebagai lokasi persinggahan Raden Mas Karebet (Joko Tingkir) yang berasal dari kerajaan Pajang. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui konsep matematika yang memuat materi bangun ruang dengan objek berupa bangunan-bangunan di kawasan Umbul Senjoyo dan untuk melakukan implementasi etnomatematika ke dalam pembelajaran matematika di sekolah. Jenis penelitian berupa penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode etnografi. Sumber data yang digunakan berjenis sekunder dan primer. Narasumbernya yaitu ahli budaya, juru kunci, dan guru matematika SMP. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis datanya mengacu pada model Miles dan Huberman (data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification). Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah penemuan konsep matematika pada bangunan-bangunan di kawasan Umbul Senjoyo yang memuat konsep matematika geometri bidang datar (persegi, trapesium, segitiga, dan lingkaran) serta bangun ruang (kubus, limas, prisma, balok, dan silinder) maka dari itu peneliti menyusun LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk kelas VIII pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar sebagai bentuk implementasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue