cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Bangunan
ISSN : 08522480     EISSN : 26210959     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Bangunan terbit minimal 1 (satu) kali setahun berisi gagasan konseptual, kajian teori, praktik, penelitian, dan pengajaran dalam bidang Teknik Bangunan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 1 (2018): BANGUNAN EDISI MARET" : 6 Documents clear
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIKA TEKNIK Priyono Priyono; Pribadi Pribadi; Antelas Eka Winahyo; Tri Kuncoro
BANGUNAN Vol 23, No 1 (2018): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.695 KB) | DOI: 10.17977/um071v23i12018p%p

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang bertujuan meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan memperbaiki proses pembelajaran Mata Kuliah Fisika Teknik pada Program Studi S-1 Teknik Sipil (TS) Fakultas Teknik (FT) Universiats Negeri Malang (UM). Untuk mencapai tujuan ini diterapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning melalui Blended Learning. Dengan strategi pembelajaran ini mahasiswa akan dikondisikan untuk lebih aktif dalam belajar dan dimudahkan dalam mengakses sumberbelajar yang lebih banyak. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I tahun ajaran 2017/2018 yang memprogram mata kuliah Fisika Teknik, sebanyak 33 orang. Penelitian dilakukan mulai bulan Agustus 2017 sampai dengan bulan Desember 2018. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari : Perencanaan - Pelaksanaan - Observasi – Refleksi yang dilaksanakansebanyak tiga siklus pembelajaran. Dari analisis terhadap hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning melalui Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan memperbaiki proses pembelajaran pada matakuliah Fisika Teknik Program Studi S-1 Teknik Sipil Universitas Negeri Malang.Kata-kata kunci: Problem Based Learning, Blended Learning, Hasil Belajar, Fisika TeknikAbstract: This research is a Classroom Action Research that aims to improve student learning outcomes and improve the learning process of Physics Engineering Course at S-1 Program of Civil Engineering (TS) Faculty of Engineering (FT) Universiats Negeri Malang (UM). To achieve this goal applied the learning strategy of Problem Based Learning through Blended Learning.With this learning strategy students will be conditioned to be more active in learning and facilitated in accessing more learning resources. The subjects of the study were the students of the first semester of the academic year of 2017/2018 who programmed the subjects of Engineering Physics, as many as 33 people. The study was conducted from August 2017 to December 2018.The classroom action research flow consists of: Planning - Implementation - Observation - Reflections carried out in three learning cycles. From the analysis of the results of the study can be concluded that the implementation of learning strategies Problem Based Learning through Blended Learning can improve student learning outcomes and improve the learning process in the subjects of Physics Engineering Program S-1 Civil Engineering State University of Malang.Keywords: Problem Based Learning, Blended Learning, Learning Outcomes, Engineering Physics
OPTIMASI PROGRES PADA PELAKSANA JASA KONSTRUKSI DENGAN SOFT WARE FUZZY MATLAB R2014a Bambang Djatmiko; N. Bambang Revantoro; Suparno Suparno; Made Wena
BANGUNAN Vol 23, No 1 (2018): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.399 KB) | DOI: 10.17977/um071v23i12018p%p

Abstract

Abstrak: Adanya resiko kenaikan harga material, biaya tak terduga membengkak , sehingga progres semakin lambat bahkan bisa terjadi pemberhentian pekerjaan. Progres adalah tujuan utama dari pelaksana tanpa mengabaikan mutu, maupun aspek lain sesuai isi kontrak. Berdasarkan kajian empiris progres dioptimalkan bukan sebagai variabel output. Tujuan penelitian adalah: 1). Mengetahui model himpunan fuzzy Mamdani untuk optimasi progres ,2). Mengetahui model pemrograman optimasi progres fuzzy Mamdani MATLAB dan 3). Mengetahui hasil simulasi progres dengan komputasi fuzzy Mamdani MATLAB. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental yaitu dicoba progres sebagai variabel single out put dalam model fuzzy Mamdani sistem MISO (Multiple Input Single Output). Variabel multiple inputnya: Direct Cost, Indirect Cost, Profit dan Informal cost. Hasil penelitian adalah: 1). Model himpunan fuzzy Mamdani sistem MISO, 4 multiple input yaitu: Direct Cost (10-75 persen), Indirect Cost (10-25 persen), Informal cost (5-10 persen) dan Profit (5-15 persen) dan single output yaitu progres (kurang dari25 - lebih dari25 persen), 2). Model pemrograman optimasi indikator: Fungsi keanggotaan trapesium, Himpunan linguistik dua macam (minimum – maximum dan slow – fast), fungsi implikasi MISO , Sistem operasi “MAX - DOT”, Aturan fuzzy (if … and … then) sebesar 16 rules dan Menggunakan soft ware MATLAB R2014a dan 3) Hasil simulasi akan diperoleh progres slow jika dalam mengalokasikan dana pada variabel input tidak berimbang dan sebaliknya akan diperoleh progres fast jika alokasi dana pada variabel input berimbang.Kata-kata kunci: optimasi, Direct Cost, Indirect Cost, Informal cost, Profit dan ProgresAbstract: The risk of rising material prices, unexpected costs swell, so the progress is getting slower and even job stops. Progress is the main objective of the implementer without neglecting the quality, as well as other aspects of the contents of the contract. Based on the empirical study progress is not optimized as an output variable. The research objectives are: 1). Knowing Mamdani’sfuzzy set model for progressive optimization, 2). Know the programming model of fuzzy progressive optimization Mamdani MATLAB and 3). Knowing the results of the progress simulation with fuzzy Mamdani MATLAB computing. This research uses experimental design that is attempted progress as single out put variable in fuzzy model Mamdani MISO system (Multiple Input Single Output). Multiple input variables: Direct Cost, Indirect Cost, Profit and Informal cost.The results of the study were: 1). Fuzzy Fuzzy MISO system set model, 4 direct input (10- 75 percent), Indirect Cost (10-25 percent), Informal cost (5-10 percent) and Profit (5-15 percent) and single output progress (less than25 -more than 25 percent), 2). Optimized programming model indicator: trapezoidal membership function, linguistic set of two types (minimum - maximum and slow - fast), MISO implication function, operating system “MAX - DOT”, fuzzy rules (if ... and ...then) is 16 rules and Using soft ware MATLAB R2014a and 3) Simulation results will be obtained slow progress if in allocating funds on input variables are not balanced and vice versa will be obtained fast if the allocation of funds in input variables balanced.Keywords: optimization, Direct Cost, Indirect Cost, Informal cost, Profit and Progress
PENYUNTING PENYUNTING PENYUNTING
BANGUNAN Vol 23, No 1 (2018): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.745 KB) | DOI: 10.17977/um071v23i12018p%p

Abstract

WARNA PEMBELAJARAN PSG: PENINGKATAN TECHNICAL SKILL SISWA SMK SEBAGAI KEBUTUHAN DUNIA KERJA Blima Oktaviastuti; Luhfi Indana
BANGUNAN Vol 23, No 1 (2018): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.519 KB) | DOI: 10.17977/um071v23i12018p%p

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan serta sumbangan efektif dukungan industri dan vocational attitude terhadap hasil prakerin dan dampaknya pada technical skill siswa SMK kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan di kabupaten Ngawi, Magetan, dan Ponorogo. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif  korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 148 siswa SMK yang diambil menggunakan teknik proportionate random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket, tes, dan dokumen nilai hasil prakerin. Uji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan taraf signifikansi (Sig.) 0,05. Hasil uji hipotesis variabel pada sub-struktural 1 menghasilkan simpulan terdapat hubungan yang signifikan dan simultan antara variabel dukungan industri dan vocational attitude terhadap variabel hasil prakerin. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis variabel pada substruktural 2 diperoleh simpulan terdapat hubungan yang signifikan dan simultan antara variabel dukungan industri, vocational attitude, dan hasil prakerin terhadap variabel technical skill.  Kata-kata kunci: dukungan industri, vocational attitude, hasil prakerin, technical skill Abstract: This research aims to know the relationships as well as effective support donation industry, system of coaching, vocational attitude towards results prakerin and its impact on vocational high school (SMK) students of building drawings engineering in Ngawi, Magetan, and Ponorogo. Draft research using quantitative approach with the types of descriptive research korelasional. The sample used as many as 148 students of SMK are taken using the technique of proportionate random sampling. The instruments used in the form of the now, test, and document the value of result prakerin. Test hypotheses using path analysis with the level of significance (Sig.)0,05. The results of the test the hypothesis variable on sub-structural 1 produces a summary there is a significant relationship and simultaneous between variables industry support and vocational attitude towards the results prakerin variable. As for the results of a test of the hypothesis variable on sub-structural 2 obtained summary there is a significant relationship and simultaneous between variables industry support, vocational attitude, and the results of prakerin toward variable technical skill. Keywords: industry support, vocational attitude, results prakerin, technical skill 
IDENTIFIKASI AWAL WILAYAH PENGARUH KA KOMUTER DITINJAU DARI PENGGUNAAN MOBIL DI KOTA SURABAYA Anita Susanti; Ria Asih Aryani Soemitro; Hitapriya Suprayitno
BANGUNAN Vol 23, No 1 (2018): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.713 KB) | DOI: 10.17977/um071v23i12018p%p

Abstract

Abstrak: Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan utama transportasi yang terjadi hampir di seluruh kota-kota besar yang ada di negara Asia. Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia dalam mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas berupaya menyediakan Kereta Api Komuter bagi masyarakat yang melakukan perjalanan bolak-balik. Pada kenyatannya permasalahan kemacetan lalu lintas belum dapat teratasi disebabkan karena penggunaan kendaraan pribadi yang tidak seimbang dengan penggunaan angkutan umum sebesar 1:27. Kenyataan tersebut semakin diperburuk dengan keterbatasan bentangan layanan jalur rel Kereta Api (KA) di Kota Surabaya. Oleh karena itu wilayah pengaruh KA Komuter di Kota Surabaya penting untuk diketahui. Metode yang dilakukan pada identifikasi awal ini adalah studi literatur dan pengumpulan data primer. Hasil identifikasi awal menunjukkan bahwa wilayah pengaruh ditinjau dari KA Komuter SUSI arah Surabaya-Sidoarjo hanya diketahui pada saat menuju stasiun asal saja sebesar 3400 meter (42.86 persen). Wilayah pengaruh KA Komuter SUSI arah Sidoarjo- Surabaya pada saat menuju stasiun asal saja sebesar 4600 meter (50 persen) dan meninggalkan stasiun tujuan sebesar 4100 meter (100 persen). Wilayah pengaruh KA Komuter SULAM hanya diketahui dari arah Surabaya-Lamongan saja sebesar 4000 meter (100 persen) pada saat menuju stasiun asal dan 23000 meter (100 persen) pada saat meninggalkan stasiun tujuan. Wilayah pengaruh layanan KA Komuter SUSI dan SULAM dengan menggunakan mobil di Kota Surabaya pada saat menuju stasiun asal sebesar 4000 meter dan pada saat meninggalkan stasiun tujuan sebesar 4100 meter. Kata-kata kunci: identifikasi awal, wilayah pengaruh, mobil, KA Komuter, Kota Surabaya Abstract: Traffic congestion is a major transportation problem that occurs in almost all major cities in Asian countries. The city of Surabaya as the second largest city in Indonesia in overcoming traffic congestion issues seeks to provide the Commuter Train for people whotravel back and forth. In fact, traffic congestion problems can not be solved because of the uneven use of private vehicles with the use of public transport of 1:27. The fact is further exacerbated by the limitations of the railway service (KA) in Surabaya. Therefore, the area of KA Komuter’s influence in Surabaya City is important to know. The methods undertaken at this initial identification are literature studies and primary data collection. The initial identificationresults indicate that the area of influence viewed from the SUSI Commuter Train in the direction of Surabaya-Sidoarjo is known only at the time to the station of origin only for 3400 meters (42.86 percent). The area of influence of KA Komuter SUSI in the direction of Sidoarjo- Surabaya on the way to the station of origin is only 4600 meters (50 percent) and leaves the destination station of 4100 meters (100 percent). The area of KA Komuter SULAM’s influence is known only from the Surabaya-Lamongan direction of 4000 meters (100 percent) on the way to the originalstation and 23000 meters (100 percent) upon leaving the destination station. The area of influence of KA Komuter SUSI and SULAM train services by car in the city of Surabaya on the way to the origin station of 4000 meters and on leaving the destination station of 4100 meters.Keywords: initial identification, influence area, car, KA Komuter, Kota Surabaya
PREDIKSI PRODUKTIFITAS KERJA PADA PEKERJAAN TANAH DAN PONDASI BANGUNAN TAK BERTINGKAT Sugiyanto Sugiyanto; Made Wena
BANGUNAN Vol 23, No 1 (2018): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.863 KB) | DOI: 10.17977/um071v23i12018p%p

Abstract

Abstrak: Kelompok pekerja bangunan yang mengerjakan jenis pekerjaan pengalian tanah, pasangan anstampeng batu kali, pasangan pondasi batu kali, dan pasangan rolag diatas pondasi masih perlu mendapat perhatian, terutama munculnya faktor pengaruh ekternal dan internal dalam bekerja, sehinga mengurangi capaian hasil kerja yang masih rendah dan kurang memberi keuntungan terhadap jasa pelaksana konstruksi. Penelitian mengunakancara survei, wawancara dan observasi hasil kerja pada setiap jenis pekerjaan konstruksi kepada kelompok pekerja dari pekerja, tukang, mandor dan pelaksana di kota Malang bekerja pada jasa pengembang bangunan tak bertingkat. Hasil penelitian diperoleh sumbangan atribut pada sosio ekonomi meliputi: pengalamam profesi pekerja antara 5-7 th, pendidikan formal yang dicapai sebelum bekerja min SD, Pelatihan ketrampilan kerja yang diperolehmelalui belajar dari tukang atasan, upah satuan harian,Jarak timbunan material kerja terhadap tempat pasangan komponen konstruksi, dan penataan site material dan tempat kerja konstruksi.sumbangan pada lingkungan sarana kerja meliputi variabel: site lokasi pekerjaan konstruksi, ketersediaan material sebelum mengawali pekerjaan konstruksi, kelengkapan peralatan kerja bantu yang dimiliki oleh masing profesi, cara mengunakan material dan metode kerja, Kondisi Cuaca saat berlangsung jam kerja, Profesi tetap sebagai tenaga kerjadisektor bangunan, Koefisien upah dari kelompok pekerja dari jenis pekerjaan diperoleh dari hasil capaian produktivitas kerja real dilapangan dalam ukuran waktu kerja7 jam sehari.Kata-kata kunci: produktivitas, Jenis pekerja bangunan, koefisien upah kerjaAbstract: The group of construction workers working on the type of soil control work, the stone anstampeng pair, the stone masonry pairs, and the rolag pairs on the foundation still need attention, especially the emergence of external and internal factors of influence in work, thus reducing the achievement of the work is still low and less provide benefits to construction services. The research uses survey methods, interviews and work observations on each type of constructionwork to a group of workers from workers, builders, foremen and executors in the city of Malang working on the services of non-storey building developers. The results of the research were attributed to socio-economic attributes: work experience professions between 5-7 years, formal education achieved before min min work, vocational training obtained through learning from supervisors, daily unit wages, construction materials, and site arrangement of constructionmaterials and workplaces. contributions to the workplace environment include variables: site location of construction work, availability of materials prior to the start of construction work, completeness of the auxiliary work equipment owned by each profession, how to use materials and working methods, Weather during working hours, Profession remains as a workforce in the building sector, wage coefficient of the group of workers of the type of work obtained from the achievement of real work productivity field in the size of working time 7 hours a day.Keywords: productivity, Type of construction worker, wage coefficient of work

Page 1 of 1 | Total Record : 6