cover
Contact Name
Gema
Contact Email
gemarullyana@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
pedagogia@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
PEDAGOGIA
ISSN : 16935276     EISSN : 25797700     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review articles. Pedagogia : Jurnal Ilmu Pendidikan is available in print and online version. PEDAGOGIA published three editions in one year in April, August and December.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 3 (2018)" : 8 Documents clear
KECENDERUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING PESERTA DIDIK BERDASARKAN JENIS KELAMIN Saripah, Ipah; Pratita, Ajeng Nurul
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.13553

Abstract

AbstrakPenelitian dilatarbelakangi oleh mudahnya penggunaan komunikasi secara online yang dapat menimbulkan perilaku cyberbullying di kalangan remaja. Penelitian bertujuan menghasilkan data empirik mengenai kecenderungan perilaku cyberbullying yang dilakukan peserta didik Kelas VIII di salah satu SMP di Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan desain penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kecenderungan perilaku cyberbullying peserta didik Kelas VIII berada pada intensitas rendah sekali baik secara keseluruhan maupun berdasarkan bentuk; 2) kecenderungan perilaku cyberbullying berdasarkan jenis kelamin pada peserta didik kelas VIII berada pada intensitas rendah sekali pada setiap bentuk yang ada, namun terdapat dua bentuk yang memiliki intensitas tinggi yakni cyberstalking dan exclusion. AbstractThe ease of utilizing technology and the shifting pattern of communication from face to face to online make adolescents one of the most vulnerable communities to the negative impact of technology. One of the negative effects of technology and online communication is the emergence of cyberbullying behavior among teenagers. There is a different attitude and intensity between boys and girls in cyberbullying events. The study aimed to produce empirical data regarding the tendency of cyberbullying behavior based on gender by Class VIII students in one of the junior high schools in Bandung City Academic Year 2017/2018. The research approach used is quantitative with descriptive research methods and survey research designs. The results of the study show: 1) the tendency of cyberbullying behavior of Class VIII students to be at very low intensity both overall and based on form; 2) the tendency of cyberbullying behavior based on gender in Class VIII students is at very low intensity in each form, but there are two forms of behavior that have high intensity, namely cyberstalking and exclusion.
KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK MAHASISWA Oktaviani, Laras; Tari, Nirmala
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.12040

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi minat belajar dan kecerdasanemosional terhadap hasil belajar statistik mahasiswa D III Perhotelan semester 6 Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Data minat belajar dan kecerdasan emosional dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner model skala likert. Sedangkan hasil belajar statistik dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat kontribusi yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar statistik mahasiswa D III Perhotelan semester 6 Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya tahun pelajaran 2017/2018 dengan kontribusi sebesar 52,9%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar statistik mahasiswa D III Perhotelan semester 6 Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya tahun pelajaran 2017/2018 dengan kontribusi sebesar 36,8%; (3) secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar statistik mahasiswa D III Perhotelan semester 6 Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya tahun pelajaran 2017/2018 dengan kontribusi sebesar 66,1%.AbstractThis study aims to know the contribution of interest in learning and emotional intelligence to the students' statistical learning outcomes the sixth semester D III students in Triatma Jaya Institute of Tourism in academic year 2017/2018. The population of this study was 77 people. The sampling technique in this study used a saturated sample where all members of the population were sampled. The interest data and emotional intelligence were collected by using Likert scale model questionnaire. While the statistical learning outcomes were collected using the learning result test in the form of multiple choice questions. The data obtained were analyzed statistically with multiple linear regression analysis. The findings of this research are: (1) there is a significant contribution of interest in learning to the statistical learning outcomes of the sixth semester D III students in Triatma Jaya Institute of Tourism in academic year 2017/2018 with contribution of 52,9%; (2) there is a significant contribution of emotional intelligence to the statistical learning outcomes of the sixth semester D III students in Triatma Jaya Institute of Tourism in academic year 2017/2018 with contribution of 36,8%; (3) all at once there is a significant contribution of interest in learning and emotional intelligence to the students' statistical learning outcomes of the sixth semester D III students in Triatma Jaya Institute of Tourism in academic year 2017/2018 with contribution of 66.1%.
MEDIA KARTU FOTO GROUPFEI BERBASIS TEKNIK AKROSTIK SANDI ASMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBAHASA JAWA (GEGURITAN) -, Romdonah
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.13508

Abstract

AbstrakPembelajaran menulis puisi berbahasa Jawa (geguritan) merupakan hal yang penting agar siswa mampu mengekspresikan perasaan dan melatih kreativitas serta kepekaan terhadap seni sastra Jawa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan media Kartu Foto Groupfie berbasis teknik Akrostik Sandi Asma dalam pembelajaran menulis geguritan serta mendeskripsikan dampak positif penerapan Kartu Foto Groupfie berbasis teknik Akrostik Sandi Asma. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrumen tes untuk memperoleh data kuantitatif serta instrumen nontes untuk memperoleh data kualitatif. Adapun hasil yang dicapai berdasarkan analisis kuantitatif pasca-aplikasi media menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis geguritan. Pada tahap pra-aplikasi media siswa hanya mencapai nilai rata-rata sebesar 69,38. Hal tersebut meningkat sebesar  13,14% pada pasca-aplikasi media tahap I dengan nilai rata-rata sebesar 78,50. Masih ada 6  siswa atau 18,75% yang belum mencapai KKM. Hasil tes pada pasca-aplikasi media tahap II meningkat sebesar 7,81%  dari pasca-aplikasi media tahap I dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 84,63. Dari analisis data secara kualitatif diperoleh hasil bahwa sebagian besar siswa tertarik dengan media yang digunakan. Berdasarkan hasil tes dan nontes dapat disimpulkan bahwa media Kartu Foto Groupfie berbasis teknik Akrostik Sandi Asma dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis geguritan dan menimbulkan dampak positif terhadap perilaku belajar siswa. AsbtractLearning to write Javanese poetry (geguritan) is important for students, so that they are able to express feelings, to enhance their creativity, and to sharpen their sensitivity toward Javanese literature. This study aims to describe the Groupfie Photo Card media based on the Asthma Sandi Acrostic Technique in geguritanwriting process and to describe the positive impact of Groupfie Photo Cards application based on Asthma Password Acrostic techniques. The data analysis methodsare quantitative and qualitative analysis methods which use test instruments as the quantitative data as well as non-test instruments as the qualitative data. The results based on quantitative analysis post-media applications indicate an increasing resultsforgeguritan writing skills. At the pre-application stage, students only reach an average score 69.38. It increased by 13.14% in the post-media application stage I with an average score 78.50. There are still 6 students or 18.75% who have not yet reached the minimum standard criteria. The test results on post-media applications stage II increased by 7.81% from post-media application stage I with a classical average score of 84.63. From the qualitative data analysis, the results showed that most students were interested in the media used. Based on the test and non-test results, it can be concluded that the Groupfie Photo Card media based on the Astrostatic Password Asthma technique can improve students' skills in writing geguritan and give a positive impact toward student learning behavior.
ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KKNI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Siagian, Beslina Afriani; Siregar, Golda Novatrasio Sauduran
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.12378

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengadakan evaluasi pelaksanaan kurikulum berbasis SNPT pada Universitas Negeri Medan. Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan penerapan kurikulum KKNI dalam perguruan tinggi serta memperbaiki persepsi masyarakat, sedangkan jangka panjangnya adalah untuk menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam menyetarakan kualifikasi lulusan dengan permintaan para penyedia lowongan pekerjaan (stakeholders), mempermudah sistem penyeleksian sertifikasi dosen (serdos) dan menyetarakan gaji dosen, serta menyetarakan gaji guru.Untuk memperoleh tujuan di atas, model evaluasi kurikulum yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tampak bahwa penerapan kurikulum berbasis KKNI di Universitas Negeri Medan sudah dikatakan baik, meskipun masih perlu perbaikan pada beberapa aspek seperti kesiapan dosen, kelengkapan sarana dan prasarana, ketersediaan mitra magang, dan tentunya kesiapan mahasiswa. Universitas harus terus membenahi diri agar para lulusan mampu bersaing dengan lulusan lain, baik secara local, nasional, maupun internasional.AbstractThe purpose of this study was to conduct an evaluation of the implementation of the SNPT-based curriculum at the State University of Medan. The short-term objective of this study is to determine the effectiveness of the application of IQF curriculum in universities and improve public perceptions, while the long term is to be taken into consideration for the government in equalizing graduate qualifications with the demand of job vacancy providers (stakeholders), facilitating the lecturer certification selection system and equalize lecturer salaries, and equalize teacher salaries. To obtain the above objectives, the curriculum evaluation model used is the CIPP model (Context, Input, Process, Product). Based on the research that has been done it appears that the implementation of the curriculum based on IQF at Medan State University has been said to be good, although it still needs improvement in several aspects such as lecturer readiness, completeness of facilities and infrastructure, availability of apprentice partners, and of course student readiness. Universities must continue to improve themselves so that graduates are able to compete with other graduates, both locally, nationally and internationally.
PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP NASIONALISME PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KOTA CIMAHI Halimah, Lili
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.13242

Abstract

AbstrakPermasalahan nasionalisme sejatinya selalu ada selama manusia itu hidup dan nasionalisme harus ditumbuh kembangkan di berbagai kalangan terutama pada generasi muda. Pemerintah mempunyai kewajiban untuk menumbuh kembangkan semangat nasionalisme melalui pendidikan dan pembelajaran Pembelajaran PKn diharapkan dapat membangun semangat nasionalisme peserta didik melalui civic knowledge, civic skills dan civic disposition. Nasionalisme peserta didik harus dikembangkan sejalan dengan pengaruh positif dan negatif globalisasi yang dapat mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup peserta didik. Untuk itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai Pengaruh Langsung Pembelajaran PKn terhadap Nasionalisme Peserta Didik. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran secara langsung mengenai pembelajaran PKn terhadap nasionalisme peserta didik. Rumusan hipotesis penelitian Pembelajaran PKn berpengaruh langsung terhadap nasionalisme peserta didik. Hasil penelitian Pembelajaran PKn mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,697 (73,94%) dengan standar deviasi sebesar 0,947 termasuk pada kategori tinggi. Artinya secara umum pembelajaran PKn pada peserta didik dinilai telah terlaksana dengan baik, walaupun memiliki sebaran yang kurang merata. Nasionalisme Peserta Didik memperoleh rata-rata 3,979 (79,57%) standar deviasi 0,892 prosentasi 79,57 katagori Tinggi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran PKn secara langsung berpengaruh positif terhadap nasionalisme peserta didik pada Sekolah Menengah di Kota Cimahi, pengaruh (R-Square) dapat dinyatakan bahwa pembelajaran PKn berpengaruh tinggi terhadap nasionalisme peserta didik. AbstractThe problem of nationalism has always existed as long as human life and nationalism must be developed in various circles, especially in the younger generation. The government has an obligation to foster the spirit of nationalism through education and learning PKn learning is expected to build the spirit of nationalism of students through civic knowledge, civic skills and civic disposition. Nationalism of students must be developed in line with the positive and negative influences of globalization that can affect the mindset and lifestyle of students. For this reason, the authors are interested in researching the Direct Influence of Civics Learning on Student Nationalism. The purpose of the study was to obtain a direct picture of Civics learning towards student nationalism. Research hypothesis formulation PKn learning directly influences the nationalism of students. The results of the PKn Learning study obtained an average score of 3.697 (73.94%) with a standard deviation of 0.947 included in the high category. This means that in general PKn learning in students is considered to have been implemented well, even though it has a less even distribution. Nationalism Students get an average of 3,979 (79.57%) standard deviations of 0.892 percent, 79.57 categories of height. Hypothesis testing shows that Civics learning directly influences the nationalism of students in the Middle School in Cimahi City, the influence (R-Square) can be stated that PKn learning has a high influence on student nationalism.
Model Pengembangan Internasionalisasi Program Akademik Pendidikan Tinggi Aedi, Nur
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.12393

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah program internasionalisasi pada unit kerja Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia sehingga terciptanya daya saing secara institusional dan nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan informasi yang akurat, oleh sebab itu dilakukan eksplorasi penelitian secara sistemik. Secara khusus penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis : Gambaran empirik umum sistem kelembagaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Gambaran empirik sistem kepegawaian di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia , Gambaran empirik kondisi kondisi kompetensi  pendidik dan tenaga administrasi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia , Gambaran empirik kondisi mutu layanan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia , Rancangan program strategi pencapaian program internasionalisasi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan dapat membangun daya saing nasional. Percepatan tujuan-tujuan tersebut belum sepenuhnya dapat dilakukan. Oleh sebab itu diperlukan pendekatan baru dalam peningkatan kualitas akadmik dan non akademik, yakni pengembangan internasionalisasi program bagi pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. AbstractThis study aims to develop an internationalization program in the work unit of the Faculty of Education, University of Indonesia so that institutional and national competitiveness is created. To achieve these objectives, accurate information is needed, therefore systemic research exploration is carried out. In particular, this study describes and analyzes: General empirical description of institutional systems, Faculty of Education, University of Education, Indonesia, empirical description of the staffing system in the Faculty of Education, University of Education in Indonesia , An empirical description of the condition of service quality in the Faculty of Education, University of Indonesia Education, the design of the program strategy for achieving internationalization programs within the Faculty of Education can build national competitiveness. Acceleration of these objectives has not been fully implemented. Therefore a new approach is needed in improving academic and non-academic quality, namely the development of internationalization of programs for educators and education staff in the Faculty of Education, Universitas Pendidikan Indonesia.
PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA SUNDA DALAM MATERI KURVA DENGAN MENGGUNAKAN AKSARA KAGANGA -, Supriadi
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.12867

Abstract

AbstrakPenelitian ini berfokus pada kemampuan pemahaman matematik mahasiswa PGSD pada materi kurva melalui pembelajaran etnomatematika Sunda (PES). Instrumen yang digunakan berupa postes dan pemikiran-kesan mahasiswa terhadap aksara kaganga. Penelitian eksperimen dengan desain  kelompok kontrol postes ini menggunakan sampel  80 orang mahasiswa PGSD semester 4 pada sebuah Universitas negeri di Banten yang terbagi menjadi 2 kelompok dengan jumlah tiap kelompok 40 orang mahasiswa. Kelompok eksperimen  dengan pembelajaran etnomatematika Sunda dan kelompok  kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Kemampuan pemahaman matematik antara mahasiswa  yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pembelajaran etnomatematika Sunda lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Pembelajaran matematika dengan menggunakan aksara kaganga membuat mahasiswa tertarik, senang dan termotivasi untuk belajar matematika sambil melestarikan budaya Sunda. AbstractThe average mathematical understanding ability of PGSD students is still below 50% and aspects of local culture have not been optimally used in lectures. This study aims to look at the influence of Sundanese ethnomatematics learning in mathematical understanding on curve material in PGSD 4th semester students in mathematics education II. The study focused on improving the mathematical understanding ability of PGSD students in curve material through Sundanese ethnomatematics learning (PES) using Kaganga letters. This experimental study with posttest control group design used a sample of 80 fourth semester PGSD students at a state university in Banten which was divided into 2 groups with a total of 40 students each. The experimental group with Sundanese ethnomatematics learning and control groups with conventional learning. The instrument used was in the form of posttest and student response to the kaganga script. The results of the study stated that: The ability of mathematical understanding between students who get mathematics learning with Sundanese ethnomatematics learning is better than conventional learning. Mathematics learning by using kaganga characters makes students interested, happy and motivated to learn mathematics while preserving Sundanese culture.
PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN BENTUK HURUF SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH ABC MANADO Maryanto, Rahel Ika Primadini; Wulanata, Imanuel Adhitya
PEDAGOGIA Vol 16, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/pdgia.v16i3.12073

Abstract

AbstrakBerdasarkan hasil observasi selama tiga minggu dan hasil tes diagnostik yangdilaksanakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, menunjukkan pengenalan bentuk huruf pada siswa kelas 1 masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pengenalan bentuk huruf pada siswa dengan menggunakan media flashcard. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart, yang berlangsung selama dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 Juli hingga 25 Oktober 2017 terhadap 6 siswa sebagai subyek penelitian, di Sekolah ABC Manado. Instrumen yang digunakan selama penelitian adalah lembar tes tertulis (tes diagnostik dan tes formatif), lembar observasi chekcklist penggunaan media, lembar wawancara (guru mentor dan subyek penelitian), dan jurnal refleksi.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengenalan bentuk huruf kelas 1 Sekolah ABC Manado pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di setiap indikator, dari siklus satu ke siklus 2. Masing-masing peningkatan indikator adalah 5,21% untuk indikator PBH-1, 12,53% untuk indikator PBH-2, dan 25% untuk indikator PBH-3. Maka disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan pengenalan bentuk huruf siswa kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah ABC Manado.AbstractBased on the observation for three weeks and diagnostic test result in Indonesian language subject, it is proven that the students in 1st grade of ABC’s School Manado have not yet fully understood alphabet form. The purpose of this research is to enhance the alphabet form recognition on students who become the subject of research by used flashcard media. The research method used in this research was a Classroom Action Research (CAR) Kemmis and Taggart’s model, held in two cycles. The research was conducted on July 24th until October 25th, 2017 towards 6 students, in ABC’s School Manado. Instruments used in this research were written test sheet (diagnostic test and formative test), observation check list media usage, interview sheet (mentor and students as research subjects), and reflection journal. Based on the research that has been done, it showed the increased of the alphabet form recognition on 1st grade students of ABC’s School Manado, in every indicators from first cycle to second cycle. The enhanced each of indicators are 5,21% for indicator PBH-1, 12,53% for indicator PBH-2, and 25% for indicator PBH-3. It is concluded that the use of flashcard media can enhance alphabet form recognition students of the 1st grade in Indonesian language subject of ABC’s School Manado.

Page 1 of 1 | Total Record : 8