Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu)
Vol 3 No 1 (2021): Volume 3 Nomor 1, Juli 2021

Workshop Pembelajaran Daring pada Guru SD Negeri Mrican 4 Kota Kediri

Dian Devita Yohanie (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Suryo Widodo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Yuni Katminingsih (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Samijo Samijo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Aprilia Dwi Handayani (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Bambang Agus Sulistyono (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Darsono Darsono (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Jatmiko Jatmiko (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Hasil survei lapangan menunjukkan bahwa sejak adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia telah memaksa banyak pekerja untuk tetap bekerja dari rumah dan mengadakan pertemuan atau meeting secara online. Begitupun dengan guru-guru di SDN Mrican 4 merupakan pendidik yang perlu mengembangkan mutu pembelajaran secara profesional. Mayoritas guru-guru belum mampu untuk mengoperasikan pembelajaran daring atau online. Tujuan dari workshop ini untuk memberikan pelatihan membuat program pembelajaran daring melalui pelatihan Google Meet, Google Form, Google Classroom dan Edmodo pada guru SDN Mrican 4 Kota Kediri diharapkan dapat menjadi salah satu keterampilan dalam mengembangkan mutu pembelajaran secara online sehingga meningkatkan profesional guru. Kegiatan worksop ini dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan. Adapun tahap dari kegiatan pelatihan ini diantaranya (1) Penyampaian materi dan praktik pembelajaran Google Meet, Google Form, Google Classroom dan Edmodo (2) Evaluasi pelatihan. Untuk mengetahui tingkat pemahaman Guru dari kegiatan pelatihan ini, sebelum kegiatan melakukan pengisian link pretest dan sesudah kegiatan melakukan pengisian link postest. Hasil dari pretest dan post test dapat dijadikan sebagai evaluasi kegitan pelatihan ini dengan hasil pemahaman guru terhadap materi google meet mengalami peningkatan hingga 84,6%, hasil pemahaman guru terhadap materi google form mengalami peningkatan hingga 79,8%, hasil pemahaman guru terhadap materi google classroom mengalami peningkatan hingga 81,5%, dan . hasil pemahaman guru terhadap materi edmodo mengalami peningkatan hingga 76,9%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppnu

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dengan muatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk cetak dan online pada ...