cover
Contact Name
Rikie Kartadie
Contact Email
ojs@akakom.ac.id
Phone
+6282135469911
Journal Mail Official
ojs@akakom.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198 Telp. (0274)486664
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)
ISSN : 24774413     EISSN : 24773964     DOI : https://doi.org/10.26798/jiko
Core Subject : Science,
JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM) Yogyakarta, Indonesia. First published in 2016 for a printed and online version. We receive original research articles and any review papers. The aims of JIKO are to disseminate research results and to improve the productivity of scientific publications. JIKO is published in February and September with the scopes and focus of the research areas that are: Software Engineering, Information Systems, Computer Science Applications, Computer Networks and Communications, and Artificial Intelligence.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023" : 18 Documents clear
Analisis Cybersickness Pada Permainan Metaverse Gamelan Demung Virtual Reality Irfan Irfan; Clara Hetty Primasari; Thomas Adi Purnomo Sidhi; Yohanes Priadi Wibisono; Djoko Budiyanto Setyohadi; Mutiara Cininta
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.786 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.754

Abstract

Cybersickness sebagai penyakit dunia virtual masih terus berkelanjutan meskipun sudah terdapat kemajuan dalam pengembangan Head Mounted Display (HMDs) Virtual Reality (VR). Gejala cybersickness antara lain pusing, mual, muntah, dan keringat dingin layaknya mabuk perjalanan atau motion sickness. Terdapat beberapa teori mengenai gejala motion sickness seperti teori konflik sensor dan teori ketidakstabilan postural. Tujuan jurnal ini dibuat untuk mengoptimalkan cybersickness yang dirasakan pengguna. Perolehan data dilakukan menggunakan survey dari responden yang sudah memainkan permainan Metaverse Gamlean Demung Virtual Reality dan diolah menggunakan metode close-ended survey. Hasilnya menunjukan bahwa sebagian besar pengguna merasakan gejala motion sickness dikarenakan kecepatan rotasi putar player dan lama memainkan permainan Metaverse Gamelan Demung Virtual Reality. Sedangkan, untuk pernyataan lain yang diajukan dalam survey menunjukan sebagian besar player tidak merasakan gejala motion sickness. Berdasarkan dari data yang dianalisis, cybersickness yang dirasakan pengguna pada permainan Metaverse Gamelan Demung Virtual Reality disebabkan karena ketidakcocokan antara sinyal vestibular dan visual pengguna yang berasal dari kecepatan pergerakan dalam dunia virtual dan kecepatan pergerakan dalam dunia nyata.
ANALISIS ASPEK KUALITAS SKEMA BASIS DATA PADA SISTEM INFORMASI TOUR DAN TRAVEL Ivan Rifky Hendrawan; Pebri Antara; Aziza Devita Indraswari; Abyan Fauzi Widihasani; Ema Utami
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.527 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.655

Abstract

Dalam melakukan pengembangan pada sebuah platform dibutuhkan adanya perencanaan yang dilakukan secara optimal serta dilakukannya optimasi pada basis data sehingga data yang tersimpan dapat memiliki kualitas yang baik dan dapat berfungsi secara efektif dan efisien. Untuk mengoptimalkan dan mengatasi resiko permasalahan atau error yang timbul dalam pembuatan basis data, maka perlu dilakukan pengujian system basis data, ada beberapa cara atau metode yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas database diantaranya aspek relevansi, aspek kebenaran, aspek minimalis, dan aspek konsistensi. Penelitian ini  memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengukur kualitas basis data atau database yang digunakan pada sistem informasi tour dan travel. Hasil dari penelitian ini menemukan rekomendasi skema basis data yang lebih optimal dan mengurangi  redundansi sehingga dapat meningkatkan keutuhan  kualitas suatu basis data pada sistem informasi tour dan travel.
ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE LPPM UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA MENGGUNAKAN TEKNIK PENGUKURAN WEBQUAL 4.0 Tungkot Siregar; Ika Kurniawati
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.817 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kualitas layanan website LPPM UKI dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan indikator yang pada webqual 4.0 yaitu: kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi dan kepuasan pelanggan. Sumber data dari penelitian ini menggunakan kuesioner kepada pengguna dengan meliputi 63 responsen yang dihitung berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto yang mengatakan jika jumlah populasi besar, dapat diambil 10%-15% atau 20%-25% atau lebih. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 315 Dosen UKI. Data diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26 menghasilkan persentasi berdasarkan setiap variabel yaitu kegunaan 78,45%, kualitas informasi 76,55%, kualitas interaksi 74,81% dan kepuasan pelanggan 77,46%. Dari analisis dan hasil uji F diperoleh hasil bahwa variabel usability, information quality dan service interaction quality secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Dari analisis dan hasil uji T diperoleh variabel kegunaan (usability) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.”, variabel kualitas informasi (information quality) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, variabel kualitas layanan interaksi (service interaction quality) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil analisis tersebut penelitian ini merekomendasika kepada pengelola web untuk selalu memperbaharui informasi yang terdapat dalam website dan juga menyiapkan ruang komunikasi untuk memfasilitasi pengguna dalam menggukan website tersebut.
PEMODELAN HASIL REKAYASA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK SISTEM JURNAL ELEKTRONIK TERINTEGRASI "IDEOGRAM" Ridwan Dwi Irawan; Muh Adha; Muhammad Paliya Sadana; Zitnaa Dhiaaul Kusnaa Washilatul Arba’ah; Ema Utami
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2211.205 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.653

Abstract

E-Journal or Electronic Journal can be interpreted as online storage of information and communication. The characteristics of the E-Journal are that it utilizes electronic technology where publishers, writers, and readers can communicate with each other and use ICT, or written work data is stored so that it can be accessed anywhere and anytime when needed. One of the efforts to increase the effectiveness and efficiency of the scientific publication process requires using various ICTs. Design can use the electronic journal information system to solve problems in compiling a journal integration system based on software requirements analysis. In addition, the system development method used is a waterfall. The design uses UML, ERD, Wireframe, and database implementation using DBMS. The research results are realized in the form of a conceptual design of the system so that it can accommodate the needs to make the system. The development also can choose journals that are following their fields so that they can estimate open access journals based on the estimated submission time.         
Analisis User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Sudut Elevasi Pemukul Gamelan Metaverse Virtual Reality Menggunakan User Centered Design (UCD) Evangelions Felix Yehdeya; Clara Hetty Primasari; Thomas Adi Purnomo Sidhi; Yohanes Priadi Wibisono; Djoko Budiyanto Setyohadi; Mutiara Cininta
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.11 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.757

Abstract

User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan sesuatu hal yang penting dalam sebuah aplikasi yang sedang dikembangkan, bagaimana UI dan UX ikut ambil bagian dalam sebuah interaksi dengan aplikasi yang dibuat, tidak terlepas dari sebuah Virtual Reality (VR), juga membutuhkan sebuah UI/UX. Di dalam VR kita dapat melihat UI-UI yang telah dibuat sedemikian rupa agar menyerupai tampilan aplikasi yang mendekati dunia yang nyata atau tampak realistis. UI dalam VR pun dapa Dalam hal ini agar mempermudah interaksi antara objek-objek yang ada di dalam aplikasi dengan pengguna. Pembahasan pada artikel ini akan membahas mengenai Virtual Reality Gamelan, yang nantinya pengguna akan berinteraksi dengan pemukul gamelan agar dapat memainkan gamelan seperti gamelan yang nyata. Oleh karena itu metode User Centred Design (UCD) akan memperhatikan pengguna, dalam hal ini akan menjadi pusat desain, agar mendapatkan hasil dari sudut elevasi pemukul gamelan agar mendekati sudut elevasi pemukul gamelan saat bermain gamelan yang sesungguhnya. Harapannya akan mengembangkan suatu aplikasi yang ramah pengguna dan saat memainkan gamelan akan terasa seperti permainan gamelan pada dunia nyata.
Analisis Kualitas Udara Berbasis Dashboard Menggunakan ELK Stack Dedy Hariyadi; Evy Kusumaningrum; Sumarsono Sumarsono; Fazlurrahman Fazlurrahman; Barep Setiyadi
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.96 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.685

Abstract

Penyajian informasi kualitas udara pada awalnya dataset yang tersedia dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat diunduh dengan format .xls. Walaupun masih terdapat beberapa informasi yang kosong, pihak ketiga seperti pengembang smart system dan peneliti dapat dengan mudah mengelola dan menyajikan informasi tentang kualitas udara di Indonesia. Saat ini pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah memperbaiki cara penyajian informasi kualitas udara melalui ponsel cerdas. Namun, pada portal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan belum memberikan petunjuk pengolahan dan penyajian informasi kualitas udara oleh pihak ketiga seperti pengembang smart system dan peneliti. Berdasarkan permasalahan tersebut maka pada penelitian ini mengusulkan teknik pengumpulan data dan pengolahan serta penyajian informasi kualitas udara di Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik crawling, yaitu suatu teknik mengumpulkan informasi melalui Application Programming Interface (API) yang digunakan pada aplikasi berbasis web atau mobile. API yang tersedia dapat ditelusuri dengan mempelajari pola akses data dari aplikasi berbasis web atau mobile. Informasi yang diperoleh menggunakan teknik crawling diolah dan disajikan menggunakan Analytic Stack. Pada penelitian ini diusulkan pengolahan dan penyajian data menggunakan Elasticsearch-Logstash-Kibana (ELK) Stack.
PENERAPAN PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN KARYAWAN TERBAIK PT. INDIUM DYNAMICS SOLUSINDO Azrul Akbar; Safitri Juanita
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1683.296 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.724

Abstract

Sumber daya paling utama pada perusahaan dalam mencapai tujuan adalah sumber daya manusia (SDM). Namun menemukan SDM berkualitas adalah proses panjang, dan salah satunya adalah proses penilaian kinerja karyawan. Proses mengukur kinerja karyawan biasanya dipakai sebagai bagian dari pengambilan keputusan bagi pimpinan, seperti penghargaan ataupun pemberhentian kerja. Pengukuran kinerja pada PT. Indium Dynamics Solusindo digunakan sebagai bagian dari pengambilan keputusan untuk karyawan terbaik. Proses ini menggunakan 2(dua) kriteria yaitu performa kerja dan kompetensi, dan beberapa kriteria seperti performa kerja (kreatif, kehadiran, kejujuran, displin, tanggung jawab, pemahaman produk, kerapihan berpenampilan, inisiatif), dan kompetensi (team work, komunikasi, leadership). Penelitian ini menerapkan metode profile matching pada proses Sistem Penunjang Keputusan (SPK) karyawan terbaik di PT. Indium Dynamics Solusindo. Tujuan penelitian ini adalah membantu memberi rekomendasi keputusan karyawan terbaik menjadi lebih cepat dan akurat dengan mengimplementasikan metode profile matching pada SPK. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem adalah metode Waterfall. Penelitian ini membangun aplikasi SPK berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. Kesimpulan penelitian membuktikan bahwa proses pengambilan keputusan karyawan terbaik pada PT. Indium Dynamics Solusindo lebih efisien, efektif, cepat dan akurat. Selain itu dokumentasi proses pemilihan karyawan terbaik menjadi lebih rapi, sehingga memudahkan dalam pencarian data.
FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE TSUKAMOTO UNTUK PENENTUAN PROGRAM STUDI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR Dio Setiyawan; Arbansyah Arbansyah; Asslia Johar Latipah
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.086 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.657

Abstract

Penentuan program studi sangat penting bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kesalahan dalam memilih program studi sangat berdampak bagi mahasiswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Banyak cara untuk menentukan program studi yang cocok bagi calon mahasiswa, salah satunya melalui pendekatan logika fuzzy. Penelitian ini menerapkan logika fuzzy untuk penentuan program studi pada Fakultas Sains dan Teknologi. Data yang digunakan merupakan data Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021/2022.Pada logika fuzzy terdapat Fuzzy Inference System (FIS) dan metode yang digunakan adalah metode Tsukamoto. Metode Tsukamoto memiliki 3 tahap yang penting, yaitu: 1. Fuzzifikasi untuk menentukan variabel, himpunan, dan nilai domain, 2. Inferensi untuk proses pembentukan rules dan fungsi implikasi Min, dan 3. Defuzzifikasi dengan menggunakan metode rata-rata terbobot. Pada penelitian ini didapatkan hasil pengujian dengan nilai nilai error sebesar 12.28% dan nilai akurasi sebesar 87.72% dari 57 sampel calon mahasiswa berdasarkan variabel nilai Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menambah variabel yang berkaitan untuk meningkatkan keakuratan dalam penentuan program studi bagi calon mahasiswa baru.
IMPLEMENTASI FREERADIUS PADA PLATFORM ITG GMEDIA Arief Maulana Ikhsan; Wagito Wagito
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1111.044 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.737

Abstract

Hotspot merupakan metode keamanan jaringan dengan metode otentikasi username dan password untuk menghubungkan perangkat ke internet. Hotspot GMEDIA merupakan hal yang penting untuk menarik pelanggan. Pengguna hotspot yang dapat disesuaikan kecepatan, waktu penggunaan, dan pembatasan jumlah pengguna hotspot juga merupakan fitur hotspot. Penelitian didasarkan pada rumusan masalah tentang bagaimana mengimplementasikan Freeradius sebagai user manager hotspot pada platform berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan operator dalam mengelola pengguna hotspot seperti mengontrol kecepatan, waktu penggunaan, dan jumlah perangkat yang diperbolehkan untuk terhubung menggunakan pengguna hotspot, serta memusatkan data pengguna hotspot dalam satu platform. Pengujian yang dilakukan adalah menguji kesesuaian kecepatan, waktu sesi, dan memblokir situs tertentu. Ada tiga peran dalam penelitian. Super admin, operator dan pengguna  Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa kecepatan waktu sesi, dan pemblokiran situs pada jaringan hotspot sesuai dengan data dari ITG.
Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Etle (Electronic Traffic Law Enforcement) Pada Kabupaten Majalengka Menggunakan Metode Oreste Mohammad Rezza Fahlevvi; Faisal Akbar; Fajar Nurmansyah
JURNAL INFORMATIKA DAN KOMPUTER Vol 7, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1247.445 KB) | DOI: 10.26798/jiko.v7i1.723

Abstract

Pelanggaran lalu lintas tidak dapat diabaikan sebab sebagian besar kasus terjadinya kecelakaan diakibatkan oleh faktor pengendara yang enggan mematuhi tata tertib lalu lintas. Di wilayah Kabupaten Majalengka masih terdapat banyak kecelakaan dan pelanggaran tata tertib lalu lintas, salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas tersebut yaitu dengan menerapkan sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). ETLE merupakan sistem tilang secara otomatis menggunakan kamera pemantau yang ditempatkan di lampu merah rawan terjadinya pelanggaran. Di Kabupaten Majalengka sistem ini masih dalam tahap uji coba yang diterapkan di lampu merah Abok, untuk menentukan lampu merah yang akan diiplementasikan berikutnya diperlukan suatu sistem yang dapat menentukan prioritas lokasi berdasarkan tingkat kepentingannya. Sistem penentuan yang digunakan pada penelitian ini yaitu sistem pendukung keputusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Oreste. Metode ini mengadopsi Besson Rank, Besson Rank merupakan pendekatan untuk membuat skala prioritas berdasarkan rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem penentuan penerapan lokasi ETLE otomatis berbasis web dengan menerapkan metode Oreste. Implementasi metode Oreste dalam penentuan lokasi pemasangan ETLE mampu memberikan hasil akhir secara tepat dan akurat serta sistem ini berhasil menerapkan proses perangkingan berdasarkan pendekatan rata-rata dari faktor-faktor penentu lokasi ETLE terhadap setiap lokasi yang akan diterapkan ETLE.

Page 1 of 2 | Total Record : 18