Journal Of Millennial Community
Vol 5, No 1 (2023): Maret

Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Yanti Shantini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Achmad Hufad (Universitas Pendidikan Indonesia)
Elih Sudiapermana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Iip Saripah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Deti Nudiati (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Sejak pandemi terjadi, kebijakan Belajar Dari Rumah diberlakukan oleh pemerintah sehingga orang tua dituntut untuk mampu mendampingi anak. Muncul berbagai permasalahan yang dihadapi orang tua dalam proses pendampingan ini karena selama ini proses belajar secara formal diserahkan kepada guru di sekolah. Dibutuhkan pengetahuan dan latihan bagi orang tua sehingga mampu mendampingi anak belajar selama masa pandemic, terutama dengan menggunakan perangkat teknologi informasi yang harus dimaksimalkan akibat dari pembelajaran online. Untuk itu, dalam kajian ini difokuskan pada optimalisasi peran orang tua dalam mendampingi anak belajar melalui pemanfaatan teknologi informasi. Pendekatan kualitatif digunakan dengan memanfaatkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan literatur, yang terdiri dari bahan atau kajian pustaka yang koheren. Upaya optimalisasi yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu dengan terus menjadi orang tua pembelajar dengan melakukan identifikasi kemampuan diri, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri, implementasi capaian pengembangan diri dan mengevaluasi hasil implementasi dari capaian kompetensi yang telah dilakukan dalam proses mendampingi anak belajar terutama kegiatan belajar yang memanfaatkan penggunaan IT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Millennial Community encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in community education, including Education for Human Resources Development, Adult Education, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of ...