cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Melawi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016" : 12 Documents clear
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KABUPATEN MELAWI Mastiah, Mastiah; Ason, Ason
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.125 KB)

Abstract

Abstract: This research is an experimental research of scientific approach on early childhood education. This research is an experimental research. This study applies a scientific approach to early childhood education. This study aims to (1) know whether there are significant differences in early childhood understanding of the language after the application of scientific approaches, and (2) to know whether there is a significant difference in the understanding of early childhood environments after the application ofa scientific approach. The results of this study are (1) There is a significant difference in early childhood understanding of the language after the application of scientific approach (2) There is a significant difference in the understanding of early childhood environment after the application of scientific approach.Keywords: scientific approach, understanding of the language, understanding of the environmentAbstrak : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan pendekatan saintifik pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada pemahaman berbahasa anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik, dan (2) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada pemahaman lingkungan anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman berbahasa anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman lingkungan anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik.Kata Kunci: pendekatan saintifik, pemahaman kebahasaan, pemahamanan lingkungan
THE FACTORS OF MALAY DIALECT USE BY ENTIKONG MALAY, IN ENTIKONG SUBDISTRICT, WEST KALIMANTAN Slow, Lilian; Yassi, Abdul Hakim; Saleh, Noer Jihad
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.617 KB)

Abstract

Abstrak: Keberagaman bahasa yang terbentuk dari multikultur pada masyarakat, menyebabkan adanya pergeseran penggunaan bahasa dan mempengaruhi penggunaan bahasa lokal pada masyarakat Melayu Entikong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan bahasa pada ranah keluarga di Entikong.Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah survey lapangan dengan memberikan questioner pada 100 responden, yang terdiri dari masingmasing 25 anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kemudian, merekam percakapan dan wawancara kepada beberapa responden mengenai penggunaan bahasa pada anggota keluarga di rumah. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling pada masyarakat Melayu di Kecamatan Entikong dan pengambilan sampel menggunakan formula Slovin. Data dianalisa menggunakan metode pendeskripsian kuantitatif dan kualitatif dengan identifikasi, klasifikasi, analisis, dan deskripsi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa penutur di rumah adalah faktor sosiokultur, pernikahan beda suku, tujuan sosial dan pendidikan, dan penguasaan bahasa. Kata Kunci: dialek melayu entikong, pemilihan bahasa, pemertahanan bahasa.Abstract: The diversity of language shaped by the multiculture in the society, cause the shifting of language use and affect the local language use in Entikong Malay society. Therefore, this present research aimed to find what kind of factors affect the language use in family domain in Entikong. This research was conducted in Entikong sub-district, West Kalimantan. The method use was field survey by giving a questioner to 100 persons, consist of 25 each children, adolescence, adult, and old respondents. Then, recording conversation and interviewing some respondents about the use of language with family members at home. The sample was selected using purposive sampling method in Entikong subdistrict Malay and sample taking used by Slovin’s formula. The data was analyzed by quantitative and qualitative describing with identifying, classifying. The result shows that the factors affect the speakers use language at home are socio-cultural factor, intermarriage or interethnic marriage, social and educational need, and communicative competence. Keywords: entikong malay dialect, language choice, language maintenance.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DOSEN STKIP MELAWI Peterianus, Septian; Ason, Ason
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.225 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to know the influence of organizational culture and leadership styles on performance of High School Professor of pedagogy and educational sciences (STKIP) Melawi. The research sample is the entire faculty at STKIP Melawi totalling 20 people with census techniques. Data collection instruments used are the likert scale using the now compiled and summarized from various theories that make it into the variables operations, while the testing against the instrument research done through the test validity and reliability. To test the requirements analysis used Test normality, test its homogeneity and linearity. The results showed that (1) organizational culture and leadership style in a partial influence on the performance of a lecturer STKIP Melawi, (2) organizational culture and leadership styles simultaneously (simultaneous) effect on performance STKIP Melawi Lecturer. The results showed that the organizational culture and leadership style and real effect on performance lecturer, this meaning that when there is an increase in the culture of the Organization and the leadership style of then Professor of performance will increase.Keywords: organizational culture, leadership style and performance lecturerAbstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi. Sampel penelitian adalah seluruh dosen di STKIP Melawi berjumlah 20 orang dengan teknik sensus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang menggunakan skala likert yang disusun dan dirangkum dari berbagai teori yang di wujudkan kedalam variable operasional, sedangkan pengujian terhadap instrument penelitian dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas. Untuk uji persyaratan analisis digunakan Uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Budaya Organisasi dan gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Dosen STKIP Melawi, (2) Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap Kinerja Dosen STKIP Melawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh dan nyata terhadap kinerja dosen, hal ini mengandung makna bahwa apabila ada peningkatan dalam budaya organisasi dan gaya kepemimpinan maka kinerja dosen akan meningkat.Kata Kunci: budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan kinerja dosen
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE METAFORA Sukristin, Sukristin
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.185 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi mahasiswa AMKI Ketapang dalam belajar kewirausahaan dengan mengunakan metode metafora. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama sama untuk peneliti dan decision maker tentang variabel yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan. Berdasarkan hasil pengamatan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan oleh dosen lain, persentase bobot yang diberikan oleh pengamat pada KBM siklus I sebesar 75.91%. Dengan adanya perbaikan pada pelaksanaan siklus II, hasil penilaian pada kegiatan belajar mengajar siklus II sebesar 88.03%. Dari data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 16%. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa mahasiswa AMKI Ketapang semester V tahun akademik 2013/2014-1 ketika mereka belajar kewirausahaan lebih termotivasi dengan mengunakan metode metafora. Kata kunci: kewirausahaan, metode metafora, meningkatkan motivasiAbstract: The purpose of this research is to increase the motivation of AMKI Ketapang students in entrepreneurship learning by using metaphor method. The method used in this research was Classroom Action Research method (Classroom Action Research),a research developed jointly for researcher and decision maker about manipulated variable and can be used to make improvement. Based on the observation of teaching and learning activities (KBM) conducted by other lecturers, the percentage of weight given by observers in cycle I of KBM amounted to 75.91%. With the improvement in the implementation of cycle II, the results of the assessment on teaching and learning activities in cycle II achieved to 88.03%. To conclude, the data showed an increase of 16%from the first cycle to the second one. From the result of the study that researcher has done, researcher can draw a conclusion that the students of AMKI Ketapangof semester V in academic year 2013 / 2014-1 increase their motivation in learning entrepreneurship by using metaphor method. Keywords: entrepreneurship, metaphor method, increasing motivation
PEMBELAJARAN NHT BERSTRUKTUR ANTISIPASI DIDAKTIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS Mutazam, Mutazam
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.963 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to improve the ability of mathematical representation and problem solving ability of students through Numbered Heads Together (NHT) structured anticipation didactic. model of this research is experiment with One group pretest-posttest design. Based on the analysis, the result are (1) the ability Representation views of ability before and after applied NHT there is a significant increase (2) the level of effect given structured learning model NHT didactic anticipation of the ability of mathematical representation 41% representation capability for problem resolution capabilities.Keyword: numbered head together, didactic anticipation mathematical representation ability, Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemampuan penyelesaian masalah siswamelalui model pembelajaran NHT berstruktur antisipasi didaktis. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk One group pretest-Posttest design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa (1) Kemampuan Representasi dilihat dari kemampuan sebelum dan sesudah diterapkan model NHT terdapat peningkatan yang (2) Tingkat sumbangan yang di berikan model pembelajaran NHT berstruktur antisipasi didaktis terhadap kemampuan representasi matematis tergolong besar dengan 41 % kemampuan representasi Kata Kunci: numbered head together, antisipasi didaktis, kemampuan representasi matematis, kemampuan penyelesaian masalah
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SD Rahmawati, Puji
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.339 KB)

Abstract

Abstract: This research aims to determineof learning model based Realistic Mathematics Education (RME) about the comparation and scale to upgraded of the problem solving student by development research. Developing of learning model for the research has used by Borg and Gall model until seventh phase.. The study sample is 23 students. Polyas fourstep problem-solving, the problem solving ability of students in the lowest pretest on implementation planning steps and look back, at this stage only 20% -30% of students who did it. While the identification and implementation stage is at 60% -100%. Problem solving ability of students at posttest can be described with a percentage of 50% -100%. The effectiveness of the learning model and the RME-based learning instruments seen from the results of learning and student activities. Before learning to use an EMR-based learning model implemented study results showed an average of 64.3913, while after learning to use the RME-based learning model study results showed an average of 73.0435. An increase of 8.6522 is quite significant, as well as qualitative process based on observations of researchers studied experienced significant improvement, it is seen from the student activity that is getting better at every meeting. Based on observations, the percentage increase in student activity relevant to the learning activities of 6.775% and a decrease in the activity of the students that are not relevant to the learning activities of 4.6%, as the percentage of student activity that is relevant to the learning activity is greater than the percentage of students who are not relevant then this suggests that RME-based learning model has effectively improve student learning activities in the classroom.Keywords: learning model, RME, the problem solvingAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) tentang topik perbandingan dan skala yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, melalui penelitian pengembangan. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall sampai pada tahap ketujuh. Sampel penelitian ini adalah 23 siswa. Berdasarkan empat langkah pemecahan masalah polya kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelaksanaan pretes terendah pada langkah perencanaan dan melihat kembali, pada tahap ini hanya 20%-30% siswa yang melakukannya. Sedangkan tahap identifikasi dan pelaksanaan berada pada 60%-100%. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada postest dapat digambarkan dengan persentase 50%-100%. Efektifitas model pembelajaran dan instrumen pembelajaran berbasis RME dilihat dari hasil belajar dan aktifitas siswa. Sebelum pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis RME terlaksana hasil belajarnya menunjukkan rata-rata sebesar 64,3913, sedangkan setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis RMEtersebut hasil belajarnya menunjukkan rata-rata sebesar 73,0435. Peningkatan sebesar 8,6522 tersebut cukup berarti, begitu juga secara kualitatif proses belajar berdasarkan pengamatan peneliti mengalami peningkatan yang berarti, hal ini dilihat dari aktivitas siswa yang semakin membaik pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan, persentase peningkatan aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran sebesar 6,775 % dan penurunan aktivitas siswa yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran sebesar 4,6 %, karena persentase aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran lebih besar daripada persentase aktivitas siswa yang tidak relevan maka hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis RME telah efektif meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa di dalam kelas.Kata kunci : model pembelajaran, RME, pemecahan masalah
PEMBELAJARAN NHT BERSTRUKTUR ANTISIPASI DIDAKTIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS Mutazam Mutazam
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.963 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v4i2.113

Abstract

Abstract: This study aims to improve the ability of mathematical representation and problem solving ability of students through Numbered Heads Together (NHT) structured anticipation didactic. model of this research is experiment with One group pretest-posttest design. Based on the analysis, the result are (1) the ability Representation views of ability before and after applied NHT there is a significant increase (2) the level of effect given structured learning model NHT didactic anticipation of the ability of mathematical representation 41% representation capability for problem resolution capabilities.Keyword: numbered head together, didactic anticipation mathematical representation ability, Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemampuan penyelesaian masalah siswamelalui model pembelajaran NHT berstruktur antisipasi didaktis. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk One group pretest-Posttest design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa (1) Kemampuan Representasi dilihat dari kemampuan sebelum dan sesudah diterapkan model NHT terdapat peningkatan yang (2) Tingkat sumbangan yang di berikan model pembelajaran NHT berstruktur antisipasi didaktis terhadap kemampuan representasi matematis tergolong besar dengan 41 % kemampuan representasi Kata Kunci: numbered head together, antisipasi didaktis, kemampuan representasi matematis, kemampuan penyelesaian masalah
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SD Puji Rahmawati
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.339 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v4i2.114

Abstract

Abstract: This research aims to determineof learning model based Realistic Mathematics Education (RME) about the comparation and scale to upgraded of the problem solving student by development research. Developing of learning model for the research has used by Borg and Gall model until seventh phase.. The study sample is 23 students. Polya's fourstep problem-solving, the problem solving ability of students in the lowest pretest on implementation planning steps and look back, at this stage only 20% -30% of students who did it. While the identification and implementation stage is at 60% -100%. Problem solving ability of students at posttest can be described with a percentage of 50% -100%. The effectiveness of the learning model and the RME-based learning instruments seen from the results of learning and student activities. Before learning to use an EMR-based learning model implemented study results showed an average of 64.3913, while after learning to use the RME-based learning model study results showed an average of 73.0435. An increase of 8.6522 is quite significant, as well as qualitative process based on observations of researchers studied experienced significant improvement, it is seen from the student activity that is getting better at every meeting. Based on observations, the percentage increase in student activity relevant to the learning activities of 6.775% and a decrease in the activity of the students that are not relevant to the learning activities of 4.6%, as the percentage of student activity that is relevant to the learning activity is greater than the percentage of students who are not relevant then this suggests that RME-based learning model has effectively improve student learning activities in the classroom.Keywords: learning model, RME, the problem solvingAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) tentang topik perbandingan dan skala yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, melalui penelitian pengembangan. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall sampai pada tahap ketujuh. Sampel penelitian ini adalah 23 siswa. Berdasarkan empat langkah pemecahan masalah polya kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelaksanaan pretes terendah pada langkah perencanaan dan melihat kembali, pada tahap ini hanya 20%-30% siswa yang melakukannya. Sedangkan tahap identifikasi dan pelaksanaan berada pada 60%-100%. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada postest dapat digambarkan dengan persentase 50%-100%. Efektifitas model pembelajaran dan instrumen pembelajaran berbasis RME dilihat dari hasil belajar dan aktifitas siswa. Sebelum pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis RME terlaksana hasil belajarnya menunjukkan rata-rata sebesar 64,3913, sedangkan setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis RMEtersebut hasil belajarnya menunjukkan rata-rata sebesar 73,0435. Peningkatan sebesar 8,6522 tersebut cukup berarti, begitu juga secara kualitatif proses belajar berdasarkan pengamatan peneliti mengalami peningkatan yang berarti, hal ini dilihat dari aktivitas siswa yang semakin membaik pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan, persentase peningkatan aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran sebesar 6,775 % dan penurunan aktivitas siswa yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran sebesar 4,6 %, karena persentase aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran lebih besar daripada persentase aktivitas siswa yang tidak relevan maka hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis RME telah efektif meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa di dalam kelas.Kata kunci : model pembelajaran, RME, pemecahan masalah
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KABUPATEN MELAWI Mastiah Mastiah; Ason Ason
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.125 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v4i2.115

Abstract

Abstract: This research is an experimental research of scientific approach on early childhood education. This research is an experimental research. This study applies a scientific approach to early childhood education. This study aims to (1) know whether there are significant differences in early childhood understanding of the language after the application of scientific approaches, and (2) to know whether there is a significant difference in the understanding of early childhood environments after the application ofa scientific approach. The results of this study are (1) There is a significant difference in early childhood understanding of the language after the application of scientific approach (2) There is a significant difference in the understanding of early childhood environment after the application of scientific approach.Keywords: scientific approach, understanding of the language, understanding of the environmentAbstrak : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan pendekatan saintifik pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada pemahaman berbahasa anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik, dan (2) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada pemahaman lingkungan anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman berbahasa anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman lingkungan anak usia dini setelah penerapan pendekatan saintifik.Kata Kunci: pendekatan saintifik, pemahaman kebahasaan, pemahamanan lingkungan
THE FACTORS OF MALAY DIALECT USE BY ENTIKONG MALAY, IN ENTIKONG SUBDISTRICT, WEST KALIMANTAN Lilian Slow; Abdul Hakim Yassi; Noer Jihad Saleh
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 4, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.617 KB) | DOI: 10.46368/jpd.v4i2.116

Abstract

Abstrak: Keberagaman bahasa yang terbentuk dari multikultur pada masyarakat, menyebabkan adanya pergeseran penggunaan bahasa dan mempengaruhi penggunaan bahasa lokal pada masyarakat Melayu Entikong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan bahasa pada ranah keluarga di Entikong.Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah survey lapangan dengan memberikan questioner pada 100 responden, yang terdiri dari masingmasing 25 anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kemudian, merekam percakapan dan wawancara kepada beberapa responden mengenai penggunaan bahasa pada anggota keluarga di rumah. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling pada masyarakat Melayu di Kecamatan Entikong dan pengambilan sampel menggunakan formula Slovin. Data dianalisa menggunakan metode pendeskripsian kuantitatif dan kualitatif dengan identifikasi, klasifikasi, analisis, dan deskripsi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa penutur di rumah adalah faktor sosiokultur, pernikahan beda suku, tujuan sosial dan pendidikan, dan penguasaan bahasa. Kata Kunci: dialek melayu entikong, pemilihan bahasa, pemertahanan bahasa.Abstract: The diversity of language shaped by the multiculture in the society, cause the shifting of language use and affect the local language use in Entikong Malay society. Therefore, this present research aimed to find what kind of factors affect the language use in family domain in Entikong. This research was conducted in Entikong sub-district, West Kalimantan. The method use was field survey by giving a questioner to 100 persons, consist of 25 each children, adolescence, adult, and old respondents. Then, recording conversation and interviewing some respondents about the use of language with family members at home. The sample was selected using purposive sampling method in Entikong subdistrict Malay and sample taking used by Slovin’s formula. The data was analyzed by quantitative and qualitative describing with identifying, classifying. The result shows that the factors affect the speakers use language at home are socio-cultural factor, intermarriage or interethnic marriage, social and educational need, and communicative competence. Keywords: entikong malay dialect, language choice, language maintenance.

Page 1 of 2 | Total Record : 12