cover
Contact Name
Agata Iwan Candra
Contact Email
iwan_candra@unik-kediri.ac.id
Phone
+62811308010
Journal Mail Official
ukarst@unik-kediri.ac.id
Editorial Address
Jl. Selomangleng no. 1
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
U Karst
Published by Universitas Kadiri
ISSN : 25794620     EISSN : 25810855     DOI : http://dx.doi.org/10.30737/ukarst
Core Subject : Engineering,
U KaRsT is a journal of the civil engineering research the University of Kadiri published twice a year in April and November. First published in April 2017. U KaRsT already has both ISSN printed and online, for ISSN (Print) is 2579-4620, and ISSN (Online) is 2581-0855.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): APRIL" : 10 Documents clear
PEMANFAATAN SERAT IJUK SEBAGAI MATERIAL CAMPURAN DALAM BETON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BETON MENAHAN BEBAN TEKAN Studi Kasus: Pembangunan Homestay Singonegaran Kediri Sigit Winarto
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.965 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.79

Abstract

Pada penelitian beton dengan menggunakan campuran serat ijuk ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuat tekan, perubahan berat beton, proporsi ijuk yang optimum untuk menghasilkan kuat tekan, meskipun melalui konversi hari. Dimana pada pembuatan dan penelitian beton ini dilaksanakan di Laboratorium Bahan dan Konstruksi Dinas Bina Marga dan Pengairan, Trenggalek. Bahan yang digunakan terdapat dari : pasir dari Sungai Brantas Kediri, semen dari toko bahan bangunan sekitar Laboratorium Bahan dan Konstruksi Dinas Bina Marga dan Pengairan, Trenggalek. serat ijuk dari Pasar Pahing Kota Kediri. Hasil penelitian ini menghasilkan beton serat ijuk yang memenuhi persyaratan beban tekan minimalnya dari persyaratan SNI 0447-81 umtuk golongan mutu II. Yang terdiri dari bahan yang memenuhi kriteria untuk membuat beton serat ijuk, yaitu: Pasir yang mempunyai berat jenis = 2.524; berat satuan = 2.586 gram/cm3; kadar air = 4.317% dan gradasi pasir yang termasuk yaitu pasir halus jenis sedang. Proporsi ijuk yang optimum untuk menghasilkan kuat tekan adalah pada penggunaan serat ijuk 2,5% dengan berat volume ijuk 125 gr, dimensi serat ijuk 0,5 mm dengan panjang 15 cm. Perubahan berat beton yang terjadi pada beton berserat ijuk menjadi lebih ringan, yaitu 2.243 gr/cm. Kekuatan beton yang dihasilkan setelah di uji tekan melalui konversi 28 hari menjadi 21 hari yaitu 226 Kg/cm2. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dicoba menggunakan persentase serat ijuk yang lebih tinggi atau bervariasi tetapi campurannya tetap supaya diketahui peningkatan beban tekan yang maksimal akibat penambahan ijuk. Kata kunci: Serat Ijuk, Kualitas Campuran Beton, Kekuatan Tekan.
PENGGANTIAN FILLER DENGAN FLY ASH DAN SERBUK BATU BATA PADA CAMPURAN ASPAL (AC-WC) FILLER REPLACEMENT WITH FLY ASH AND BRICK POWDER IN MIX OF ASPHALT (AC-WC) Dwi Kartikasari; Sugeng Dwi Hartantyo
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.487 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.259

Abstract

Asphalt concrete wearing course as a wear layer in highway pavement layer, Is the top layer in flexible pavement. In this research will be discussed on the use of Portland cement filler as a reference to compare filler replacement with fly ash and powdered brick with 100% fly ash, 100% powdered brick and 50% fly ash: 50% powder brick. The first step after the aggregate testing, the asphalt and filler material to be used, followed by the manufacture of the specimen with the specified asphalt content. After obtaining the optimum asphalt content for each different filler variation, a Marshall test was performed to obtain flow stability and density values. In this research we get the optimum asphalt content value of 5,5% for each specimen. The result of this research mixed with good quality using 100% Portland cement filler stability value of 112.19 kg and the lowest using filler 100% fly ash but the result still meet the specifications of clan. While the MQ value with 100% filler of brick powder under specification of Bina Marga is 213. So it can be concluded that a good filler for asphalt concrete wearing course mixture is with Portland cement.Keywords: Filler, Fly Ash, Brick Powder, Asphalt AC-WC 
ANALISA JOBMIX NILAI MUTU BATU BATA DENGAN MENGGUNAKAN LIMBAH ABU SERAT TEBU DAN ABU SERBUK GERGAJI Yosef Cahyo Setianto Poernomo; Rekso Ajiono
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.583 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.467

Abstract

Pembuatan batu bata dengan cara tradisional masih banyak terdapat mutu batu bata yang mudahrusak, karena struktur material tanah disetiap daerah berbeda, mutu batu bata yang kurang bagus tidak bisadipasarkan. Karena itu perlu peningkatan mutu produk baatu bata dengan cara tradisional dengan menggunakanlimbah abu serat tebu dan abu serbu gergaji. Presentase variasi yang digunakan 2,5%, 5%, dan 10% dari berattanah liat yang digunakan dari presentase tersebut juga dapat menurunkan biaya produksi ( Low Cost Production).Target penelitian ini tipe kelas 25 yaitu 2,5 Mpa. Hasil kuat tekan optimum yang didapatkan padacampuran variasi 2,5% campuran material limbah abu serat tebu dan abu serbu gergaji dengan kkuat tekan 2,7Mpa dari tanah liat murni 2,09 Mpa.
INVESTIGASI FORENSIK KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA Limantara, Arthur Daniel; Mudjanarko, Sri Wiwoho
UKaRsT Vol 1, No 1 (2017): April
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/u karst.v1i1.80

Abstract

Di Propinsi Jawa Timur yang mempunyai panjang jalan nasional 2361,23 km yang mengalami rusak ringan mencapai 492,92 km dan rusak berat mencapai 85,43 km dengan kemantapan jalan nasional hanya pada angka 75,53 %, dari data ini hanya diketahui jumlah dan keadaan kerusakan jalan saja tanpa mengetahui jenis dan penyebab dari kerusakan perkerasan tersebut. Sehingga bila dilakukan perbaikan hanya dilakukan perbaikan seadanya saja, tanpa ada upaya untuk menaikkan kembali umur perkerasan dengan jalan mengetahui penyebab kerusakannya. Makalah ini bertujuan untuk melakukan investigasi forensik serta melakukan pengujian terhadap bukti-bukti secara fisik dilaboratorium untuk mengetahui penyebab dari kerusakan perkerasan. Metodologi yang digunakan adalah melakukan survey lapangan pada beberapa titik pada ruas jalan di Jawa Timur yang mengalami kerusakan cukup parah serta mengambil sampel dengan menggunakan cor drill, kemudian dilakukan pengujian dilaboratorium Mekanika Tanah dan Bahan Jalan Universitas Kadiri. Kata kunci:     Investigasi forensik, perkerasan lentur, kerusakan, skala penetrasi aspal
ANALISIS KINERJA PARKIR SEPANJANG JALAN WALIKOTA MUSTAJAB SURABAYA Damarta Anugrah Yulmida; Sri Wiwoho Mudjanarko; M Iksan Setiawan; Arthur Daniel Limantara
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.639 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.81

Abstract

Jumlah kendaraan yang meningkat di kota Surabaya membutuhkan lahan parkir yang mencukupi. Sepanjang ruas jalan protokol banyak dijumpai kendaraan parkir di tepi jalan. Larangan parkir masih dijumpai kendaraan parkir. Hal ini menunjukkan kebutuhan parkir sangat tinggi. Jalan Walikota Mustajab Surabaya menjadi salah satu objek penelitian parkir. Kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan tersebut sangat menganggu aktifitas lalu lintas. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kinerja parkir di ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya.Tujuan dari studi ini adalah untuk mendapatkan solusi yang dapat ditawarkan untuk menanggulangi kejenuhan di ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Metode yang mengunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan PedomanTeknik Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa pengamatan  data lapangan yang terdiri  dari data jumlah kendaraan parkir, durasi parkir dan volume lalu lintas, sedangkan data sekunder didapatkan dari peta ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Hasil analisis studi diperoleh ruas jalan Walikota Mustajab telah mengalami kejenuhan dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,31. Alternatif penanganan adalah membuat Off Street Parking, yang nilai derajat kejenuhannya berkurang sampai 0,85. Setelah diberlakukan Off Street Parking  derajat kejenuhan  menjadi berkurang. Selain itu dari segi karakteristik parkir pada ruas – ruas Jalan Walikota Mustajab diperoleh hasil volume parkir sebesar 544 mobil, dimana kapasitas parkir mencapai 58 Satuan Ruang Parkir. Akumulasi parkir terbesar  didapatkan nilai sebesar 29 mobil dan durasi parkir terlama adalah 60 menit dengan nilai 22.30% pada ruas Jalan Walikota Mustajab. Pada jalan Walikota Mustajab ini sistem tarif parkir masih menggunakan sistem tarif tetap dengan harga Rp.1500,- untuk sepeda motor dan Rp.3000,- untuk mobil. Disarankan memperbanyak penyediaan fasilitas  Off Street Parking seperti lahan kosong parkir Bangi Kopi Tiam yang memiliki pa­­­­njang 32 meter dan lebar 22 meter. Kata kunci : Kinerja parkir, MKJI, kapasitas jalan
STUDI EVALUASI PEKERJAAN STRUKTUR BOX CULVERT PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN KUCING RUAS SUKODADI – SUMBERWUDI KABUPATEN LAMONGAN Hammam Rofiqi Agustapraja; Dwi Kartikasari
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.53 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.261

Abstract

Jembatan merupakan suatu struktur yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terpurus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, irigasi, dan pembuangan. Kualitas bangunan jembatan juga dipengaruhi oleh kecermatan dan ketetapan dalam memilih material yang sesuai.Untuk mengurangi kesalahan yang terjadi, dalam mencapai pekerjaan yang efisien dalam waktu, tenaga, maupun biaya diperlukan evaluasi pelaksanaan pekerjaan Box Culvert pada proyek Jembatan Kucing Ruas Sukodadi-Sumberwudi Kabupaten Lamongan.Dalam penelitian ini menggunakan metode survei kegiatan dan penjadwalan ulang pada proyek pembangunan jembatan kucing ruas Sukodadi Sumberwudi.Evaluasi pekerjaan meliputi perhitungan volume, perhitungan pembesian dan metode pelaksanaan pekerjaan.Urutan pekerjaan dimulai dari  pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah, pekerjaan struktur Box Culvert.Dari penelitian tersebut  diketahui biaya pekerjaan struktur Box culvert sebesar Rp.345.536.000,00 (Tiga Ratus Empat Puluh Lima Juta Lima Ratus Tiga Puluh Enam Ribu Rupiah).Jangka waktu pelaksanaan selama 8 minggu.Kata Kunci : Evaluasi Pekerjaan,Jembatan Kucing, Box Culvert, Metode Pelaksanaan
PENGENDALIAN JADWAL DAN ANGGARAN TERPADU DENGAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI Edy Gardjito
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.902 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.82

Abstract

Hasil pengendalian jadwal dan anggaran (metode Earned Value Analysis/EVA) pada pekerjaan konstruksi dinding penahan beton tinggi 7 m untuk status hari ke-150 sebagai berikut: dari aspek biaya, proyek mengalami keuntungan, Cost Varian (CV) bernilai positif Rp. 0,0977 milyar atau nilai indeks kinerja biaya (CPI) = 1.03 >1, dari aspek jadwal pelaksanaan, proyek mengalami keterlambatan, Schedule Varian (SV) bernilai negatif Rp.(-) 0,2895 milyar atau indeks kinerja jadwal (SPI) = 0.91 <1, perkiraan biaya yang dibutuhkan (EAC) sampai proyek selesai Rp.5,8950 milyar, proyek akan mendapat keuntungan Rp. 0,1924 milyar, karena masih dibawah rencana anggaran (PV) Rp.6,0874 milyar, perkiraan waktu untuk menyelesaikan proyek (EAS) adalah 216 hari, artinya proyek akan mengalami keterlambatan 6 hari dari periode kontrak.Kata Kunci : Earned Value Analysis, Cost Varian, Schedule Varian, CPI, SPI, Kinerja Proyek.
ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI STROUS PILE PADA PEMBANGUNAN GEDUNG MINI HOSPITAL UNIVERSITAS KADIRI Agata Iwan Candra
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.369 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.83

Abstract

The foundation is an important building structure in the field of construction because it functions as the support of a building. The foundation must be planned appropriately to maintain the stability of the building. Strauss foundation is one type of foundation that is used to carry the burden if hard soil that has a strong carrying capacity is very deep from the ground surface. This study aims to calculate the carrying capacity of the Strauss foundation using the Meyerhof method. To estimate the carrying capacity of the soil, field testing is carried out using a CPT (Cone Penetration Test). The results of the analysis show that the carrying capacity of the deepest shallow foundation is 2 meters with an ultimate carrying capacity of 188 kg. While the carrying capacity of foundations in the depth of 3 to 5 meters. The most efficient result by Meyerhof's calculation was the number of poles as much as 2 at a depth of 4 meters with a pile group capacity of 74.13 tons, greater than the maximum load (69.42 tons)Keywords: Carrying capacity, CPT (Cone Penetration Test), Strauss Foundation, Meyerhof.Pondasi merupakan struktur bangunan yang penting dalam bidang konstruksi karena berfungsi sebagai penompang sebuah bangunan. Pondasi harus direncanakan dengan tepat untuk menajaga kestabilan bangunan. Pondasi strauss merupakan salah satu jenis pondasi yang digunakan untuk memikul beban apabila tanah keras yang mempunyai daya dukung yang kuat letaknya sangat dalam dari permukaan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung daya dukung tanah pondasi strauss menggunakan metode Meyerhof. Untuk memperkirakan daya dukung tanah dilakukan pengujian lapangan dengan menggunakan CPT (Cone Penetration Test). Hasil analisis menunjukkan bahwa daya dukung pondasi dangkal terdalam pada  2 meter dengan daya dukung ultimit 188 kg. Sedangkan daya dukung pondasi dalam terdapat pada kedalaman 3 hingga 5 meter. Hasil paling efisien dengan perhitungan Meyerhof didapat jumlah tiang sebanyak 2 pada kedalaman 4 meter dengan kapasitas kelompok tiang yaitu 74.13 ton, lebih besar dibandingkan dengan beban maksimum (69.42 ton) Kata kunci : Daya dukung, CPT (Cone Penetration Test ), Pondasi Strauss, Meyerhof.
PENGENDALIAN BIAYA DAN JADUAL TERPADU PADA PROYEK KONSTRUKSI Ahmad Ridwan; Rekso Ajiono
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.575 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.84

Abstract

The main resources limited to the stage of implementing a construction project are cost, quality and time. Planning, scheduling and controlling are important steps to take in order to achieve the project's objectives with limited resources. The "Eaned Value" method is a method of control used to control project costs and schedules in an integrated manner. This method provides information on the status of project performance in a reporting period and provides information on the predicted costs required and time to complete all work based on performance indicators when reporting. In the Construction of the Hospital Medical Rehabilitation Installation Building. Overview of Kediri, the information obtained when reporting on the 91st day was Planed Value / PV = Rp 1.4325 billion, Earned Value / EV = Rp.1,3747 and Actual Cost / AC=Rp.1,3598 billion. At present the project performance in terms of cost is said to be profitable (Cost Variant / CV = + Rp. 0.01 billion and Cost Performed Index / CPI = 1.01> 1). From the schedule aspect, it is said that this project is experiencing delays (Schedule Variant / SV = -Rp.0.06 billion and Schedule Performance Index / SPI = 0.96 <1). The predicted cost needed to complete all work is Rp. 2.8683 billion, showing a profit (under a budget plan of Rp. 2.8998 billion). While the prediction schedule required 129 days, showed experiencing a delay of 2 days from the plan.AbstrakSumberdaya utama terbatas pada tahap pelaksanaan suatu proyek kostruksi adalah biaya, mutu dan waktu. Perencanaan, penjadualan dan pengendalian adalah langkah penting untuk dilakukan agar tujuan pelaksanaan proyek dengan sumberdaya terbatas ini tercapai. Metode ”Nilai Hasil” (Eaned Value) adalah sutau metode pengendalian yang digunakan untuk mengendalikan biaya dan jadual proyek secara terpadu. Metode ini memberikan informasi status kinerja proyek pada suatu periode pelaporan dan memberikan informasi prediksi biaya yang dibutuhkan dan waktu untuk penyelesaian seluruh pekerjaan berdasarkan indikator kinerja saat pelaporan. Pada Pembangunan Gedung Instalasi Rehabilitasi Medik RS. Gambiran Kediri, informasi yang didapat saat pelaporan pada hari ke-91 adalah Planed Value/ PV=Rp 1,4325 milyar, Earned Value/ EV=Rp.1,3747 dan Actual Cost /AC=Rp.1,3598 milyar. Pada saat ini kinerja proyek dari aspek biaya dikatakan untung (Cost Varian/ CV= + Rp. 0.01 milyar dan Cost Performed Index /CPI=1,01>1). Dari aspek jadual, dikatakan proyek ini mengalami keterlambatan (Schedule Varian /SV= -Rp.0,06 milyar dan Schedule Performance Indek/SPI=0,96 <1). Prediksi biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan adalah Rp. 2,8683 milyar, menunjukkan mendapat keuntungan (dibawah rencana anggaran Rp. 2,8998 milyar). Sedangkan prediksi jadual yang diperlukan 129 hari, menunjukkan mengalami keterlambatan 2 hari dari rencana.
KAJIAN BAHAN TAMBAH ATERNATIF SERAT ECENG GONDOK TERHADAP CAMPURAN LATASIR SAND SHEET KELAS A SPESIFIKASI SEKSI-6 2010 BINA MARGA Dwi Kartikasari; Ilham sudarso
U Karst Vol 1, No 1 (2017): APRIL
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.199 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v1i1.658

Abstract

The test was carried out by adding water hyacinth fibers in the sand sheet class A latasir mixture. And with the addition of water hyacinth fiber variations of 0.6%, 0.9%, 1.2% taken from asphalt content. The final result of this research was Marshall evaluation which was obtained for the effect of the addition of water hyacinth cellulose fiber in this study showed an increase in Marshall stability value of 27.29% with a mixture of 1.2% water hyacinth, plastic fatigue (Flow) decreased by -23 , 89% with a mixture of 0.9% water hyacinth, cavity filled in the mixture (Void in the Mix) increased by 18.65% with a mixture of 1.2% water hyacinth, cavity filled with asphalt (Void Filled With Asphalt) decreased by -8.74% with a mixture of 1.2% water hyacinth, cavity in aggregate (Void In Mineral Aggregate) increased by 7.80% with a mixture of 1.2% water hyacinth, and Marshall Quotient increased by 71.78% with a mixture of 0.9% water hyacinth. These results indicate that water hyacinth fiber can be used as an ingredient to add a mixture of latasir sand sheet class A specifications of clan development.

Page 1 of 1 | Total Record : 10