cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Melawi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024" : 11 Documents clear
PERAN GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 12 BEMBAN PANGERSIT Nini Susilawati; Ason Ason; Septian Peterianus
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.2311

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SD Hengkang Bara Saputro; Indah Pratiwi
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.1510

Abstract

This research aims to develop a mathematics module on spatial construction material with a problem based learning model for fifth grade students at SD Muhammadiyah Sunten. This type of research is Research and Development (RD) research using the ADDIE development model. The data collection instrument used was a questionnaire. The data analysis techniques used are qualitative data and quantitative data. Validity tests are carried out by media experts, material experts and learning experts. The feasibility of the module is obtained from the results of teacher and student trials. The validation results for the module obtained an average percentage of 83.3% in the very good category, with respective results, including 1) media expert 84%; 2) material expert 84%; and 3) learning expert 82%. Trials of the module on teachers and students obtained a score of 86% from the teacher and 95.5% of the average percentage by 9 students. The final average score for the module from expert validation tests, teacher trials, and class V students was 88.26% in the very good category.Keywords: module, geometry, problem based learning model
ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS IV SD NEGERI PEPELEGI 2 SIDOARJO Arum Nur Aisyah; Putri Rachmadyanti; Umi Alfiyah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.2019

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Dasar dibagi menjadi dua kegiatan utama yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila ini diharapkan dapat mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” kelas IV di SD Negeri Pepelegi 2 Sidoarjo sebagai bentuk inovasi dari Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mengamati pelaksanaan proyek termasuk pembagian peran, pembuatan infografis, pembuatan media tanam (POT) dari limbah, hingga menanam dan merawat tanaman TOGA. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa projek ini berhasil mengintegrasikan profil pelajar Pancasila, menanamkan karakter, meningkatkan keterampilan, dan partisipasi aktif peserta didik. Melalui kerja sama antar guru, peserta didik, dan orang tua, projek ini memberikan pengalaman belajar yang holistik dan bermakna sehingga mencerminkan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan karakter dan keterampilan peserta didik.
IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SDN 1 SUKARAJA Nuraini Nuraini; Rina Yuliana; Sundawati Tisnasari; Sigit Setiawan
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.1538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan abad 21 melalui pembelajaran berbasis proyek di SDN 1 Sukaraja yang mencakup mengenai daya dukung kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar berbasis keterampilan abad 21, proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek, dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sudah memberikan daya dukungnya untuk mencipatakan lingkungan belajar berbasis keterampilan abad 21 dengan menyusun dan melaksanakan program sekolah, melakukan pengembangan sumber daya manusia khususnya guru, serta menyediakan sarana prasarana yang memadai. Selain itu, guru pula sudah menyusun dan membuat perangkat pembelajaran yang dapat mendukung penerapan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran berbasis proyek, dan proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah berjalan dengan sistematis sesuai dengan sintaks pembelajaran berbasis proyek. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis proyek sudah mengembangkan keterampilan abad 21 peserta didik yang meliputi, keterampilan berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), kewarganegaraan (citizenship), dan karakter (character).
PENGARUH FLIPBOOK LITERASI DAN NUMERASI TERHADAP HASIL AKM PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN PLOSO WONOAYU Gritias Dwi Lestari
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.1918

Abstract

Abstract: The aim of this research is to determine the effect of flipbooks on the AKM results of class V students at SDN Ploso Wonoayu for the 2023/2024 academic year with a research sample of 18 students. This research method is Quasi-experimental design using a One Group Pretest-Posttest Design. This design uses a set of limitations, namely an experimental group without a control group. The researcher's test data includes pretest and posttest multiple choice questions which include 20 literacy questions and 20 numeracy questions. The questions contained in it are related to literacy and numeracy questions obtained from a motivational application provided by the Ministry of Education and Culture which can only be accessed by students who take part in government programs such as teaching campuses so that researchers do not need to carry out validity and reliability tests, in order to obtain information on literacy and learning outcomes. numeracy which measures students' mastery of the material. To analyze the data using the normality test and paired sample t-test. By using literacy and numeracy flipbooks there is a significant influence on the AKM results of class V students from the pretest and posttest. The results of the paired sample t-test for literacy and numeracy have a significance level (2-tailed) 0.05 or 0.000 0.05 so we come to the conclusion that Hₒ is rejected and Ha is accepted. showed a significant increase. This shows that there are differences in literacy and numeracy pretest scores as well as literacy and numeracy posttest scores after using literacy and numeracy flipbooks at SDN Ploso Wonoayu.Keywords: Flipbook, Literacy and Numeracy, AKM Results                                                                                                         Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh flipbook terhadap hasil AKM peserta didik kelas V SDN Ploso Wonoayu tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian 18 peserta didik. Metode penelitian ini yaitu Quasi-experimental design dengan Menggunakan Rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Rancangan ini menggunakan satu set batasan, yaitu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Data tes peneliti meliputi pretest dan posttest soal pilihan ganda yang meliputi dari 20 soal literasi dan 20 soal numerasi. Soal yang tersusun didalamnya terkait soal literasi dan numerasi yang didapat dari aplikasi motivasi yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang hanya bisa diakses oleh mahasiswa yang mengikuti program pemerintah seperti kampus mengajar sehingga peneliti tidak perlu melakukan uji validitas dan reliabilitas, guna mendapatkan informasi Hasil belajar literasi dan numerasi  yang mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi. Untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Dengan menggunakan flipbook literasi dan numerasi terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil AKM peserta didik kelas V dari pretest dan posttest. Hasil dari uji paired sample t-test literasi dan numerasi memiliki taraf signifikansi (2-tailed) 0,05 atau 0,000 0,05 sehingga kita sampai pada kesimpulannya bahwa Hₒ ditolak dan Ha diterima. menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan nilai pretest literasi dan numerasi serta nilai posttest literasi dan numerasi setelah di menggunakan flipbook literasi dan numerasi di SDN Ploso Wonoayu.Kata Kunci: Flipbook, Literasi dan Numerasi, Hasil AKM
Implementasi Penggunaan LKPD Berbasis Model Learning Cycle Terhadap Literasi Budaya nova ayu stya ningsih; feri tirtoni
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.1921

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemahaman guru tentang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kelas di SDN Mindugading. Siswa harus dilatih dalam berpikir kritis karena kurikulum 2013 menuntut keterampilan berpikir kritis. Lembar Kerja Peseta Didik berbasis Kelas akan membantu siswa belajar berpikir kritis dengan mengajarkan mereka tidak hanya mengingat, memahami, dan mengaplikasikan informasi, tetapi mereka juga belajar untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan ide-ide mereka sendiri. Untuk mendukung pembelajaran yang melatih siswanya untuk memahami literasi budaya, guru harus memiliki kemampuan yang memadai untuk memahami Cycle of Learning. Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian kualitatif yang memiliki desain deskriptif. dengan metode dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memahami lembar kerja peserta didik berbasis Learning Cycle di SDN Mindugading dengan baik, melaksanakannya dengan baik, dan berada dalam kategori cukup baik. Selain itu, tingkat keberhasilan peserta didik dalam mengikuti LKPD berbasis Learning Cycle juga berada dalam kategori baik.
ANALISIS PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD litha ayu ningsih
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.2017

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar, jika diterapkan di sekolah dasar yang berbeda. Jenis penelitian ini menggunakan metode Studi Pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis isi, yang bertujuan untuk memahami serta menganalisis data yang telah dicari dan dikumpulkan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik dokumentasi, dengan mencari data melalui beberapa sumber diantaranya dari website, google scholar, sinta, artikel dan jurnal ilmiah lainnya. Tinjauan Pustaka berfokus pada Model Make A Match, hasil belajar dan pelajaran IPS di sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian Studi Pustaka yang telah dibahas dan dianalisis oleh peneliti, maka peneliti memberikan kesimpulan bahwa terdapat “Pengaruh Peningkatan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar yang berbeda dengan menerapkan Model Pembelajaran Make A Match.Kata Kunci: Make A Match, Hasil Belajar, IPS.
PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS FLIPBOOK MUATAN IPAS PADA MATERI PETA DAERAH KELAS IV SIDIQ PUTRA PURNAMA; Oktaviani Adhi Suciptaningsih
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.2070

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-book berbasis flipbook mauatan IPAS materi peta daerah di kelas IV SD. Berdasarkan temuan dari wawancara dengan guru kelas empat dan analisis kebutuhan siswa kelas empat di SD Negeri 2 Rejosari, ditemukan bahwa siswa yang kurang memahami materi peta, terutama materi peta daerah, masih mengalami kesulitan dalam pembelajarannya. Jika siswa menggunakan bahan ajar yang hanya bergantung pada buku paket dan buku LKS, mereka akan kurang memahami materi peta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RD). Dengan menggunakan model pengembangan 4D, penelitian ini menggunakan bahan ajar e-book IPAS berbasis flipbook. Pengembangan ini menghasilkan konten yang mencakup materi pembahasan, instruksi tugas, dan link video yang terhubung ke YouTube, yang membantu siswa lebih memahami materi. Validasi dilakukan kepada ahli media, dan ahli materi hasilnya menunjukkan skor 3,75 dari ahli materi termasuk dalam kategori “baik”. Data validasi ahli media memperoleh skor 5,00 berada dalam kategori “sangat baik”, Jadi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi e-book berbasis flipbook dapat digunakan dalam pembelajaran IPAS, khususnya materi peta.
ANALISIS PENGELOLAAN LABORATORIUM KOMPUTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI POLISI 1 BOGOR Berliani Nur Rahma
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.616

Abstract

Abstract: The aim of this study was to analyze how the management ofcomputer laboratory at the SDN Polisi 1 Bogor viewed from variousaspects such procurement, use, maintenance of the computer laboratory.The type of this research is descriptive qualitative methods with interviews,observation, and documentation. The results of this study indicate thatmanagement of computer laboratory at the SDN Polisi 1 Bogor in terms of(1) procurement has been optimally, in this case the school using financialassistance from BOS; (2) The use has been optimally, as the explained thatthe computer laboratory is used for learning that contain computerutilizing and it’s used to computer based test (CBT); (3) The maintenancehas not been optimally, because the compuert laboratory in SDN Polisi 1Bogor is a new laboratory so it’s does not have an administrativestructure. So, those who are take a responbility for maintenance and takecare laboaratory are all the teachers who need the computer laboratory.Keywords: Management, Computer laboratory, Elementary school Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanapengelolaan laboratorium komputer yang berada di Sekolah Dasar NegeriPolisi 1 Bogor yang dilihat dari berbagai aspek seperti pengadaan,penggunaan, serta pemeliharaan laboratorium komputer tersebut. Jenispenelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melaluiwawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa pengelolaan labratorium komputer di SDN Polisi 1Bogor dalam aspek (1) pengadaan telah berjalan optimal, dalam halpengadaan barang di laboratorium pihak sekolah menggunakan bantuandana dari BOS; (2) penggunaan telah berjalan secara optimal, seperti yangdijabarkan bahwa laboratorium komputer tersebut digunakan untukpembelajaran yang terkait dengan komputer serta digunakan untukmelaksanakan ujian berbasis komputer (CBT); (3) pemeliharaan belumoptimal dilakukan, dikarenakan laboratorium komputer yang berada diSekolah Dasar Negeri 1 Polisi Bogor merupakan laboratorium barusehingga masih belum memiliki struktur pengurus secara administrasimaka yang bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan dan perawatanialah seluruh wali kelas yang membutuhkan laboratorium komputertersebut.Kata Kunci: Pengelolaan, Laboratorium komputer, Sekolah dasar
Konsentrasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 5 Nanga Nuak Mardiana Mardiana; Hesti Wulandari; Nurul Apsari
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v12i1.2189

Abstract

This research was motivated by the discovery that students' concentration was different at the beginning and end of learning. This can be seen by the students' restless movements, some shivering, fear, and playing. In thematic learning, learning concentration is very important so that students can understand certain topics with combined subjects. The research aims to describe the learning concentration of class V students at SDN 5 Nanga Nuak in thematic learning. This research is a qualitative descriptive study. The subjects in this research were 24 class V students and were divided into three groups, namely high, medium and low student learning outcomes. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The research instrumen uses observation sheets, interviews and documentation. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions. Data validity with technical triangulation. The research results showed that students with high learning outcomes concentrated well during thematic learning. Students can pay close attention to the teacher's explanation and focus on the blackboard when the teacher explains using the blackboard, can ask and answer the teacher's questions, and participate actively in discussions. Students with moderate learning outcomes concentrate quite well during thematic learning. Some students looked enthusiastic and focused on paying attention to the teacher's explanation, but were still distracted by playing or chatting during the lesson. Students with low learning outcomes have poor concentration abilities during thematic learning. students who do not respond to the teacher's questions, are not active in discussions, and less enthusiasm, and are still playing and sleepy during learning.Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukan bahwa konsentrasi siswa yang berbeda ketika diawal dan akhir pembelajaran. Hal tersebut dapat diketahui dengan adanya gerak-gerik siswa yang gelisah, ada yang mengobrol, mengantuk, dan bermain. Dalam pembelajaran tematik, konsentrasi belajar sangat penting agar siswa dapat memahami topik tertentu dengan mata pelajaran yang digabungkan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan konsentrasi belajar siswa kelas V SDN 5 Nanga Nuak pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa dan di kelompok menjadi tiga yaitu hasil belajar siswa tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triagulasi teknik.  Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan hasil belajar tinggi berkonsentrasi dengan baik selama mengikuti pembelajaran tematik. Siswa dapat memperhatikan penjelasan guru dengan seksama dan berfokus pada papan tulis pada saat guru menjelaskan menggunakan papan tulis, dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan guru, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi. Siswa dengan hasil belajar sedang berkonsentrasi dengan cukup baik selama mengikuti pembelajaran tematik. Sebagian siswa terlihat bersemangat dan fokus memperhatikan penjelasan guru, akan tetapi masih teralihkan dengan bermain atau mengobrol selama pembelajaran berlangsung. Siswa dengan hasil belajar rendah memiliki kemampuan konsentrasi yang kurang baik selama mengikuti pembelajaran tematik. siswa yang kurang merespon terhadap pertanyaan guru, tidak aktif dalam diskusi, dan kurangnya semangat, serta masih bermain dan mengantuk saat mengikuti pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 11