cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 6 (2024)" : 7 Documents clear
PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINCARE SOMETHINC Ni Putu Ayu Aryanda Wulandari; Ni Nyoman Rsi Respati
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 6 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i06.p01

Abstract

Tren produk kecantikan dan kesadaran untuk merawat diri semakin meningkat selama pandemi Covid-19. PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan peningkatan tersebut dijadikan peluang oleh Somethinc, salah satu brand yang viral saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran brand image dalam memediasi social media marketing terhadap purchase intention produk skincare Somethinc pada pengguna Instagram di Kota Denpasar. Metode yang digunakan ialah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sample yang digunakan sebanyak 110 responden yang belum pernah membeli produk skincare Somethinc. Penelitian ini menemukan bahwa brand image memediasi secara parsial antara social media marketing terhadap purchase intention. Berikutnya, ditemukan hasil bahwa semua hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa brand image yang baik dari persepsi konsumen terhadap segi kualitas, pengguna, visual, dan keunikan Brand Somethinc dapat memengaruhi penerapan social media marketing dalam meningkatkan purchase intention konsumen pada produk skincare Somethinc. Implikasi penelitian ini secara teoritis memberikan kontribusi empiris terhadap hubungan brand image, social media marketing, dan purchase intention, serta secara praktis sebagai bahan referensi bagi perusahaan Somethinc dalam membangun brand image yang baik.
PENGARUH PRESTASI KERJA TERHADAP PROMOSI JABATAN DAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Diyan Ranuseto; I Gusti Ayu Dewi Adnyani
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 6 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i06.p06

Abstract

UTPD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Denpasar memegang peranan penting dan strategis untuk meningkatkan pendapatan Daerah Provinsi Bali, sehingga perlu didukung oleh sumber daya aparatur yang handal yang memiliki kemampuan professional, namun faktanya masih terdapat permasalahan terhadap promosi jabatan yang disebabkan oleh kurangnya disiplin kerja pegawai dan prestasi kerja pegawai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Prestasi Kerja Terhadap Promosi Jabatan dan Disiplin Kerja sebagai Variabel Mediasi pada UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Denpasar dengan menggunakan metode sampel jenuh, dimana seluruh populasi penelitian dipilih menjadi responden sebanyak 64 orang pegawai melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prestasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jabatan pada UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Denpasar, prestasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pada UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Denpasar, Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jabatan pada UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Denpasar, Disiplin kerja merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh antara prestasi kerja terhadap promosi jabatan pada UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Denpasar. Implementasi dari penelitian ini yakni diharapkannya pemimpin memberi keadilan dalam promosi jabatan, sehingga pegawai memiliki rasa nyman dan setia terhadap perusahaan, serta dapat membuat pegawai memiliki disiplin kerja dan memperoleh prestasi kerja yang meningkat.
PERBANDINGAN TINGKAT KINERJA BANK BERBASIS RGEC SELAMA DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19 PADA PERBANKAN DI BEI Ni Wayan Eva Santhi Rahayu; Henny Rahyuda
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 6 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i06.p02

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan perbedaan kinerja keuangan bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama pandemi dan sesudah pandemi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non Perfoaming Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Good Corporate Governance (GCG), Net Interest Margin (NIM), Return On Assets (ROA), dan Capital Adequancy Ratio (CAR). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2020 dan 2022. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 43 perusahaan perbankan konvensional. Dari populasi tersebut digunakan metode sampling dengan teknik purposive sampling. Kriteria yang digunakan pada teknik ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2020 dan 2022 dan perusahaan perbankan yang secara lengkap telah mempublikasikan laporan tahunan periode 2020 dan 2022. Hasil sampling ini berjumlah 30 perusahaan perbankan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, Paired T-Test dan Wilcoxon Sign Test. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan bank konvensional yang diukur dari rasio NPL, LDR, NIM, ROA, dan CAR selama pandemi dan setelah pandemi. Sedangkan untuk rasio GCG tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan bank konvensional selama dan setelah pandemi. Walaupun terdapat perbedaan pada rasio-rasio keuangan selama dan sesudah pandemi, nilai rasio-rasio tersebut masih berada pada batasan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu, selama pandemi perbankan dapat bertahan dan sesudah pandemi perbankan terus mengalami pemulihan dengan peningkatan kinerja. Informasi ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi masyarakat dalam menggunakan layanan bank dan bagi pihak manajemen bank untuk meningkatkan kualitas dan kinerja perbankan.
PERAN PROFITABILITAS MEMEDIASI PENGARUH LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Putu Astriwira Putri; Anak Agung Gede Suarjaya
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 6 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i06.p07

Abstract

Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal yang dapat memengaruhi yaitu leverage, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh leverage dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, dengan memilih perusahaan sektor industri barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia sebagai ruang lingkup penelitian. Jenis data dalam penelitian adalah data sekunder diperoleh dari www.idx.com. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode simple random sampling dengan rumus slovin dan didapatkan 70 perusahaan sektor industri barang konsumen primer periode 2020-2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Profitabilitas mampu memediasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan dan pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan
PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Hanni Luthfiya; Made Surya Putra
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 6 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i06.p08

Abstract

Dalam meningkatkan keefektifan fungsi dari suatu organisasi diperlukannya memperhatikan extra-role dari karyawan agar dapat membuat lingkungan yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh perceived organizational support terhadap organizational citizenship behavior dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi Hotel Kelapa Retreat & Spa. Jumlah sampel dan populasi yang digunakan dari penelitian ini yaitu sebanyak 43 orang karyawan. Metode penentuan sampel yang digunakan Sampling Jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Kepuasan kerja memediasi pengaruh antara perceived organizational support terhadap organizational citizenship behavior. Implikasi teoritis penelitian ini memberikan sumbangan pada teroi pertukaran sosial. Implikasi praktis penelitian ini sebagai masukan Hotel Kelapa Retreat & Spa sehingga bisa meningkatkan produktivitas karyawan.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIMEDIASI OLEH SELF EFFICACY DI HOTEL TJAMPUHAN I Nyoman Aryana; I Gusti Made Suwandana
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 6 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i06.p04

Abstract

Permasalahan terkait penurunan kinerja yang terjadi dimana karyawan sering tidak bersemangat dalam bekerja selain itu lingkungan kerja yang di ciptakan seperti hubungan antara karyawan masih kurang dan fasilitas kerja yang belum memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh self efficacy di Hotel Tjampuhan dengan jumlah sampel 103 orang karyawan dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pendekatan wawancara dan kuesioner dan data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap self efficacy. Self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan self efficacy mampu memediasi secara parsial pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Implikasi Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi pimpinan dalam memperhatikan kinerja karyawan dengan mempertimbangkan lingkungan kerja dan self efficacy
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Sang Ayu Putu Kayana Manacika; Komang Agus Satria Pramudana
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 6 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i06.p05

Abstract

Penelitian menggunakan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi dalam menjelaskan pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini berlokasi di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif serta analisis inferensial yaitu analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Demikian dapat disimpulkan apabila kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dinilai baik dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan secara positif. Implikasi dari penelitian secara teoritis mendukung hasil penelitian sebelumnya yakni kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel pemediasi. Implikasi praktis penelitian bagi perusahaan yaitu sebagai gambaran yang dapat membantu dalam menyusun strategi bisnis yang tepat sesuai dengan pola perilaku konsumen yang tercermin dari jawaban responden dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue