cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
ISSN : -     EISSN : 24776300     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel konseptual yang berkaitan dengan bidang ilmu bimbingan dan konseling, pendidikan, dan psikologi pendidikan..
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): December" : 16 Documents clear
KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS GENDER EQUALITY AND SOCIAL INCLUSION (GESI) DI KOTA BANJARMASIN Helma Nuraini
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.9220

Abstract

Individu selalu berada pada relasi sosial yang hampir selalu ditentukan oleh prinsip inklusi dan eksklusi. Persoalan ketidaksetaraan gender selalu akan muncul dalam berbagai konteks kehidupan. Bimbingan dan Konseling (BK) sebagai komponen pendidikan, berperan strategis untuk mengintervensi kedua hal tersebut melalui pendekatan layanan pada peserta didik yang berorientasi pada kebutuhan-kebutuhan konseli sebagai subjek yang akan dibantu, dimandirikan dan diberdayakan. Gender Equality and Social Inclusion (GESI) merupakan perspektif yang mengedepankan kesetaraan gender dan pelibatan semua kelompok sosial dalam rangka layanan BK yang komprehensif. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional survei yang dianalisis secara kuantitatif dalam rangka mendeskripsikan kompetensi pendukung bagi  guru BK berbasis GESI. Subjek penelitian yaitu 48 guru BK di Banjarmasin. Data menunjukkan bahwa GESI sebagai konsep tentang kesetaraan gender dan inklusi sosial belum tersosialisasi dengan baik. Rentang skala kompetensi GESI guru BK di Banjarmasin terkategori sedang dan tinggi. Dalam hal ini wawasan dan pemahaman GESI masih mengedepankan aspek normatif-etik, namun dalam pengaplikasian layanan subjek penelitian sudah menunjukkan sikap pengakuan terhadap aspek gender dan inklusi sosial. Pengubahan perspektif emik perlu dilakukan sebagai langkah awal untuk secara lebih jauh menelaah persoalan terkait nilai-nilai keadilan gender dan inklusivitas sosial. Data kompetensi GESI dengan kategori tinggi merupakan langkah awal yang baik untuk rencana tindak lanjut. _________________________________________________________________Individuals are always in social relations which are almost always determined by the principles of inclusion and exclusion. The issue of gender inequality will always arise in various contexts of life. Guidance and Counseling (GC) as an educational component, plays a strategic role in intervening in these two matters through a service approach to students oriented towards the needs of the counselee as a subject to be assisted, independent and empowered. Gender Equality and Social Inclusion (GESI) is a perspective that promotes gender equality and the involvement of all social groups in the framework of comprehensive counseling services. This research is a cross-sectional survey study that is analyzed quantitatively in order to describe supporting competencies for GESI-based counseling teachers. The research subjects were 48 counseling teachers in Banjarmasin. Data shows that GESI as a concept of gender equality and social inclusion has not been socialized properly. The range of the GESI competency scale for counseling teachers in Banjarmasin is in the medium and high categories. In this case the insights and understanding of GESI still prioritize normative-ethical aspects, but in the application of services the research subjects have shown an attitude of recognition of aspects of gender and social inclusion. Changing the emic perspective needs to be done as a first step to further examine issues related to the values of gender justice and social inclusivity. GESI competency data with a high category is a good first step for follow-up plans.
MINAT MEMBACA ANAK BINAAN RUMAH LITERASI AL FATIH Evi Fitriyanti; Sisca Folastri; Solihatun Solihatun
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.7912

Abstract

Rumah Literasi Al Fatih sebagai wadah bagi anak untuk dapat mengembangkan diri melalui kegiatan membaca melalui buku-buku yang tersedia dan juga tutor pengajar yang siap untuk membantu. Membaca merupakan jendela untuk membuka wawasan dan pengetahuan sehingga individu dapat memperoleh pemahaman bagaimana untuk bisa memiliki keterampilan, nilai-nilai yang menjadi prinsip kehidupan, sikap positif yang ditampilkan serta tanggung jawab yang diemban dalam setiap pilihan yang diambil serta bisa menjelajahi dunia. Tujuan di dalam penelitian adalah ini ingin melihat bagaimana gambaran minat membaca anak binaan Rumah Literasi di desa Ginanjar Kab. Sukabumi Jawa Barat dan bagaimana implikasinya terhadap layanan bimbingan konseling yang dapat dilaksanakan oleh konselor di masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Responden yang menjadi sampel di dalam penelitian ini adalah seluruh anak binaan literasi yaitu sebanyak 31 orang penentuan sampel menggunakan sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan dukungan software JASP. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat membaca anak binaan rumah literasi Al Fatih cukup tinggi, terlihat dari semangat serta antusias anak  meluangkan waktu untuk membaca. Selain itu terungkap juga minat membaca anak perempuan sedikit lebih tinggi dibanding anak laki-laki. Kemudian hasil penelitian ini menjadi data awal untuk menentukan jenis layanan, untuk menumbuhkembangkan minat membaca serta mengatasi permasalahan minat membaca yang kurang pada anak, dan membuat program bimbingan dan konseling prioritas sesuai dengan kebutuhan anak binaan rumah literasi.___________________________________________________________________Al Fatih Literacy House as a place for children to be able to develop themselves through reading activities through available books and also teaching tutors who are ready to help. Reading is a window to open insight and knowledge so that individuals can gain an understanding of how to have skills, values that become principles of life, positive attitudes displayed and responsibilities carried out in every choice made and can explore the world. The purpose of this research is to see how the reading interest of the children assisted by the Literacy House in the village of Ginanjar, Kab. Sukabumi, West Java and what are the implications for guidance and counseling services that can be implemented by counselors in the community. This type of research is descriptive quantitative with survey method. Respondents who were sampled in this study were all literacy assisted children, as many as 31 people were used to determine the sample using saturated sampling where the entire population was used as the research sample. Processing and analyzing data using descriptive analysis with the support of JASP software. The research findings show that the reading interest of the children assisted by the Al Fatih literacy house is quite high, it can be seen from the enthusiasm and enthusiasm of the children taking the time to read. In addition, it was also revealed that girls' interest in reading was slightly higher than that of boys. Then the results of this study become initial data to determine the type of service, to develop interest in reading and overcome the problem of lack of interest in reading in children, and to create a priority guidance and counseling program according to the needs of the children under the guidance of the literacy house.
PROFIL KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA BAGI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING Salsabila Azzahra Rahma Putri; Rahmawati Rahmawati; Raudah Zaimah Dalimunthe
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.9032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai kecanduan game online yang terjadi pada peserta didik jenjang kelas 4,5 dan 6 di SDN Serang 3. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling non probability yaitu sampel sensus (census sampling) yang berarti bahwa sampel penelitian berasal dari keseluruhan populasi yaitu sebanyak 304 peserta didik. Skala pengukuran kecanduan game online yang terdiri dari aspek salience, tolerance, mood modification, relapse, withdrawal, conflic, dan problems dengan nilai reliabilitas 0,845 atau setara dengan reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan penelitian, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa profil kecanduan game online berada pada kategori sedang dengan presentase 57,9%, dan didapatkan juga tiga aspek kecanduan game online yang berada pada kategori tinggi yaitu mood modification, relapse, dan withdrawl. Berdasarkan hasil terebut, konselor sekolah dapat malakukan layanan bimbingan konseling dengan tujuan untuk menurunkan tingkat kecanduan game online pada peserta didik. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas penelitian mengenai kecanduan game online pada peserta didik._____________________________________________________________________This study aims to find out the general description of online game addiction that occurs in students in grades 4, 5, and 6 at SDN Serang 3. This research uses a descriptive study method. The research sampling technique used non-probability sampling, namely census sampling, which means that the research sample came from the entire population, namely as many as 304 students. The online game addiction measurement scale consists of aspects of salience, tolerance, mood modification, relapse, withdrawal, conflict, and problems, with a reliability value of 0.845 or equivalent to very high reliability. Based on the research, the results obtained show that the profile of online game addiction is in the medium category with a percentage of 57.9%, and three aspects of online game addiction are found in the high category, namely mood modification, relapse, and withdrawal. Based on these results, school counselors can carry out counseling services with the aim of reducing the level of online gaming addiction in students. Future researchers are expected to be able to expand research on online gaming addiction in students.
SOCIAL COMPARISON DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA REMAJA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL Silvia Silvia; Yeni Anna Appulembang
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.8984

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social comparison dan fear of missing out pada remaja pengguna aktif media sosial.  Partisipan dari penelitian ini sebanyak 201 remaja berusia 12-19 tahun yang aktif menggunakan media sosial (Instagram, Facebook, Twitter dan Tiktok). Teknik pengambilan sampel memanfaatkann non probablity sampling-incidental sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan uji korelasi. Dalam pengumpulan data di lapangan, peneliti menggunakan dua skala psikologi yaitu social comparison dan fear of missing out. Hasil pengujian menunjukkan bahwasanya terdapat hubungan antara social comparison dan fear of missing dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05), dan koefisien korelasi (r) = 0,461. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara social comparison dengan fear of missing out. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa individu yang terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial, dapat memicu meningkatnya kecenderungan individu untuk membandingkan kehidupan nya dengan oranglain. Individu akan  menganggap bahwa orang lain memiliki  kehidupan yang lebih baik darinya, sehingga muncul kecenderungan untuk terus memperhatikan dan ingin terhubung dengan orang tersebut dan akan merasa khawatir jika tertinggal informasi mengenai kehidupan orang tersebut. Oleh karena itu, diharapkan agar media sosial hanya dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi remaja.___________________________________________________________________This study aims to determine the relationship between social comparison and fear of missing out among adolescents who are active social media users. The participants of this study were 201 adolescents aged 12-19 years who actively use social media (Instagram, Facebook, Twitter and Tiktok). The sampling technique utilizes non-probablity sampling-incidental sampling. This research is a non-experimental quantitative study using a correlation test. In collecting data in the field, researchers used two psychological scales, namely social comparison and fear of missing out. The test results show that there is a relationship between social comparison and fear of missing with a value of p = 0.000 (p <0.05), and a correlation coefficient (r) = 0.461. This shows that there is a positive relationship between social comparison and fear of missing out. This result shows that individuals who spend too much time on social media can trigger an increased tendency for individuals to compare their lives with others. Individuals will assume that other people have a better life than them, so there is a tendency to continue to pay attention and want to be connected with that person and will feel worried if information is left behind about that person's life. Therefore, it is hoped that social media can only be used to obtain useful information for teenagers.
PENGEMBANGAN VIDEO MODELING SIMBOLIS BERMUATAN KESENIAN TUNDANG UNTUK MENINGKATKAN HARMONI SOSIAL SISWA SMP Halida Halida; Amallia Putri; Yuline Yuline
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.8667

Abstract

Sejatinya penelitan pengembangan ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus tindakan kekerasan fisik maupun verbal yang dilakukan siswa. Informasi  diperoleh melalui need assessment, menunjukkan rendahnya harmoni sosial siswa seperti kesadaran keberagaman budaya, toleransi, keterbukaaan diri dan menyelesaikan konflik secara konstruktif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan bantuan konselor sekolah melalui pendekatan bimbingan secara terpadu dan terintegrasi dengan memasukkan budaya lokal dan  teknologi.  Perpaduan tersebut  dilakukan melalui bimbingan kelompok dengan video modeling simbolis bermuatan kesenian tundang berisi nilai-nilai harmoni sosial. Penelitian ini mengadopsi dari pengembangan Borg and Gall, dengan melakukan enam tahap, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, dan (6) produk akhir. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif, maksudnya mendeskripsikan setiap butir penilaian yang diberikan oleh para ahli dan calon pengguna. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah membuat produk berupa panduan harmoni sosial dan video modeling simbolis bermuatan kesenian tundang sebagai media praktis bagi konselor sekolah untuk melaksanakan bimbingan. Penggunaan media berupa video kesenian tundang ini diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai harmoni sosial. Hasil  penelitian mengungkap bahwa penilaian dari ahli media, ahli budaya dan calon pengguna menunjukkan bahwa video modeling simbolis bermuatan kesenian tundang  memiliki validitas tinggi dan keberterimaan sangat baik.  Saran dari penelitian ini yaitu mengingat penelitian ini hanya sampai uji ahli dan calon pengguna, bagi peneliti selanjutnya  melakukan uji efektifitas untuk melihat keefektifan produk ini.___________________________________________________________________Indeed, this development research is motivated by the rise of cases of physical and verbal violence by students. Information is obtained through a need assessment which shows the low level of social harmony among students, such as awareness of cultural diversity, tolerance,   self-disclosure   and resolving conflicts constructively. To overcome this, it is necessary to help school counselors through an integrated and integrated approach to guidance by incorporating local culture and technological. The combination is carried out through group guidance with symbolic modeling videos containing tundang art containing social harmony values. This study adopts the development of Borg and Gall, by carrying out six stages, namely (1) preliminary study, (2) planning, (3) product development, (4) product validation, (5) product revision, and (6) final product . The analysis technique used is descriptive, meaning that it describes each item of assessment given by experts and potential users.The purpose of this development research is to make a product in the form of social harmony guide with symbolic modeling videos containing tundang art as a practical medium for school counselors to carry out guidance. The use of media in the form of tundang art videos is expected to increase social harmony values. The results of the study revealed that the assessments of media experts, cultural experts and potential users showed that the symbolic modeling videos containing tundang art  had high validity and very good acceptance. The suggestion from this study is that considering this research is only up to testing experts and potential users, for further researchers to do an effectiveness test to see the effectiveness of this product.
STRATEGI COPING STRESS PADA PROSES PEMULIHAN PENGGUNA NARKOTIKA DI BNNP SUMATERA UTARA Nurhalijah Munthe; Winda Santika; Rizki Dwi Andini; Annisa Arumaisyah Daulay; Fitri Yanti
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.9033

Abstract

Proses penyembuhan/ rehabilitasi tidak semudah yang dibayangkan. Banyak para pengguna narkotika mengalami yang namanya stress. Jadi dalam hal ini cara individu untuk keluar dari permasalahan – permasalahan itu dinamakan strategi Coping stress. Coping adalah upaya yang diarahkan untuk melindungi diri. coping stress adalah upaya atau respon individu dalam rangka mengaturu, mengatasi, mengendalikan tuntutan baik dari internal dan eksternal klien dalam menghadapi tekanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi coping stress dari klien narkotika dan bagaimana cara klien dalam bersikap dalam mengahadapi stress dalam proses pemulihan. Metode penelitian digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan  deskriptif, Lokasi penelitian d di BNN Sumatera utara Jl. Balai Pom No.1, Medan Estate, kec. Percut Sei Tuan, Kebupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Waktu penelitian d tanggal 28 September – 26 Oktober 2022. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Menggunakan teknik analisa induktif. Hasil penelitian Strategi coping stress ada dua yaitu strategi problem-focused coping dengan Aktivitas yang dilakukan klien tidur, bercerita, olahraga, bekerja, menonton hiburan seperti film mandarin.  Strategi emotion – focud – coping klien pergi ke gereja berdoa serta niat yang baik untuk sembuh dari narkotika sehingga memilih untuk direhabilitasi. ________________________________________________________________ The healing/rehabilitation process is not as easy as imagined. Many drug users experience what is called stress. So in this case the individual way to get out of the problems is called the coping stress strategy. Coping is an effort directed to protect oneself. Coping stress is an individual effort or response in order to manage, overcome, control the demands of both internal and external clients in the face of pressure. The purpose of the study was to determine the stress coping strategies of narcotic clients and how the client behaved in dealing with stress in the recovery process. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach. The research location is in BNN North Sumatra Jl. Balai Pom No.1, Medan Estate, kec. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra. Research time d on 28 September – 26 October 2022. Data collection techniques with observation and interviews and documentation Inductive analysis techniques. The results of the study There are two stress coping strategies, namely Problem focused coping strategies with activities carried out by clients sleeping, telling stories, exercising, working, watching entertainment such as mandarin movies. emotion – focus – coping strategies Clients go to church to pray and have good intentions to recover from narcotics so they choose to be rehabilitated.
HALAMAN DEPAN JBKR Vol. 8 No. 2 TAHUN 2022 Halaman Depan
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MODIFIKASI SKALA INDONESIAN TEACHER’S JOB MOTIVATION Dedi Heri Sutendi; Herlina Siwi Widiana
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.8692

Abstract

Motivasi kerja guru dapat dipahami sebagai dorongan yang kuat dari guru yang dipertahankan secara berkelanjutan untuk mencapai tujuan sekolah. Tingkat motivasi kerja guru dapat diukur dengan skala Teacher’s Job Motivation yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya.  Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya alat ukur modifikasi Teacher’s Job Motivation yang valid dan reliable diterapkan pada guru di Indonesia. Proses modifikasi dilakukan dalam beberapa tahap meliputi penerjemahan dan penyesuaian, content validity oleh 6 orang ahli dengan analisa aiken’s V, ujicoba pada 106 sampel guru di Daerah Istimewa Yogyakarta dan tahap akhir adalah analisa reliabilitas cronbach alpha serta perhitungan indeks daya beda aitem. Hasil penelitian diperoleh jumlah aitem akhir alat ukur modifikasi sebanyak 18 aitem. Properti psikometris yang dimiliki alat ukur modifikasi ini adalah nilai validitas aiken’s V bergerak dari 0.79 sampai dengan 0.92, reliabilitas alpha 0.923 sementara indeks daya beda aitem terendah 0.470 dan tertinggi 0.714. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modifikasi skala Teacher’s Job Motivation dinyatakan valid dan reliable untuk dipergunakan dalam pengukuran motivasi kerja guru.____________________________________________________________________Teacher work motivation can be understood as a strong encouragement from teachers that is maintained on an ongoing basis to achieve school goals. The level of teacher work motivation can be measured by the Teacher's Job Motivation scale that has been developed by previous researchers. The purpose of this study is to develop a valid and reliable modified measuring instrument for Teacher's Job Motivation applied to teachers in Indonesia. The modification process was carried out in several stages including translation and adjustment, content validity by 6 experts with Aiken's V analysis, trials on 106 samples of teachers in the Special Region of Yogyakarta and the final stage was Cronbach alpha reliability analysis and calculation of the total item correlation score. The results of the study obtained that the final item of the modified measuring instrument was 18 items. The psychometric properties of this modified measuring instrument are the validity value of Aiken's V moving from 0.79 to 0.92, alpha reliability 0.923 while the lowest total item correlation is 0.470 and the highest is 0.714. The conclusion of this study is that the modification of the Teacher's Job Motivation scale is declared valid and reliable to be used in measuring teacher work motivation.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI METODE MUHASABAH TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA Yiying Yiying; Wahidah Fitriani
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.9046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pembentukan perilaku religius siswa melalui metode muhasabah. Desain yang digunakan adalah pre test-post test design. Sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas XII Multimedia 1 SMK N 1 Kota Bengkulu yang memiliki perilaku religius yang masih rendah dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku religius siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini terlihat dari mean pretest 120.77 dan mean posttest 22,60 dengan nilai Z= - 2.807 dan p= 0.005 maka p<0.05. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku religius siswa. Kontribusi pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku religius siswa di lihat dari indeks koefisien determinasi (r2) menunjukan hasil 5%. Rekomendasi peneliti kepada peneliti selanjutnya yaitu dilakukan penelitian tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap aspek lain pada diri siswa yang dapat membantu dalam mencapai kesuksesan belajar.____________________________________________________________________This research purpose to describe the influence of group conseling service towards the establishment of religius behavior students. The design is a pre test-post test design. The sample of this research was 10 students class XII Multimedia 1 SMK N 1 Bengkulu City. who have religious behavior which is still low and very low. The Technique of data information in this research used questionnaire. The data analysis techniques using the test z. The results of the research indicate that the students' religious behavior increases after being given group conseling services, it is seen from the mean pretest 120.77 and the mean posttest 22.60 with the value of Z = - 2.807 and p = 0.005 then p <0.05. The conclusion there is a significant influence of group guidance with students' religious behavior. The contribution of group conseling services in improving perceptions of deviation in student social behavior of the coefficient of determination index (r2) the result is 5%. The researcher's recommendation to further researchers is to conduct research on the effect of group guidance services on other aspects of students' self that can help in achieving learning success.
PENGARUH KONSELING KELOMPOK SELF MANAGEMENT TERHADAP KONSEP DIRI NEGATIF SISWA SMP Sintiya Moomin; Maryam Rahim; Salim Korompot; Nurul Maulida Alwi
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 2 (2022): December
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jbkr.v8i2.6482

Abstract

Self Management dapat dilakukan melalui layanan konseling kelompok, salah satu masalah yang terjadi dalam kesulitan mengelola diri yaitu konsep diri negatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok self management terhadap konsep diri negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pre test-Post test Design. Variabel X adalah konseling kelompok self management dan konsep diri negatif merupakan variabel Y. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre test 154,90 dan nilai rata-rata post test 101,50. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 22,557>3,25. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini yakni terdapat pengaruh konseling kelompok self management terhadap konsep diri negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dalam arti bahwa konseling kelompok self management dapat diterima dan dapat meminimalisir konsep diri negatif.____________________________________________________________________Self-management can be accomplished through group counseling services; one of the issues that arise in self-management difficulties is students' negative self-concept. This study aims to see how self-management group counseling affects the negative self-concept of class VIII students at SMP Negeri 1 Gorontalo. This type of research is a pre-experimental study with a one-group pre test-post test design. Self-management group counseling is variable X, and negative self-concept is variable Y. This study's research subjects were class VIII students from SMP Negeri 1 Gorontalo City, who recruited 10 students. The sampling technique used was purposive sampling. The results showed the average pre test score was 154.90 and the post test average was 101.50. The results of hypothesis testing obtained tcount > ttable that is 22.557> 3.25. The keyword in this research is that the influence of self-management group counseling on the self-concept of class VIII students at SMP Negeri 1 Gorontalo City, in the sense that self-management group counseling is acceptable and can minimize the negative self concepts. 

Page 1 of 2 | Total Record : 16