cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2502986X     EISSN : 25029878     DOI : -
Core Subject : Education,
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021" : 16 Documents clear
Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar Anjarsari, Elly; Farisdianto, Donny Dwi; Asadullah, Abdul Wahid
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.2084

Abstract

Menurut observasi penulis dilapangan sewaktu guru mengajar di dalam kelas ada beberapa siswa yang mendapat kesukaran dalam memahami mata pelajaran matematika. Dimana siswa akhirnya menjadi jenuh, menganggap matematika pelajaran yang susah, sehingga siswa menilai bahwa matematika merupakan pelajaran yang membosankan. Untuk mengurangi hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran terbaru dan menarik untuk merangsang daya kreatifitas para siswa, diantaranya menggunakan media animasi audiovisual  Powtoon. Metode yang digunakan adalah  RnD (Pengembangan). Hasil diperoleh bahwa media audiovisual PowToon memenuhi nilai kelayakan yang digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi materi menunjukkan kategori valid dengan memperoleh nilai 3,53. Untuk aspek media memperoleh nilai 3,28 dengan kategori valid, untuk aspek tampilan program memperoleh  nilai 3,5 dengan kategori valid, dan untuk aspek kualitas teknis dan keefektifan program memperoleh nilai 3,5 dengan kategori valid.
EKSISTENSI ALJABAR LIE FROBENIUS SEBAGAI JUMLAH LANGSUNG DARI ALJABAR LIE FILIFORM BERDIMENSI SAMPAI DENGAN 6 DENGAN SPLIT TORUSNYA Kurniadi, Edi
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.1904

Abstract

Misalkan  aljabar Lie filiform hingga berdimensi sampai dengan . Dalam artikel ini, dibangun  suatu split torus  ( jika ada ) yang merupakan aljabar bagian komutatif dari turunan   sedemikian sehingga aljabar Lie  yang merupakan jumlah langsung dari   dan  adalah aljabar Lie Frobenius. Lebih jauh, dalam artikel ini dibuktikan bahwa untuk aljabar Lie filiform standar  yang berdimensi 5 dan 6  yang diberikan tidak terdapat split torus  sedemikian sehingga   aljabar Lie Frobenius. Sementara itu, untuk aljabar Lie filiform non-standar berdimensi 5  yang diberikan maka terdapat split torus  sedemikian sehingga    adalah aljabar Lie Frobenius berdimensi 6.
Representasi Nilai Eigen Matriks atas Aljabar Maks-Plus Tersimetri dengan ELCP Ariyanti, Gregoria; Suparwanto, Ari; Surodjo, Budi
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.1942

Abstract

Aljabar maks-plus tersimetri merupakan perluasan dari aljabar maks-plus. Karena matriks atas aljabar maks-plus tersimetri dapat didefinisikan determinan maka persamaan karakteristiknya dapat diformulasikan sebagai sistem persamaan polinomial multivariabel aljabar maks-plus. Diperlukan suatu langkah menentukan nilai eigen dengan menggunakan alat yang disebut Masalah Linear Komplementer Diperluas (Extended Linear Complementarity Problem atau ELCP). Dalam tulisan ini, dipaparkan penggunaan ELCP dalam menentukan nilai eigen matriks atas aljabar maks-plus tersimetri. Penggunaan ELCP dilakukan dengan langkah-langkah yaitu mengubah persamaan karakteristik yang diperoleh dari suatu matriks ke bentuk sistem kesetimbangan linear. Selanjutnya, akar persamaan karakteristik yang diperoleh  merupakan penyelesaian dari sistem kesetimbangan linear yang merupakan nilai eigen dari matriks tersebut. Akibatnya, diperoleh representasi nilai eigen matriks atas aljabar maks-plus tersimetri dengan ELCP.
Pemodelan Matematika Aliran Fluida pada Titik Stagnasi Silinder Eliptik Sulistyaningtyas, Annisa Dwi
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.1843

Abstract

Titik stagnasi merupakan titik pada permukaan benda dimana kecepatan aliran fluida sama dengan nol. Titik tersebut terhambat tepat sejajar dengan sumbu
Metode Spatial Autoregressive dalam Analisis Kerawanan Demam Berdarah Dengue di Kota Gorontalo Mahading, Tria Susilowati; Resmawan, Resmawan; Yahya, Lailany; Akolo, Ingka Rizkiyani
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.1916

Abstract

This study was aimed at discussing spatial regression to find out factors influencing the dengue fever vulnerability in Gorontalo city. The spatial regression method used in this study was the Spatial Autoregressive Model (SAR). The SAR model can provide additional information about the effect of the location of the village/village on the incidence of DBD in Gorontalo City. This study concluded that the number of population, number of poor population, educational facilities and the area elevation were factors influencing the dengue fever vulnerability in the city of Gorontalo.
Pembelajaran Matematika Berbantuan Spreadsheet pada Materi Grafik Fungsi Jelatu, Silfanus; Jundu, Ricardus; Mandur, Kanisius; Men, Fulgensius Efrem
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.2104

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, perangkat komputer berupa spreadsheet dapat berperan sebagai alat bantu belajar siswa serta sumber belajar bagi guru agar pembelajaran menjadi lebih optimal. Spreadsheet telah meluncurkan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai media dinamis yang dapat mensimulasikan konsep matematika selain operasi aljabar, yakni visualisasi grafik fungsi kuadrat. Melalui penelitian pengembangan, peneliti terdorong untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika yang terintegrasi media spreadsheet demi tercapainya pemahaman tentang grafik fungsi secara optimal. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan/Research and Development (R&D). Pembuatan media pembelajaran mengacu pada model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMA. Selain itu, terdapat dua subjek lain yaitu validator dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan spreadsheet memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Pengembangan Bahan Ajar Desain Didaktis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Senjayawati, Eka; Kadarisma, Gida
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.2082

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar desain didaktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Metode Penelitian ini adalah metode kualitatif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir reflektif awal dan akhir yang merupakan soal uraian sebanyak 5 soal yaitu Tes Kemampuan Berpikir Reflektif  Matematis  (TKBRM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 20 siswa di MA Cahaya Harapan Bandung Barat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini  adalah 1). Desain didaktis yang berupa bahan ajar (LKS) mendukung siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis, 2). Instrumen dan LKS yang dihasilkan memenuhi standar dan valid untuk digunakan, 3).Terdapat indikator yang paling rendah dalam pencapaian TKBRM siswa, yaitu indikator mengevaluasi proses penyelesaian, 4). Desain didaktis yang dikembangkan dapat mengatasi rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi program linear.
Metode Bulirsch-Stoer pada Model Predator-Prey Penangkapan Ikan dengan Perilaku Schooling Azmi, Rizal Dian
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.2047

Abstract

Dalam bidang matematika, banyak model yang dikembangkan untuk memprediksi perubahan dalam bidang perikanan. Salah satu model yang sering digunakan untuk menganalisis interaksi ikan beserta biota laut lainnya adalah model predator-prey. Penelitian sebelumnya telah menganalisis dan membuat simulasi model predator-prey dengan Metode Runge-Kutta. Artikel ini membandingkan Metode Runge-Kutta dan metode Bulirsch–Stoer. Hasil yang diperoleh memberikan kesimpulan bahwa metode Bulirsch-Stoer yang digunakan masih perlu dikembangkan karena hasil yang diberikan metode ini tidak konvergen.
Pembelajaran Matematika Berbantuan Spreadsheet pada Materi Grafik Fungsi Silfanus Jelatu; Ricardus Jundu; Kanisius Mandur; Fulgensius Efrem Men
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.2104

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, perangkat komputer berupa spreadsheet dapat berperan sebagai alat bantu belajar siswa serta sumber belajar bagi guru agar pembelajaran menjadi lebih optimal. Spreadsheet telah meluncurkan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai media dinamis yang dapat mensimulasikan konsep matematika selain operasi aljabar, yakni visualisasi grafik fungsi kuadrat. Melalui penelitian pengembangan, peneliti terdorong untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika yang terintegrasi media spreadsheet demi tercapainya pemahaman tentang grafik fungsi secara optimal. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan/Research and Development (R&D). Pembuatan media pembelajaran mengacu pada model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMA. Selain itu, terdapat dua subjek lain yaitu validator dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan spreadsheet memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Pengembangan Bahan Ajar Desain Didaktis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Eka Senjayawati; Gida Kadarisma
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): September 2020 - Februari 2021
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v5i2.2082

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar desain didaktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Metode Penelitian ini adalah metode kualitatif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir reflektif awal dan akhir yang merupakan soal uraian sebanyak 5 soal yaitu Tes Kemampuan Berpikir Reflektif  Matematis  (TKBRM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 20 siswa di MA Cahaya Harapan Bandung Barat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini  adalah 1). Desain didaktis yang berupa bahan ajar (LKS) mendukung siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis, 2). Instrumen dan LKS yang dihasilkan memenuhi standar dan valid untuk digunakan, 3).Terdapat indikator yang paling rendah dalam pencapaian TKBRM siswa, yaitu indikator mengevaluasi proses penyelesaian, 4). Desain didaktis yang dikembangkan dapat mengatasi rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi program linear.

Page 1 of 2 | Total Record : 16