cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2016)" : 25 Documents clear
PENGARUH STRES KERJA PADA TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI KEPUASAN KERJA AGEN AJB BUMIPUTERA 1912 K. Ayu Budiastiti Purnama Dewi; I Made Artha Wibawa
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Turnover intention yaitu faktor ketidaknyamanan yang dialami agen di dalam suatu perusahaan. Turnover intention perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi organisasi dengan mengurangi stres dan meningkatkan  kepuasan kerja di dalam perusahaan. Dalam penelitian ini sampel terkumpul sebanyak 66 responden menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan berupa measurement model dan analisis jalur. Hasil penelitan ini menunjukkan stres kerja berpengaruh langsung secara positif pada turnover intention agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Renon Denpasar, stres kerja berpengaruh negatif pada kepuasan kerja agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Renon Denpasar dan kepuasan kerja berpengaruh negatif pada turnover intention agen AJB Bumiputera 1912 Cabang Renon Denpasar. Saran untuk AJB Bumiputera 1912 Cabang Renon Denpasar, yaitu untuk memperkecil tingkat stres kerja diupayakan meningkatkan kualitas supervisi agar meredam konflik kerja, untuk meningkatkan kepuasan kerja maka pimpinan harus memberikan kesempatan untuk maju agar kinerja searah.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DISIPLIN KERJA DAN IMBALAN FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN Kadek Gelgel Atmayana; Ayu Desi Indrawati
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.324 KB)

Abstract

The aim of this study was to determine the effect of transformational leadership, work discipline and financial rewards to employee performance Karma Tour and Travel Bali. This research was conducted in Karma Tour and Travel Bali with data analysis technique multiple linear regression. The number of samples obtained by using census method is as much as 89 respondents. Results of the analysis may conclude transformational leadership, work discipline and the financial rewards simultaneously positive effect on employee performance Karma Tour and Travel Bali. Transformational leadership, work discipline and financial rewards positive and significant impact on performance. This can be evidenced from the t value greater than t table. Financial rewards are the variables that most affect the performance of employees at Karma Tour and Travel Bali.
PENGARUH PENGUMUMAN PERUBAHAN HARGA BBM AWAL PEMERINTAHAN JOKOWI-JK TERHADAP REAKSI PASAR MODAL INDONESIA Shinta Febriyanti; Henny Rahyuda
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.078 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian  ini  adalah untuk mengetahui pengaruh pengumuman perubahan harga BBM terhadap reaksi pasar dengan melihat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman perubahan harga BBM. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang masuk dalam LQ 45 periode Agustus 2014 – Januari 2015, menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan. Periode jendela peristiwa yang digunakan selama 11 hari dengan teknik analisis data yaitu Wilcoxon Signed Rank. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman kenaikan harga BBM. Pada pengumuman penurunan harga BBM mendapatkan hasil yang menujukkan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL, DUKUNGAN SOSIAL, DAN IKLIM ETIKA TERHADAP TURNOVER INTENTION Dewa Ayu Putu Kharismawati; I Gusti Ayu Manuati Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.835 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komitmen organisasional, dukungan sosial, dan iklim etika terhadap turnover intention. Penelitian dilakukan terhadap karyawan Guest Services Assistant di PT Indonesia AirAsia Denpasar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 114 dan dengan menggunakan rumus Slovin maka didapat sampel sebanyak 53 responden ditentukan melalui random sampling method. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Liner Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasional, dukungan sosial, dan iklim etika berpengaruh negatif terhadap turnover intention karyawan Guest Services Assistant di PT Indonesia AirAsia Denpasar. Tingginya komitmen, dukungan sosial, dan iklim etika dalam perusahaan mampu menekan tingkat turnover intention karyawan.
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGASNISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA VILLA MAHAPALA SANUR-DENPASAR I Ketut Febri Ananta; I.G.A Dewi Adnyani
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.072 KB)

Abstract

Produktivitas karyawan dapat muncul apabila disiplin kerja dan budaya organisasi sebagai salah satu faktor yang memperngaruhinya dapat dilaksanakan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Hal itu tentunya dapat memberi  kontribusi secara positif bagi perusahaan. Villa Mahapala Sanur sebagai lokasi penelitian dengan jumlah respo.nden seba.nyak 56 orang karyawan dipilih menjadi sampel dengan metode sensus. Tek.nik analisis data ya.ng digun.akan untuk menguji hipo.tesis adalah anal.isis reg.resi li.nier berga.nda untuk menge.tahui pengaruh sim.ultan dan par.sialnya serta mene.ntukan variabel lebih besar yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Hasil ana.lisis dike.tahui bahwa variabel disiplin kerja dan budaya organisasi berpe.ngaruh signi.fikan secara simu.ltan terhadap produktivitas kerja karyawan pada Villa Mahapala Sanur. Variabel disiplin kerja dan budaya organisasi  berpengaruh positif dan signif.ikan secara pa.rsial terhadap produktivitas kerja karyawan pada Villa Mahapala Sanur. Vari.abel disiplin kerja berpe.ngaruh lebih besar terhadap produktivitas kerja kary.awan pada Villa Mahapala Sanur.
NIAT BERWIRAUSAHA DIKALANGAN MAHASISWA (Studi:Mahasiswa Program Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana) Erri Nugraha Deri; I Wayan Santika; I G A Ketut Giantari
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.933 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat berwirausaha dari mahasiswa Program Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Beberapa faktor yang digunakan untuk menjelaskan niat berwirausaha diantaranya adalah norma subyektif, sikap berwirausaha, persepsi kontrol perilaku dan kebutuhan berprestasi. Penelitian ini dilakukan di Program Reguler FEB Unud Bukit Jimbaran. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 317 responden dengan menggunakan teknik probability sampling, khususnya Proportionate Stratified Random Sampling. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan keempat variabel bebas (norma subyektif, sikap berwirausaha, persespsi kontrol perilaku dan kebutuhan berprestasi) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Program Reguler FEB Unud.
PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEDULIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI KOSMETIK HIJAU MEREK THE BODY SHOP Ni Putu Heppy Nilasari; Made Wulandari Kusumadewi
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.624 KB)

Abstract

Dengan adanya keinginan masyarakat akan keramahan lingkungan, membuat banyak kalangan pengusahan yang berusaha melakukan inovasi terhadap strategi green product. The Body Shop adalah salah satu produk yang bersifat alami yang bergerak dalam bidang kecantikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan pengaruh dari kepedulian lingkungan terhadap niat beli yang dimediasi sikap. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki niat beli  pada  kosmetik  hijau merek  The Body Shop di Kota Denpasar. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 110. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap secara positif signifikan memediasi pengaruh kepedulian lingkungan terhadap niat beli kosmetik hijau merek The Body Shop di Kota Denpasar. Dengan penelitian ini, diharapkan The Body Shop harus mempertahankan evaluasi secara periodik mengenai produk yang dipasarkan dan tetap melakukan upaya optimal dalam melindungi lingkungan untuk mempertahankan integritasnya.
PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR KEPEMILIKAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN EFEKTIVITAS USAHA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Dame Prawira Silaban; Ni Ketut Purnawati
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.853 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect Profitability, Ownership Structure, Corporate Growth and Business Effectiveness against Dividend Policy. Dividend policy is important for investors, because investors tend mengingankan profit to be distributed as dividends, while the company wants on hold in order to finance investment in the future akandating, it is necessary to determine the factors that influence the dividend policy. This study was performed on companies listed in Indonesia Stock Exchange 2010-2013. The number of samples taken is 8 companies. The sampling method in this study using purposive sampling and using regression analysis techniques berganda. This study indicate that profitability, ownership structure, and the effectiveness of efforts partially positive effect on the dividend policy, while the business growth negative effect on dividend policy
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KINERJA KARYAWAN DI NATYA HOTEL, KUTA BALI Ni Komang Sri Wahyudi; I Gede Adnyana Sudibya
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.945 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of  job satisfaction on organizational commitment, job satisfaction to determine the effect on employee performance, to determine the effect of organizational commitment to employee performance in Natya Hotel, Kuta, Bali. This research was conducted in Natya Hotel Kuta Bali. Sampling method nonprobability sampling that the saturation sampling with 45 respondents. Data analysis method used is the analysis of the path (path). The analysis showed that job satisfaction is positive and significant effect on organizational commitment, job satisfaction and significant positive effect on employee performance and organizational commitment and significant positive effect on employee performance. Based on the research results, the company Natya Hotel Kuta Bali should retain and increase the job satisfaction of employees to be more motivated to work thus increasing commitment to the company and improve performance.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGUS HAYDEN HOTEL KUTA, BALI I Made Amerthadi Sanjiwani; I Wayan Suana
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.005 KB)

Abstract

Hotel is said to be the world who provide services service industry lodging accommodations. bermunculanya various models of the hospitality industry that provides services with a personal strength such as facilities, pose stiff competition. Bagus Hayden Hotel is one of the company service providers are already widely known accommodation in Kuta Bali. This study aimed to influence transformational leadership style, job satisfaction, and organizational commitment to employee performance at Bagus Hayden Hotel. With a data analysis technique multiple linear regression and using Slovin formula as much as 56 respondents. Analysis prove transformational leadership style, job satisfaction, and organizational commitment simultaneous and partial effect on the performance of employees at Bagus Hayden Hotel. job satisfaction dominant direct influence on the performance of employees at Bagus Hayden Hotel.

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue