cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
ISSN : 26217430     EISSN : 26217422     DOI : -
Core Subject : Education,
Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the discussion of issues related to mathematics learning in different levels and contexts. Published every six months, it receives original articles, and review article. Researchers of all countries are invited to submit their work, which will be evaluated by members of the Editorial Board. In the event of a tie, a third reviewer will be invited. Such works must be written in English and Bahasa. All items are preceded by a title and abstract in English. Each abstract should have approximately 150 words. For more details on the submission of papers see the author guidelines The originals should not have been published or submitted simultaneously to another journal.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021)" : 10 Documents clear
Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal Pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind Yassirly Yuzalia; Hayatun Nufus; Hasanuddin Hasanuddin
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.533 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.12148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis Newman’s error peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi materi himpunan berdasarkan gaya kognitif dan Habits of Mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas IX Maryam SMP IT Al-Fatah Minas. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan teknik nontes (angket, wawancara, dokumentasi) dan instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi pada materi himpunan, soal tes GEFT, angket Habits of Mind, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik berdasarkan kemampuan komunikasi matematis pada indikator mengeskpresikan ide-ide matematis ke dalam bentuk gambar. (2) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FD yaitu kesalahan pada tahap memahami, sedangkan gaya kognitif FI pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. (3) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan HoM kategori tinggi dan sedang yaitu pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Sedangkan peserta didik dengan HoM kategori rendah pada tahapan memahami. (4) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FI HoM tinggi, dan FI HoM sedang yaitu pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Kesalahan yang dilakukan FIHoM rendah dan FD HoM tinggi yaitu pada tahap memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan notasi. Sedangkan, peserta didik dengan gaya kognitif FD HoM sedang yaitu pada tahap memahami.
Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning (PBL) Berkonteks Alat Musik Tradisional Melayu Riau pada Materi Lingkaran Nur Hajizah; Elfis Suanto; Syarifah Nur Siregar
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.435 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.12507

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013,  khususnya penggunaan dan penerapan model serta pendekatan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, RPP, dan LAS model Problem Based Learning berkonteks alat musik tradisional Melayu Riau pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga orang validator. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dikategorikan sangat valid. Perangkat pembelajaran ini layak digunakan untuk materi lingkaran. Namun, masih perlu diujikan tingkat kepraktisan dan keefektivannya
Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Heriska Irwanti; Zetriuslita Zetriuslita
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.924 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.12568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berdasarkan model Problem Based Learning berorientasi kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid. Penelitian ini berlangsung kurang lebih selama 4 bulan. Adapun bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti ialah Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu: (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan). Pada model ADDIE peneliti tidak menggunakan tahap Implementation dan Evaluation dikarenakan pada saat ini masih masa pandemic Covid-19. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif yang mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi. Lembar validasi terdiri dari 2 buah yaitu lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Hasil data yang diperoleh dari validasi kemudian dianalisis. Sehingga diperoleh hasil validasi RPP tiap aspek yang dinilai dan RPP keseluruhan tiap pertemuan memiliki rata-rata diperoleh rata-rata sebesar 94,55% dan 94,77% dengan tingkat validitas sangat valid.  Dan untuk hasil validasi LKPD dari segi tiap aspek yang dinilai dan LKPD keseluruhan tiap pertemuan memiliki rata-rata sebesar 91,33% dan 92,19% dengan tingkat validitas sangat valid. Kelebihan dari penelitian ini yaitu sudah menghasilkan bahan ajar berdasarkan model Problem Based Learning berorientasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP yang layak digunakan dan diujicobakan karena sudah melalui proses yang benar dan hasilnya sangat valid. Namun penelitian ini memiliki kekurangan yaitu belum diujicoba, karena keterbatasan peneliti menerapkan model ADDIE pada tahap Implementation dan Evaluation
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SMP/MTs dan SMA/MA M Fikri Hamdani; Nanang Priatna
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.35 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.12795

Abstract

Penelitian ini mengembangkan suatu bahan ajar yang disebut Kamus Matematika. Kamus Matematika merupakan  suatu media pembelajaran berbasis android untuk siswa SMP/MTs dan SMA/MA. Adapun hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran berbasis android yang dapat memfasilitasi kemampuan siswa khususnya pada bahasa simbol. Pengembangan media pembelajaran berbasis android ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis android yang valid dan praktis digunakan oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah MTsN 3 Kampar yang terdiri dari i3 isiswa ikelas iVII, i3 isiswa ikelas iVIII, i3 isiswa ikelas iIX dan siswa MAN 2 Kampar yang terdiri dari 3 siswa kelas X, 3 Siswa kelas XI, serta 3 siswa kelas XII . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes dengan instrumen berupa angket validasi dan angket praktikalitas. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data hasil review pakar. Kemudian  menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mendiskripsikan hasil uji angket validaditas dan angket praktikalitas. Hasil penelitian ini aplikasi Kamus Matematika yang valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Asri Darayuli Nayan; Irma Fitri
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.485 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.11803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada materi program linear. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Pekanbaru pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 10 Pekanbaru yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara yang dilakukan secara online berbantuan media WhatsApp. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis pada materi program linear berupa 5 butir soal berbentuk uraian, angket gaya belajar, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi pada indikator menyatakan situasi matematika atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika, sedangkan pada indikator lain tergolong kategori sedang. Subjek dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori sedang pada setiap indikator. Subjek dengan gaya belajar read/write memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi pada indikator memberi penjelasan terhadap model matematika, sedangkan pada indikator lain tergolong kategori sedang. Serta subjek dengan gaya belajar kinestetis memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori sedang pada setiap indikator.Kata Kunci:  Analisis Deskriptif, , Gaya Belajar VARK (Visual, Auditorial, Read/write, dan Kinestetis), Kemampuan Komunikasi Matematis.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di Desa Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Restu Dian Nurmawati; Novi Andri Nurcahyono; Aritsya Imswatama
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1113.011 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.12307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari tinggi, sedang dan rendahnya kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 6 siswa SMP kelas IX dan teknik pengabilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas IX pada materi lingkaran di Bojonggenteng dari ketiga kategori kemandirian belajar, siswa masih belum memenuhi langkah pengerjaan soal kemampuan pemecahan masalah siswa sesuai dengan langkah polya dan indikator yang digunakan dalam penelitian ini. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di bojonggenteng yang ditinjau dari kemandirian belajar masih rendah.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada Materi Matriks untuk Siswa SMA Vany Rova Febriannie; Annisah Kurniati
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.25 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.11966

Abstract

Dalam rangka untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika  yang memenuhi kriteria valid, maka dilakukan penelitian berbasis model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks untuk siswa SMA. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB). Jenis penelian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk ke sekolah akibat covid-19, maka prosedur penelitian hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development). Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model Student Fasilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks yang memperoleh kategori kelayakan sangat valid dengan  persentase validitas sebesar 91,19%. Hasil persentase validitas dapat dirinci sebagai berikut: (1) validitas silabus yaitu 92,85%, (2) validitas RPP yaitu 86,83%, (3) validitas LKS yaitu 90,64%, dan (4) validitas tes PHB yaitu 94,44%, sehingga dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks yang telah dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan dapat dilanjutkan ke tahap praktikalitas dan efektifitas.
Pengembangan Perangkat Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP/MTs Intan Rahma Syafitri; Susda Heleni; Titi Solfitri
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.595 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.13310

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya perangkat pembelajaran matematika sebagai sarana penunjang pembelajaran pada Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning (PBL). Yaitu,  silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP/MTs. Produk dikembangkan melalui 3 tahapan model pengembangan 4-D. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga orang validator dan direvisi sesuai saran dari validator. LKPD yang telah valid kemudian diujicobakan pada kelompok kecil. Rata-rata.  Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelejaran berbasis PBL valid dan praktis. Perlu penelitian lanjutan untuk mengukur tingkat efektifitas perangkat pembelajaran untuk materi bentuk aljabar.
Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru Syifa Yasmin; Arnida Sari; Depriwana Rahmi
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.988 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.12081

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model Quantum Teaching berdasarkan Self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 17 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang diambil secara cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan angket Self-efficacy siswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Self-efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Rekognisi dan Kepuasan Mahasiswa Matematika Mengikuti E-learning di Tengah Pandemi COVID-19 Suhandri Suhandri
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.104 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i2.13802

Abstract

E-learning semakin banyak digunakan selama pandemi COVID-19, namun dampak dari perubahan metode pembelajaran ini pada mahasiswa belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rekognisi dan kepuasan mahasiswa pendidikan matematika terhadap E-learning selama COVID-19. Angket kuesioner dibagikan kepada 59 mahasiswa pendidikan matematika sebagai responden melalui aplikasi google form dan whatsapp. Kuesioner membahas rekognisi dan kepuasan siswa dengan menggunakan 16 pertanyaan tertutup. Hasil dari penelitian ini adalah Rekognisi dan tingkat kepuasan E-learning baik dengan mayoritas mahasiwa setuju bahwa E-learning memuaskan untuk memperoleh pengetahuan, namun belum sepenuhnya efektif untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 10