cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri
Published by Universitas Kadiri
ISSN : 25029304     EISSN : 25812157     DOI : -
Core Subject : Economy,
Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri publish by Faculty of Economics, Universitas Kadiri. The Journal of Ekonika first appeared in March of 2016. The journal is published twice a year, in April and September. Ekonika is a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Either letters, research notes, articles, supplemental articles, or review articles in the field of Economic Development, Management, Human Resource, Accounting, etc. in practical and conception.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017): September 2017" : 7 Documents clear
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AMANDA BROWNIES CABANG SIDOARJO Diana Ambarwati; Iing Sri Hardiningrum; Nur Hidayati
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.119 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.42

Abstract

ABSTRACT               This research was conducted in a company engaged of snack foods amanda brownies branch sidoarjo. The purpose of this study to determine the effect of product quality and service quality on purchase decisions and to determine the most dominant influence of independent variables on the dependent variable. From the results of multiple regression analysis can be taken the regression equation as follows: Y = 15,041 + 0,483 X1 + 0,369 X2 Based on the magnitude of the coefficient of determination ( ) is known that the variable contribution of product quality and service quality on the purchase decision is 0.309 or 31% Based on the results of the calculation simultaneously or the test F shows F count = (21.704)> Ftable (3.09) and the result of signification is 0,000 <0,05, so the independent variable has a significant influence on the dependent variable. While the partial calculation or t test shows the significance of 0.000 and t arithmetic 4,514 means that the quality of the product influence the purchase decision with the significance of 0,000 <0.05 and t count (4.541)> t table (0.677). And the result of t test shows sig. 0.000 and t count 2,931 mean that service quality influence on purchasing decision with signification equal to 0,000 <0,05 and t count (2,931)> t table (0,677). So, it can be concluded that the product quality is the most dominant influence on purchasing decisions with a t value of 4.541.Keywords: product quality, service quality, purchase decision ABSTRAKPenelitian dilakukan di perusahaan makanan ringan amanda brownies cabang sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari hasil analisis regresi berganda diambil persamaan regresinya sebagai berikut: Y = 15,041 + 0,483 X1 + 0,369 X2 Berdasarkan besarnya koefisien determinasi ( ) diketahui bahwa, besaran kontribusi variabel kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,309 atau 31%. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan atau uji f menunjukkan F hitung = (21.704) > F tabel (3,09) dan hasil signifikasinya adalah 0,000 < 0,05, jadi variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Sedangkan pada perhitungan secara parsial atau uji t menunjukan signifikasi  0,000 dan t hitung 4,514 yang berarti Kualitas produk  berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (4.514) > t tabel (0,677). Dan hasil dari uji t menunjukan sig. 0,000 dan t hitung 2.931 yang berarti kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (2.931) > t tabel (0,677). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 4.514.Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, keputusan pembelian
MENGUKUR EFEKTIVITAS TAGLINE IKLAN TELEVISI MINUMAN RINGAN TEH BOTOL SOSRO DENGAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2014) Muhammad Dian Ruhamak; Evi Husniati Syai&#039;dah
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.977 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.38

Abstract

Abstract                    Tagline is one way to make the customer always remember the product with the catchprase. Teh Botol Sosro is one of the products whose ads have a catchy tagline or catch phrase. In 2000 Teh Botol Sosro replaced his tagline with "Apapun Makanannya Minummnya Teh Botol Sosro" .This new line of Teh Botol Sosro creates a new image of the brand. The persuasive effects of this ad tagline are well attached to the Indonesian people. The subjects of this study are students of the Faculty of Economics Force 2014 because it has taken the subject of Marketing Management so it is considered the most appropriate to be a respondent. The sample of this study amounted to 76 students. The effectiveness of Teh Botol Sosro advertisement is very important to be researched and in this research the researcher chose Customer Response Index (CRI) method as its analysis tool. The response elements in CRI are awareness, comprehend, interest, intention, and action. In CRI, these five responses are interconnected and form a level or hierarchy. That is, the ad audience in generating a response is by passing level by response level starting from awareness as the basic response. The conclusions of this study indicate that according to CRI analysis, the Bottom Sosro Tea Bottle tagline version of "whatever the food is drinking sosro bottle tea" is considered very effective because the results show almost 100% valuation.Keywords: Advertisement, Tagline, Customer Response Index AbstrakTagline merupakan salah satu cara untuk membuat customer selalu mengingat produk dengan catchprasenya. Teh Botol Sosro adalah salah satu produk yang iklannya memiliki tagline atau catch phrase yang cukup menarik. Pada tahun 2000 Teh Botol Sosro mengganti tagline nya dengan “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.Tagline baru Teh Botol Sosro ini membuat image baru terhadap brandnya. Efek persuasif dari tagline iklan ini cukup melekat baik di masyarakat Indonesia. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 karena sudah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran sehingga dianggap paling sesuai untuk dijadikan responden. Sampel dari penelitian ini berjumlah 76 mahasiswa. Efektivitas iklan Teh Botol Sosro sangat penting untuk diteliti dan dalam penelitian ini peneliti memilih metode Customer Response Index (CRI) sebagai alat analisisnya. Elemen-elemen respon dalam CRI adalah awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intention (niat), dan action (tindakan). Dalam CRI, kelima respon ini saling berhubungan dan membentuk tingkatan atau hirarki. Artinya, audiens iklan dalam menimbulkan respon adalah dengan melewati tingkat demi tingkat respon mulai dari awareness sebagai respon dasar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa menurut analisis CRI, tagline iklan Teh Botol Sosro versi “apapun makanannya minumnya teh botol sosro” dinilai sangat efektif karena hasil menunjukkan penilaian hampir 100%. Kata Kunci: Iklan, Tagline, Customer Response Index
The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBC”) Pangastuti, Ria Lestari
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.45 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.43

Abstract

AbstractThis research is testing the influence of  Experiential Marketing and Service Quality for being reasonability of Customers Loyality Forming . The sample is 66 person. The analysis technique used is path analysis by using  smart pls. The result shows from four variabels, the biggest contribution of experiential marketing  is ACT with the standardized coefisien 0.884, it means there is influence of experiental marketing about 88.4%. This means the increasing of ACT will make the increasing of Experiental marketing 88.4%. The other variable which influenced is quality toward the loyality.The quality is composed by  Assurance, Empathy, Reliability, Responsiveness, and  Tangible. The indicator which has the biggest contribution is assurance with the value indicator of coeficient standarized 0.722.Key Word : Experiential Marketing, service quality, customer loyality.  AbstrakPenelitian ini menguji pengaruh Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Layanan Yang Dipertimbangkan Dalam Pembentukan Loyalitas Konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis menggunakan analisis jalur dengan menggunakan alat analisis smart pls. Hasil dari penelitian ini menunjukan dari ke empat variabel ini, yang memiliki kontrobusi paling besar terhadap experiental marketing adalah ACT dengan nilai standardized koefisien sebesar 0.884 dimana nilai ini memiliki arti bahwa perubahan pada ACT akan berpengaruh terhadap perubahan experiental marketing sekitar 88.4%. Nilai ini juga dapat dimaknai kenaikan pada ACT akan berdampak pada kenaikan Experiental marketing sebesar 88.4%. Variabel kualitas juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Kualitas disusun oleh Assurance, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Tangible. Indikator yang memiliki kontribusi paling besar dalam menyusun kualitas adalah pada Assurance dengan nilai standardized koefisien sebesar 0.722.Kata Kunci : Experiential Marketing, Kualitas Layanan, Loyalitas Konsumen.
ANALISIS KESENJANGAN ANTARA EKSPEKTASI KONSUMEN TERHADAP PERSEPSI JASA PELAYANAN (Studi Kasus pada Bengkel Cat dan Las Mobil Warna Indah di Kediri) Gandung Satriyono; Desi Kristanti
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.027 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.39

Abstract

In the early survey, the researcher got the features of Warna Indah Car Workshop in not only claimed to give good service but also be able to compete for its survival by giving the best service quality. The purpose of this research is to prove whether any differentiate between perception and expectation from customers toward the service quality dimension at Warna Indah Car Color and Weld Workshop in Kediri which including tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This research used cross sectional method and the variable was measured once. The population of the research was customers of Warna Indah Car Color and Weld Workshop in  Kediri. The data collected used interview, observation, and questionnaire. Based on the calculation of product moment correlation by using software SPSS V22, it was gotten, there was a a gap for each service quality and the highest gap was service quality dimension of T1 indicator ( the location of Warna Indah Workshop), it was analyze by using Kartesius diagram in quadrant B with the low priority  -0.15, the average value of service quality ( perception) 3.8125 and service hope ( expectation) 3.9625.   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah   terdapat kesenjangan antara persepsi dan ekspetasi konsumen terhadap dimensi kualitas pelayanan  yang  ada  di  Bengkel  Las  dan  Cat  Warna  Indah  yang  meliputi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Target khusus dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas pelayanan manakah yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki agar kesenjangan konsumen dapat di atasi. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional, dimana variabel penelitian diukur sekali saja. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna jasa Bengkel Las Dan Cat Mobil Warna Indah Di Kediri. Teknik pengumpulan data memakai interview, observasi dan kuisioner. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu mengetahui kesenjangan konsumen pada Bengkel Las Dan Cat Warna Indah agar kesenjangan tersebut dapat diatasi serta ke depannya kualitas layanan pada Bengkel Cat Warna Indah dapat lebih ditingkatkan sehingga konsumen merasa puas dan kesenjangan tidak muncul di kemudian hari.
PEMETAAN KEPEMILIKAN BADAN HUKUM DAN TINGKAT PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA UMKM (Studi Pada Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto - Kota Kediri) Yudiarto Perdana Putra; Budi Heryanto
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.514 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.44

Abstract

AbstractMSME (Micro, Small, and Medium Enterprise) is a business sector that is resistant to the economic crisis and has a great contribution to the national's economy, but the competitiveness of MSME is still very low. Lack of awareness in the ownership of corporate legal entities and the application of information technology is a factor of low competitiveness of MSMEs. The purpose of this research is to know the mapping of MSME at service sector in Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri based on the ownership of legal entity and the application of information technology in running the business. This study uses descriptive analysis to describe the real conditions in the service sector MSMEs Kelurahan Pojok, Kota Kediri. Furthermore can be done community service activities in the form of counseling to the perpetrators of MSMEs, hope that the perpetrators of MSMEs can have more competence and boost competitiveness.Key Word : MSME, Service Sector, Business Law Entity, Information Technology,  AbstrakUMKM merupakan sektor usaha yang tahan terhadap krisis ekonomi dan memiliki kontribusi yang besar bagi perekonomian nasional, namun daya saing UMKM masih sangat rendah. Kurangnya kesadaran dalam kepemilikin badan hukum usaha dan penerapan teknologi informasi menjadi faktor rendahnya daya saing UMKM. Tujuan penelitian adalah mengetahui pemetaan UMKM sektor jasa di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri berdasarkan kepemilikan badan hukum usaha dan penerapan teknologi informasi dalam menjalankan usaha. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif untuk menggambarkan kondisi yang sesungguhnya pada UMKM sektor jasa Kelurahan Pojok Kota Kediri. Selanjutnya bisa dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kepada pelaku UMKM, sehingga harapannya para pelaku UMKM bisa memiliki kompetensi lebih dan meningkatkan daya saing.Kata Kunci : UMKM, Sektor Jasa, Badan Hukum Usaha, Teknologi Informasi,
E-FILING PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KOTA KEDIRI Edi Murdiyanto
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.395 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.40

Abstract

AbstractThe background of this research is based on the e-filing system that came into force in order to facilitate the taxpayers in reporting the Annual Tax Return so that it could reduce the non-compliance of tax reporting. However, for its implementation, it needs accurate and clear information about the clear procedures and procedures on the use of e-filing so as to achieve taxpayer compliance in the annual SPT reporting on the Directorate General of Tax. The purpose of this research is to find out how the implementation of e-filing based on its dimension, knowing Characteristics of reporting compliance, and e-filing relationships against taxpayer reporting compliance. The population in this study are all personal tax payers in Kediri, the sampling technique sampling sampling with a total of 200 samples. Data collection using questionnaire. Dimensions in e-filing variables in this study are System Quality, Quality of Information, Usage, User Satisfaction. Data analysis techniques using SmartPLS. The results of research Overall taxpayers are satisfied with the existence of e-filing system while for the characteristics of compliance reporting Annual Notification by using e-filing system able to help taxpayers avoid the fines delayed reporting SPT and there is significant influence between e-filing with compliance reporting Annual NoticeKeywords: e-filing, taxes AbstrakLatar belakang penelitian ini didasarkan pada sistem e-filing yang mulai diberlakukan dengan tujuan untuk mempermudah para wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan sehingga mamapu mengurangi adanya ketidakpatuhan pelaporan pajak. Namun untuk implementasinya dibutuhkan informasi yang akurat dan jelas mengenai tata cara serta prosedur yang jelas tentang penggunaan e-filing sehingga tercapai kepatuhan wajib pajak dalam pelaporan SPT tahunan pada Direktorat Jendral Pajak.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi e-filing berdasarkan dimensinya, mengetahui karakteristik kepatuhan pelaporan, dan hubungan e-filing terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak pribadi di Kota Kediri, penentuan sampelnya teknik judgement sampling dengan total 200 sampel. Pengambilan data dengan menggunakan kuisioner. Dimensi dalam variabel e-filing dalam penelitian ini adalah Kualitas sistem, Kualitas informasi, Penggunaan, Kepuasan pemakai. Teknik analisa data menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian Secara menyeluruh wajib pajak merasa puas dengan adanya sistem e-filing sedangkan untuk karakteristik kepatuhan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan dengan menggunakan sistem e-filing mampu membantu wajib pajak terhindar akan denda keterlambatan pelaporan SPT dan terdapat pengaruh yang signifikan antara e-filing dengan kepatuhan pelaporan Surat Pemberitahuan tahunaKata kunci: e-filing, pajak
PENGARUH KOMPONEN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA) Yuni Purnama Sari; Muhafidhah Novie
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.431 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.41

Abstract

AbstractThe relation between capital structure and profitability are important to investigate because the improvement of profitability is necessary to predict the long-term survivability of firm. This paper also extend Abor’ s findings (2005) regarding the effect of capital structure on profitability by examining on Indonesian manufacturing firm that listing on Indonesian Stock Exchange. This research use regression analysis to estimate the relation between EBIT and capital structures. Empirical results show that long debt to total capital and size has significantly relationship with profitability. Otherwise, short debt to total capital has no significant effect on profitability.Keywords: Capital structure, profitability, Firm Size AbstrakHubungan antara struktur modal dan profitabilitas maih menarik untuk diteliti karena peningkatan profitabilitas diperlukan untuk memprediksi kelangsungan hidup jangka panjang perusahaan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memperluas temuan Abor (2005) mengenai pengaruh struktur permodalan terhadap profitabilitas dengan memeriksa perusahaan manufaktur Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk memperkirakan hubungan antara profitabilitas yang diturunkan dari nilai EBIT dan struktur permodalan. Hasil empiris menunjukkan bahwa hutang jangka panjang dan ukuran memiliki hubungan yang signifikan dengan profitabilitas. Sementara, hutang jangka pendek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan.Kata kunci: struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7