cover
Contact Name
Anissa Lestari Kadiyono
Contact Email
anissa.lestari@unpad.ac.id
Phone
+6281311114811
Journal Mail Official
jurnal.psp@unpad.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Bandung Sumedang KM. 21 Jatinangor - Sumedang 45363
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Psychological Science and Profession
ISSN : 25983075     EISSN : 26142279     DOI : https://doi.org/10.24198/jpsp
Aim: Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Scope: Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, dan Psikologi Umum & Eksperimen.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess" : 8 Documents clear
MODEL KEPEMIMPINAN IDEAL BAGI MAHASISWA DI JAWA BARAT Gunawan, Gianti
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.926 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.22804

Abstract

Pemimpin merupakan faktor penting atas keberhasilan pembangunan suatu daerah. Demikian pula di Jawa Barat yang merupakan propinsi terpadat dan memiliki peran strategis dalam menyokong pembangunan Indonesia pada umumnya. Pemimpin juga merupakan sosok cerminan harapan dari masyarakat yang memilihnya. Persepsi akan pemimpin seperti apa yang lebih pantas dan cocok sebagai pemimpin Jawa Barat diwarnai dengan harapan, ide, dan cita-cita akan dibawa kemana Jawa Barat di masa yang akan datang. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa juga memiliki harapan akan pemimpin ideal yang diharapkan dapat memimpin Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan yang ideal berdasarkan persepsi mahasiswa di Jawa Barat. Sampel berjumah 271 responden, yang tersebar di 22 Perguruan Tinggi di Jawa Barat. Alat Ukur yang digunakan berjumlah 16 item dari Derue (2010) mengenai trait leadership and integrated model of leader. Alat ukur ini terdiri dari 4 aspek, yaitu directive, supportive, participative, dan achievement oriented. Hasilnya mayoritas responden lebih mengutamakan pemimpin yang memiliki trait leadership achievement oriented dan directive. Namun demikian, hasilnya tidak terlalu signifikan dengan yang mengutamakan trait leadership supportive dan participative. Artinya 4 hal tersebut dianggap hampir sama pentingnya ada dalam diri seorang pemimpin di Jawa Barat. Pemimpin Jawa Barat yang ideal diharapkan memiliki perilaku yang dapat memberikan arahan, dukungan, dan penghargaan serta mendorong bawahannya untuk memiliki motivasi agar dapat mencapai kinerja efektif.
PELATIHAN COPING STRESS UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA DAN KELUARGA PEREMPUAN PEKERJA DI PT. X YOGYAKARTA Dyah, Desita; Faraz,, Faraz; Budiharto, Sus
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.302 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.22739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pelatihan coping stress untuk meningkatkan kepuasan kerja dan keluarga pada karyawati PT. X Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan pada 12 subjek di kelompok eksperimenyang memiliki tingkat kepuasan kerja dan keluarga pada kategori sedang saat pengukuran prates. Desain dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, yaitu memberikan sebuah perlakuan dan pengukuran dampak atas perlakuan tersebut. Kepuasan kerja dan keluarga diukur dengan menggunakan skala work family satisfaction (WFS) yang diadaptasi dan dimodifikasi peneliti dari Greenhaus, Collins dan Shaw (2003). Analisis yang digunakan adalah uji non parametric Wilcoxon dengan menggunakan SPSS 16 for windows. Hasil analisis pengukuran prates dan pascates menunjukkan nilai Z = -2.553, p= 0.011 (p<0.05) pada kelompok eksperimen dan nilai Z = -0.740 dengan signifikansi 0.459 (p>0.05),  menunjukan ada  perbedaan yang cukup signifikan antara skor kepuasna kerja dan keluarga pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya, pelatihan coping stress mampu meningkatkan kepuasan kerja dan keluarga pada karyawati yang sudah menikah di PT. X Yogyakarta. Berdasarkan analisi uji Wicoxon yang diperoleh maka hipotesi yang diajukan diterima.
GAMBARAN SELF-ESTEEM BERDASARKAN TINGKAT COMMUNICATION APPREHESION PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN Nurjihan Begum Amir; &#039; Witriani
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.388 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.22795

Abstract

Mahasiswa Fakultas Psikologi UNPAD dituntut memiliki kompetensi berkomunikasi yang baik. Data awal menunjukkan terdapat indikasi mahasiswa mengalami perasaan cemas saat berkomunikasi di depan umum ketika proses pembelajaran berlangsung yang disebut sebagai Communication Apprehension (CA). Communication Apprehension adalah level ketakutan atau kecemasan yang dimiliki individu baik ketika membayangkan maupun pada saat berbicara dengan seseorang atau orang banyak (McCroskey, 1984). Pada proses komunikasi, Self memegang peranan penting terutama Self-Esteem. Self-Esteem menentukan bagaimana individu memandang pesan, merespon pesan, dan menginterpretasikan pesan. Self-Esteem adalah sikap individu baik positif maupun negatif terhadap dirinya secara keseluruhan (Rosenberg, 1995). Self-Esteem berperan sebagai filter di setiap interaksi dengan orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran Self-Esteem berdasarkan tingkat Communication Apprehension pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNPAD dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 234 mahasiswa yang terdiri dari 29 laki-laki dan 205 perempuan dengan masa studi berada pada tahun pertama (2017) sampai tahun ke empat (2014) yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Data diperoleh menggunakan alat ukur Communication Apprehension yang diterjemahkan dari McCorskey (1970) yaitu PRSPA dengan koefesien Cronbach’s Alpha sebesar 0.942 dan validitas menggunakan CFA yang menujukkan alat ukur tersebut good fit.  Serta alat ukur Self-Esteem dari Rosenberg (1965) yaitu SERS dengan coefesien Cronbach’s Alpha sebesar 0.827 dan validitas menggunakan CFA.Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas atau lebih dari setengah mahasiswa memiliki tingkat Self-Esteem tinggi (68.4%). Tinggi rendahnya Self-Esteem searah dengan tinggi rendahnya Self-Competence dan Self-Liking. Tinggi rendahnya CA berkebalikan dengan tinggi rendahnya Self-Esteem. Mayoritas mahasiswa mengalami kondisi CA sedang dan memiliki Self-Esteem tinggi. Hal ini ditemukan pada mahasiswa yang menyukai suku bangsanya (53.4%), berada pada rentang usia 18-21 tahun (50.8%) serta kategori tingkat prestasi sangat memuaskan dan dengan pujian (52.1%). Sedangkan, mayoritas mahasiswa dengan kategori prestasi akademik memuaskan memiliki Self-Esteem rendah. Jenis kelamin laki-laki mayoritas berada pada tingkat CA rendah dan Self-Esteem tinggi (6.8%). Sedangkan untuk responden dengan jenis kelamin perempuan mayoritas berada pada kategori tingkat CA sedang dan Self-Esteemtinggi (50.4%). 
STRATEGI IDENTIFIKASI DAN PEMETAAN TALENTA PADA BRANCH MANAGER SEBAGAI BAGIAN DARI SISTEM MANAJEMEN TALENTA Muhammad Haris Novianto; &#039; Artiawati
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.808 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.20636

Abstract

Bagian awal sistem manajemen talenta adalah perumusan strategi identifikasi dan pemetaan talenta. Tujuan penelitian ini untuk menyusun strategi identifikasi dan pemetaan talenta. Metodologi penelitian menggunakan research and development yaitu berupa produk strategi identifikasi dan pemetaan talenta pada brarnch manager. Hasil penelitian merumuskan strategi identifikasi talenta didasarkan pemenuhan kriteria pada tiga aspek pengukuran yaitu aspek potensial; general cognitive ability dan personality, aspek kompetensi; inti (agility, integrity, professional, achievement orientation, interpersonal sensitivity, dan teamwork) dan spesifik (adaptability, working standard, communication skill, innovation and creativity, business acumen, problem solving, planning and organizing, continuous improvement, customer focus, relationship building, team leadership, developing others, negotiation skill dan computer literacy), serta aspek kinerja untuk key performance indicators. Perumusan strategi pemetaan talenta didasarkan pada kategori high potential dengan fitness potential profile > 90%, high competence dengan fitness competency profile > 95% dan high performance dengan fitness performance profile ≥ 100%.
KOMPARASI PARENTING SELF-EFFICACY PADA IBU USIA REMAJA DAN DEWASA DI KECAMATAN BANJARHARJO BREBES Nurul Fajriyah; Laila Qodariah; Marisa Fransiska M
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.949 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.20015

Abstract

epanjang tahun 2017, fenomena pernikahan usia dini di Kabupaten Brebes menjadi yang paling tinggi di Jawa Tengah, terutama di Kecamatan Banjarharjo. Tingginya angka pernikahan usia dini ini membuat remaja perempuan di Kecamatan Banjarharjo memiliki kesempatan yang lebih besar pula untuk menjadi seorang ibu di usia remaja. Sedangkan ibu usia remaja dianggap masih kurang kompeten secara kognitif dalam hal mengambil peran orang tua, pengetahuan tentang tahap perkembangan bayi mereka, dan cenderung lebih menonjolkan sifat keremajaannya daripada sifat keibuannya, bila dibandingkan dengan para ibu yang telah dewasa secara psikologis yang akan lebih terkendali emosi maupun tindakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan gambaran parenting self-efficacy pada ibu usia remaja dan dewasa di Kecamatan Bajarharjo Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilakukan pada 107 orang yang terdiri dari 53 orang ibu usia remaja dan 54 orang dewasa di Kecamatan Banjarharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi komparatif, responden diminta mengisi kuesioner SEPTI-TS. Reliabilitas alat ukur SEPTI-TS adalah sebesar 0,881. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan tingkat parenting self-efficacy yang signifikan antara ibu usia remaja dan dewasa di Kecamatan Banjarharjo. Namun meskipun memiliki tingkat parenting self-efficacy yang tinggi, ibu usia remaja masih banyak yang merasa kurang mampu untuk mengerti ketika perasaan anak tersakiti dan memberikan kenyamanan bagi anaknya ketika anak membutuhkan mereka disaat frustasi atau takut, dibandingkan dengan ibu usia dewasa.
PENINGKATAN SUBJECTIVE WELL-BEING IN SCHOOL PADA SISWA MELALUI “PEER SUPPORT AND TEACHING METHOD PROGRAM” Puspita Adhi Kusuma Wijayanti; Lucia Voni Pebriani; Whisnu Yudiana
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.165 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.19363

Abstract

 Beberapa penelitian melaporkan mengenai pentingnya siswa mempunyai subjective well-being yang baik di sekolah. Hal ini dikarenakan, subjective well-being yang tinggi akan berdampak pada prestasi akademik yang lebih baik, kreativitas yang lebih tinggi, dan penurunan angka membolos. Maka dari itu, penting untuk mengembangkan sebuah program dalam rangka meningkatkan subjective well-being siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program intervensi kepada guru dan siswa berhasil meningkatkan subjective well-being siswa di sekolah. “Peer Support and Teaching Method Program” yaitu program peningkatan SWB siswa yang diberikan kepada guru dan siswa. Guru diberikan pelatihan mengenai metode mengajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sedangkan siswa akan diberikan pelatihan sosial untuk meningkatkan kerjasama, empati dan dukungan antar teman sebaya. Partisipan dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI Akutansi, dimana 32 siswa tersebut diberikan pelatihan sosial, dan guru yang mengajar di kelas tersebut diberikan pelatihan metode mengajar dengan pendekatan konstruktivis. Analisis statistika menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengukur perbedaan data prestest dan posttes. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan “Peer Support and Teaching Method Program” secara signifikan mampu meningkatkan subjective well-being siswa di sekolah.
PENURUNAN SIMPTOM DEPRESI PADA PASIEN BIPOLAR MENGGUNAKAN TERAPI DZIKIR: INTERVENSI KLINIS Syifa Triswidiastuty; Ahmad Rusdi; &#039; Rumiani
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.401 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.21369

Abstract

Bipolar merupakan kondisi suasana perasaan atau mood yang berubah-ubah dari mania (meninggi) hingga depresi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan simptom depresi pada pasien bipolar dengan memberikan intervensi berupa terapi dzikir. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang pasien bipolar yang tergabung dalam komunitas Bipolar Care Indonesia Simpul Yogyakarta. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pre-test, post-test, dan follow up dalam satu kelompok. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat depresi adalah dengan menggunakan Bipolar Depression Rating Scale yang disusun oleh Berk, dkk (2007). Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah friedman test dan nilai sig 0,015 (p< 0,05) yang artinya terdapat penurunan simptom bipolar yang signifikan.Terapi dzikir dilakukan berdasarkan aspek intensity, duration, solemnity, dan connectivity, yang menunjukkan seberapa terhubung dengan Allah dimana pun dan setiap melakukan kegiatan apapun sehingga dapat mengurangi symptom depresi yang diderita.
PENERAPAN DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ALTERNATIVE BEHAVIOR UNTUK MENURUNKAN SCREEN-TIME PADA ANAK DENGAN LANGUAGE DISORDER Rizqina Permatasari Ardiwijaya; Ike Anggraika Kuntoro
Journal of Psychological Science and Profession Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.904 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v3i1.21507

Abstract

Screen-time merupakan waktu penggunaan media elektronik, seperti televisi, telepon genggam, komputer, tablet atau video games. Beberapa penelitian melaporkan bahwa terdapat hubungan antara screen-time dengan obesitas, masalah atensi, agresi dan language disorder. American Academy of Pediatrics menganjurkan maksimal durasi screen-time pada anak usia dini adalah 2 jam per hari. Hal ini disebabkan karena anak dengan screen-time lebih dari 2 jam per hari akan mendapatkan kesempatan stimulasi dan komunikasi dua arah yang lebih sedikit, padahal mereka memiliki tugas perkembangan untuk mempelajari bahasa, memperkuat attachment dengan pengasuh, dan aktif mengeksplorasi lingkungan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menurunkan durasi screen-time pada anak dengan menggunakan metode antecedents control dan differential reinforcement of alternative behavior (DRA). Partisipan pada penelitian ini adalah anak laki-laki berusia 2 tahun 11 bulan dengan language disorder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik antecedents control dan DRA efektif menurunkan screen-time dari 226.25 menit menjadi 57.5 menit per hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 3 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 3 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 3 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 3 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 3 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 3 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 2 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 1 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 1 (2018): Psychological Science and Profession Vol 1, No 3 (2017): Psychological Science and Profession Vol 1, No 3 (2017): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess More Issue