cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika" : 10 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran ARCS dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Hanggara, Yudhi; Zendato, Irwan Juniman
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.111 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.617

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran Active Learning. (2) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Interaksi antara model pembelajaran (ARCS dan Active Learning) dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 2 Batam tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diperoleh kelas X Akutansi-2 sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas X Akutansi-4 sebagai kelas eksperimen-2. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dan angket Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji Homogenitas dengan metode Bartlett. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran Active Learning. (2) terdapat perbedaan hasil belajar metematika antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa.Kata Kunci: ARCS, Active Learning, motivasi belajar, hasil belajar matematika Abstract. This study aims to determine: (1) The difference in learning outcomes of student who study mathematics using ARCS learning model with Active learning model. (2) The difference in mathematics learning outcomes in student who have hight, medium and low motivation. (3) Interaction between learning model (ARCS and Active Learning) with student learning motivation. This research is quasi-experimental study with factorial design 2 x 3. The population in this research is all of students class X SMKN 2 Batam with academic year 2016/2017. The Sample in this research from class X accountant-2 is used as sampling for 1st experiment and class X accountant-4 for 2nd experiment. Instrument of research are mathematics achievement test and questionnaire student motivation. The test requirement is normality test using Lilliefors method and homogeneity test using Bartlett method. Hypothesis testing in this study uses two-way analisis of variance with defferent cells. Conclusion in this study: (1) there is no difference between student math result between ARCS learning model with Active learning model. (2) there is difference between result of student math between learning high motivation with low motivation. (3) there is no interaction between the learning model with student motivation.Keywords: ARCS, Active Learning, Motivation learning, Study of Math
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas VIIIBMTs ASSALAFIYYAH MLANGI Khuzaini, Nanang; Sudarmaji, Bayu
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.865 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS3 untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIIIB MTs Assalafiyyah Mlangi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut dilihat dari kriteria valid, praktis, dan efektif.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall tetapi disederhanakan menjadi 3 tahapan.Tahap pertama yaitu pendahuluan melalui studi pustaka dan observasi lapangan.Tahap kedua adalah pengembangan, yaitu menentukan SK/KD, pembuatan multimedia pembelajaran, dan penyusunan instrumen.Tahap ketiga atau tahap yang terakhir adalah validasi dan implementasi.Pada tahap ini, multimedia pembelajaran divalidasi oleh para ahli dan direvisi terlebih dahulu. Lebih lanjut, implementasi dilakukan pada proses pembelajaran di kelas VIIIB MTs Assalafiyyah Mlangi untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan multimedia pembelajaran tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.Hasil penelitian ini adalah perangkat multimedia pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi file .exe dan .swf.Selain itu, multimedia pembelajaran dinyatakan valid oleh para ahli.Lebih lanjut, multimedia tersebut juga dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket siswa. Sedangkan prosentase ketuntasan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika adalah 85,25%. Artinya, multimedia pembelajaran efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Efektivitas Model Pembelajaran Pakem Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Batam Yulia, Putri; Suhendra, Benni
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.414 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.623

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan peneliti yaitu a) untuk melihat efektiftifitas model  pembelajaran PAKEM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 11 Batam, b). untuk melihat efektifitas model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 11 Batam, c) untuk mengetahui perbedaan efektivitas Model pembelajaran PAKEM dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 11 Batam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan sampel untuk kelas eksperimen yaitu VIII.3 dan kelas kontrol VIII.5.Variabel dalam penelitian yang diperhatikan adalah: a). variabel bebas yaitu model PAKEM dan pembelajaran konvensional, b). variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa. Data kemampuan pemecahan masalah mateamtis siswa diperoleh dari instrument berupa tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis tes menggunakan uji one sample t test untuk hipotesis 1 dan 2 sedangkan independen t test untuk hipotesis 3. Hasil dari analisis data, a).ttitung ttabel(6,490 2,039), maka ha1 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAKEM efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 11 Batam. b). thitung  ttabel(-0,536 2,039), maka ho2 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 11 Batam. c). thitung = 4,272 ttabel = 1,998 maka ha3: diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa model PAKEM lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.Kata kunci: PAKEM, kemampuan pemecahan masalah matematis 
Pengaruh Mathematical Beliefs terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Isharyadi, Ratri
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.976 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mathematical beliefs terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA. Mathematical beliefs merupakan keyakinan siswa terhadap matematika. Pada penelitian ini akan dilihat bagaimana keyakinan siswa terhadap matematika yang tergambar dari keyakinan siswa terhadap matematika sebagai mata pelajaran, keyakinan mengenai belajar matematika dan keyakinan terhadap masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa pada salah satu kelas di SMAN 1 Rambah. Data yang dikumpulkan adalah data tentang mathematical beliefs melalui instrumen angket dan data hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian  dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi untuk mengetahui besar pengaruh dan hubungan mathematical beliefs terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. Seluruh proses analisis data dibantu dan memanfaatkan Microsoft office excel 2013 dan program komputer SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan mathematical beliefs terhadap prestasi belajar matematika siswa.
HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Ningsih, Gustina; Sari, Riska Novia
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.698 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.1038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara rasa percaya diri dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN N 16 Batam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan populasi sebanyak 355 orang. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah kelas IX SMP N 16 Batam sebanyak 189 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket rasa percaya diri dan kebiasaan belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan rumus korelasi parsial dan korelasi berganda yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara rasa percaya diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP N 16 Batam. Dengan besar korelasi = 0,815 yaitu pada kategori sangat kuat, arah hubungan positif karena nilai R positif dan memperoleh signifikansi 0,00 0,05. Artinya adalah semakin tinggi rasa percaya diri dan kebiasaan belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dan begitu juga sebaliknya.Kata kunci: rasa percaya diri, kebiasaan belajar, dan hasil belajar matematika.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Discovery Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1Tukka Hutagalung, Ruminda
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.807 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan model guided discovery berbasis budaya Batak Toba yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Thiagarajan 4-D. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Guru, Buku Siswa, Tes Pemahaman Konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-C dan uji coba II di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Tukka. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,31, Buku Siswa = 4,30, Buku Guru = 4,21, LAS = 4,36, keenam tes kemapuan pemahaman konsep valid dengan reliabelitas 0,814; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis diihat dari hasil keteraksanaan pembelajaran dan wawancara; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; Selanjutnya direkomendasikan kepada guru matematika agar menggunakan perangkat pembelajaran guided discovery berbasis budaya Batak Toba sebagai salah satu alat untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.Keyword. Pengembangan, perangkat, guided  discovery, Batak Toba, pemahaman konsep
Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Taufik Rahman
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.1 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.618

Abstract

Kemampuan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Kemampuan disposisi matematis.  Disposisi matematis dirasa cukup penting karena kemampuan ini tertuang dalam tujuan pembelajaran matematika SMA yang berbunyi memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disposisi matematis siswa di salah satu SMK di Kota Bandung antara yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu  SMK di Kota Bandung yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas pertama memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas kedua memperoleh pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi ekperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal non tes berupa angket yang terdiri dari 15 pernyataan positif dan  10 pernyataan negatif. Hasil dari Penelitian ini adalah peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaram penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Disposisi Matematis, Penemuan Terbimbing, Pembelajaran Konvensional
Keefektifan Model Pembelajaran TGT dengan TST Terhadap Kemampuan Pemecahan Maslaah Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 38 Batam Hayati, Misna; Gusmania, Yesi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.744 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.637

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematis, hal ini terlihat pada saat pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang digunakan guru masih metode ceramah dan metode diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) serta perbedaan antara TGT dan TSTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam tahun pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen1 dengan TGT dan VIII.B sebagai kelas eksperimen 2 dengan TSTS. Instrument penelitian yaitu tes. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan homogenitas menggunakan Uji F dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel berpasangan, dan uji dua pihak.Berdasarkan analisis data, didapat pada kelas eksperimen 1 thitung ttabel  (12,92  2,34) sedangkan kelas eksperimen 2 thitung ttabel  ( 13,167  2,290 ). Untuk hipotesis ketiga menggunakan rumus t-test polled variansi (uji dua pihak) dengan hasil bahwa thitung ttabel (3,139 2,000). Maka dapat disimpulkan Model pembelajaran TGT dan TSTS Efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam. Dan terdapat perbedaan antara terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TSTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Batam Tahun Pelajaran2015/2016.Kata Kunci : Model Pembelajaran TGT, Model Pembelajaran TSTS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.ABSTRACT  This research in by lowering mathematical trouble-shooting ability of student in finishing mathematics problem especially at items of  VIII class SMP Country 38 Batam. This Matter indicate that the student find difficulties in doing mathematical trouble-shooting problem, this matter is seen at the time of mathematics study. Process the study used by teacher still method deliver a lecture and discussion method. This research using experiment. Sample of research is 70 students. The sample’s determination using cluster random sampling’s technic. VIII.A as eksperimen 1   by TGT class and VIII.B by TSTS’s Class .The reasearch’s instruments is test. Analysis technic data consist on the test of precondition normality with chi kuadrat and homogeneity with Uji F and continued to hypothesis’s test with paired samplet-test and t-test polled varians.Based on data analysed using formula paired sample t-test then obtained in experiment’s class 1 thitung ttabel ( 12,92 2,34) and on experiment’s class 2 thitungttabel ( 13,167  2,290 ).So the conclusion learning model TGT and TSTS is effective on Solve Problem’s Ability Students Class VIII Public Junior High School 38 Batam. And there’s a difference on learning model effectiveness cooperative type TGT and TSTS on Solve Problem’s Ability Students Class VIII on study operation of algebra Public Junior High School 38 Batam School Year 2015/2016. Keyword : Learning Model TGT, Learning Model TSTS, Solving’s Problem 
Hubungan Kesiapan Belajar Dan Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Himmi, Nailul; Azni, Anggi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.114 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.619

Abstract

Abstrak.Penelitian ini dilakukan di SMP Kartini Batam II yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Jenis Penelitian korelasional dengan populasi seluruh siswa di SMP Kartini II Batam dan sampel siswa SMP kelas VIII Kartini II Batam Tahun Pelajaran 2016/2017 yang siambil secara purposive sampling yaitu sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus korelasi pearson product moment kemudian dilanjutkan dengan Uji F dan kemudian dibandingkan dengan Ftabel (α =5%) dengan bantuan software Minitab. Hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa (Fhitung = 19,47; P. = 0,000). Dengan besar korelasi = 0,5905 yaitu pada kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi kesiapan belajar dan semakin kurang kecemasan matematika maka akan semakin membaik pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dan begitu pula sebaliknya jika semakin kurang kesiapan belajar dan semakin tinggi kecemasan matematika maka akan semakin rendah hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dalam pelajaran matematika.Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar Matematika
Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Question Student Have terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan Sukoco, Heru; Safitri, Nugraheni
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.658 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v6i1.620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan strategi active learning tipe Question Student Have terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest–postest control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan pada semester kedua tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas dua kelas. Dua kelas tersebut digunakan sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah lembar observasi keaktifan belajar matematika siswa, pretest, dan posttest. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi active learning tipe Question Student Have berpengaruh terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue