cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2017)" : 7 Documents clear
Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD/MI Purniadi Putra
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.652 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah supaya pembelajaran IPA di SD/MI dilaksanakan dalam rangka mengembangkan potensi siswa dalam menunjukkan perilaku ilmiah yaitu memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi agar memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, mengetahui dan memahami konsep dasar dalam memecahkan masalah-masalah sosial sesuai dengan perkembangan psikologisnya, mengembangkan keterampilan berfikir kritis, memperkuat identitas kebangsaan, rasa cinta tanah air, membangun diri sendiri agar survive dalam segala kondisi serta bertanggung jawab membangun masyarakat beradab berdasarkan nilai-nilai universal kemanusiaan. Metode yang dipergunakan adalah metode pustaka dengan cara menelaah referensi yang terkait dalam bentuk teori dan hasil penelitian dalam bentuk jurnal maupun buku ajar Kelas IV SD/MI. Hasil penelitian bahwa etnopedagogi menjadi salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar. The purpose of this study is that science learning in SD / MI is implemented in order to develop students' potential in showing the scientific behavior of having curiosity; objective; honest; thorough; careful; persistent; Watch Out; to be responsible; open; and care of the environment in daily activities as a form of implementation of attitude in doing scientific inquiry and discussing in order to have awareness and concern for society or its environment, knowing and understanding basic concept in solving social problems in accordance with its psychological development, developing critical thinking skill, national identity, love of the homeland, self-building in order to survive in all conditions and responsible to build a civilized society based on universal values ​​of humanity. The method used is the literature method by reviewing related references in the form of theory and research results in the form of journals and textbooks Class IV SD / MI. The results of research that ethnopedagogi become one of alternative approach of learning that can be used to develop science learning process by using local wisdom value as learning resource.
Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Ibtidaiyah Saidah Saidah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.055 KB)

Abstract

Tulisan ini membahas Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Ibtidaiyah. Tulisan ini merupakan pengkajian literatur. Bimbingan dan konseling merupakan upaya pemberian bantuan kepada peserta didik untuk mencapai perkembangan yang optimal dan kemandirian berdasarkan norma-norma yang berlaku. Penyelenggara bimbingan dan konseling di Madrasah Ibtidaiyah adalah guru kelas. Pendekatan yang tepat untuk penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Madrasah Ibtidaiyah adalah pendekatan perkembangan. This paper discusses the Implementation of Guidance and Counseling in Madrasah Ibtidaiyah. This paper is a literature review. Guidance and counseling is an effort to provide assistance to learners to achieve optimal development and independence based on prevailing norms. The organizer of guidance and counseling in Madrasah Ibtidaiyah is a classroom teacher. The right approach for guidance and counseling in Madrasah Ibtidaiyah is a developmental approach.
Epistemologi Ahmed Al-Jabiri dalam Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah Nasyariah Siregar
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.254 KB)

Abstract

Bangkitnya peradaban Islam akan sangat tergantung pada keberhasilan dalam bidang sains melalui prestasi instutisional dan epistemologi menuju pada proses dekonstruksi epistemologi sains modern, yang memungkinkan nilai-nilai Islam terserap secara seimbang ke dalam sistem pengetahuan yang akan dibangun tanpa harus menjadikan sains sebagai alat legitimasi agama dan sebaliknya. Tokoh pemikir Muslim kontemporer, Mohammed Abed Al-Jabiri mencoba mengemukakan tiga konsep pemikiran. Ketiga sistem pengetahuan ini sebagai analisa kritisnya terhadap nizam al-ma’rifah (epistemologi) dalam pemikiran dan kebudayaan Islam yaitu epistemologi bayani, burhani dan irfani. Hal ini tentu saja dapat menjadi acuan sebagai rekonstruksi dalam kurikulum pembelajaran. Kurikulum yang dimaksud adalah Pembelajaran Sains, khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), oleh karena itu artikel ini akan mencoba membahas pelaksanaannya dalam pembelajaran MI The rise of Islamic civilization will greatly depend on the success of science through institutional and epistemological achievements leading to the process of deconstruction of epistemology of modern science, enabling Islamic values to be absorbed balanced into the knowledge system to be developed without having to be a science as a tool of religious legitimacy and vice versa. The figure of contemporary Muslim thinkers, Mohammed Abed Al-Jabiri tries to present three concepts of thought. These three systems of knowledge as a critical analysis of nizam al-ma'rifah (epistemology) in Islamic thought and culture epistemologi bayani, burhani and irfani. This of course can be a reference as a barrier in the learning curriculum. The curriculum in question is Science learning, especially at Madrasah Ibtidaiyah (MI) level, therefore this article will try to discuss its implementation in learning MI.
Tinjauan Perkembangan Psikologi Manusia pada Usia Kanak-Kanak dan Remaja Sri Yulia Sari
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.982 KB)

Abstract

Perkembangan psikologi pada manusia mempunyai tahapan–tahapan perkembangan, yaitu tahap perkembangan dari bayi hingga dewasa. Tulisan ini lebih kapada pembahasan perkembangan psikologi perkembangan pada usia Kanak-kanak dan remaja. Karena kita ketahui bahwa masa kanak-kanak merupakan cikal bakal terbentyuknya kepribadian manusia yang sesungguhnya, sedangkan pada masa remaja merupakan salah satu masa terpenting dalam kehiduan manusia, karena masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan individu, dan merupakan masa transisi yang dapat diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat. Aspek–aspek perkembangan individu meliputi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, moral dan agama. Perkembangan fisik meliputi pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir. The development of psychology in humans has the stages of development, namely the stage of development from infant to adult. This paper is more to discuss the development of developmental psychology at the age of children and adolescents. Because we know that childhood is the embryo of the real human personality, while in adolescence is one of the most important period in human life, because adolescence is an important life segment in the development cycle of individuals, and is a transition period that can be directed to the development of healthy adulthood. Aspects of individual development include physical, intellectual, social, emotional, linguistic, moral and religious. Physical development includes growth before birth and growth after birth.
Implementasi Kurikulum 2013: Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kiki Fatmawati
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.006 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 149/VII Muara Tebo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dimulai dari Persiapan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 meliputi 2 hal yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dengan langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Hasil pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SDN 149/VIII Muara Tebo yakni dapat meningkatkannya hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. This study aims to determine the application of Thematic Learning in Primary School. This research is a field research (field research) which is descriptive qualitative. This research was conducted at SDN 149 / VII Muara Tebo. The results showed that the application of thematic learning starting from the preparation of thematic lesson based on the 2013 curriculum includes 2 things: general preparation and special preparation. Implementation of thematic lessons based on the 2013 curriculum using a scientific approach with learning steps consists of observing, questioning, gathering information, associating and communicating. Thematic learning outcomes based on the 2013 curriculum at SDN 149 / VIII Muara Tebo that can improve the students' learning outcomes viewed from aspects of spiritual attitudes and social attitudes, knowledge and skills.
Persepsi Mahasiswa Terhadap Eksistensi Pancasila di Era Globalisasi Takiddin Takiddin
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.639 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap eksistensi Pancasila di era globalisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi dan kajian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagaimanapun kondisi bangsa di era globalisasi ini, mahasiswa PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai responden masih meyakini bahwa Pancasila masih sangat relevan dengan kondisi kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Pancasila dipandang mampu menjadi salah satu faktor perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu agar Pancasila lebih dipahami dan diamalkan oleh bangsa ini, pendidikan Pancasila harus lebih ditingkatkan jumlah jam pelajaran dan kualitas pembelajarannya. This study aims to determine the perception of students PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta against the existence of Pancasila in globalization era. The research method that used in this research is survey method with data collection technique in the form of questionnaire, interview, observation and literature study. The result of research shows that no matter the condition of the nation in this globalization era, students of PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta as a respondent in this research still believe that Pancasila is still relevant to Indonesian nation and state. Pancasila is considered to be one of the factors of glueing unity and unity of the Indonesian nation. Therefore, in order to Pancasila to be better understood and practiced by this nation, Pancasila education should be increased more the number of lessons and the quality of its learning.
Pendidikan Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam Al Ihwanah Al Ihwanah; Aris Dwi Nugroho
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.348 KB)

Abstract

Artikel ini menggambarkan perspektif pendidikan Islam dalam teori multiple intelligence. Ada konsep alam dalam pendidikan Islam. Alam adalah kemampuan dasar yang ada pada masing-masing siswa yang perlu dikembangkan untuk mencapai perkembangan sempurna melalui pendidikan yang tepat. Masalah yang bisa dilihat, studi agama belum mengembangkan berbagai potensi atau kecerdasan majemuk secara penuh. Pendidikan Islam harus memperhatikan waktu dalam kegiatan belajar dan sesuai dengan ajaran Islam yang sebenarnya. Penulis berharap ke depan, Pendidikan Islam dapat diimplementasikan untuk memahami teori kecerdasan majemuk atau potensi kecerdasan setiap siswa untuk berkembang secara optimal. Pada akhirnya, kapan potensi kecerdasan maksimal bisa ditingkatkan sehingga siswa bisa menjadi orang sukses, manusia maju yang bisa memanfaatkan keahlian mereka untuk kepentingan umat manusia. This article describes the perspective of Islamic education in the theory of multiple intelligence. There is a concept of nature in Islamic education. Nature is the basic capabilities that exist in each of the students that need to be developed to achieve the perfect development through proper education. Problems that can be seen, the study of religion has not developed a wide range of potential or multiple intelligences in full. Islamic education must pay attention to the times in the learning activities and in accordance with the true teachings of Islamic corridor. The author hope in the future, Islamic Education can be implemented in order to understanding the theory of multiple intelligences or intelligence potential of every student to develop optimally. In the end, when the maximum potential intelligence can be improved so the students can become a success man, advanced humans who can use their expertise for the benefit of mankind.

Page 1 of 1 | Total Record : 7