cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 23551925     EISSN : 25808915     DOI : -
Core Subject : Education,
TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wishes to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at madrasah ibtidaiyah / elementary schools. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL" : 10 Documents clear
Implementasi Pancasila Dalam Pembangunan Dibidang Pendidikan Putri, Ade Lia; Charista, Fhara Dwika Feby; Lestari, Sri; Trisiana, Anita
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4536.144 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.5666

Abstract

Salah satu aspek terpenting dalam membangun suatu negara yaitu pendidikan. Untuk membangun pendidikan di Indonesia perlu diterapkan nilai-nilai pancasila didalamnya, sehingga pembangunan dibidang pendidikan dapat membentuk manusia yang berkualitas dan dijiwai oleh nilai- nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data dan membandingkan data yang  telah ada. Hasil dari penelitian ini untuk menaikkan kualitas pendidikan indonesia seperti : banyaknya lembaga pendidikan, fasilitas yang memadai dan merata di indonesia, dan agar dapat  meningkatkan sumber daya manusia yang lebih unggul dan berlandaskan pancasila didalamnya. Sistem Pendidikan dalam metode belajar mengajar harus didasarkan dengan nilai-nilai Pancasila agar teratur dan tearah prosesnya sehingga mewujudkan tujuan Pendidikan yang sebenarnya. Rendahnya kualitas Pendidikan Indonesia yaitu efektivitas yang masih rendah, efesiensi pengajaran Indonesia, dan standarisasi Pendidikan Indonesia yang sering disalah artikan. Jika Pendidikan di Indonesia berkualitas maka sangat bermanfaat bagi sumber daya manusia . 
Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Milenial maya veri oktavia
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.895 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.5834

Abstract

Era milenial juga disebut era gangguan yang ditandai dengan teknologi yang didasarkan pada kecerdasan buatan. Era ini ditandai dengan empat perubahan, yaitu volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas, perubahan secara signifikan berdampak pada semua pendidikan. Salah satu perubahan yang ditunjukkan adalah  karakteristik. Ada beberapa karakteristik dalam pendidikan, antara lain kreatif dan inovatif, sifat berpikir kritis, integrasi ilmu pengetahuan, mudah untuk mendapatkan pengetahuan, komunikatif dan kolaboratif, menghormati perbedaan pendapat dan pendidikan sepanjang hayat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara ekstensif dan menggambarkan kepemimpinan kepala sekolah untuk menghadapi dampak dari era Milenium. Penelitian ini telah menggunakan metode kualitatif deskripsi yang dapat memberikan hasil mendalam-teoritis analisis. Perspektif kepemimpinan kepala sekolah di era Milenium harus melibatkan semua bagian yang berkorelasi dengan sekolah, tidak hanya di dalam sekolah tetapi juga bagian luar sekolah. Semua bagian manajemen sekolah dalam perencanaan dan organisasi, pengambilan keputusan, dan pengendalian kebijakan dapat dibahas secara demokratis antara kepala sekolah dan semua staff. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang baik. Dengan kata lain, kepemimpinan yang efektif adalah keterampilan penting untuk dikuasai oleh kepala sekolah di era Milenium. Jika kepala sekolah bisa menjadi keterampilan manajerial yang efektif dan sukses, pengaruh mereka cenderung mengarah pada produktivitas jangka panjang dan pengembangan sekolah. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa memiliki kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah dapat memimpin kualitas sekolah yang baik di era Milenium ini
Curriculum Review Of Fun School Movement maya veri oktavia; Hendro Widodo
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.355 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.5836

Abstract

Some individuals of education have agreed to state that the heart of education is in the curriculum. A curriculum contains many constructive elements so the learning runs optimally. A national curriculum that is the basic guidelines for a task force to develop a curriculum that allows for educational programs to adapt to the local needs and potential. This main goal of this research was to know extensively and describe the curriculum of fun School movement . This research have used qualitative description method that can give  result of in- depth- theoretically analysis. Through the fun school movement implementation, Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta elementary school compiled a regular school curriculum combined with curriculum 2013. The application of GSM curriculum  impacts to substraction of bullying cases dan embodiment of fun learning atmosphere.  
Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar Sidqi Salsabilla; Ashif Az Zafi
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.178 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.6240

Abstract

Kecerdasan  tidak hanya dinilai dari satu sisi pandang, akan tetapi terdapat kecerdasan verbal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan emosional,  yang dimiliki setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Kecerdasan Interpersonal pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan  metode destriptif dan dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil pada penelitian pembelajaran dengan meningkatkan  kecerdasan  interpersonal bahwa kecerdasan interpersonal siswa tidak sama, ada beberapa siswa atau peserta didik yang memiliki kecerdasan yang berkategori atas ada juga yang berkategori menengah atau sedang ada juga yang berkategori bawah atau rendah. Pada kategori tinggi memiliki rentang pada 11-16, sedangkan yang sedang atau menengah pada rentang 6-10, yang terakhir pada kategori bawah atau rendah pada rentang 1-5.
Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran Ina Magda Lena; Indah Ayu Anggraini; Wahyuni Desti Utami; Salsa Bila Rahma
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.468 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.5585

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya merupakan proses dari dalam diri untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan didalam dan diluat diri. Pengembangan minat dan bakat merupakan salah satunya. Minat dan bakat merupakan salah satu kunci untuk peserta didik Tulisan ini adalah hasil penelitian hasil kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tentang minat dan bakat peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan bakat mengacu pada hasil pemahaman peserta didik. Strategi yang diterapkan guru kelas adalah dengan memberikan materi minat dan bakat kedalam materi pembelajaran, memilih metode dan media yang tepat, remedial, membangun komunikasi, memberikan teladan, memberi apresiasi dan pengetahuan, mengidentifikasi dan memilih progam bantuan. Kompetensi guru kelas masih perlu ditingkatkan agar minat dan bakat siswa dalam belajar bisa lebih baik dari sebelumnya. 
Pengaruh Penggunaan Metode Ummi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Syaiful Arif; Shilvi Nofita Sari
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.585 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.6800

Abstract

Metode pengajaran al Quran yang digunakan madrasah cukup banyak variannya, salah satunya yang berkembang di Madrasah lingkungan Ponorogo adalah Metode Ummi. Metode ini dianggap cukup efektif menentukan keberhasilan belajar al Quran oleh madrasah dan Metode Motivas Belajar salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan hal yang mampu mendorong dan memberikan semangat kepada peserta didik agar giat belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode Ummi dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca al Quran siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode ummi dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca Al-Quran dengan hasil Fhitung 15,567 Ftabel 3,21, yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil persentase sebesar 46,2% sedangkan 53,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode ummi dan motivasi siswa terhadap kemampuan membca Al-Quran.
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Yang Berorientasi Pada Hasil Belajar Pada Sub Tema Energi Samsul Hadi
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.144 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.5699

Abstract

Pembelajaran berbassis PBL merupakan pembelajaran yang menuntut aktif siswa untuk memecahkan masalah dunia nyata sehingga berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran berbasis PBL dan juga untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis PBL terhadap hasil belajar. Pendekatan penilitian yang dipakai merupakan pendekatan penelitian kuantitaif dengan metode pra experimental desain menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test Desain. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 26 siswa. Untuk hasil data angket respon pembelajaran berbasis PBL memperoleh rata-rata siswa memberikan respon positif terhadap terlaksananya pembelajaran PBL dengan hasil angket siswa meberikan penilaian sebesar 94.3% . dan hasil uji analisis menggunakan uji N-gain didapati hasil 0,46 dan masuk pada kategori sedang artinya terjadi peningkatan hasil belajara sebelum dan sesudah perlakuan pada kategori sedang. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL La'ali' Nur Aida; Dewi Maryam; Fia Febiola; Sari Dian Agami; Ulya Fawaida
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.501 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.6081

Abstract

Siswa memiliki tingkat pemahaman materi yang berbeda-beda, termasuk dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam yang monoton menggunakan metode ceramah. Terkadang siswa sulit menangkap apa yang dijelaskan oleh guru khususnya pada materi kompleks seperti fiqih dan materi panjang seperti sejarah kebudayaan islam. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan suatu inovasi pembelajaran guna menjawab permasalahan siswa terkait pemahaman materi. Inovasi yang akan dibahas dalam artikel ini merupakan pengembangan media audiovisual untuk Pendidikan Agama Islam(PAI). Metode penelitian menggunakan kajian pustaka (library research) yang dikumpulkan dari buku dan jurnal. Dengan pengembangan inovasi media audiovisual, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi Pendidikan Agama Islam dan memberikan suasana baru dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dengan perkembangan teknologi, pengaksesan media audivisual dalam pembelajaran semakin mudah. Situs paling popular yang menyediakan akses media audiovisual yaitu Youtobe. Peran pendidik dalam pemutaran video pembelajaran sebagai pembimbing. Sehingga dengan media ini dapat membentuk efektifitas belajar siswa.
Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Nurul Hidayah; Riska Wahyuni; Anton Tri Hasnanto
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.322 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.6182

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di SD Negeri 1 Siliwangi dan MI Miftahul Falah Siliwangi Pringsewu yaitu media pembelajaran yang belum bervariatif dan sumber belajar, keterbatasan alat  dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ada kemudian dikembangkan dengan media pembelajaran pop-up book. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama menghasilkan media pembelajaran berupa buku pop-up pada pembelajaran menulis narasi Bahasa Indonesia kelas IV di SD/MI, kedua mengetahui keefektifan media dengan mengetahui respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran pop-up book, ketiga mengetahui respon kelayakan validasi terhadap media pembelajaran pop-up book. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (RD). Produk divalidasi oleh 6 dosen serta 2 pendidik yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Produk diuji coba pada peserta didik dikelas IV pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan memberikan angket. Hasil validasi  oleh ahli media memperoleh 93%, ahli materi memperoleh 93%, ahli bahasa memperoleh 95%. Respon pendidik memperoleh 96%, dan uji coba kelompok kecil di SD Negeri 1 Siliwangi memperoleh 89%, uji coba kelompok besar di SD Negeri 1 Siliwangi dan MI Mifthaul Falah memperoleh 96%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book pada menulis narasi Bahasa Indonesia kelas IV di SD/MI yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Pengembangan Bahan Ajar Muatan Lokal (Aksara Ulu Besemah) dalam Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Daerah Pagaralam Sumatera Selatan Tastin Tastin; Tutut Handayani; Nurlaeli Nurlaeli
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 7, No 1 (2020): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1136.542 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v7i1.6482

Abstract

Pengembangan bahan ajar aksara ulu besemah didasarkanpada kenyataanbahwa bahanajar aksara ulubesemah yangmenarik,mudah dipahamiserta merupakanbentuk upayapelestarian kearifanlokal.Pengembangan bahanajar muatanlokal aksaradalam upayapelestarian kearifanlocalserta bertujuanuntuk melestarikankearifan lokalyang ada padadaerahPagaralam SumatraSelatan. Pengembangan bukuajar ini,pengembanganmenggunakan metode secara umum, yakniperencanaan, pengembangan,validasi danuji coba.Model desainpegembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Hasiluji cobapengembangan bahanajar aksara ulu besemahdalam upaya pelestariankearifan localdaerah Pagaralamuntuk kelas I memilik tingkat efektivitas, efisiensi dankemenarikan yangcukup tinggiberdasarkan tanggapandan penilaian paraahli sertasiswa kelas I SD IT Lantabur Pagaralam. Perolehanhasilbelajar berdasarkanuji cobalapangan yangdiukur menggunakantespencapaian hasilbelajar setelahdianalisismenunjukkan: (a)Rata-rataperolehan hasilbelajar padates akhir81,03 lebih baik biladibanding dengantes awalyang mencapai inilai i64,71.Penggunaan bahanajar hasil pengembangan  membantu meningkatkanefektifitas, efisiensidan kemenarikanpembelajaran sekaligusberdampak padapelestariankearifan localpada daerahPagaralamSumatra Selatan

Page 1 of 1 | Total Record : 10