cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020" : 20 Documents clear
Penandaan Otomatis Tempat Parkir Menggunakan YOLO Untuk Mendeteksi Ketersediaan Tempat Parkir Mobil Pada Video CCTV Evan Tanuwijaya; Chastine Fatichah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.197 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.434

Abstract

Sulitnya menemukan tempat parkir terutama saat jam sibuk adalah masalah yang umum dialami oleh pengemudi. Banyak penelitian untuk mendeteksi ketersediaan tempat parkir memanfaatkan CCTV. Namun, penelitian tersebut memiliki beberapa masalah seperti mendeteksi tempat parkir dilakukan secara manual menjadi tidak efisien ketika diterapkan pada tempat parkir yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan YOLO V3 untuk mendeteksi secara otomatis tempat parkir pada data CCTV kemudian diklasifikasikan terisi atau tidak. Hasil terbaik penandaan menggunakan YOLO V3 yaitu saat kondisi cuaca mendung dengan nilai akurasi rata-rata 94,49%.
Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Panji Berbasis Content Language Integrated Learning (CLIL) untuk SMK Sri Utami; Lailiyatus Sadiyah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.056 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.379

Abstract

Penelitian ini merupakan inovasi yang mengintegrasikan budaya Indonesia (Cerita Panji) dengan teori perkembangan bahasa yang telah diterapkan di dunia, CLIL. Secara khusus , penelitian ini bertujuan: (1) menciptakan bahan ajar Cerita Panji bermuatan CLIL; (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar Cerita Panji bermuatan CLIL. Penelitian ini didasarkan pada model penelitian R&D dengan menerapkan lima dari sepuluh tahap. Penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian oleh validator ahli, guru bahasa Indonesia SMK, dan peserta didik kelas X SMK. Data kualitatif berupa komentar yang dikemukakan validator ahli, guru bahasa Indonesia SMK, dan peserta didik kelas X SMK. Berdasarkan data tersebut, bahan ajar ini layak diimplementasikan dalam pembelajaran di SMK.
Memperkuat Kecakapan Siswa Melalui Werewolf in Education Di SMAN 2 Blitar Johan Edy Prastiwo
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.478 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.442

Abstract

Tujuan dari pnelitian ini yaitu untuk memperkuat kecakapan siswa melalui permainan Werewolf in Education. Hasil kajian penulis tuangkan dalam makalah yang telah penulis uji cobakan dan telah penulis teliti melalui pendekatan kualitatif- analisis diskriptif. Sumber penulisan berasal dari eviden dilapangan dan pengalaman penulis yang terlibat langsung dalam permasalahan yang dibahas. Sasaran penulisan meliputi siswa, guru, komite hingga orang tua SMAN 2 Blitar. Setelah menggelar beberapa kali permainan Werewolf in Education dengan materi PPK, Adiwiyata, GLS, SKS dan Pendikel dengan melibatan Guru, Orang Tua dan pengurus Komite Sekolah sebagai unsur dari Tri Pusat Pembelajaran disimpulkan dapat memberikan penguatan Siswa berupa kecakapan, penguatan Karakter dan Literasi, mengembangkan wawasan dan menumbuhkan dukungan segenap warga seklah pada program-program SMA Negeri 2 Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018. Permainan Werewolf in Education disarankan terus digunakan sebagai salah satu pilihan dalam pembinaan Ekstrakurikuler, sebagai media sekolah dalam menjalin komunikasi dan mendapatkan dukungan orang tua dan pengurus kote sekolah. Penggunaan Werewolf in Education lebih lanjut sebagai model pembelajaran didalam kelas dengan modifikasi materi game yang sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) pada masing-masing mata pelajaran.
Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Open Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Inquiry Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Rohayati Rohayati
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.882 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.431

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh penerapan model pembelajaran open inquiry dalam meningkatkan kemampuan inquiry peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Kota Sukabumi mata pelajaran Biologi.Kemampuan Inquiry yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kapasitas/ keadaan seseorang menggunakan rasa ingin tahunya untuk menemukan konten sains dan mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan sehingga menghasilkan sesuatu yang diharapkan, sedangkan model Open Inquiry dalam penelitian ini yaitu suatu pola yang sistematis untuk memberikan pengalaman belajar kepada siswa dalam mempelajari konten sains, sebagai upaya tercapainya tujuan dari pembelajaran dengan mengikutsertakan keaktifan siswa untuk mencari tahu solusi permasalahan secara mandiriPenelitian ini ditunjang dengan metode deskriptif analitik melalui penelitian tindakan kelas yaitu studi yang digunakan untuk mengumpulkan data, mendeskripsikan, mengolah, menganalisa, menyimpulkan, dan menafsirkan data sehingga memperoleh gambaran yang sistematis.Analisis data meliputi data informasi tentang keadaan peserta didik sebagai subjek penelitian dilihat dari aspek kualitatif dan kuantitatif. Aspek kuantitatif adalah hasil penilaian belajar dari konsep Keanekaragaman Hayati berupa skor yang diperoleh dari penilaian untuk aspek kognitif, psikomotorik, dan apektif. Aspek kualitatif berupa data catatan guru dan pengamat (observer) yang menggambarkan keadaan proses pembelajaran di dalam kelas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran open inquiry, hasil belajar peserta didik dalam bentuk kemampuan inquiry biologi dapat ditingkatkan. Hal tersebut diperlihatkan berupa rata-rata nilai hasil ulangan sebesar 71 pada siklus I menjadi rata-rata nilai 84 pada siklus II, angka ketuntasan hasil belajar 56% dari siklus I menjadi 85% pada siklus II.Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran open inquiry dapat meningkatkan kemampuan inquiry pada peserta didik yang berdampak kepada peningkatan kompetensi hasil belajar.
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Tyas Alhim Mubarok; Ahmad Saifudin; Siti Rofiah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.866 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.416

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa asing menjadi tantangan tersendiri bagi pembelajarnya, seperti halnya cara pengucapan (pronunciation). Pronunciation merupakan salah satu mata kuliah dasar ketrampilan yang menjadi skill awal untuk kemampuan berbicara (speaking) dan kemampuan mendengarkan (listening). Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan modul pembelajaran mata kuliah pronunciation berbasis kontekstual agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kontekstual. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang mengkaitkan materi pembelajaran dengan konteks dunia nyata yang dihadapi mahasiswa sehari-hari. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran pronunciation berbasis kontekstual memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif. Selain itu, dari hasil uji lapangan menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh antara penerapan pembelajaran menggunakan modul pronunciation berbasis kontekstual terhadap peningkatan kemampuan pronunciation mahasiswa dari rata-rata nilai pretest 60 menjadi 83 setelah diterapkannya modul pembelajaran berbasis kontekstual sehingga dapat disimpulkan bahwa modul tersebut efektif dan layak diterapkan.
Perubahan Penguasaan Konsep Mekanika Newtonan Melalui Pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) Berbasis Diagram Interaksi Abu Zainuddin; Sentot Kusairi; Siti Zulaikah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.498 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.443

Abstract

Penelitian bertujuan mengungkap perubahan penguasaan konsep Mekanika Newtonan mahasiswa yang menempuh Mata kuliah Fisika Sekolah di Universitas Negeri Surabaya setelah pembelajaran Collaborative Inquiry berbasis diagram diagram interaksi. Peningkatan penguasaan konsep diukur dengan 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Berdasarkan hasil uji t-berpasangan diperoleh t = -11.6 dengan sig. = 0.00 yang menunjukkan bahwa skor pretest dan postest berbeda secara signifikan. Peningkatan tersebut dalam kategori sedang, diindikasikan dengan N-gain 0.38. Perbedaan skor dengan kategori kuat diindikasikan oleh effect size 2,17. Selain itu, peningkatan penguasaan konsep diindikasi dari bertambahnya jumlah mahasiswa yang memberikan alasan benar dalam menjawab soal terutama dalam memahami konsep gaya.
Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Darul Hikmah, Aceh Jaya Mardhiah Mardhiah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.038 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Darul Hikmah, Aceh Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi yang berupa tuturan guru dan siswa. Hasil penelitian adalah bentuk alih kode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Darul Hikmah berupa alih bahasa dan alih ragam. Alih bahasa berupa alih kode dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Aceh, alih kode terjadi dari Bahasa Aceh ke Bahasa Indonesia, sedangkan alih ragam dari ragam formal ke ragam tidak formal dan sebaliknya. Adapun campur kode yang terjadi berupa penyisipan kata, penyisipan frasa, baster (hybrid), dan penyisipan klausa.
Efektivitas Direct Promotion Terhadap Brand Image (Studi Kasus Pada Akademi Komunitas-Negeri- Putra-Sang-Fajar-Blitar) Shanti Ike Wardani; Nunuk Latifah; Ika Rachmawati
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.8 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas direct promotion terhadap brand image di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKB) dengan sampel 100 orang siswa SMA/SMK di wilayah Kabupaten Blitar secara acak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS 16.0. Hasil analisis regresi linear, persamaan koefisien regresi adalah Y = 2,850 + 0,889X. Uji hipotesis menunjukkan nilai t 19,467 ? 1,66298 dan signifikasi 0,000 ? 0,05, yang berarti secara parsial variabel direct promotion berpengaruh signifikan terhadap brand image di kampus AKB. Melalui direct promotion akan lebih efektif dalam memberikan informasi tentang penyelenggaraan pendidikan di AKB, sehingga akan mudah diketahui oleh masyarakat umum khususnya para siswa SMA/SMK di wilayah Kabupaten Blitar.
Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrokarbon Melalui Model Pembelajaran Deduktif Siswa Kelas XI IPA Yuliastuti Yuliastuti
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.679 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.445

Abstract

Siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 4 Kota Blitar pada ulangan blok 1 hanya mencapai ketuntasan belajar kimia sebesar 52,33% siswa. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreatifitas siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Blitar setelah menggunakan model pembelajaran deduktif. Model pembelajaran deduktif merupakan model pembelajaran yang mengajarkan mata pelajaran berupa konsep atau penggeneralisasian yang cara penyajian pelajaran ini diawali dengan proses berfikir yang bertolak dari pernyataan bersifat umum dan lebih bersifat terbuka sehingga memberikan kesempatan lebih banyak pada siswa untuk menemukan gagasan baru hasil pemprosesan informasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus meliputi menyatakan abstraksi, ilustrasi contoh yang dibuat siswa, dan penutup. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes akhir siklus dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 2,46 pada siklus II adalah 2,78 dan pada siklus III adalah 3,17, sehingga dalam prestasi ketuntasan belajar pada siklus I adalah 75,55%, siklus II naik menjadi 76,66% dan pada siklus III naik menjadi 82,32%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran deduktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah dianjurkan untuk model pembelajaran deduktif perlu diterapkan sebagai salah satu alternatif kegiatan belajar mengajar pada pokok bahasan yang sesuai dengan indikator hasil belajar.
Dampak Sistem Zonasi Bagi Sekolah Menengah Pertama Dany Miftahul Ula; Irvan Lestari
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.165 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.375

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan fakta di sekolah terkait dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan sistem zonasi terutama pelaksanaan di tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purpossive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan deep interview kepada 20 objek penelitian terpilih. Hasil temuan penelitian ini meliputi dampak positif dan negatif dari implementasi sistem zonasi 2019, yang pertama dampak positif yang dirasakan oleh Sekolah dan Guru sebanyak 21 % saja, dan sisanya 79 % merasakan dampak negatif. Sedangakan dampak positif yang dirasakan masyarakat hanya mencapai 36% dan lebih banyak merasakan dampak negatif sebesar 64%. Dari temuan tersebut mengindikasikan bahwa kebijakan sistem zonasi harus dievaluasi agar kedepannya dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2020 2020