cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 6 (2019)" : 25 Documents clear
PENGARUH KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS, DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA LPD DI KOTA DENPASAR I Gst Ayu Nyoman Krisnia Putri; I Ketut Mustanda
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.042 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p03

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, dan Non Performing Loan terhadap Profitabilitas. Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Perkreditan Desa di Kota Denpasar periode 2015 sampai 2017. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 LPD. dengan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi non participant yaitu melalui observasi dilakukan terhadap dokumen publikasi data laporan keuangan LPD. Jenis data yaitu data Kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa Kecukupan Modal dan Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas hal ini menunjukkan bahwa Kecukupan Modal dan Likuiditas berpengaruh terhadap kenaikan atau peningkatan profitabilitas, sedangkan Non Performing Loan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas hal ini menunjukkan bahwa apabila terjadi peningkatan pada Non Performing Loan maka Profitabilitas mengalami penurunan. Kata Kunci : kecukupan modal, likuiditas, NPL, profitabilitas
PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN Nadhifa Faisal; I Gusti Ayu Manuati Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.577 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p16

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompensasi, lingkungan kerja, dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasional karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Harum Indah Sari Tours & Travel Denpasar yang berjumlah 171 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional incidental sampling dengan pendekatan Slovin sebagai metode penentuan sampel, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 63 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompensasi, lingkungan keja, dan budaya organisasi berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional karyawan. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa semakin baik kompensasi, semakin baik lingkungan kerja, serta semakin kuat budaya organisasi maka akan semakin tinggi komitmen organisasional karyawan PT. Harum Indah Sari Tours & Travel Denpasar. Kata Kunci: kompensasi, lingkungan kerja, budaya organisasi, komitmen organisasional karyawan.
PENGARUH LIKUIDITAS, EFISIENSI, DAN UKURAN BANK TERHADAP PROFITABILITAS Ni Putu Yuniari; Ida Bagus Badjra
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.76 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p08

Abstract

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba atau ukuran efektivitas pengelolaan manajemen perusahaan. Rasio profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return On Asset (ROA). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, efisiensi dan ukuran bank terhadap kebijakan profitabilitas pada bank umum milik negara dan bank asing di Indonesia. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah sampel jenuh, selama periode 2013-2017. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, efisiensi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, ukuran bank berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas serta terdapat perbedaan profitabilitas antara bank umum milik negara dengan bank asing di Indonesia. Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Efisiensi, Ukuran Bank
PERAN SHOPPING EMOTION DALAM MEMEDIASI PENGARUH ATMOSFER RITEL DAN PROMOSI TERHADAP IMPULSE BUYING Ni Putu Krisna Diah Rani; Ni Made Purnami
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.046 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p21

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh atmosfer ritel, dan promosi terhadap emosi, untuk menjelaskan pengaruh atmosfer ritel, promosi, dan emosi terhadap impulse buying, untuk menjelaskan peran emosi sebagai pemediasi atas hubungan antara atmosfer ritel dan promosi terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Mall Bali Galeria. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah berbelanja di Hypermart Mall Bali Galeria dan pernah melakukan Impulse Buying. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 108 responden. Data di analisis menggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer ritel, dan promosi berpengaruh positif terhadap emosi. Atmosfer ritel, promosi, dan emosi berpengaruh positif terhadap impulse buying. Emosi memediasi hubungan antara atmosfer ritel dan promosi terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Mall Bali Galeria. Kata Kunci: atmosfer ritel, promosi, emosi, impulse buying
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA Putu Sofia Andi Dewi; Anak Agung Ayu Sriathi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.914 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap turnover intention dan juga mengetahui peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh antara stres kerja dan turnover intention. Hasil analisis menunjukan bahwa stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan kerja memediasi stres kerja terhadap turnover intention. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 72 orang karyawan, dengan metode proportionate stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dan uji sobel. Untuk menurunkan turnover intention, pihak rumah sakit harus dapat mengendalikan tingkat stres karyawan dengan cara memperhatikan antara beban kerja yang diberikan dengan kapasitas kerja individu dan juga waktu diberikan dalam menyelesaikan pekerjaan. Pihak rumah sakit juga disarankan memberikan penghargaan kepada karyawan yang sudah mengerjakan tugasnya dengan baik. Kata kunci : stres kerja, kepuasan kerja, turnover intention
PENGARUH KOMPENSASI NON FINANSIAL, LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN I Made Dwi Putra Arimbawa; I Gusti Ayu Ketut Giantari
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.711 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p04

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompensasi non finansial, lingkungan kerja fisik dan kompetensi menjelaskan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Tish Gianyar. Ukuran sampel sebanyak 39 orang karyawan yang di ambil dengan menggunakan metode penentuan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa kompensasi non finansial, lingkungan kerja fisik dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan. Untuk menumbuhkan rasa kepuasan kerja karyawan kompensasi non finansial dari pihak pimpinan penting untuk terus memberi motivasi terhadap karyawan. Lingkungan kerja fisik dan kompetensi juga harus terus ditingkatkan untuk menjaga lingkungan kerja yang telah ada. Kata Kunci: kompensasi non finansial, lingkungan kerja fisik, kompetensi, kepuasan kerja
PERAN SHOPPING ENJOYMENT MEMEDIASI PENGARUH HEDONIC MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING Putu Cindy Clarista Darmaningrum; I Putu Gde Sukaatmadja
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.854 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p17

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran shopping enjoyment memediasi hedonic motivation terhadap impulse buying. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Stradivarius Beachwalk. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 105 responden, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan shopping enjoyment mampu memediasi secara parsial hedonic motivation terhadap impulse buying. Selanjutnya hedonic motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying; hedonic motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap shopping enjoyment; shopping enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying; serta shopping enjoyment berperan sebagai variabel mediasi antara hedonic motivation dan impulse buying. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan bahwa hedonic motivation dan shopping enjoyment yang baik sangat mempengaruhi impulse buying konsumen di Stradivarius Beachwalk. Kata kunci: hedonic motivation, shopping enjoyment, impulse buying
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA RESTORAN QUEEN’S TANDOOR SEMINYAK Gede Dirga Pranata; I Gusti Salit Ketut Netra
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.035 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p09

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh stres kerja terhadap turnover intention melalui mediasi komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan di restoran Queen’s Tandoor Seminyak di Kabupaten Badung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 orang karyawan, melalui metode nonprobability sampling, khususnya sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Komitmen organisasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Komitmen organisasional dapat memediasi pengaruh stres kerja terhadap turnover intention. Manajemen sebaiknya memperhatikan pembebanan pekerjaan agar tidak melebihi kemampuan karyawan yang dapat mengakibatkan stres kerja dan meningkatkan keterlibatan karyawan di dalam perusahaan. Kata kunci: stres kerja, komitmen organisasional, turnover intention
PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PERSEPSI NILAI DAN PENGALAMAN TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI (Studi kasus pada Toyota Avanza di Kota Denpasar) Ketut Adi Ananta Shantika; Putu Yudi Setiawan
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.251 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p22

Abstract

Bagi perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terciptanya niat membeli kembali untuk meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai, pengalaman, dan kepuasan pelanggan sebagai penyebab terciptanya niat membeli kembali. Penelitian ini dilakukan pada Toyota Avanza di Kota Denpasar. Jumlah sampel digunakan sebanyak 124 responden, dengan metode non-probability sampling, khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukdengan menyebarkan kuisioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS serta uji sobel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa persepsi nilai, pengalaman, dan kepuasan pelanggan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali. Hal ini mengindikasikan, semakin baik nilai yang dirasakan oleh pelanggan, semakin baik pengalaman yang dialami oleh pelanggan dan semakin puas pelanggan akan suatu produk dapat meningkatkan niat pelanggan tersebut untuk kembali melakukan pembelian pada produk tersebut di masa yang akan datang. Selain itu, persepsi nilai dan pengalaman secara tidak langsung dapat mempengaruhi niat membeli kembali melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi.
PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PULL&BEAR KUTA – BALI I Gusti Nyoman Wiradarma; I Gusti Agung Ketut Gede Suasana
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 6 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.018 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai pemediasi. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan dengan jenjang pendidikan terakhir minimal SMA/sederajat yang pernah melakukan transaksi di Pull&Bear Kuta – Bali lebih dari satu kali dalam satu tahun terakhir. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 105 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis dengan uji asumsi klasik dan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil ini menegaskan bahwa perusahaan diharapkan memerhatikan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mampu menciptakan rasa loyalitas pelanggan.

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue