Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

ANALISIS PENGGUNAAN LMS SiPeDar TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MAHASISWA PGSD

Elyas Djufri (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Alfat Khaharsyah (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Sigit Purnomo (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Nadziroh (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Devi Septiani (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Bestiana Nizhomi (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Sandi Abdi Kusumah (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Rahmat Mulyono (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Learning Management System (LMS) SiPeDar terhadap hasil belajar fisika mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Kelompok eksperimen yang menggunakan LMS SiPeDar dalam pembelajaran fisika dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data hasil belajar diperoleh melalui tes awal dan tes akhir yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LMS SiPeDar secara signifikan meningkatkan hasil belajar fisika mahasiswa PGSD dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kelompok eksperimen yang menggunakan LMS SiPeDar memperoleh skor tes akhir yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, melalui analisis angket, mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LMS SiPeDar dalam pembelajaran fisika, merasa lebih termotivasi, dan memiliki akses yang lebih mudah terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan teknologi pembelajaran di konteks pendidikan tinggi, khususnya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika di program studi PGSD. Disarankan bagi institusi pendidikan untuk mengintegrasikan LMS SiPeDar ke dalam kurikulum pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar mahasiswa PGSD dalam perkuliahan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...