cover
Contact Name
Oris Krianto Sulaiman
Contact Email
oris.ks@ft.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
oris.ks@ft.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan
ISSN : 25407597     EISSN : 25407600     DOI : -
Core Subject : Science,
Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi teknik informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu dibidang Informatika dan Teknologi jaringan, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu informatika. InfoTekjar terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan maret dan september, terbitan pertama bulan september 2016. Artikel yang masuk akan diterima oleh editor untuk kemudian diteruskan ke editor bagian dan diteruskan lagi ke reviewer untuk di review artikel nya. Waktu review maksimal dilakukan selama 4 minggu.
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September" : 31 Documents clear
Prediksi Jeda pada Ucapan Kalimat Bahasa Melayu Pontianak Menggunakan Informasi Parafrasa Arif Bijaksana Putra Negara; Rudy Dwi Nyoto; Wega Marda Fitri
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.725 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1248

Abstract

Jeda dalam kalimat sangat penting karena jeda yang terjadi dapat memperjelas informasi dari makna suatu teks kalimat, maka dari itu penelitian ini akan melakukan prediksi jeda Bahasa Melayu Pontianak menggunakan informasi parafrasa yang  bertujuan utuk menghasilkan prediksi jeda pada Bahasa Melayu Pontianak untuk mendapatkan nilai akurasi yang tepat sehingga dapat digunakan pada sistem TTS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengambil  informasi parafrasa dalam suatu teks kalimat yang digunakan untuk memprediksi jeda. Parafrasa yaitu ungkapan kembali maksud atau isi tulisan dengan menggunakan kata-kata sendiri. Informasi parafrasa diambil berdasarkan kata kunci dan tipe PoS. Hasil dai penelitian ini adalah kalimat yang telah terpenggal memberntuk frasa ucapan jeda. Pengujian dilakukan dengan menggunakan precision, recall, dan f-measure terhadap 500 kalimat untuk frasa singkat dan frasa panjang. Hasil dari pengujian frasa singkat tanpa PoS diperoleh nilai precision, recall, dan f-measure adalah  0.59, 0.58 dan  0.59 sedangkan frasa singkat menggunakan PoS bernilai 0.59, 0.58 dan 0.59 serta untuk frasa panjang tanpa PoS diperoleh nilai precision 0.86, recall  0.78, dan f-measure  0.82 sedangkan frasa panjang menggunakan PoS bernilai 0.84, 0,77, dan 0.80. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa frasa panjang lebih tinggi dikarenakan frasa yang menghasilkan indeks jeda panjang menghasilkan jeda pasti pada setiap ucapan dibandingkan frasa singkat karena frasa yang menghasilkan indeks jeda singkat  akan menghasilkan ucapan yang berbeda pada setiap orang karena jeda singkat merupakan jeda tipis atau pendek. 
Analisis Perbandingan Algoritma Static Round-Robin dengan Least-Connection Terhadap Efisiensi Load Balancing pada Load Balancer Haproxy Hasta Triangga; Ilham Faisal; Imran Lubis
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.465 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1688

Abstract

In IT networking, load balancing used to share the traffic between backend servers. The idea is to make effective and efficient load sharing. Load balancing uses scheduling algorithms in the process includes Static round-robin and Least-connection algorithm. Haproxy is a load balancer that can be used to perform the load balancing technique and run by Linux operating systems. In this research, Haproxy uses 4 Nginx web server as backend servers. Haproxy act as a reverse proxy which accessed by the client while the backend servers handle HTTP requests. The experiment involves 20 Client PCs that are used to perform HTTP requests simultaneously, using the Static round-robin algorithm and Least-connection on the haproxy load balancer alternately. When using Static round-robin algorithm, the results obtained average percentages of CPU usage successively for 1 minute; 5 minutes; and 15 minutes are; 0.1%; 0.25%; and 1.15% with average throughput produced is 14.74 kbps. Average total delay produced 64.3 kbps. The average total delay and jitter is 181.3 ms and 11.1 ms, respectively. As for the Least-connection algorithm average percentage obtained successively for 1 minute; 5 minutes; and 15 minutes are 0.1%; 0.3%; and 1.25% with the average throughput produced is 14.66 kbps. The average total delay and jitter is 350.3 ms and 24.5 ms, respectively. It means Static round-robin algorithm is more efficient than the algorithms Least-connection because it can produce a greater throughput with less CPU load and less total delay.
Penggunaan Konsep Flat Design pada Markers Semaphore Augmented Reality Rizky Arif Fauzi; Luky Rafi Anuggilarso; Awal Rafi Hardika; Dhanar Intan Surya Saputra
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.318 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1375

Abstract

Perkembangan trend desain grafis mulai beralih dari Rich Design menjadi konsep Flat Design, dimana mengusung desain yang minimalis namun tetap mengandung unsur esensial dari desain itu sendiri. Pada penelitian ini menerapkan konsep flat design yang digunakan dalam pembuatan desain markers semaphore augmented reality (SERSAN) dengan harapan tidak hanya objek augmented reality (AR) saja yang mudah dinikmati oleh pengguna, namun informasi yang disajikan melalui desain pada markers juga dapat tersampaikan kepada pengguna secara mudah, informatif dan menarik saat belajar Semaphore. SERSAN merupakan aplikasi media pembelajaran Semaphore yang diperuntukkan sebagai pendukung media pembelajaran saat kegiatan kepramukaan. Proses desain markers SERSAN diawali dari analisis dan pengumpulan data dari para responden yaitu pelatih atau pembina Pramuka, peserta didik ekstrakurikuler Pramuka, hingga programmer SERSAN. Adapun dalam pembuatan desain tetap memperhatikan elemen desain, prinsip desain, filosofi, fungsi dan estetika desain.. Markers akan dibuat sesuai dengan data huruf dalam Semaphore, dari huruf A hingga huruf Z. Hasil akhir desain markers akan diolah hingga tahap produksi markers cetak dan kemasan kartu.
Pengembangan Service Automation Application dengan Pendekatan Customer Self-Service (Studi Kasus: Martabak Djoeragan Pekanbaru) Boby Chandra Panjaitan; Juni Nurma Sari; Anggy Trisnadoli
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.88 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1584

Abstract

In the industrial era 4.0, it has now provided automatic convenience in all aspects of the field, including the culinary business. Operationally customer relationship management has an application that is service automation, where this application is computerized technology to support service staff automatically. In service automation applications, there is software functionality offered, namely customer self-service with web customer service self-service. Martabak Djoeragan, which is a business in the culinary food field in terms of the number of sales of martabak, is very much classified. Based on transaction data in 2017 customer orders can reach more than 300 orders in a day wherein the service process Martabak Djoeragan uses a manual cash register system to serve each order, the cashier must serve one by one each customer order. Today, of course, in terms of the service aspects of the Martabak Djoeragan shop, it is necessary to have an automatic convenience in serving each customer order. The results of service automation applications that have been built based on black-box testing, UAT and Likert scales have been running according to user needs which resulted in applications that provide convenience in the field of serviceIn the industrial era 4.0, it has now provided automatic convenience in all aspects of the field, including the culinary business. Operationally customer relationship management has an application that is service automation, where this application is computerized technology to support service staff automatically. In service automation applications, there is software functionality offered, namely customer self-service with web customer service self-service. Martabak Djoeragan, which is a business in the culinary food field in terms of the number of sales of martabak, is very much classified. Based on transaction data in 2017 customer orders can reach more than 300 orders in a day wherein the service process Martabak Djoeragan uses a manual cash register system to serve each order, the cashier must serve one by one each customer order. Today, of course, in terms of the service aspects of the Martabak Djoeragan shop, it is necessary to have an automatic convenience in serving each customer order. The results of service automation applications that have been built based on black-box testing, UAT and Likert scales have been running according to user needs which resulted in applications that provide convenience in the field of service
Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Rematik Menggunakan Inferensi Forward Chaining Berbasis Prolog Hairani Hairani; Mokhammad Nurkholis Abdillah; Muhammad Innuddin
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.523 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1377

Abstract

Penyakit artrhitis atau sering dikenal dengan nama rematik merupakan penyakit yang menyerang sendi dan struktur atau jaringan penunjang sekitar sendi. Jenis penyakit rematik memiliki lebih dari 150 jenis, tetapi di indonesia ada 3 jenis penyakit paling sering diderita masyarakat diantaranya Gout Arthritis, Rheumatoid Arthritis, dan Osteo Arthritis. Gejala pada jenis penyakit rematik sering tidak disadari oleh masyarakat, karena umumnya memiliki gejala yang mirip satu sama lain. Salah satu solusi yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan diagnosis dini jenis penyakit rematik adalah sistem pakar. Sistem pakar adalah sebuah sistem yang mengadopsi pengetahuan pakar sehingga dapat melakukan seperti yang dilakukan pakar. Penelitian ini mengembangkan sistem pakar diagnosis penyakit rematik menggunakan inferensi forward chaining berbasis prolog. Metode inferensi forward chaining digunakan untuk menarik kesimpulan jenis penyakit rematik yang diderita berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan bahwa metode inferensi forward chaining dapat melakukan diagnosis jenis penyakit rematik..
Perancangan Aplikasi POK (Permintaan Order Kerja) Berbasis Web Pada PT. Pupuk Iskandar Muda Muhammad Hermansyah; Rahmad Bahri; Rahmat Maulana; M Riyogi Alfitra
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1594

Abstract

Aplikasi POK (Permintaan Order Kerja) merupakan aplikasi yang digunakan untuk melaporkan suatu permasalahan berupa kerusakan pada suatu benda atau alat pada PT. Pupuk Iskandar Muda. Aplikasi ini dirancang menggunakan framework PHP yaitu CodeIgniter dan Bootstrap. CodeIgniter merupakan framework PHP yang dibuat berdasarkan kaidahMVC (Model-View-Controller), sedangkan Bootstrap merupakan sebuah framework css yang memudahkan pengembang untuk membangun website yang menarik dan responsif. Pegawai PT. Pupuk Iskandar Muda dapat menggunakan aplikasi ini dengan menginputkan keluhan (open ticket) berupa teks diwaktu kapan saja dan dimana saja. Hal ini dikarenakan aplikasi POK sudah berbasis online. Setelah ticket dikirim melalui aplikasi, pihak admin akan memeriksa tempat atau departemen yang peralatannya mengalami kerusakan. Pada sistem ini terdapat data karyawan, data departemen, data pengajuan POK, dan laporan pengajuan POK, sehingga dengan adanya Aplikasi Permintaan Order Kerja ini, dapat membantu mempermudah proses pelaporan kerusakan alat.
Sistem Informasi Peminjaman Dana Pada Koperasi Karyawan Dengan Pendekatan Sekuensial Linier Nani Agustina; Entin Sutinah; Rizal Gustiar
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.013 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1581

Abstract

Koperasi Karyawan XL koperasi yang bergerak dibidang simpan pinjam. Selama ini, sistem transaksi pinjaman masih dilakukan secara manual. Memproses data  dengan cara yang manual dilakukan dengan pencatatan dimana rentan akan kesalahan dalam pencatatan dan akan menyebabkan keterlambatan dalam mengambil keputusan oleh pimpinan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi peminjaman di PT. XL Axiata. Sistem informasi dibuat berbasis web dengan teknik pemograman terstruktur, menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL. Sistem informasi ini disiapkan untuk pengurus koperasi karyawan XL  dengan tujuann memberikan kemudahan penyampaian informasi dari pengurus ke anggota mengenai transaksi pinjaman anggota tersebut. Dengan adanya sebuah sistem informasi dapat memberikan sebuah penyelesaian permasalahan dengan cepat, tepat dan akurat dalam proses pengolah data peminjaman sehingga informasi yang dihasilkan optimal.
Model Dan Simulasi Prototype Rangkaian Digital Konversi Gerbang AND, OR, NOT Menjadi Gerbang NAND Dan NOR Helmi Fauzi Siregar; Muhammad Dedi Irawan
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1147.997 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1689

Abstract

Dalam mempelajari rangkaian digital, khususnya pada materi gerbang logika pada sistem digital ada sebuah Rangkaian kombinasi Gerbang AND, OR, NOT yang dapat dikonversi ke Rangkaian  Gerbang  NAND  dan  NOR.  Pada  konversi  Rangkaian  kombinasi  tersebut  dapat dilakukan  dengan  2  (dua)  cara,  yaitu  Melalui  penyelesaian  persamaan  logika/boolean  dan langsung dari gambar padanan. Gerbang NAND dan NOR ini disebut juga Rangkaian Multilevel yang artinya dengan mengimplementasikan Gerbang NAND atau NOR, akan ada banyak level / tingkatan mulai dari sisi input sampai dengan sisi output. Pada penelitian ini fokus pembahasan pada proses konversi dari Rangkaian kombinasi AND, OR, NOT ke Rangkaian menggunakan Gerbang NAND dan NOR. Dengan ini penelitian akan membuat suatu Prototype Rangkaian kombinasi Gerbang AND, OR, NOT yang dikonversi dengan Rangkaian Gerbang NAND dan NOR sebagai model alat simulasinya.
Data Mining untuk Nasabah Bank Telemarketing Menggunakan kombinasi Algoritm Naïve Bayes Dan Algoritma Genetik Ahmad Ashifuddin Aqham; Kristoko Dwi Hartomo
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.447 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1574

Abstract

The strategy used for telemarketing by conducting promotional media, this strategy is a marketing method used by banks, in offering products to customers, banks, one of the products that will be offered is time deposits, the bank has difficulty in knowing the obstacles experienced by customers in making a decision to make deposits against the bank, so that later it will have the effect of a financial crisis at the bank. Telemarketing banks must have targets for customers, where customers have the potential to join one of the bank's products, namely deposits by looking at existing customer data.With the existing problems will be overcome by the datamining technique that will be used for this research is the Naïve Bayes algorithm and genetic algorithm which aims to predict the Telemarketing customers' sources sourced from public UCI Repsitory data so that the bank offers a product to the customer right at the target. Naïve Bayes test with experimental results of 86.71% accuracy while cross validation testing using Genetic algorithm produces high accuracy 90.27%, Root proves the prediction of time series data Naïve Bayes method and Genetics produces an accuracy of 90.27%, so it can be concluded that using the Naive Bayes algorithm and Genetics can optimize in predicting Telemarketing client decisions right in the deposit offer.
Pengelompokkan Produk Kemasan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Nurul Husna; Farida Hanum; M Fauzan Azrial
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan Vol 4, No 1 (2019): InfoTekJar September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.475 KB) | DOI: 10.30743/infotekjar.v4i1.1484

Abstract

Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam pentingnya memperhatikan informasi nilai gizi yang terdapat di dalam suatu produk menyebabkan masyarakat tidak terhindar dari berbagai penyakit, salah satu nya seperti penyakit diabetes dimana penderita penyakit ini harus lebih memperhatikan kadar glukosa yang terdapat di dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan beberapa produk kemasan yang terdapat di dua minimarket Kota Langsa menjadi kelompok produk tinggi gula rendah natrium dan produk rendah gula tinggi natrium dimana produk tinggi gula ini adalah produk yang dapat dihindari penderita diabetes. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode K-Means yaitu metode yang digunakan untuk mencari data dalam clustering non-hierarchical, dimana clustering tersebut berusaha untuk mempartisi data yang terdapat didalamnya menjadi satu bentuk atau lebih kedalam suatu cluster/kelompok. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai gizi seperti jumlah lemak, protein, gula, dan natrium dalam setiap produk kemasan. Penelitian ini juga menggunakan software RStudio untuk mengolah data dengan metode K-Means. Hasil penelitian ini memiliki dua bentuk, yaitu pengelompokkan produk kedalam dua kategori yang dihitung secara manual dan pengelompokkan produk kedalam dua kategori menggunakan RStudio beserta grafik berbentuk Plot Scatter.

Page 1 of 4 | Total Record : 31