Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 6, No 1 (2020): January

LITERASI SAINS UNTUK MEMBANGUN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR

Syamsu Arlis (Universitas Negeri Padang)
Sri Amerta (Universitas Negeri Padang)
Tin Indrawati (Universitas Negeri Padang)
Zuryanty Zuryanty (Universitas Negeri Padang)
Chandra Chandra (Universitas Negeri Padang)
Sherlyane Hendri (Universitas Negeri Padang)
Annisa Kharisma (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol)
Muhardila Fauziah (STKIP Syekh Manshur)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan yaitu menghasilkan profil analisis kebutuhan siswa tentang literasi sains yang melibatkan strategi graphic organizers for science untuk membangun sikap ilmiah pada siswa SD kelas tinggi dan menghasilkan prototipe bahan ajar literasi sains untuk membangun sikap ilmiah siswa SD. Penelitian ini dilandaskan dengan permasalahan tentang rendahnya kemampuan literasi sains anak Indonesia. Tujuan penelitian dapat dicapai dengan metode penelitian mixed method dengan jenis pengembangan Plomp. Langkah pengembangan Plomp, yaitu: preliminary research, prototyping phase, dan assessment stage. Hasil penelitian pada tahap preliminary research, yaitu: terkajinya analisis profil kurikulum, analisis profil karakteristik siswa, dan analisis profil kebutuhan siswa. Ditemukan bahwa siswa SD cenderung membuka buku pelajaran apabila dalam proses pembelajaran dan mereka menyukai warna merah untuk buku. Namun, mereka kesulitan dalam hal menumbuhkembangkan sikap ilmiah. Sedangkan pada tahap prototyping phase dihasilkan prototipe bahan ajar literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizers for science untuk membangun sikap ilmiah siswa SD yang sudah valid. Prototipe bahan ajar literasi sains siap untuk diujicobakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...