cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. minahasa utara,
Sulawesi utara
INDONESIA
CogITo Smart Journal
Published by Universitas Klabat
ISSN : 25412221     EISSN : 24778079     DOI : -
CogITo Smart Journal adalah jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat anggota CORIS (Cooperation Research Inter University) dan IndoCEISS (Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society). CogITo Smart Journal dua kali setahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember. CogITo Smart Journal menerima berbagai naskah yang sifatnya baru dan asli dari hasil penelitian, telaah pustaka, dan resensi buku dari bidang Ilmu Komputer dan Informatika yang boleh ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kata CogITo berasal dari Bahasa Latin yang berarti I Think. Sehihngga CogITo Smart berarti I Think Smart dalam Bahasa Inggris.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal" : 9 Documents clear
SISTEM INFORMASI UJIAN BERBASIS WEB SERVER SMK BINA ISLAM MANDIRI (BISMA) KERSANA BREBES TEGAL M. Rifqi Tsani; - Nurhadianto
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.788 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.5.45-54

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi informasi, mungkin akan sangat terbantu dengan adanya internet. Dengan internet, kita akan mudah menghadirkan layanan yang dapat diakses dari manapun dan kapanpun di dunia ini. Saat ini hampir setiap orang melakukan pengaksesan informasi, salah satunya dengan situs website. SMK BISMA Kersana merupakan sekolah swasta yang cukup terkenal di daerah Kersana. Dalam tiap tahunnya selalu mengalami kesulitan dalam menyajikan soal-soal yang akan diberikan kepada murid-muridnya. Begitu juga dalam melakukan sistem pengolahan nilai, pada SMK BISMA Kersana masih begitu sederhana sehingga memerlukan waktu yang lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi untuk mendukung kemajuan dan perkembangan sekolah tersebut. Maka dirancanglah sistem ujian online dan penilaian siswa berbasis web server. Dimana para guru langsung mengolah soal-soal ujian siswa. Begitu juga para siswa setelah melakukan ujian akan bisa langsung melihat hasil ujiannya. Dalam pembuatan sistem informasi ujian berbasis web server ini metode perancangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Dengan menggunakan sistem informasi berbasis web server ini dapat membantu guru dalam memberikan nilai pada anak didiknya yang telah melaksanakn ujian di karenakan sistem ini langsung memberikan hasil berupa nilai ujian setelah siswa melaksanakan ujian.
ARCHITECTURE E-MALL USING RUP (RATIONAL UNIFED PROCESS) METHODS Atin Triwahyuni; Novian Saputra
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (914.841 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.1.1-12

Abstract

Sistem Informasi dan teknologi saat ini telah berkembang dengan cepat dan memberikan dampak kedalam semua aspek kehidupan. Kebutuhan akan sistem informasi yang didukung dengan teknologi mulai dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat, salah satunya adalah kalangan masyarakat yang bergerak di dunia bisnis dan usaha, dengan memanfaatkan teknologi, setiap orang yang bergerak di dunia usaha dapat memperkenalkan produk mereka dengan menggunakan media internet, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pemasarannya, sedangkan pada media penjualan dagangan yang dijajakan masih secara konvensional, yaitu langsung bertatap muka dengan pelanggan untuk melihat maupun melakukan pembelian produk, dimana pelanggan terlebih dahulu menuju toko yang diinginkan, tapi dengan adanya sebuah website E-Mall ini, pelanggan bisa menemukan apa yang dicari tanpa harus mengunjungi toko tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RUP (Rational Unifed Process) yang menggunakan konsep object oriented, dengan aktifitas yang berfokus pada pengembangan model dengan menggunakan Unified Model Language (UML). Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah website yang dapat membantu dalam bisnis perdagangan pakaian online.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENEMPATAN JURUSAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR Ratih Kumalasari Niswatin
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.416 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.6.55-67

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai sistem pendukung keputusan penempatan jurusan mahasiswa baru di Universitas Nusantara PGRI Kediri menggunakan metode k-nearest neighbor. Tujuan dari pembuatan sistem pendukung keputusan tersebut untuk membantu proses penempatan jurusan mahasiswa baru agar tepat, cepat dan sesuai. Pada penelitian ini penempatan jurusan dibatasi pada jurusan teknik informatika dan sistem informasi. Kriteria yang digunakan pada metode k-nearest neigbor adalah hasil tes IQ, tes matematika, tes ipa, tes ips, nilai uan matematika, nilai uan bahasa indonesia, nilai uan bahasa inggris dan minat pilihan jurusan. Data training menggunakan data mahasiswa tahun angkatan 2012, sementara untuk data testing menggunakan data mahasiswa tahun angkatan 2013. Sistem pada penelitian ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman web dan database mysql. Hasil capaian dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan berbasis web untuk memberikan rekomendasi penempatan jurusan calon mahasiswa baru tersebut disarankan masuk pada jurusan teknik informatika atau sistem informasi.
COMPARATIVE STUDY OF CLASSIFICATION ALGORITHMS: HOLDOUTS AS ACCURACY ESTIMATION Debby Erce Sondakh
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (953.058 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.2.13-23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan membandingkan kinerja lima algoritma klasifikasi teks berbasis pembelajaran mesin, yaitu decision rules, decision tree, k-nearest neighbor (k-NN), naïve Bayes, dan Support Vector Machine (SVM), menggunakan dokumen teks multi-class. Perbandingan dilakukan pada efektifiatas algoritma, yaitu kemampuan untuk mengklasifikasi dokumen pada kategori yang tepat, menggunakan metode holdout atau percentage split. Ukuran efektifitas yang digunakan adalah precision, recall, F-measure, dan akurasi. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa untuk algoritma naïve Bayes, semakin besar persentase dokumen pelatihan semakin tinggi akurasi model yang dihasilkan. Akurasi tertinggi naïve Bayes pada persentase 90/10, SVM pada 80/20, dan decision tree pada 70/30. Hasil eksperimen juga menunjukkan, algoritma naïve Bayes memiliki nilai efektifitas tertinggi di antara lima algoritma yang diuji, dan waktu membangun model klasiifikasi yang tercepat, yaitu 0.02 detik. Algoritma decision tree dapat mengklasifikasi dokumen teks dengan nilai akurasi yang lebih tinggi dibanding SVM, namun waktu membangun modelnya lebih lambat. Dalam hal waktu membangun model, k-NN adalah yang tercepat namun nilai akurasinya kurang.
APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL TOTOBUANG BERBASIS ANDROID Angelberth Tirayoh; Stanlley Meddelu; Reynoldus A. Sahulata
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.326 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.7.68-77

Abstract

Mempelajari budaya bangsa Indonesia yang beragam dilakukan dengan pendekatan keragaman alat musik tradisional. Pada penelitian ini yang dibuat dalam aplikasi komputer untuk menghasilkan nada suara alat musik Totobuang dari etnis budaya Maluku. Dengan adanya kemajuan teknologi Mobile application yang menggunakkan system operasi Android pada smartphone pada umumnya, maka aplikasi yang dibuat dapat dijalankan dengan sistem operasi Android, hal ini untuk memudahkan kepada siapa saja yang ingin mempelajari alat musik Totobuang. Aplikasi yang dibangun menggunakan Eclipse sebagai IDE (Intergreted Developmet Environment) dan Android Sofware Development Kit (SDK), serta bahasa pemrograman Java dan dijalankan pada sistem operasi Android. Peneliti juga menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk pemodelan struktur aplikasi dan menunjukkan fungsi utama pada sistem aplikasi tersebut. Adapun konsep dari aplikasi ini yaitu dengan mendeteksi interaksi sentuhan tangan pada layar smartphone sehingga ketika layar tersebut tersentuh tangan maka akan menimbulkan bunyi dari alat musik Totobuang.
IMPLEMENTASI FUZZY CLUSTERING UNTUK PREDIKSI PEMILIHAN KETUA OSIS Intan Nur Farida; Yosia Septi Lestyaningtyas
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.441 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.3.24-32

Abstract

Latar belakang penelitian adalah proses prediksi pemenang kandidat ketua OSIS yang dilakukan dengan komunikasi langsung terhadap siswa calon pemilih membutuhkan waktu yang lama dan kurang akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fuzzy Subtractive Clustering. Penelitian mengambil data di SMA Negeri 5 Kediri. Hasil prediksi dipublikasikan sebelum pemilihan berlangsung sehingga mempermudah kandidat mengetahui seberapa banyak dukungan yang ada dan mencari dukungan yang lebih banyak. Manfaat aplikasi menunjukkan prediksi kandidat ketua OSIS yang lebih akurat.
APLIKASI PENGONTROLAN ROBOT PEMANTAU DARI UDARA BERBASIS ANDROID Jacquline M.S. Waworundeng; Hendra Sayago
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.169 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.8.78-88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi pengontrolan robot pemantau dari udara berbasis Android untuk memantau daerah yang berbahaya atau daerah dengan ketinggian tertentu yang sulit dijangkau oleh manusia. Hardware yang digunakan berupa Helicopter R/C yang dimodifikasi dengan menambahkan kamera IP serta remote control yang terhubung dengan Arduino Uno dan Arduino Ethernet Shield.  Sistem ini dilengkapi dengan aplikasi pengontrolan robot dan kamera untuk melakukan pemantauan dan proses pengambilan gambar dengan menggunakan jaringan wireless. Jaringan wireless berfungsi sebagai media transmisi data berupa gambar dan dapat menampilkan hasil pemantauan object kepada user, melalui layar tablet-PC yang menggunakan sistem operasi mobile berbasis Android. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pengontrolan ini adalah metode prototype, dengan bahasa pemrograman untuk pengembangan aplikasi yaitu Java Android dan bahasa pemrograman C yang digunakan untuk pengembangan perangkat pengontrol. Hardware dan software dalam penelitian ini dapat berfungsi sesuai dengan rancangan. Dengan aplikasi pengontrolan robot pemantau dari udara berbasis android ini dapat membantu user untuk melakukan observasi di suatu daerah.
PENGUKURAN KINERJA SYSTEM APPLICATION AND PRODUCT (SAP) PADA WILMAR GROUP PLANTATION PONTIANAK Diana Fitriani
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.648 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.4.33-44

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini untuk menilai kinerja operasional di Wilmar Group Plantation Pontianak yang menggunakan System Application and Product (SAP) untuk mendukung sistem operasional kinerja karyawan dalam memberikan laporan kerja dari setiap divisi. Metode penelitian menggunakan IT Balanced Scorecard melalui empat perspektif. Perspektif pertama adalah orientasi pengguna, perspektif kedua kontribusi organisasi, perspektif ketiga adalah keunggulan operasional dan perspektif terakhir adalah orientasi masa depan. Penelitian ini berupa studi kasus dengan metode penelitian deskriptif analisis. Instrument dan variable penelitian berupa kuesioner yang berisi pertanyaan dengan menggunakan metode pengukuran kinerja IT Balanced Scorecard. Perspektif tertinggi adalah perspektif orientasi pengguna yaitu sebesar 24,27%, kedua adalah perspektif orientasi masa depan sebesar 24,11%, ketiga perspektif penyempurnaan operasional sebesar 24,09% dan yang keempat perspektif kontribusi organisasi sebesar 23,35%. Kinerja System Application and Product (SAP) yang digunakan demi mendukung kinerja karyawan berada pada level yang sangat baik dengan nilai 95,82%. Hasil penelitian menginformasikan bahwa System Application and Product (SAP) mampu mendukung kinerja karyawan Wilmar Group Plantation Pontianak.
APLIKASI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KARTU ISI ULANG (STUDI KASUS: STORE UNIVERSITAS KLABAT) Oktoverano Lengkong; Marfian Kawilarang; Marshal Suatan
CogITo Smart Journal Vol 1, No 1 (2015): CogITo Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (897.648 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v1i1.9.89-102

Abstract

Store Universitas Klabat adalah tempat di mana barang-barang keperluan sehari-hari dijual. Semua warga Universitas Klabat, baik mahasiswa, dosen dan staf membeli barang-barang keperluan mereka ditempat ini. Berdasarkan hal ini, penulis berinisiatif untuk membuat suatu aplikasi untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan PVC card di store Universitas Klabat yang menghubungkan antara kasir dengan customer.  Peneliti kemudian mendefinisikan PVC card yang akan digunakan dengan nama Store card, Store card adalah kartu yang nantinya dapat memproses dan menghasilkan informasi untuk digunakan dalam aplikasi yang dibuat. Dalam pembuatan aplikasi pembayaran ini, penulis menggunakan barcode scanner sebagai alat yang digunakan untuk membaca kode barang, yang nantinya akan ditaruh pada Store card. Bahasa pemrograman C#.NET dan sistem management  database MySQL. Penulis menggunakan pendekatan berbasis objek dengan UML (Unified Modelling Language) untuk menganalisa dan desain aplikasi.  Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi untuk mengatur transaksi pembayaran, tanpa menggunakan uang cash, melainkan menggunakan store card.

Page 1 of 1 | Total Record : 9