cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
ISSN : 25411462     EISSN : 25491717     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and August.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018)" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS PELATIHAN POTONG RAMBUT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA WARGA BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) KOTA SERANG Reggy Putra P .W, Irwan Djumena Mochamad Naim
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4893

Abstract

EFEKTIVITAS PELATIHAN POTONG RAMBUT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA WARGA BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) KOTA SERANG      Reggy Putra P .W, Irwan Djumena & Mochamad NaimReggyputras@gmail.com   AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan potong rambut dalam meningkatkan keterampilan kerja warga binaan di lembaga pemasyarakatan (LAPAS) Kota Serang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan,tentang keterampilan kerja warga binaan lapas kota serang. Masalah dalam penelitian ini adalah jumlah ruang kelas elatihan lapas serang yang terbatas, tingkat kehadiran peserta yang kurang maksimal dan alat-alat praktek yang terbatas. Untuk itu pada penelitian ini, peneliti secara khusus mengkaji masalah  (1) 1.Bagaimana proses Pelatihan Potong Rambut dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Serang?; (2) 2. Bagaimana Efektivitas Pelatihan Potong Rambut dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Serang?; (3) 3. Faktor pendukung dan penghambat Pelatihan Potong Rambut dapat Meningkatkan Keterampilan Kerja Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Serang? Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui Proses Pelatihan Potong Rambut dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Serang., mengetahui 2. Efektivitas Pelatihan Potong Rambut dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Serang., serta 3. Faktor Pendukung dan Penghambat Pelatihan Potong Rambut dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, agar lebih tergambar jelas dalam penulisan hasil dari penelitian tersebut. dan untuk mengetahui hasil dari penelitian, peneliti menggunakan kisi-kisi instrument, pedoman observasi, pedomanan wawancara dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah  (1 Pelatihan potong rambut dalam meningkatkan keterampilan kerja warga binaan di lembaga pemasyarakatan (LAPAS) Kota Serang terdiri dari tiga tahap, perencanaan, peleaksanan dan evaluasi . (2) pelatihan ini sudah dapat dikatakan efektif. Dari 20 orang peserta yang mengikuti program pelatihan, 10 diantaranya dinyatakan keterampilan kerja meningkat  dan dinyatakan lulus karena  peserta sudah membuka jasa potong rambut di lapas dan mempunyai keterampilan, dan program ini sangat bermanfaat bagi peserta dari segi pekerjaan. (3) tutor/instruktur yang dipilih pada pelatihan ini sudah ahli dan berpengalaman di bidang potong rambut jadi memudahkan peserta dalam menerima materi karena tutornya berkompeten sedangkan faktor penghambatnya Sedangkan faktor penghambat dalam program pelatihan potong rambut ini yaitu ruang kelas yang kurang memadai.menjadikan kuota peserta menjadi sedikit. Sehingga tidak semua warga binaan bisa merasakan dan mengikuti pelatihan potong rambut..Kata kunci: Efektivitas, Keterampilan Kerja
PERAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM DHARMA BEKTI KECAMATAN CIBINONG BOGOR Asri Maudyna Fatma
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4898

Abstract

PERAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASIWARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM DHARMA BEKTIKECAMATAN CIBINONG BOGOR Asri Maudyna Fatmaasri.maudyna.97@gmail.comUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Peran tutor mengembangkan motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti (2) Motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang turut serta dalam mempengaruhi motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, artinya penelitian dilakukan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktafakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif didasarkan pada data yang diperoleh melalui : (1) Observasi (2) Wawancara (3) Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tutor telah menjalankan perannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi seorang tutor atau guru sebagai informator, organisator, motivator, pengarah atau pembimbing, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator. (2) Motivasi yang timbul dalam diri individu warga belajar paket C menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik motivasi berprestasi yaitu suka mengambil risiko, memerlukan umpan balik, memperhitungkan keberhasilan dan menyatu dengan tugas. Setelah motivasi berprestasi warga belajar dikembangkan dan dikuatkan, dapat menghasilkan kualitas hasil belajar yang baik. Warga belajar secara aktif mengikuti proses pembelajaran namun dengan kemampuan berpikir yang berbeda-beda, hasil belajar yang dimiliki pun bergantung kemampuan warga belajar itu sendiri. (3) Tidak adanya kesempurnaan dalam segala sesuatu, berkaitan pula dengan kegiatan pembelajaran kesetaraan paket C yang memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat yang diantaranya adalah sumber belajar, sarana dan psarana, waktu, dana dan motivasi.Kata Kunci : Peran Tutor, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PROGRAM PAUD YANG TERINTREGRASI DENGAN POSYANDU Aulia Abid Mahardika, Fakhruddin, Tri Suminar
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4894

Abstract

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PROGRAM PAUD YANG TERINTREGRASI DENGAN POSYANDU Aulia Abid Mahardika, Fakhruddin, Tri SuminarJurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri SemarangSemarang 50229, IndonesiaEmail: abidmahardika11@gmail.comfakhruddin@mail.unnes.ac.idtri.suminar@mail.unnes.ac.id AbstrakPenelitian ini bertujuan; Mendeskripsikan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam keberhasilan progam PAUD yang terintegrasi dengan posyandu, Mendeskripsikan faktor-faktor apakah yang mendukung dan yang menghambat partisipasi masyarakat dalam keberhasilan progam PAUD yang terintegrasi dengan posyandu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dpcumentasi sebagai pengumpulan data, dengan subyek penelitian terdiri dari  orang tua wali murid, pendidik PAUD,  pengelola PAUD,  petugas posyandu dan kader posyandu, Tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberhasilan program PAUD yang terintegrasi dengan Posyandu, karena adanya partisipasi orang tua/wali murid, masyarakat, dan pemerintah baik dalam bentuk partisipasi finansial, material, akademik, kultural, evaluatif. Faktor penghambat partispasi masyarakat yaitu; sikap apatisme, rendahnya kepercayaan masyarakat, pandangan masyarakat. Faktor pendukung pola pikir masyarakat, pendidikan, akreditasi, sosialisasi tentang pentingnya pendidikan, persepsi terhadap pendidikan.  Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Paud & Posyandu
KECAKAPAN HIDUP SANTRI SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN BERBASIS WIRAUSAHA DI PONDOK PESANTREN KABUPATEN PANDEGLANG Ika Rizqi Meilya
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4993

Abstract

KECAKAPAN HIDUP SANTRI SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN BERBASIS WIRAUSAHA DI PONDOK PESANTREN KABUPATEN PANDEGLANG  Ika Rizqi Meilya, ika.rizqi@untirta.ac.idJurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecakapan hidup santri setelah mengikuti pembelajaran berbasis wirausaha di Pondok Pesantren Kabupaten Pandeglang. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, serta mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal kepada pengelola, kyai, tenaga pengajar dan santri di pondok pesantren  Kabupaten Pandeglang. Adapun hasil penelitian ini adalah kecakapan hidup yang dimiliki santri setelah mengikuti pembelajaran berbasis wirausaha di pondok pesantren Kabupaten Pandeglang antara lain: a) kecakapan akademikk; b) kecakapan sosial; c) kecakapan personal; dan d) kecakapan vokasional. Kecakapan akademik yang diperoleh santri di pondok pesantren yaitu kemampuan santri dalam memahami kitab kuning,  kemampuan santri dalam berbahasa Arab & Inggris sebagai alat berkomunikasi. Sedangkan kecakapan social yang dimiliki sanri di Kabupaten Pandeglang antara lain kemampuan berkomunikasi lisan, berkomunikasi tertulis, dan bekerja sama. Untuk komunikasi personal santri di Kabupaten Pandeglang memiliki kemampuan untuk melihat potret dirinya sendiri dalam lingkungan keluarga, kebiasannya, kegemarannya, kemampuan menggali informasi, mengolah informasi, dan mengambil keputusan secara cerdas, serta mampu memecahkan masalah secara tepat dan baik. Terakhir kemampuan vokasional, santri di Kabupaten Pandeglang memiliki kemampuan berupa keterampilan pelatihan menjahit dan tata boga, tujuannya agar para santri bisa memanfaatkan dan mengembangkan keterampilan tersebut untuk membuka usaha dalam memenuhi kehidupannya. Saran dalam penelitian ini kemampuan kecakapan hidup santri di pondok pesantren kabupataten Pandeglang perlu adanya syahadah atau sertifikat sebagai bukti bahwa santri yang bersangkutan telah mengenyam pendidikan life skill. Selanjutnya kepada seluruh jajaran pengurus pendidikan life skill untuk menambahkan program pelatihan-pelatihan yang menitikberatkan pada pemanfaatan lingkungan seperti pelatihan bercocok tanam dan berkebunKata Kunci: Kecakapan Hidup, Pembelajaran Wirausaha, Pondok Pesantren
PENDAMPINGAN KETERAMPILAN PEREMPUAN PADA PELATIHAN PEMBUATAN HANTARAN PENGANTIN DI PKBM LUTHFILLAH KOTA PALANGKA RAYA Muhamad Affandi
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4890

Abstract

PENDAMPINGAN KETERAMPILAN PEREMPUAN PADA PELATIHAN PEMBUATAN HANTARAN PENGANTIN DI PKBM LUTHFILLAH KOTA PALANGKA RAYA Muhamad AffandiAffandimuhamad.pls@gmail.com(Universitas Palangka Raya) ABSTRAK Konsepsi tentang pendidikan, sebagaimana tercantum pada UU. No. 20 Tahun 2003 menggolongkan pendidikan kedalam tiga subsistem, yaitu pendidikan formal. Nonformal, dan informal. Pendidikan nonformal atau yang juga disebut dengan pendidikan luar sekolah merupakan suatu lingkup pendidikan yang kepemilikannya terfokus pada masyarakat, menyangkut kemandirian, pendanaan, pengelolaan dan aspek-aspek lainnya, yang kegiatannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian program studi pendidikan luar sekolah dengan PKBM Luthfillah sebagai mitra dalam memfasilitasipara ibu rumah tangga dan remaja putri di daerah Rindang Banua sebagai sasaran di dalam pelatihan.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan khalayak sasaran agar memiliki pengetahuan tentang pentingnya memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif yang dapat mendatangkan keuntungan, dalam hal ini yaitu melalui pendampingan pelatihan membuat hantaran pengantin. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah bahwa pengetahuan, sikap dan keterampilan yang ditampilkan peserta pada sebelum dan setelah proses pendampingan. Kondisi ini menunjukan bahwa hasil pendampingan pembuatan hantaran pengantin ini benar-benar mampu memberikan wawasan pengetahuan,sikap yang efektif dan keterampilan yang optimal. Pendampingan ini juga mampu memberikan kesadaran pada para ibu dan remaja putri, bahwa pengetahuan ini dapat menjadi sumber penghasilan jika kita jeli melihatnya. Pembuatan hantaran pengantin ini dipandang sebagai salah satu upaya penguatan sosio-ekonomi peserta pelatihan yang sebelumnya tidak pernah terpikir bernilai ekonomi tinggi, dapat menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi jika dilakukan dengan baik yang memungkinkan peluang bagi mereka untuk merintis usaha. Kata Kunci: Pendampingan, Keterampilan Perempuan, Pelatihan, Hantaran Pengantin
PROSES KEWIRAUSAHAAN DI MASYARAKAT (STUDI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUKSI KRIPIK SINGKONG DI KELURAHAN LEDOK KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA) Meilina Okky Ratnaningtyas & Utsman
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4895

Abstract

PROSES KEWIRAUSAHAAN DI MASYARAKAT(STUDI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUKSI KRIPIK SINGKONGDI KELURAHAN LEDOK KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA)Oleh:Meilina Okky Ratnaningtyas & Utsmanmeilinaokky@gmail.comutsman@mail.unnes.ac.id JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAHFAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG   ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kondisi perekonomian yang terjadi pada masyarakat dan mendiskripsikan Proses Kewirausahaan di Masyarakat.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian meliputi pemilik usaha, tenaga kerjanya, Staf Kelurahan Ledok Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga dan ketua RT. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Prosedur penelitiannya meliputi: persiapan, pelaksanaan, analisis, dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi masalah pengangguran diantaranya adalah munculnya usaha-usaha industri rumah tangga, sehingga dapat menampung tenaga kerja. Dengan demikian, maka jiwa, semangat dan unsur-unsur kewirausahaan diharapkan muncul pada diri para pelaku usaha rumah tangga tersebut untuk bisa berwirausaha dengan baik dan dapat berkembang. Kesimpulannya adalah dengan kondisi pendapatan ekonomi warga Ledok Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga yang rendah maka muncullah usaha-usaha industri rumah tangga. Namun pelaku usaha ini belum mempunyai keterampilan untuk berusaha, maka dengan jiwa, semangat kewirausahaan pelaku usaha rumah tangga dapat menjalankan maka terjadi proses kewirausahaan. Kata Kunci:         Kewirausahaan, Masyarakat
EVALUASI PROGRAM KURSUS KETERAMPILAN DI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) KARYA JELITA KOTA BANDUNG, JAWA BARAT (PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPPO) Rani Sintiawati, Basuki Wibawa, Jenny Sista Siregar
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4891

Abstract

EVALUASI PROGRAM KURSUS KETERAMPILANDI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) KARYA JELITA KOTA BANDUNG, JAWA BARAT(PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPPO) Rani Sintiawati , Basuki Wibawa & Jenny Sista SiregarJurusan Teknologi Rias & KosmetikaFakultas TeknikUniversitas Negeri JakartaRanisintiawati8@gmail.com , bwibawa_ft@yahoo.com  Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian program pelatihan sebagai kegiatan untuk menentukan tingkat efektifitas suatu program pelatihan di LKP Karya Jelita Bandung, yang berfokus pada lima aspek evaluasi yaitu context, input, process, product dan outcome sehingga dapat mengungkapkan data tentang kegiatan pelatihan program kursus  serta dampak dari hasil pembelajaran bagi peserta pelatihan kursus di LKP Karya Jelita Bandung untuk program pelatihan berikutnya. Teori yang dibahas dalam penelitian kegiatan program pelatihan kursus di LKP Karya Jelita dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif mixed methods, yang merupakan penelitian evaluasi dengan metode model evaluasi CIPPO dengan lima komponen, yaitu konteks, input, proses, dan produk serta outcome. sebagai upaya meningkatkan LKP Karya Jelita dengan program berikutnya agar  menghasilkan lulusan yang bisa berwirausaha ataupun bekerja untuk meningkatkan pendapatan keluarga, serta satuan pendidikan luar sekolah.  Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, angket dan dokumen. Analisis data menggunakan statistik Deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program di LKP Karya Jelita secara keseluruhan  menunjukkan bahwa berjalan dengan baik dengan pencapaian sesuai tujuan,yang meliputi : 1) Evaluasi context sudah sesuai dengan SOP/Peraturan yang berlaku 2) Evaluasi Input yang terdiri dari aspek prosedur seleksi penerimaan sesuai SOP LKP Karya Jelita 3) Evaluasi Proses pada aspek proses perencanaan program pelatihan tidak diawali dengan identifikasi kebutuhan programds pelatihan dikarenakan keterbatasan anggaran,selanjutnya pada aspek pelaksanaan sudah berjalan dengan baik, aspek proses monitoring telah dilakukan sesuai SOP LKP Karya Jelita 4) Evaluasi Produk, Presentase tingkat kelulusan  peserta pelatihan sebesar 100%. 5) Evaluasi Outcome, presentase tingkat keterserapan lulusan di dunia usaha dan industri serta wirausaha (outcome) . Kata Kunci : Kursus, Evaluasi, Program, CIPPO, Dampak
PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA ANAK USIA DINI Septiya Yuningsih, Achmad Rifai, Bagus Kisworo
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4896

Abstract

PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA ANAK USIA DINI  Septiya Yuningsih Achmad Rifai, Bagus KisworoPendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Semarangseptiyayuningsih1@gmail.com, rifaipls@mail.unnes.ac.id,bagus.kisworo@mail.unnes.ac.id    Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyelenggaraan pembelajaran model BCCT di PAUD Labschool Unnes. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian  terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 Guru Sentra termasuk seksi kurikulum, serta orang tua murid dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Aktivitas dalam analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian dilakukan dengan metode pendidikan berpusat pada anak dengan setting pembelajaran yang merangsang anak untuk aktif dan kreatif sehingga anak dapat belajar melalui pengalaman mainnya. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan dalam sentra meliputi pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Saran dalam pelaksanaan di sentra pembelajaran hendaknya anak diarahkan oleh guru sentra untuk bermain di kesempatan main yang lain.  Kata Kunci: Pembelajaran, Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Anak Usia Dini.
MELIRIK PENGELOLAAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DI KOTAWARINGIN TIMUR H.M. Norsanie Darlan
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4892

Abstract

MELIRIK PENGELOLAAN  PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DI KOTAWARINGIN TIMUR Oleh :H.M.Norsanie DarlanJurusan Pendidikan Luar SekolahUniversitas PalangkarayaSanie.da@yahoo.co.id   AbstrakDalam tujuan penelitian tentang evaluasi pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini akan diuraikan sebagai berikut: (1).Ingin mengetahui apakah PKBM Teratai Mekar punya cara dalam upaya  mencerdaskan kehidupan Bangsa. (2).Ingin mengetahui bagaimana PKBM Eka Bahurui dalam bekerja sama dengan pemerintah. Agar mereka dapat termotivasi dapat mengelola dengan baik. Metoda dalam penelitian ini  dengan pendekatan kualitatif sebagai subjek dalam penelitian ini adalah: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  (PKBM) yang ada di dalam wilayah kabupaten Kotim. Dan yang dijadikan subjek dalam penelitian ini, adalah pengelola, tutor dan warga belajar. Adapun yang dijadikan sumber data adalah pengelola penyelenggara PKBM dalam penelitian, tutor di lembaga penyenggara pendidikan non formal dan perangkat lainnya. Untuk memperoleh data dibantu dengan peroman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulankan adalah: (1).PKBM Teratai Mekar punya cara dalam upaya  mencerdaskan kehidupan Bangsa, dengan memberikan berbagai program agar calon warga belajar termotivasi untuk dapat dan mengikuti proses belajar; (2).Ingin mengetahui bagaimana PKBM Eka Bahurui dalam bekerja sama dengan pemerintah. Agar mereka dapat mengelola dengan baik. Dan ternyata proses pembelajaran di saat penelitian ini berlangsung masih menggunakan kantor desa atas restu pemerintah setempat. Kata Kunci : Pengelolaan dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
IMPLEMENTASI PELATIHAN PENGELASAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI UPTD SKB SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG Taufik Akbar Soleh, Tri Joko Raharjo
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/e-plus.v3i2.4897

Abstract

IMPLEMENTASI PELATIHAN PENGELASAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI UPTD SKB SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG   Taufik Akbar Soleh, Tri Joko RaharjoJurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri SemarangEmail : pls1.12007@gmail.com Abstrak Kepedulian penyelenggara pendidikan nonformal dengan lulusannya agar memiliki keterampilan dan kemampuan yang lebih untuk mengarungi hidup bermasyarakat. SKB merupakan lembaga pendidikan nonformal yang bertugas melayani membantu dan menyelenggarakan serangkaian program dalam tugasnya sebagai salah satu lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan serangkaian pelaksanaan pelatihan, hambatan dan solusi penyelesaian pelatihan pengelasan pada warga belajar kejar paket C di SKB Susukan Kabupaten Semarang. Subjek penelitian adalah kepala SKB, penyelenggara pelatihan, bagian tata usaha, tutor pelatihan dan warga belajar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pelatihan pengelasan di dasarkan pada kepedulian pihak SKB dalam mengembangkan keterampilan warga belajar dengan perencanaan program yang terencana dengan memasukan pelatihan ke dalam kurikulum. Penghambatnya kurangnya partisipasi warga belajar terhadap pelatiha. Solusi memberikan motivasi tentang pelatihan yang di lakukan akan bermanfaat dan peningkatan program.  Kata Kunci : Pelatihan, kejar paket C, SKB

Page 1 of 1 | Total Record : 10