cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Bangunan
ISSN : 08522480     EISSN : 26210959     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Bangunan terbit minimal 1 (satu) kali setahun berisi gagasan konseptual, kajian teori, praktik, penelitian, dan pengajaran dalam bidang Teknik Bangunan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 27, No 1 (2022): BANGUNAN EDISI MARET" : 6 Documents clear
PENYIAPAN TENAGA KERJA PROFESIONAL DIBIDANG JASA KONSTRUKSI DAN PROPERTI PADA MASA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) Muhammad Aris Ichwanto; Isnandar Isnandar; Mohammad Musthofa Al Ansyorie
BANGUNAN Vol 27, No 1 (2022): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um071v27i12022p31-38

Abstract

Abstrak:Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah resmi mulai diterapkan sejak tahun 2015. Hal ini membuat perpindahan atau pergerakan informasi, barang, pelajar, dan tenaga kerja profesional di wilayah negara-negara ASEAN semakin lebih luas. Pada hakekatnya Indonesia telah menyiapkan sistem pendidikan untuk siap dan berkompetisi dalam MEA dengan mempersiapkan SDM yang professional. Namun masih terdapat kendala yang ditemui dalam membangun SDM berbasis kompetensi untuk borkompetisi dalam MEA. Untuk mencapai Mutual Recognition Arrangement (MRA) dibidang jasa konstruksi diperlukan sinergi stakeholder baik dari pemerintah, industri, dunia pendidikan, dan asosiasi untuk melatih dan mempersiapkan setiap individu menjadi tenaga profesional yang dapat bersaing di era MEA.Kata-kata kunci: MEA, Mutual Recognition Arrangement, Sinergi KelembagaanAbstract: The ASEAN Economic Community (AEC) has been officially implemented since 2015. This has made the movement of information, goods, students, and professional workers in the ASEAN countries increasingly wider. In essence, Indonesia has prepared an education system to be ready and compete in the MEA by preparing professional human resources. However, there are still obstacles encountered in building competency-based human resources for competition in the MEA. To achieve a Mutual Recognition Arrangement (MRA) in the field of construction services, a synergy of stakeholders from the government, industry, education, and associations is needed to train and prepare each individual to become a professional who can compete in the MEA era.Keywords: MEA, Mutual Recognition Arrangement, Institutional Synergy
SIMULASI DESAIN FASAD DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENCAHAYAAN ALAMI PADA BANGUNAN RUMAH TINGGAL DI DAERAH TROPIS Cynthia Permata Dewi
BANGUNAN Vol 27, No 1 (2022): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um071v27i12022p1-10

Abstract

Abstrak:Desain pencahayaan alami pada bangunan rumah tinggal seringkali tidak dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan maupun kondisi geografis dan lingkungan setempat. pemanfaatan pencahayaan alami pada daerah tropis seperti Indonesia dengan penyinaran yang cukup kuat sepanjang tahun merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan. Pada penelitian ini, desain fasad yang meliputi lebar dan posisi bukaan dari lantai serta kombinasi dengan tipe shading device bertujuan untuk memperoleh tingkat pencahayaan alami yang sesuai dengan standar kebutuhan pencahayaan pada bangunan rumah tinggal. Hasil penelitian menunjukkan, desain jendela selebar 0.6m dengan posisi bukaan 0.5m di R1 dan 1.5m di R2 serta penggunaan shading device berupa overhang beton 0.5m mampu menghasilkan tingkat pencahayaan dalam ruang sebesar 300 lux sebesar 50 persen dari luas ruang R2. Desain ini paling efektif dalam mencapai standar kebutuhan pencahayaan dibandingkan alternatif lainnya.Kata-kata kunci: pencahayaan alami, tingkat pencahayaan, fasad, desain bukaan shading deviceAbstract: The design of natural lighting in residential buildings is often not considered according to the needs and geographical conditions and the local environment. the use of natural lighting in tropical areas such as Indonesia with strong enough radiation throughout the year is one of the factors that must be considered. In this study, the facade design which includes the width and position of the opening from the floor as well as the combination with the type of shading device aims to obtain a level of natural lighting that is in accordance with the standard lighting needs of residential buildings. The results showed that the design of a 0.6m wide window with an opening position of 0.5m in R1 and 1.5m in R2 and the use of a shading device in the form of a 0.5m concrete overhang was able to produce an indoor lighting level of 300 lux by 50 percent of the area of R2. This design is most effective in achieving the standard of lighting requirements compared to other alternatives.Keywords: natural lighting, lighting level, facade, design of shading device openings
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK LABORATORY TRAINING BERBASIS WEB VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH TEORI DAN PRAKTIK KONSTRUKSI KAYU Priyono Priyono; Tri Kuncoro; Imam Alfianto; Isnandar Isnandar
BANGUNAN Vol 27, No 1 (2022): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um071v27i12022p11-18

Abstract

Abstrak:tujuan peneltiian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran praktik menggunakan model Laboratory Training Berbasis Web Virtual Laboratory dibandingkan mahasiswa yang belajar dengan metode konvensional pada matakuliah Teori Dan Praktik Konstruksi Kayu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester IV Prodi PTB TS FT UM, yang memprogram matakuliah Teori dan Praktik Konstruksi Kayu. Untuk uji eksperimen digunakan dua offering/ kelas, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas yang lain sebagai kelompok kontrol. Ke dua kelompok ini diasumsikan sama dalam semua segi yang relevan dan hanya berbeda dalam pemberian perlakuan. Jenis data yang diperlukan adalah data tentang hasil belajar, yang diambil dengan teknik test perbuatan. Pengembangan tes berpedoman pada kisi-kisi pokok bahasan matakuliah praktik. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan teknik uji t test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang diajar yang diajar dengan metode pembelajaran praktik laboratory training berbasis web virtual dan kelompok mahasiswa yang diajar yang diajar dengan metode pembelajaran praktik laboratory training tanpa berbasis web virtual. Hal ini berarti metode pembelajaran praktik laboratory training berbasis web virtual lebih unggul dari pada metode pembelajaran praktik laboratory training tanpa tanpa web virtualKata-kata kunci: Laboratory Training, Web Virtual, Hasil Belajar, Konstruksi KayuAbstract: The purpose of this research is to find out whether there are differences in learning outcomes between students who study with a practical learning model using a Web Virtual Laboratory-Based Laboratory Training model compared to students who study using conventional methods in the Theory and Practice of Wood Construction courses. This study uses an experimental research design. The research subjects were fourth semester students of PTB TS FT UM Study Program, who programmed the Theory and Practice of Wood Construction courses. For the experimental test, two offerings/classes were used, one class as the experimental group and the other as the control group. These two groups are assumed to be the same in all relevant aspects and differ only in the treatment given. The type of data needed is data about learning outcomes, which are taken with an action test technique. The development of the test is guided by the grid of practical subjects. To test the proposed hypothesis, the t test technique was used. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there are differences in learning outcomes between groups of students who are taught by using virtual web-based practical laboratory training learning methods and groups of students who are taught by using virtual web-based practical laboratory training learning methods. This means that the virtual web-based practical laboratory training learning method is superior to the laboratory training practice learning method without a virtual web.Keywords: Laboratory Training, Virtual Web, Learning Outcomes, Wood Construction
IMPLEMENTASI METODE PELAKSANAAN KONSTRUKSI PILE CAP PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENUNJANG PEMBELAJARAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG DI ERA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) Christian Hadhinata; M. Mirza Abdillah Pratama
BANGUNAN Vol 27, No 1 (2022): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um071v27i12022p19-30

Abstract

Abstrak:Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam mengatasi pandemi COVID-19 telah melumpuhkan banyak sektor kehidupan, terutama sektor konstruksi. Banyak proyek yang mengalami keterlambatan, penghentian pelaksanaan, dan pembengkakan anggaran. Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang tengah melaksanakan Proyek Pembangunan Gedung Penunjang Pembelajaran Universitas Negeri Malang (UM) di era PPKM. Hal ini tentunya membutuhkan suatu metode pelaksanaan dan kebijakan yang dapat menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerjanya. Pile cap merupakan sebuah konstruksi beton bertulang yang berfungsi untuk menyatukan sekelompok tiang pancang yang telah terpasang dan menyebarkan beban dari struktur di atasnya. Pile cap memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu konstruksi yang mengharuskan pelaksanan konstruksi pile cap harus menggunakan metode pelaksanaan yang sesuai. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pelaksanaan konstruksi pile cap Proyek Pembangunan Gedung Penunjang Pembelajaran UM di era PPKM. Pelaksanaan konstruksi pile cap berpedoman pada metode yang telah ditentukan oleh proyek. Metode pelaksanaan pile cap memiliki beberapa tahapan, yaitu: 1) pekerjaan persiapan; 2) pekerjaan galian, 3) pekerjaan pembobokan; 4) pekerjaan urugan dan lantai kerja; 5) pekerjaan pembesian; 6) pekerjaan bekisting; 7) pekerjaan pengecoran; dan 8) pekerjaan perawatan beton. Pelaksanaan konstruksi tersebut tentunya juga memiliki beberapa kendala yang menghambat waktu penyelesaiannya, yaitu cuaca dan keamanan pekerja. Kebijakan yang diambil oleh pelaksana proyek saat era PPKM yaitu dengan menerapkan instruksi Menteri PUPR dengan membentuk satuan tugas (satgas) pencegahan COVID-19, menyediakan fasilitas kesehatan, mengedukasi semua pekerja, hingga melakukan tindakan isolasi dan penyemprotan sarana dan prasarana kantor dan lapangan.Kata-kata kunci: pile cap, Universitas Negeri Malang, Gedung Penunjang Pembelajaran, PPKMAbstract: The Policy for the Implementation of public activity restriction (PPKM) in overcoming the COVID-19 pandemic has disabled many sectors of life, especially the construction sector. Many projects were delayed, execution halts, and budget overruns. Universitas Negeri Malang (UM) is one of the state universities currently implementing the Learning Support Building Development Project of the Universitas Negeri Malang (UM) in the PPKM era. This project requires an implementation of the method and policy that can guarantee the safety and health of its workers. Pile cap is a reinforced concrete construction that serves to unite a group of piles that have been installed and spread the load from the structure above it. It has very essential role in the construction requiring the use of the appropriate implementation method. The implementation of this study aims to analyze the method of implementing the pile cap construction of the UM Learning Support Building Development Project in the PPKM era. The implementation of pile cap construction is guided by the method determined by the project. The pile cap implementation method has several steps, such as: 1) preparation; 2) excavating soil; 3) trimming the pile; 4) backfill and lean concrete work; 5) reinforcing-bars work; 6) formwork work; 7) concrete casting; and 8) concrete maintenance. The construction implementation also has several obstacles hindering the completion time, such as weather and worker safety. The policies taken by project implementers during the PPKM era were by implementing the instructions of the Minister of PUPR by forming a COVID-19 prevention task force, providing health facilities, educating all workers, carrying out isolation measures and spraying office and field facilities and infrastructure.Keywords: pile cap, Universitas Negeri Malang, Learning Support Building, PPKM
PENYUNTING penyunting penyunting
BANGUNAN Vol 27, No 1 (2022): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um071v27i12022p%p

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK PLAMBING AIR KOTOR UNTUK PEMBELAJARAN TEORI DAN WORKSHOP UTILITAS BANGUNAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN Mujiyono, Eko Suwarno, Bayu Saptoardi
BANGUNAN Vol 27, No 1 (2022): BANGUNAN EDISI MARET
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um071v27i12022p39-52

Abstract

Abstrak:E-learning merupakan model pembelajaran dalam format digital dengan memanfaatkan sarana dan pasarana elektronik. Tujuan penggunaan e-learning dalam sistem pembelajaran adalah untuk memperluas akses pendidikan kepada masyarakat, sehingga pem-belajaran dapat diakses dengan mudah, tanpa diabatasi ruang dan waktu, interaktif, dan efektif. Pengunaan buku elektronik (e-book) merupakan salah satu sarana pembelajaran e-learning. Penelitian ini bertujuan : 1) mengembangkan bahan ajar berupa buku elektronik / e-book plambing air kotor, untuk pembelajaran teori dan workshop Utilitas Bangunan program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development / R&D); 2) validasi / menguji bahan ajar yang telah dihasilkan oleh ahli materi, ahli media, pengguna. Langkah penelitian awali dengan analisis potensi masalah, dilanjutkan dengan pengumpulan data, menyusun bahan ajar, validasi, revisi, uji coba, dan revisi bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa buku elektronik/e-book plambing air kotor dalam format.exe. Uji kelayakan / validasi bahan ajar elektronik ini oleh ahli materi, ahli media, serta uji coba pengguna oleh mahasiswa. Kesimpulan validasi bahan ajar e-book ini skor ahli materi 89 kategori sangat valid, validasi ahli media dengan skor 94 kategori valid, dan validasi pengguna (mahasiswa) dengan skor 90 kategori valid, sehingga diperoleh validitas kumulatif 91. Disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar buku elektronik / e-book Plambing Air Kotor dengan kategori valid atau layak untuk dipergunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran matakuliah Teori dan Workshop Utilitas program studi Pendidikan Teknik Bangunan jurusan Teknik Sipil.Kata-kata kunci: bahan ajar, buku elektronik, utilitas bangunanAbstract: E-learning is a learning model in digital format by utilizing electronic means and markets. The purpose of using e-learning in a learning system is to expand access to education for the community, so that learning can be accessed easily, without being limited by space and time, interactively, and effectively. The use of electronic books (e-books) is one of the means of e-learning. This study aims to: 1) develop teaching materials in the form of electronic books / e-books on sewage pumps, for theoretical learning and workshops on Building Utility of the Building Engineering Education study program. This study uses a research and development (R&D) model; 2) validation / testing of teaching materials that have been produced by material experts, media experts, users. The research step begins with an analysis of potential problems, followed by data collection, compiling teaching materials, validation, revision, testing, and revision of teaching materials. This research produces teaching materials in the form of an electronic book/e-book for plumbing dirty water in .exe format. The feasibility test / validation of these electronic teaching materials by material experts, media experts, and user trials by students. The conclusion of the validation of this e-book teaching material is that the material expert score is 89 very valid categories, media expert validation has a score of 94 valid categories, and user (student) validation with a score of 90 valid categories, so that the cumulative validity is obtained 91. It is concluded that the development of electronic book teaching materials / e-book Plumbing Dirty Water with a valid or appropriate category to be used as teaching material in learning the Theory and Utility Workshop courses in the Building Engineering Education study program majoring in Civil Engineering.Keywords: teaching materials, electronic books, building utilities

Page 1 of 1 | Total Record : 6