cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. minahasa utara,
Sulawesi utara
INDONESIA
CogITo Smart Journal
Published by Universitas Klabat
ISSN : 25412221     EISSN : 24778079     DOI : -
CogITo Smart Journal adalah jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat anggota CORIS (Cooperation Research Inter University) dan IndoCEISS (Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society). CogITo Smart Journal dua kali setahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember. CogITo Smart Journal menerima berbagai naskah yang sifatnya baru dan asli dari hasil penelitian, telaah pustaka, dan resensi buku dari bidang Ilmu Komputer dan Informatika yang boleh ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kata CogITo berasal dari Bahasa Latin yang berarti I Think. Sehihngga CogITo Smart berarti I Think Smart dalam Bahasa Inggris.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal" : 11 Documents clear
Implementation of Wireless Xbee Autentication System of Motorcycle Marchel Thimoty Tombeng; Andrew Andreas Taghulihi; Jacquline M. S. Waworundeng
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.813 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.150.45-55

Abstract

The increase of two-wheeled vehicles in Indonesia can be identified as a primary need for the community, which is directly proportional to the number of population of vehicles in Indonesia which has increased every year, and the crime rate in two-wheeled vehicles has increased from year to year. This phenomenon involves many parties creating and developing various types of technology and systems to reduce the impact of crime on two-wheeled vehicles. In designing and developing this system, the researchers integrates several modules including Arduino Mega 2560, Arduino Uno, RFID implants, and Wireless Xbee which perform wireless communication tool between the two microcontrollers. The modules are integrated into a digital module to replace the conventional system for turning on and off the motorcycle’s engine. By using the prototyping process model the development of this system can be enhance or developed more in future to improve the security system on motorcycle vehicles. 
Pengintegrasian Pengelolaan Panen Padi dan Jagung Dalam Penjualan Serta Pendistribusian Menggunakan E-Commerce Reynoldus Andrias Sahulata
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1621.179 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.158.99-111

Abstract

Pengelolaan komoditas padi dan jagung tidak hanya disaat diusahakan pada lahan pertanian disaat penanaman yang dipersiapkan dengan sistem penanaman yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang optimal, namun juga saat masa panen tiba, maka diperlukan mekanisme sistem yang memungkinkan hasil panen yang diperoleh tidak mengalami penurunan nilai jual yang disebabkan penjadwalan panen yang tidak serempak, sistem penanganan pengumpulan hasil panen yang tidak optimal, mendapatkan pembeli dengan harga yang kompetitif, sehingga harga yang diterima ditingkat petani memiliki harga yang menguntungkan petani. Untuk itu penelitian ini menciptakan suatu sistem yang terintegrasi untuk menangani disaat komoditas padi dan jagung mulai ditanam dengan melakukan pencatatan secara sistematis dimana data penanaman dan prediksi produksi dapat diketahui sejak semula dari setiap petani yang merupakan anggota kelompok tani sebagai faktor produksi utama, juga jika terjadi perubahan terhadap padi dan jagung yang sedang ditanam yang disebabkan faktor alam baik dari serangan hama ataupun kekeringan yang terjadi, sehingga terjadinya perubahan hasil yang telah diprediksi sebelumnya. Dengan demikian hasil yang diperoleh merupankan data terkini dan sesuai dengan kondisi dilapangan. Hasil panen oleh sistem dibuatkan penjadwalan penjualan kepada pembeli dimana sistem pengangkutan dan cara pembayaran  melibatkan bank dilakukan menggunakan jalur e-commerce, sehigga petani mendapat hasil panen yang optimal.
Model Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Kotamadya Pangkalpinang Hilyah Magdalena; Hadi Santoso; Henny Rahayuningsih; Karina Rochmayani; Oktoranda oktoranda
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1062.515 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.148.22-34

Abstract

 Handling the problem of waste in the city of Pangkapinang as the Capital of the Province of Bangka Belitung is currently experiencing obstacles difficult to find landfill that is suitable for needs. Landfill landfill must meet several criteria related to tools, land, government administration, residents, and infrastructure. In addition to multi criteria, choosing a landfill also has multiple alternatives, namely the expansion of Trench Six as the initial landfill, and several villages located on the border of Pangkalpinang City, Namang Village, Big Puding Village, Jelutung Village, and Air Kuning Village. Based on the conditions for selecting multi-criteria and multi-alternative landfill landfill, this study was designed to analyze the decision support factors for selecting waste disposal sites for the City of Pangkalpinang using the AHP Analytical Hierarchy Process method. AHP was chosen as a research method because it was able to produce decisions by comparing pairing values between criteria and between alternatives. The results of data processing with AHP show that the highest criteria for land percentages weigh 33.5% and the chosen alternative is Namang Village with a weight of 34.3%.
The Android-based Student Progress Notifier Application at Universitas Klabat Green Ferry Mandias, S.Kom, M.Cs; Devid Runtuwene
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.717 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.153.55-65

Abstract

In the world of education, it was found that there were students who had problems in terms of motivation and enthusiasm that were lacking in learning. Likewise the expectations of students get a high score, but get a less grade at the end of the semester. Of course there is a need to monitor the progress or achievement of each student. In this study the author uses Web service and Android technology which aims to build mobile applications with the Android platform, which can serve to help students monitor academic development. The development method used in this study is prototyping, which is a model process that makes the output of development a prototype. From the teacher's side the researchers used a Web platform using the Code Igniter framework with the Maria DB database. The programming language used in the study consists of php to handle from the teacher side, Java to handle the logic of the program from the student side. The tools used in this study are Android studio for handling Android applications, Sublime Text as a text editor to make it easier for writers to write programs, Emulator Genymotion as a virtual machine to conduct initial tests of Android applications, Mozilla Firefox for testing Web Applications. This research produces Android and Web applications that can assist students in monitoring learning progress, and lecturers or teachers in informing grades in class.
Prototipe Mikrokontroler Multisensor Menggunakan Arduino Uno Berbasis Web Sebagai Sistem Keamanan Rumah Fransiskus Panca Juniawan; Dwi Yuny Sylfania; Rendy Septia Adiputra
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1421.813 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.145.1-11

Abstract

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Selain menjadi tempat berlindung dan beristirahat, terdapat banyak barang berharga yang disimpan di dalam rumah. Untuk itu keamanan rumah terus menjadi isu yang perlu dibahas. Seiring perkembangan zaman, teknologi dapat digunakan dalam pengamanan rumah, salah satunya adalah menggunakan mikrokontroler dan sensor. Penelitian ini menggunakan model penelitian Prototype dengan empat tahapan, yakni pengumpulan data, perancangan cepat prototipe, perancangan prototipe, dan pengujian prototipe. Juga digunakan berbagai sensor seperti sensor PIR untuk mendeteksi gerakan, MQ9 sensor untuk kebocoran gas, sensor LM35 untuk mendeteksi suhu, magnetik sensor untuk mendeteksi status pintu, dan sensor flame untuk mendeteksi api. Untuk menambah nilai mobilitasnya, maka dibuat agar keseluruhan kinerja sensor dapat dipantau menggunakan web. Dari tahapan pengujian kinerja sensor dan monitoring web didapat hasil sistem yang dibangun dapat bekerja dengan baik. Sensor PIR dapat mendeteksi gerakan terjauh 5 meter. Sensor MQ2 dapat mengidentifikasi gas dari jarak 2,5 meter. Sensor LM35 dapat mendeteksi suhu ruangan. Sensor magnetik dapat memberikan status pintu terbuka dengan jarak maksimal 1,9 sentimeter, dan sensor api dapat mendeteksi api dengan jarak terjauh 3 meter.
FuzzyLogic Mamdani Untuk Menentukan Jumlah Produksi Teh Pada PTPN VII (Persero) Medi Triawan Triawan
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (978.789 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.154.66-78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi dan menentukan jumlah produksi Teh Grade I pada PTPN VII di unit usaha kota Paga Alam dengan menerapkan teori fuzzy logic menggunakan metode Mamdani, sehingga nantinya bisa dijadikan gambaran dan masukan bagi PTPN VII dalam memproduksi produknya. Fuzzy logic Mamdani memiliki 4 fase yaitu Fuzzyfikasi, Pembentukan Basis Pengetahuan (Rule Dalam Bentuk IF..THEN), Aplikasi Fungsi Implikasi dan Penegasan atau Defuzzyfikasi. Untuk membuktikan hasil penelitian yang dilakukan penulis menguji teori dan metode yang diterapkan dengan menggunakan software Matlab 7.10.0.v
Pengembangan Media Pembelajaran Sains Melalui Video Animasi Berbasis PBL Anita Amelia Ole; Sudin Simandjuntak; Ferny Margo Tumbel
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.882 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.146.12-21

Abstract

ABSTRAKTujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran sains melalui video animasi berbasis PBL pada mahasiswa IPA semester IV. (2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah IPA-2 dengan menggunakan media pembelajaran sains melalui video animasi pada mahasiswa semester IV PRODI IPA Universitas Negeri Manado. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Developmen (R &D) dengan model Dick dan Carrey yang meliputi 7 tahap yaitu perencanaan, studi eksplorasi, pengembangan bentuk awal produk, instrument pengumpulan dan analisi data, revisi berdasarkan hasil validasi dan desiminasi produk. subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini di review oleh, (1) orang ahli pembelajaran,  (1) orang ahli media, uji kelompok kecil, uji coba lapangan atau kelompok besar,  sampel diambil pada 1 kelas dengan jumlah 21 orang mahasiswa. Nilai thitung < ttabel (-15,518 < -2,086) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), kesimpulan dalam penelitian ini bahwa proses pembelajaran yang diberi perlakuan media pembelajaran sains melalui video animasi berbasis PBL, dapat meningkatkan nilai rata-rata pada mata kuliah IPA-2 materi sistem pencernaan makanan pada manusia.Kata kunci : Media Pembelajaran Sains, Problem Based Learning, Video Animasi. ABSTRACTPurpose in this study is (1)To  develop learning media science through video animation based PBL (Problem Based Learning) at students IPA fourth semester. (2) improve student learning outcomes in the course IPA-2 by using learning media science through video animation on student semester IV department IPA Manado State University. Research the  development using the methods Research and Developmen (R &D) model with  Dick and Care which includes 7 stages. The subject of this research and development in the review by (1) expert lecturers learning, (1) media expert lectures, small group test, field trials or large group, samples were taken at 1 class with 21 students. Value thit < ttab (-15,518 < -2,086) and significance < 0,05 (0,000 < 0,05), conclusion in this study that the learn process is treated by media science learn through video-based animation PBL, can increase the average value of subject IPA-2, digestive system in humans.Keywords: Learning Media Science,  PBL (Problem Based Learnig), Animated-Video.
Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Ilmu Komputer Dalam Mempelajari dan Menggunakan Framework Pemrograman Reymon Rotikan; Andrew Christian Aseng
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1326.281 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.155.79-88

Abstract

Pemrograman merupakan salah satu aspek penting di bidang ilmu komputer, dan sudah seharusnya mahasiswa yang mengambil program studi komputer untuk dapat melakukan kegiatan pemrograman untuk membuat sebuah program atau aplikasi. Saat ini sudah banyak framework pemrograman yang dibuat dan dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah proses pembuatan aplikasi, namun masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan framework pemrograman ini. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui faktor-faktor apa saja mempengaruhi niat mahasiswa menggunakan framework pemrograman dengan menggunakan model UTAUT dengan analisis regresi untuk pengujian statistik. Hasil penelitian didapati bahwa faktor-faktor performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions mempengaruhi behavioral intention dari mahasiswa untuk menggunakan framework pemrograman dengan nilai 0,002. Demikian juga behavioral intention memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku (use behavior) mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,001.  Kata kunci— framework, pemrograman, utaut, mahasiswa
Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Perumahan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Arie Yandi Saputra; Yayang Eulis Mawartika
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.34 KB)

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia yang perlu difikikan yang tidak dapat dilihat sebagai sarana kebutuhan saja, tetapi lebih dari itu rumah memilki peran sebagai pusat pendidikan keluarga, budaya demi peningkatan kualitas generasi dimasa mendatang. Untuk itu, penentuan dalam pembelian rumah perlu didasarkan pada banyak aspek. Selama ini masyarakat melakukan pemilihan perumahan berdasarkan pada bentuk, kualitas dan harga tanpa mempertimbangkan kriteria-kriteria lain yang mendukung fungsi rumah sebagai pemukiman hal ini tentu akan menimbulkan masalah bagi para masyarakat setelah membeli perumahan. Masalah tersebut misalnya ketidak nyamanan, akses yang kurang dan lain sebagainya. Sistem pendukung keputusan secara umum didefenisikan sebagai sebuah sistem yang mampu menghasilkan pemecahan maupun penanganan masalah. Sistem pendukung keputusan tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran pengambil keputusan, tapi untuk membantu dan mendukung pengambil keputusan. Salah satu metode yang sering digunakan dalam sistem pendukung keputusan adalah metode SMART. Metode simple additive weighting ini dapat menentukan nilai preferensi setiap alternatif secara, sederhana, mudah dan membutuhkan sedikit waktu dalam pengambilan keputusan
UNIVERSITAS DALAM PERSPEKTIF GENERASI Z Abraham Leslie Petir Lelengboto
CogITo Smart Journal Vol 5, No 1 (2019): Cogito Smart Journal
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.157 KB) | DOI: 10.31154/cogito.v5i1.156.89-98

Abstract

Tata kelola Universitas telah memasuki era persaingan yang sengit, para pengelola universitas didorong untuk selalu berinovasi untuk menyediakan Pendidikan yang dapat menarik calon mahasiswa. Di era ini, generasi z merupakan calon mahasiswa yang dihadapi oleh pihak universitas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi generasi z untuk memilih Unviersitas. Metode yang digunakan adalah Exploratory Factor Analaysis dengan teknik Principal Component Analysis. Sampel yang diambil sebanyak 304 responden dari tiga Sekolah menengah umum yang berbeda. Depth-Invterview yang dilakukan menghasilkan 31 butir pertanyaan. Penelitian ini menghasilkan delapan faktor, yaitu Fasilitas, Teknologi,  lingkungan belajar, metode pengajar, kebersihan, reputasi, kegiatan non akademis, dan iklim internasional. Fasilitas merupakan factor dengan kontribusi terbesar yang mempengaruhi generasi z dalam menentukan perguruan tinggi. Faktor dengan kotntribusi terbesar kedua adalah teknologi. Sesuai dengan karakter generasi z yang mafhum terhadap era digital, maka fasilitas berbasis teknologi menjadi keharusan bagi pihak universitas untuk diadakan agar dapat menjadi destinasi pendidikan bagi generasi z

Page 1 of 2 | Total Record : 11