cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jalan Jembatan
ISSN : 19070284     EISSN : 25278681     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (1995)" : 5 Documents clear
PERKUATAN GEOTEXTILE UNTUK MENDUKUNG PERKERASAN JALAN Affandi, Furqon
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 12 No 1 (1995)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan timbunan untuk jalan raya dan atau jaln kereta apai yang melewati daerah tanah lembek, pada saat ini tiidak selalu bisa dihindari lagi, karena keterbatasan dan penekanan biaya. Sebagai akibatnya maka perlu metoda perencanaan yang baru yang memberikan kestabilan timbunan ttersebut baik kestabilan tanah lembeknya ataupun kestabilan terhadap bidang gelincirnya, dengan biaya pelaksanaan yang lebi murahh dibandingkan perencanaan yang sudah ada sebelumnya. Pada tulisanini diuraikan metoda perenanaan yang menggunakan geotextile / geogrid beerta penggunaanya yang maana dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu Aggregate Wrapped mattress, Cellular matterss dan Base reinforcement. Selanjutnya untuk memperjelas penggunaanya, diuraikan pula contoh pemilihan jenis penanganan yang menggunkan geotextile / geogrid, perhitungan kestabilan dan kualitas geotextile yang diperlukan dari suatu timbunan jalan raya yang melalui tanah lembek.
NATURE AND COMPONENTS OOF TYREROAD FRICTION ON WET ROADS nurliwan, sjahda
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 12 No 1 (1995)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bila sebuah jalan menjadi basah, kemampuannya untuk menyediakan tahanan gelinccir menjajdi sangat berkurang. Untuk keselamatan bekendaraan dalam kondisi basah, harus ada suatu tingkatan friksi minimum yang diperlukan antara roda kendaraan dan permukaan jalan. Pengetahuan tentang ketersediaan friksi tersebut dengan demikian diperlukan, Makalah ini memngetengahkan kondisi alami atau mekanisme dari friksi antara roda dan permukaan jalan, serta uraian tentang komponen dari friksi tersebut yang bisa mempengaruhi atau memberikan konstribusi terhadap besarnya tahanan gelincir pada jalan basah.
FAKTOR - FAKTOR PENGARUH DI SEKITAR LOKASI PEMANCANGAN PONDASI TIANG PANCANG Tjahyati, Hermin
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 12 No 1 (1995)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan pondasi tiang pancang secara pemancangan dinamis dapat mempengaruhi kondisi tanah sekitar lokasi pemancangan, seperti terhadap parameter - parameter tanah antara lain tekanan air pori, kuat geser tanah, konsolidasi serta perpindahan ( penyembulan ) tanah yang dapat masuk pada kontruksi disekitar lokasi pemancangan. Besarnya kerusakan yang terjadi sangat tergantungg pada jenis tanah, diameter tiang dan jenis tiang itu sendiri. Besarnya perpindahan tanah ataupun penurunan karena konsolidasi dapat dihitung secara pendekatan matematis disertai pengujian laboratorium.
JEMBATAN CABLE STAY Tristanto, lanneke
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 12 No 1 (1995)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan jembatan bentang panjang dengan sistem cable-stay merupakann solusi ekonomis karena bagian - bagian jembatan mempunyai dimensi relatif langsing. Bentang - bentang pendek yang digantung pada " kabel stay " sebagai 'pengganti pilar - pilar ' akan membentuk bentang panjang yang menerus dan estetik. Pada sitem statik jembatan cable-stay, 'gelagar pengaku ' merupakan kontruksi lantai yang langsung memikul beban lalu lintas yang digantung pada ' stay ' yang menyalurkan beban dari gelagar pengaku pada ' pilon ', yang menyalurkan gaya dari stay termasuk berat sendiri pilon ke pondasi dengan perantaraan ' piilar '.
BETON MUTU TINGGI Suhud, Ridwan
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 12 No 1 (1995)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini menyajikan salah satu cara untuk membuat beton mutu tinggi. yang dimaksud dengan beton mutu tinggi disini adalah beton yang mempunyai kekuatan tekanannya sekitar 1000 kg/cm2 ( 100 MPA ). Sampai sekarang untuk keperluan kebanyakan struktur, beton dengan kekuatan tersebut masih jarang digunakan. Apabila pelaksanaan pembuatan beton mutu tinggi ini tidak terlalu sulit, maka dimensi dari struktur dapat diperkecil, terutama untuk struktur beton prategang. Tampaknya untuk membuat beton mutu tinggi tersebut, bahan - bahan yang diperlukannya cukup tersedianya didalam negeri. Untuk memberi gambaran mengenai cara pembuatan beton mutu tinggi ini, telah dilakukan beberapa percobaan di Laboratorium Struktur, jurusan Teknik Sipil - Institut Teknologi Bandung.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

1995 1995


Filter By Issues
All Issue Vol 39 No 1 (2022) Vol 38 No 2 (2021) Vol 38 No 1 (2021) Vol 37 No 2 (2020) Vol 37 No 1 (2020) Vol 36 No 2 (2019) Vol 36 No 1 (2019) Vol 35 No 2 (2018) Vol 35 No 1 (2018) Vol 34 No 2 (2017) Vol 34 No 1 (2017) Vol 33 No 2 (2016) Vol 33 No 1 (2016) Vol 32 No 3 (2015) Vol 32 No 2 (2015) Vol 32 No 1 (2015) Vol 31 No 3 (2014) Vol 31 No 2 (2014) Vol 31 No 1 (2014) Vol 30 No 3 (2013) Vol 30 No 2 (2013) Vol 30 No 1 (2013) Vol 29 No 3 (2012) Vol 29 No 2 (2012) Vol 29 No 1 (2012) Vol 28 No 3 (2011) Vol 28 No 2 (2011) Vol 28 No 1 (2011) Vol 27 No 3 (2010) Vol 27 No 2 (2010) Vol 27 No 1 (2010) Vol 26 No 3 (2009) Vol 26 No 2 (2009) Vol 26 No 1 (2009) Vol 25 No 3 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 1 (2008) Vol 24 No 3 (2007) Vol 24 No 2 (2007) Vol 24 No 1 (2007) Vol 23 No 3 (2006) Vol 23 No 2 (2006) Vol 23 No 1 (2006) Vol 22 No 4 (2005) Vol 22 No 3 (2005) Vol 22 No 2 (2005) Vol 22 No 1 (2005) Vol 21 No 4 (2004) Vol 21 No 3 (2004) Vol 21 No 2 (2004) Vol 21 No 1 (2004) Vol 20 No 4 (2003) Vol 19 No 3 (2002) Vol 19 No 2 (2002) Vol 19 No 1 (2002) Vol 18 No 2 (2001) Vol 18 No 1 (2001) Vol 17 No 2 (2000) Vol 17 No 1 (2000) Vol 16 No 3 (2000) Vol 16 No 2 (1999) Vol 15 No 4 (1999) Vol 15 No 1 (1998) Vol 15 No 3 (1997) Vol 15 No 1 (1997) No 4 (1997) No 2 (1997) Vol 13 No 2 (1996) Vol 13 No 1 (1996) No 4 (1996) No 3 (1996) Vol 12 No 3 (1995) Vol 12 No 2 (1995) Vol 12 No 1 (1995) Vol 11 No 1 (1994) Vol 10 No 3 (1993) Vol 10 No 2 (1993) Vol 10 No 1 (1993) Vol 9 No 4 (1993) Vol 9 No 3 (1992) Vol 9 No 2 (1992) Vol 9 No 1 (1992) Vol 8 No 3 (1992) Vol 7 No 3 (1991) No 2 (1991) No 1 (1991) No 1 (1990) No 2 (1989) No 1 (1989) No 4 (1987) No 2 (1987) No 1 (1987) No 1 (1986) No 3 (1985) No 3 (1984) No 2 (1984) No 1 (1984) More Issue