cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Kuningan
ISSN : -     EISSN : 25982052     DOI : -
Core Subject : Social,
EMPOWERMENT adalah media penerbitan karya tulis berbasis hasil pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa, menerima tulisan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan/multidisipin. Jenis naskah yang dipublikasikan adalah naskah asli/orisinal hasil pengabdian kepada masyarakat, jurnal ini terbit dalam 6 (enam) bulanan. EMPOWERMENT diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 03 (2021): empowerment" : 15 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Kader Kesehatan dalam Penerapan Akupresur untuk Mengatasi Emesis Gravidarum Novita Rudiyanti; Nurchairina Nurchairina; Amrina Octaviana
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.4674

Abstract

Efforts to prevent Chronic Energy Deficiency in pregnant women and low birth weight are quality ANC services and balanced nutritional intake. In early pregnancy, the formation of fetal organs and preparation of the mother's body requires good nutrition. However, at the beginning of pregnancy, there is emesis gravidarum which causes the mother to not be able to consume food to its full potential. As a result, lack of nutritional intake to support fetal and physical growth of the mother. If left unchecked, Chronic Energy Deficiency and low birth weight can occur. The goal is to help mothers reduce nausea and vomiting so they can consume nutritious food to the maximum. The target of the activity is 70 Health Cadres from 12 Posyandu at Karang Anyar Health Center. The method of implementing the activities includes screening, counseling, simulation, practice and discussion about emesis gravidarum and acupressure, followed by the practice of doing acupressure for all cadres until they are able to independently. At the beginning, a pre-test was carried out and at the end a post-test was carried out. The test results showed an increase with the average pre-test score of 52.3% participants and post-test results the average value of participants was 92.7% and the results of the skill checklist assessment showed all good scores. A follow-up evaluation was carried out on the implementation of the posyandu in the following month, it was found that the cadres had applied acupressure to treat nausea and vomiting in several pregnant women and those around them. The ability of cadres to increase in the application of acupressure to overcome emesis gravidarum and most pregnant women experience a decrease in nausea and vomiting. It is hoped that in the future the cadres will apply their knowledge and skills in a sustainable manner when providing services at the posyandu AbstrakUpaya pencegahan KEK pada ibu hamil dan BBLR yaitu pelayanan ANC yang berkualitas dan asupan gizi seimbang. Diawal kehamilan , pembentukan organ janin dan persiapan tubuh ibu membutuhkan asupan gizi yang baik. Namun  diawal kehamilan terjadi emesis gravidarum yang menyebabkan ibu tidak dapat mengkonsumsi makanan secara maksimal. Dampaknya, asupan gizi kurang untuk mensuport pertumbuhaan janin dan fisik ibu. Jika dibiarkan dapat terjadi KEK dan BBLR. Tujuannya membantu ibu mengurangi mual muntah sehingga dapat mengkonsumsi makanan bergizi dengan maksimal. Sasaran kegiatan yaitu Kader Kesehatan berjumlah 70 orang dari 12 Posyandu di Puskesmas Karang Anyar. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi screening, penyuluhan, simulasi , prakteik dan diskusi tentang emesis gravidarum dan akupresure dilanjutkan praktek melakukan akupresur bagi seluruh kader sampai mampu secara mandiri. Diawal dilakukan pre test dan diakhir dilakukan post tes. Hasil tes terlihat kenaikan dengan nilai rata-rata pre tes peserta 52,3% dan hasil post test nilai rata-rata peserta 92,7% serta hasil penilaian daftar tilik ketrampilan menunjukan nilai baik semua. Evaluasi lanjutan dilakukan pada pelaksanaan posyandu di bulan berikutnya didapatkan kader telah menerapkan akupresure untuk mengatasi mual muntah pada beberapa ibu hamil dan orang disekitarnya. Kemampuan kader meningkat dalam penerapan akupresur untuk mengatasi emesis gravidarum dan sebagian besar ibu hamil mengalami penurunan mual muntah. Diharapkan kedepan kader menerapakan ilmu dan ketrampilannya secara berkelanjutan pada saat memberikan pelayanan di posyandu.
Penyuluhan Hukum tentang Membangun Pemahaman Konsumen Jasa Transportasi Umum di Rokan Hilir Riau Desi Apriani; Esy Kurniasih; Fadli Hidayatullah
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.4149

Abstract

Perlindungan konsumen merupakan hal yang sangat urgen terutama di era globalisasi saat ini. Globalisasi ditandai dengan kecanggihan teknologi komunikasi, informasi dan transportasi. Berkaitan dengan jasa transportasi, terdapat dua pihak pihak yang saling membutuhkan yaitu pelaku usaha sebagai penyedia jasa dan masyarakat sebagai pengguna (konsumen). Fenomena yang terjadi dalam pelayanan jasa transportasi adalah tidak dipenuhinya hak konsumen seperti, hak kenyamanan, keamanan, dan ganti rugi apabila terjadi kecelakaan. Hal ini merupakan suatu permasalahan ditambah lagi dengan ketidaktahuan konsumen mengenai hak dan cara memperjuangkan haknya khususunya di Desa Sekeladi, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. Pengabdian dalam bentuk penyuluhan hukum ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai konsumen pengguna jasa transportasi umum berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu mengumpulkan masyarakat, kemudian tim menyampaikan materi tentang hak-hak konsumen khususnya sebagai pengguna jasa trasnportasi umum. Setelah tim menyampaikan materi, peserta penyuluhan diberi kesempatan untuk bertanya dan dilanjutkan pada tahap diskusi. Dari penyuluhan hukum yang dilakukan ternyata umumnya  masyarakat belum mengetahui hak-hak mereka selaku pengguna jasa transportasi umum dan bagaimana cara mempertahankan hak tersebut. Sebagai akibatnya mereka seringkali dirugikan dan tidak tahu bagaimana proses penyelesaiannya. Dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum ini masyarakat Desa Sekeladi Hilir Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir mulai memahami hak-hak dan kewajiban pengguna jasa transportasi umum berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Pelatihan Optimasi Digital melalui Media Sosial sebagai Kiat Bertahan di Masa Pandemi bagi Kelompok UP2K Desa Sembawa Kecamatan Jalaksana Neni Nurhayati; Dadang Suhendar; Dendi Purnama
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.5176

Abstract

The UP2K group in tips for surviving the pandemic has not yet optimized digital opportunities through social media. The limited activities cannot be adapted into offline form by optimizing the use of social media. The method used in the implementation of the service is training using technical information presentation and simulation methods as well as mentoring with individual and classical approaches. The implementation of the service will be carried out in November 2021 for 3 (three) days starting from November 15, 2021 to November 17, 2021. From the results of this activity, all participants who are members of the UP2K PKK group responded very well and understood the material presented regarding digital optimization through social media. . Positive changes can be seen after doing this activity. It can be seen from the participants who initially still cannot use social media optimally, can turn into people who are able to use social media optimally and wisely. 
Optimalisasi Media Sosial sebagai Sarana Promosi Wisata Tukad Unda Berbasis Partisipasi Pengunjung Putu Purnama Dewi; Rony Kurniawan
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.4404

Abstract

Pariwisata tidak bisa dilepas kaitannya dengan ekonomi. Di Indonesia, tidak sedikit daerah yang menjadikan pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian daerahnya. Seperti apa yang terjadi di Bali, khususnya di Desa Paksebali. Di desa ini terdapat destinasi wisata bernama Wisata Tukad Unda yang memiliki daya tarik pada aliran airnya yang bisa terlihat seperti tirai air. Dengan daya tarik yang dimiliki Wisata Tukad Unda ini, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana daya tarik tersebut dapat diketahui oleh masyarakat luas, sehingga dapat menarik para wisatawan. Yang dapat menjadi solusi adalah promosi wisata. Melihat perkembangan teknologi yang sudah sangat berkembang, kegiatan promosi dapat dilakukan dengan mudah dan juga luas dalam menjangkau wisatawan. Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan sosial media sebagai penyalur informasi terkait daya tarik yang dimiliki Wisata Tukad Unda. Terkadang promosi dengan melakukan kegiatan photoshoot dapat menguras biaya yang banyak, sehingga dengan memanfaatkan partisipasi dari pengunjung Wisata Tukad Unda dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan dan bahkan bisa tanpa biaya. Media sosial yang berbasis partispasi pengunjung ini dapat menjadi solusi untuk Wisata Tukad Unda dalam melakukan kegiatan promosi yang mudah dan murah. Dengan demikian, permasalahan yang dialami oleh Wisata Tukad Unda dapat diatasi dengan pengoptimalisasian media sosial sebagai sarana promosi yang berbasis partisipasi pengunjung. Kata Kunci:promosi, daya tarik, wisata, media sosial
Pelatihan Pengelolaan Pelayanan Air Baku KKM “Tirta Manis” Desa Sukaraja Kuningan Jawa Barat Erlan Darmawan; Nani Ronsani Thamrin; Gentur Priguna Suwarto; Lina Aminati; Evy Setia Oktaviani; Muhamad Yunus; Dini Untari
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.4953

Abstract

The rapid development of current information and technology influences many aspects of people activities. Public Service Department of a resident is directly affected by the rapid development of IT. However, not all departments on the resident are affected by this rapid development or in the other words, the department is still not utilizing optimally the benefit of IT development. One of the departments is KP-SPAMS (Kelompok Pengelola Sarana Penyedia Air Minum dan Sanitasi) which is society based. Recently, the management of administration KP-SPAMS is still in conventional mode likes the entry of income and outcome, this process is still written in a book. The bad possibility from this conventional method is the data will be easier to get lost, data manipulation and data redundant is easily to happen also.  Those negative possibilities are existed since the people have less understanding on the implementation of Information and Technology such as Microsoft word, Microsoft excel, and other Microsoft office applications. Therefore, this program of dedication to society is going to give training to the officer of KP-SPAMS at Sukaraja Village by using Information Technology tools to improve the service of raw water starting from the administration, distribution report, technology introduction, the implementation of technology for administration, distribution report, and customers’ bill. In addition, this training also aims at improving society’s awareness and knowledge toward the importance of technology implementation. AbstrakPerkembangan Teknologi informasi yang terjadi saat ini juga sudah berkembang pesat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya yaitu berpengaruh terhadap lembaga pelayanan masyarakat ditingkat desa. Tetapi tidak semua lembaga pelayanan yang ada di desa sudah menerapkan teknologi informasi pada tata kelola administrasi. Salah satunya pada lembaga pelayanan air baku di desa sukaraja yang bernama KP-SPAMS (Kelompok Pengelola Sarana Penyedia Air Minum dan Sanitasi) berbasis masyarakat Saat ini tata kelola administrasi pada pengelola KP-SPAMS masih bersifat konvensional yaitu pencatatan antara pemasukan dan pengeluaran masih ditulis dalam buku, Pengelolaan data pelanggan serta penyusunan pelaporan juga masih manual sehingga data yang ada kemungkinan bisa hilang, rusak, terjadinya  redudansi data,manipulasi data  dan sejenisnya sehingga dapat berpengaruh pada peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Hal tersebut terjadi karena masyarakat belum memahami bagaimana mengelola administrasi yang baik dengan menerapkan teknologi informasi seperti menggunakan microsoft word, microsoft excel dan microsoft office. Oleh karena itu kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pelatihan kepada Pengelola KP-SPAMS Desa Sukaraja  menggunakan perangkat Teknologi informasi untuk pelayanan air baku mulai dari tertib administrasi, pengenalan teknologi, penerapan administrasi dengan teknologi sampai ke laporan distribusi dan tagihan juga untuk menambah wawasan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan teknologi.
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbahan Ecobricks untuk Guru Sekolah Dasar Arrofa Acesta; Dadang Solihat; Tifani Kautsar
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.5063

Abstract

This PKM activity aims to improve the knowledge and skills of elementary school teachers in utilizing ecobricks as a learning medium. Ecobricks are materials derived from plastic waste, such as plastic bottles that cannot be decomposed. The activities are in line with the many problems related to waste, namely: (1) The amount of waste in the school environment that has not been utilized, (2) Lack of understanding and knowledge in processing waste to be used as learning media (3). This training is given to teachers to use ecobricks as a learning medium. The training method is carried out through a process of lectures, demonstrations, questions and answers, and direct practice of making learning media. The results obtained are an increase in the knowledge and skills of elementary school teachers in utilizing ecobricks as learning media.
Sosialisasi Bahaya Produk Pinjaman Online Ilegal bagi Masyarakat Dikha Anugrah; Teten Tendiyanto; Suwari Akhmaddhian
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.5093

Abstract

Banyaknya masyarakat yang menggunakan pinjaman online menyatakan bahwa pinjaman online merupakan alternatif layanan keuangan lain yang mudah digunakan, dapat menghemat waktu dan sesuai dengan kebutuhan Masyarakat, namunterdapat dampak negatif yaitu jika masyarakat tidak memahami prosedur peminjaman, SOP dari lembaga yang berkaitan, besaran bunga yang diterapkan serta legalitas dari fintech pinjaman online tersebut. Tujuan pengabdian ini lebih menitikberatkan kepada masyarakat yang belum memahami bahaya dari pinjaman online.  Metode pendekatan yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini melalui metode pendekatan workshop, ceramah kemudian diakhir acara diadakan tanya jawab, dengan metode tanya jawab ini masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya sesuai dengan tema penyuluhan, atau masyarakat dapat bertanya di luar tema yang telah ditentukan. Adapun manfaat diselenggarakannya penyuluhan hokum di Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat adalah mewujudkan kesadaran hokum masyarakat yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati  pentingnya pengetahuan tentang bahaya pinjaman online illegal.
Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa Wisata di Kabupaten Buton Selatan Anwar Sadat; Nastia Nastia; Hastuti Hastuti
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tourism village is a community empowerment initiative that aims to maximize the potential of the village in order to increase the welfare of its citizens. This community service activity aims to identify the types of community empowerment actions contained in the tourism village program. This service aims to provide local wisdom and natural resources to villages that have the potential to become tourist destinations. This activity was carried out with local village government partners to get to know and grow the village's potential with the help of youth from the Youth Organization. The form of community service used by ABCD (Asset Based Community Development) is used to seek tourism innovation on existing village assets / potentials to improve the standard of living of the community. Community empowerment is tried by maximizing the tourism village program to become a potential-based tourism commodity. Tourism Village has provided a transformation to take on increasing knowledge and the community's economy.
Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru Sekolah Dasar Gugus Pangeran Diponegoro, Kuningan Dadang Solihat; Fahrus Zaman Fadhly; Marwito Wihadi
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.5101

Abstract

This community service aims at organizing English Language Training for SD Gugus Pangeran Diponegoro teachers located at SDN 2 Windusengkahan, Kuningan District, Kuningan Regency which has local curriculum content in English. Method of EMI is applied in this community service with singing and games media. The teachers really welcome this training with the hope that they can provide the best for their students when carrying out the learning process in the classroom. This training activity was carried out in three meetings which were carried out smoothly and became a reference for the implementation of further service. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menyelenggarakan Pelatihan Bahasa Inggris bagi guru SD Gugus Pangeran Diponegoro yang berlokasi di SDN 2 Windusengkahan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan yang memiliki muatan kurikulum lokal dalam bahasa Inggris. Metode EMI diterapkan dalam pengabdian masyarakat ini dengan media nyanyian dan permainan. Para guru sangat menyambut baik pelatihan ini dengan harapan dapat memberikan yang terbaik bagi siswanya saat melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan yang dilaksanakan dengan lancar dan menjadi acuan untuk pelaksanaan pengabdian selanjutnya.
Penyuluhan Hukum Pentingnya Pendaftaran Badan Usaha bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Suwari Akhmaddhian; Dikha Anugrah; Bias Lintang Dialog; Erga Yuhandra
Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4, No 03 (2021): empowerment
Publisher : Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/empowerment.v4i03.5097

Abstract

Perkembangan perekonomian semakin hari semakin meningkat, meski dalam keadaan Pandemik dan banyak kegiatan usaha yang terdampak, namun roda perekonomian terus berputar. Dengan perkembangan perekonomian tersebut berakibat pada berkembangnya badan usaha yang memerlukan adanya daftar perusahaan, mengingat masih banyaknya badan usaha yang belum memiliki izin usaha atau legalitas. Daftar perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang ini dan atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan. Tujuan pengabdian ini lebih menitik beratkan kepada pelaku usaha yang belum memeiliki izin usaha secara resmi, adapun sasaran lain yang menjadi tujuan diadakanya penyuluhan ini yaitu pelaku usaha UMKM agar mendapatkan legalitas usahanya. Metode pendekatan yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini melalui metode pendekatan workshop, ceramah kemudian diakhir acara diadakan tanya jawab, dengan metode tanya jawab ini masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya sesuai dengan tema penyuluhan, atau masyarakat dapat bertanya di luar tema yang telah ditentukan. Adapun manfaat diselenggarakannya penyuluhan hukum di Desa Sindangsari Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat adalah mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati pentingnya izin usaha untuk keberlangsungan dan perkembangan usaha yang dijalaninya, terutama bagi pelaku UMKM.

Page 1 of 2 | Total Record : 15