Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2022): Agustus 2022

Keripik Daun Singkong Sebagai Arternatif Usaha di Desa Mootilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara

Wahyudin Hasan (Universitas Gorontalo)
Abdul Muis Hilala (Pemerintah Desa Mootilango)
Julie Abdullah (Universitas Gorontalo)
Roy Marthen Moonti (Universitas Gorontalo)
Ernikawati Ernikawati (Universitas Gorontalo)
Nurwita Ismail (Universitas Gorontalo)
Ayub Usman Rasid (Universitas Gorontalo)
Mohammad Arif Novriansyah (Universitas Gorontalo)
Roydah Gani (Universitas Gorontalo)
Ahiar Biongan (Universitas Gorontalo)
Olfin Ishak (Universitas Gorontalo)
Nur Istiyan Harun (Universitas Gorontalo)
Lisna Pauweni (Universitas Gorontalo)
Anggita Permata Yakup (Universitas Gorontalo)
Zubaidah Rahman (Universitas Gorontalo)
Muhammad Umsini Putra Olii (Universitas Gorontalo)
Muten Nuna (Universitas Gorontalo)
Yeni Paramata (Universitas Gorontalo)
Dince A Kodai (Universitas Gorontalo)
Rivaldo Pido (Universitas Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Tujuan pengabdian ini yakni untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok masyarakat tentang mengolah tanaman singkong menjadi keripik daun singkong. Metode yang digunakan yakni pendekatan langsung kepada masyarakat dan mengundang masyarakat untuk mengikuti sosialisasi pembuatan keripik daun singkong. Hasil pelaksanaan pengabdian yakni kelompok masyarakat mendapatkan pengalaman dan informasi baru tentang bagaimana mengolah tanaman lokal menjadi olahan yang memiliki nilai ekonomis. Harapannya dengan kegiatan pengabdian ini maka tercipta kesadaran masyarakat untuk berinovasi memanfaatkan tanaman lokal sebagai alternatif usaha dan dengan usaha tersebut dapat meningkatkan penghasilan tambahan bagi masyarakat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

insancita

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

1) community service and local food security; 2) training, marketing, appropriate technology and design; 3) community empowerment and social access; 4) student community service; 5) development of underdeveloped areas; and 6) education for sustainable ...