cover
Contact Name
Anissa Lestari Kadiyono
Contact Email
anissa.lestari@unpad.ac.id
Phone
+6281311114811
Journal Mail Official
jurnal.psp@unpad.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Bandung Sumedang KM. 21 Jatinangor - Sumedang 45363
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Psychological Science and Profession
ISSN : 25983075     EISSN : 26142279     DOI : https://doi.org/10.24198/jpsp
Aim: Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Scope: Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, dan Psikologi Umum & Eksperimen.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess" : 8 Documents clear
POLA ATTACHMENT DAN KUALITAS HUBUNGAN SOSIAL PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN Mutiara Tioni Asprilia; Zainal Abidin
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2058.245 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.28251

Abstract

Gangguan attachment merupakan efek yang paling jelas terlihat pada anak-anak yang dibesarkan di suatu institusi seperti panti asuhan. Attachment anak dengan pengasuh di usia dini merupakan hal yang penting karena dapat terkait dengan kesehatan emosional, self-esteem, rasa percaya diri, dan kemampuan interaksi sosial yang baik kelak pada saat anak menginjak usia remaja. Meskipun telah dilakukan usaha untuk menjadikan panti asuhan sebagai tempat yang dapat menggantikan peran keluarga biologis, tinggal di panti asuhan menghilangkan kesempatan anak untuk mengalami kehidupan keluarga yang penting bagi anak dalam mengembangkan hubungan sosial yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola attachment dan kualitas hubungan sosial berdasarkan Social Relations Model (SRM) pada remaja yang tinggal di panti asuhan. Hasil dari penemuan ini dapat dijadikan landasan untuk penelitian lanjutan yang hendak meneliti hubungan sosial anak di panti asuhan. Metode campuran digunakan untuk memperoleh gambaran yang luas mengenai SRM remaja. Data diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Remaja yang tinggal di panti asuhan (N=3) diminta mengikuti proses wawancara. Data kuantitatif dijabarkan dalam bentuk tabel, dan data kualitatif dijelaskan menggunakan analisis SRM dengan pendekatan fenomenologis. Pada penelitian ini, dua orang responden menunjukkan pola secure attachment dan satu orang dengan pola dismissive attachment. Berdasarkan tipe attachment, terlihat perbedaan pola hubungan sosial. Tipe secure attachment dapat mengekspresikan emosinya dengan mudah dan memandang pengasuh sebagai sosok yang afektif. Tipe dismissive attachment cenderung tidak mudah mengekspresikan emosinya dan tidak memandang pengasuh sebagai sosok yang afektif. 
TAKUT AKAN KEGAGALAN SEBAGAI PREDIKTOR PROKRASTINASI AKADEMIK DIMODERASI STATUS IDENTITAS VOKASIONAL MAHASISWA BIDIKMISI UPI Ira Septiani Iswara; MIF Baihaqi; Helli Ihsan
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.928 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.29660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh takut akan kegagalan terhadap prokrastinasi akademik yang dimoderasi status identitas vokasional pada mahasiswa Bidikmisi Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian dilakukan pada 227 orang mahasiswa Bidikmisi Universitas Pendidikan Indonesia tingkat satu, dua, tiga dan empat menggunakan instrumen Academic Procrastination Scale (APS), The Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI), dan Occupational Identity Scale (OIS). Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan metode analisis regresi ganda dan metode Moderated Regression Analysis (MRA) dengan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 25.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa takut akan kegagalan dapat menjadi prediktor terjadinya prokrastinasi akademik. Status identitas vokasional achievement berperan sebagai quasi moderator, status identitas vokasional moratorium tidak memoderasi, status identitas vokasional foreclosure berperan sebagai pure moderator, dan status identitas vokasional diffusion berperan sebagai variabel intervening pada penelitian ini.  
PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI MILENIAL Dara Ayu Nova Dezianti; Fina Hidayati
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.974 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.28913

Abstract

Saat ini, generasi milenial menjadi topik perbincangan oleh banyak pihak. Hal tersebut terjadi karena bonus demografi 2020 menunjukkan bahwa generasi milenial menempati kedudukan tinggi pada berbagai elemen pekerjaan. Generasi milenial yang akrab dengan kecanggihan teknologi diprediksi memiliki karakteristik kreatif, produktif, dan konsumtif. Namun, kecanggihan teknologi mampu menumbuhkan perilaku konsumtif, khususnya pada usia mahasiswa. Kecanggihan teknologi membuat transaksi menjadi mudah. Teman merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada konsumsi seorang mahasiswa. Dorongan rasa kebersamaan atau perasaan ingin menjaga gengsi di depan teman membuat mahasiswa melakukan berbagai cara agar tetap memiliki eksistensi, salah satunya adalah melakukan konformitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Sampel pada penelitian ini berjumlah 362 mahasiswa (127 laki-laki dan 235 perempuan). Penelitian menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dengan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat konformitas generasi milenial paling banyak berada pada kategori sedang, yaitu dengan persentase 74,3%. Adapun pada pengukuran tingkat perilaku konsumtif, mayoritas generasi milenial berada pada kategori sedang dengan persentase 55,5% dari total responden secara keseluruhan. Nilai signifikansi pada penelitian ini adalah 0,044 (sig< 0,050) artinya terdapat signifikansi positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif. Dapat disimpulkan bahwa keinginan untuk sepadan dan sesuai dengan norma sosial serta takut dengan penolakan sering kali membuat seseorang membeli tanpa pertimbangan dan hanya mengutamakan keinginan dan kesenangan semata dibandingkan untuk memenuhi kebutuhan. Adapun analisis tambahan mengenai perbedaan pada jenis kelamin yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan.  
PERAN MODERASI SELF-ESTEEM PADA HUBUNGAN EMPLOYABILITY SKILLS DAN ADAPTABILITAS KARIER SISWA SMK Dinda Aramitha Wahyu Safitri; Wahyu Indianti
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.517 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.32103

Abstract

Berkembangnya teknologi menyebabkan banyak perubahan, terutama pada masa pandemi saat ini di mana berdampak pada dunia industri. Individu yang memiliki adaptabilitas karier diprediksi memiliki kualitas pekerjaan yang baik sehingga dapat menghadapi berbagai tantangan karier. Employability skills dan self-esteem dianggap penting dalam memengaruhi adaptabilitas karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-esteem sebagai moderator hubungan employability skills dan adaptabilitas karier. Subjek penelitian ini terdiri dari 703 siswa SMK (usia 14-23 tahun). Alat ukur yang digunakan adalah Career Adapt-Abilities Scale (α = 0,924), Student Employability Skills Questionnaire (α = 0,939), dan Rosenberg’s Self Esteem Scale (α = 0,791) yang telah diadaptasi ke dalam bahasa indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-esteem tidak memoderasi hubungan employabilty skill dan adaptabilitas karier. Dengan kata lain, harga diri tidak memperkuat atau memperlemah hubungan keterampilan dasar kerja individu dan adaptabilitas karier. Hal tersebut karena employability skills memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap adaptabilitas karier sehingga tanpa adanya self-esteem tetap akan memberikan pengaruh terhadap adaptabilitas karier siswa. 
PERAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, WORK-FAMILY CONFLICT, DAN PERSEPSI PELUANG KERJA TERHADAP INTENSI PINDAH KERJA Yohanes Ari Setiawan
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.054 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.30432

Abstract

PT. X mengalami penurunan target penjualan yang salah satunya disebabkan oleh tingginya tingkat turnover pada karyawan mereka dalam kurun waktu tiga tahun. Hasil exit interview PT. X menunjukkan bahwa alasan-alasan mereka yang keluar meliputi tidak cocok dengan atasan, administrasi perusahaan yang terlalu rumit dan bertele-tele, dukungan organisasi yang kurang dari perusahaan, kurangnya keamanan dan keuntungan yang didapat di perusahaan, peran ganda antara keluarga kerja, serta adanya peluang karier di luar PT. X. Alasan tersebut termasuk ke dalam dimensi kualitas kehidupan kerja, work-family conflict, dan persepsi peluang kerja. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menganalisis peran kualitas kehidupan kerja, work-family conflict, dan persepsi peluang kerja terhadap intensi pindah kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan total populasi 62 karyawan PT. X. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran kualitas kehidupan kerja dengan nilai R2 = 0,297 (p < 0,05), peran work-family conflict dengan nilai R2 = 0,138 (p < 0,05), dan persepsi peluang kerja dengan nilai R2 = 0,233 (p < 0,05) terhadap intensi pindah kerja. Diperolehnya nilai F = 12,411 (p < 0,05) dan nilai R2 = 0,391 menunjukkan bahwa terdapat peran kualitas kehidupan kerja, work-family conflict, dan persepsi peluang kerja terhadap intensi pindah kerja karyawan PT. X dengan kontribusi sebesar 39,1%. Dengan demikian, ketiga variabel tersebut secara bersama-sama memengaruhi intensi pindah kerja karyawan PT. X.  
ACADEMIC HELP SEEKING TERHADAP DOSEN PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN: PERAN FEAR OF FAILURE Astri Nur Endah; Fitriani Yustikasari Lubis; Whisnu Yudiana
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.531 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.31537

Abstract

Keberhasilan pembelajaran di perguruan tinggi menuntut keaktifan dari mahasiswa baik secara fisik, emosional, maupun mental. Meski demikian, mahasiswa tetap membutuhkan orang lain ketika mengalami kesulitan melaksanakan aktivitas akademik, misalnya dengan meminta bantuan dosen (academic help seeking).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of failure dengan academic help seeking terhadap dosen. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 185 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran tahun kedua dan ketiga. Alat ukur yang digunakan adalah Performance Failure Appraisal Inventory serta Computer Science Help Seeking Scales. Data dianalisis menggunakan korelasi Spearman. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa fear of failure memiliki hubungan dengan academic help seeking pada tiga dimensi, yaitu instrumental help seeking, executive help seeking, dan avoidance help seeking. Tidak ditemukan hubungan antara fear of failure dengan perceived benefit of help seeking. Fear of failure menimbulkan dua kecenderungan pada mahasiswa, yakni kecenderungan meminta bantuan dan kecenderungan menghindari meminta bantuan kepada dosen. 
PERANAN MEWARNAI MANDALA DALAM MENURUNKAN KECEMASAN MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Indah Luthfiyah Kasim; Widyastuti Widyastuti; Ahmad Ridfah
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.87 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.27765

Abstract

Mahasiswa yang mengalami kecemasan mengerjakan skripsi merasa tidak mampu mengerjakan skripsi, khawatir tidak menguasai tema penelitian, perasaan tidak tenang ketika sulit menemukan literatur. Mahasiswa yang tidak mampu mengatasi kecemasan akan memilih untuk menunda hingga meninggalkan pengerjaan skripsi. Kecemasan mengerjakan skripsi mahasiswa tergolong tinggi, sehingga dibutuhkan suatu metode untuk menangani kecemasan. Salah satu metode penanganan kecemasan adalah dengan mewarnai mandala. Pola mandala yang terstruktur dapat memberi efek meditasi yang menenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan metode mewarnai mandala dalam menurunkan kecemasan pada mahasiswa Fakultas Psikologi di Universitas Negeri Makassar yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest one group with follow up. Mewarnai mandala dilaksanakan selama empat hari (masing-masing 45 menit). Partisipan berjumlah delapan orang yaitu mahasiswa yang memiliki skor pretest berkategori tinggi dan sangat tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala (rxy = 0,5549-0,909), koefisien alpha = 0,924) yang disusun oleh Lovibond & Lovibond (1995).  Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pada saat pretest vs. posttest (MD = 50,37), pretest vs. follow up (MD = 24,745), posttest vs. Follow up (MD = 17,81). Uji Friedman menunjukkan skor p = 0,001, sehingga terdapat perbedaan skor kecemasan yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pemberian metode mewarnai mandala yang dilakukan dapat menurunkan kecemasan mengerjakan skripsi yang dialami mahasiswa FPSI UNM.  
PENGEMBANGAN ALAT UKUR INTENTION TO LEAVE SCALE BAGI PERWIRA TNI AD Ferdi Hilman; Megawati Batubara; Zahrotur Rusyda Hinduan
Journal of Psychological Science and Profession Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.843 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v5i2.32066

Abstract

Permasalahan retensi merupakan permasalahan yang harus dihadapi banyak angkatan bersenjata di seluruh dunia. Di sisi lain, permasalahan ini juga merupakan tantangan bagi TNI AD. Angka retensi pada TNI AD relatif stabil, yaitu dengan jumlah kurang dari 1% per tahunnya. Meskipun begitu, TNI AD harus mampu memastikan bahwa para perwira yang memutuskan untuk pensiun dini bukanlah perwira potensial, seperti telah mengikuti pendidikan staf dan komando atau pernah menduduki jabatan sebagai komandan yang berprestasi, karena investasi yang telah dilakukan akan menjadi sia-sia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan adaptasi alat ukur Intention to Leave (ITL) untuk TNI AD. Instrumen yang dikembangkan didasari oleh teori dari Meyer et al. (1993) yang mendefinisikan tiga dimensi yang berhubungan dengan intention to leave, yaitu how frequently thinks about leaving, how likely search for a job in another organization, dan how likely individual will actually leave within next year. Skala ITL dalam penelitian ini disajikan kepada 73 perwira menengah yang berdinas di Sekolah Staf dan Komando TNI AD dengan menggunakan online platforms. Hasil menunjukkan bahwa construct reliability pada tiap dimensi adalah sebesar 0,834, 0,841 dan 0,859 secara berurutan. Hal ini mengindikasikan bahwa reliabilitas pengukuran berada pada rentang yang dapat diterima. Melalui perhitungan second-order confirmatory factor analysis, diperoleh hasil χ2 = 1.922, P = 0,004, RMSEA = 0,113, SRMR = 0,050, dan CFI = 0,97. Hasil tersebut berada dalam kategori model yang marginal dan good fit, sehingga secara internal mendukung validitas instrumen dalam mengukur ITL. Saran bagi penelitian selanjutnya yaitu perlu mempertimbangkan sampel yang lebih besar, karakter demografi, latar belakang budaya, dan dapat diberikan pada Golongan Bintara atau Golongan Tamtama. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 3 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 3 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 3 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 3 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 3 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 3 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 2 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 1 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 1 (2018): Psychological Science and Profession Vol 1, No 3 (2017): Psychological Science and Profession Vol 1, No 3 (2017): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess More Issue